Senin, 14 Desember 2020

Langkah Dan Cara Membuat Infografik

Infografik = memvisualisasikan informasi dalam bentuk visual

Sudah dilakukan sejak 3000 M (hilograf) untuk menggambar kehidupan masyarakat, saat ini digunakan untuk mengubah data rumit menjadi grafik. Penerapan infografik dizaman modern sejak abad 19 tahun 1857 di Inggris. Florence Nightinghale membuat infografik untuk menyakinkan ratu Victoria untuk membangun rumah sakit militer

Tujuan: memudahkan pembaca dalam mencerna informasi dalam waktu yang singkat lewat bantuan visual/ gambar


Rata2 atensi/ fokus = 12 detik

Kategori Infografik:
A. Statistik

B. Linimasa : narasi yang berurutan

C. Proses :menyampaikan proses/ tata cara melakukan sesuatu

D. Komparasi : membandingkan 2/lebih subyek dengan faktor pembanding yang sama

E. Geografik : memanfaatkan gambar peta sebuah lokasi nyata untuk memetakan informasi

F. Listicle : karena mudah diterapkan, jenis yang paling sering digunakan

Yang akan dipelajari:
A. Menentukan topik:pastikan infografik diletakan ditempat yang sesuai dan relevan dengan tema. Pikirkan seperti apa audience dari brand dan produk. Perhatikan: siapa saja pengguna, seperti apa karakter, apa konten yang dianggap menarik, dengan mengangkat tema yang relevan dengan pengguna, kemungkinan partisipasi pengguna akan meningkat

B. Menyusun kerangka: dengan menyusun kerangka akan lebih fokus dan efisien saat melakukan pencarian data, dibagian awal tidak perlu mengkhawatirkan data pendukung pastikan informasi yang disampaikan lengkap dan mudah mengerti

 Panduan singkat kerangka infografik:
1. Tulis dahulu poin utama bersama fakta dan data pendukung

2. Lengkapi kerangka dengan informasi tambahan yang relevan

3. Tampilkan opini dan kesimpulan di bagian akhir infografik

Dengan informasi umum akan membantu pembaca untuk melihat inti permasalahannya

Tujuan: memetakan data

C. Mencari dan mengolah data: selain dari tim pencari data, data bisa diperoleh dari press release perusahaan

Cara mencari data:
1. Google

2. Riset lapangan dan kuesioner (google form), memerlukan waktu dan kemampuan mengolah data yang tidak sebentar

Gunakan data relevan dan terkini, hindari mencampurkan opini didalam fakta, cek kembali data valid dan tidak kontradiktif, jangan lupa mencantumkan sumber tautan/ artikel yang digunakan

Confirmation Bias = kecenderungan mengumpulkan informasi berdasarkan pemahaman sebelumnya

Rangkuman:
1. Fokus pada topik
2. Gunakan data terkini
3. Hindari mencampur opini dengan fakta
4. Bersikap netral
5. Lakukan kroscek
6. Cantumkan sumber

D. Menentukan arahan visual

Moodboard Design System: baik/ buruk suatu desain dipengaruhi pendapat pribadi

Art director = memastikan gaya/ arahan visual yang dibuat desainer grafis searah dengan design system

Design system = elemen yang membentuk identitas suatu brand atau produk

Elemen:
1. Warna
2. Logo
3. Icon
4. Layout
5. Font
6. Flow navigasi
7. Gaya bahasa

(Tampilan visual Identitas Brand Experience)

Moodboard = kumpulan referensi fisik/digital untuk mengumpulkan inspirasi dan menciptakan ide desain (pinterest - pinterest save button)

E. Mengkomunikasikan informasi visual

Menggambar design system: menggambar panduan yang berisi elemen yang akan digunakan dalam infografik)

Menggunakan shape dan pattern (background putih 2000 pixel. Palet warna, theme face/ font, grind system, elemen grafik pemanis, grid 4 kolom, border square


Format/ media publikasi: fisik dan digital
A. Hal yang harus diperhatikan:
1. Resolusi gambar memenuhi standar percetakan (300 dpi dot per inch)

B. Readability (format 1080 pixel disisi terpanjang)

Aplikasi inkscape
Flaticon -freepik- flag

10 situs sumber data terpercaya:
A. Pew Research Center : berbagai macam riset dan polling opini tentang berbagai macam isu dan topik, beberapa data disajikan dalam infografik

B. Data.go.id : portal resmi data terbuk Indonesia berisi data lintas kementerian,lembaga pemerintahan,pusat/daerah, semua instansi yang menghasilkan data terkait Indonesia

C. UN Data : database dari berbagai dunia yang dikumpulkan badan PBB

D. Bps : kependudukan dan ekonomi Indonsesia

E. Enigma Public : kumpulan data dari berbagai instansi, perusahaan, pemerintahan dunia

F. Buffer blog : insight serta data marketing dan media sosial

G. World Bank Open Data : mengenai pendidikan, ekonomi, dsb

H. Unicef Data : kesehatan ibu dan anak. Data yang dimiliki seputar publikasi ilmiah dan sensus negar dunia

I. Google scholar

J. Ilostat : statistik serta data yang dikumpulkan organisasi buruh internasional yang merupakan bagian PBB. Informasi ketenagakerjaan dunia