Minggu, 31 Januari 2021

Cara Membuat Podcast

 2004 podcast muncul pertama diartikel tentang revolusi audio / video


2005 = Adam Curry meluncurkan podcast pertama kali

2005 = steve jobs memperkenalkan podcsast di itunes

2005 = apa saja podcast. Podcast pertama kali di Indonesia

2006 = podcast masuk dalam kamus oxford

2011 = Adam Carolla catat rekor guiness untuk 50 juta pengunduh podcast

2013 = apple podcast mencatatkan rekor 1 juta suscriber podcast

2018 = anchor sebuah layanan audio menambah podcast dengan aplikasi ponsel

2018 = spotify mengakuisisi anchor dan mempopulerkan podcast ke seluruh dunia

Jenis:
Solo podcast, multi host, talk show

Segi format konten: monolog dan conversational

Dari segi tema/ genre : komedi, berita, sosial budaya, kriminalitas, seni, bisnis, agama dan spritiual, film dan televisi, sains,kesehatan dan olahraga, sejarah, hiburan, hobi, pendidikan, teknologi

[  ] Ruangan:
1. Ruang tertutup dan berukuran kecil untuk menghindari suara bising
2. Hindari ruangan kosong karena suara akan memantul
3. Jauh dari alat elektronik yang memicu suara/ statis listrik (kulkas, televisi, radio, kipas, pendingin ruangan, ac, lampu neon

[  ] Posisi mikrofon:
1.Usahakan posisi mulut sedekat mungkin tapi tidak berhadapan langsung dengan mikrofon

2. Kenali posisi mic di handphone yang mampu menangkap rekaman lebih baik. Posisi paling ideal layaknya bertelepon

[  ] Editing:
Wavepad, anchor, audacity  audition

Anchor - edit audio - split- remove audio

Audacityteam.org - selection tools : untuk memindahkan

[  ] Monetisasi
1. Podcast bisa menjadi medium:
A.  Self branding
B. Profesional portofolio
C. Resume

2. Ragam monetisasi podcast:
A. Sponsorhip iklan
B. Konten premium/berbayar
C. Koneksi bisnis dari podcast
D. Promosi produk sebagai afiliasi
E. Diundang jadi pembicara karena podcast
F. Jualan mercandhise podcast
G. Guest spot/ tamu membayar untuk hadir di podcast
H. Jualan newsletter terkait acara podcast
I. Donasi dari pendengar podcast
J. Menjual listensi konten podcast ke pihak ketiga misal radio, spotify

3. Sumber:
A. Brand
B. Perantaraan agency iklan
C. Dari provider hosting podcast

4. Jenis iklan:
A. Pre roll :langsung dikonsumsi oleh pendengar, namun berpotensi untuk cepat ditinggalkan, durasi 15 detik

B. Mid roll: biasanya menjangkau pendengar yang lebih royal dan mengkonsumsi minimal separuh konten, durasi 30 - 60 detik

C. End roll :menjangkau pendengar sangat royal, end roll lebih lama menempel dibenak pendengar karena yang terakhir didengar, durasi 15 - 30 detik

5. Brand:  brand mensponspori satu episode full, tema biasanya terkait  brand/ produk tertentu (umumnya masih mempertahankan style si podcaster)

6. Monetasi lain:
A. Exclusive partner hanya di satu platform
B. Programmatic otomatisasi online
C. Konten premium: bayar untuk dengar
D. Jualan merchandise : kaos, topi, newsletter, buku, dll
E. Penawaran produk afiliasi : persentase/ bagi hasil
F. Donasi dari pendengar: patreon, karyakarsa, dll
G. Guest spot: tamu membayar untuk tampil dipodcast
H. Jualan konten: radio/televisi
I. Networking: dapat koneksi bisnis dari podcast
J. Talent : jadi pembicara/ pengajar tamu/ mengisi event, dll

[  ] Rate Card & Proposal Podcast
1. Tujuan :
A. Informasi tentang podcast : tema podcast, host, durasi, durasi dan frekuensi

B. Demografi pendengar : target usia, lokasi, status ekonomi dan sosial

C. Jumlah dowloand dan retensi : total dowloand, dowloand/ episode, rata2 retensi pendengar

D. Biaya per iklan : harga spot pre roll, mind roll,end roll, paket, sponsored episoded/branded

E. Bonus : promo di channel media sosial, promose merchandise, dll

2. Rate card yang ideal: internet, listrik, harga alat, waktu/ main hours, dll