Senin, 14 Desember 2020

Buku Lagi Probation Samuel Ray

 


Cara menulis cv:

A. Informasi Pribadi
B. Perkerjaan/ part time
C. Pendidikan hanya sampai tingkat SMA
D. Pengalaman berorganisasi
E. Foto
F. Nilai IPK
G. Lain2
H. Jangan menyebutkan identitas seperti agama, zodiak, ras, nomor ktp, golongan darah, status pernikahan, hobi
I. Tulis hobi
J. Tulis kemampuan berbahasa
K. Skill berkomunikasi, menguasai teknologi, skill leadership dan beradaptasi, kemampuan public relation/ cs

Penulisan, kemampuan berbahasa asing, analisis data, persuasif, antusiasme, kesadaran diri, dedikasi/ loyalitas, keterampilan komputer, team work

Cv cukup 2 halaman

Foto
Nama
Tempat & tanggal lahir
Nomor Ponsel
Alamat
Alamat & Email

Informasi Perkerjaan/Pengalaman
Jabatan
Tempat/Kantor, Periode, 3 presentasi/ pencapaian

Informasi Pendidikan
Nama Universitas
Fakultas & jurusan periode

Nama Sma/smk
Jurusan/periode

 Tips Job Fair:
A. Perhatikan perusahaan
B. Persiapkan CV
C. Bawa bekal
D. Berjejaringlah

 Contoh cover letter:

Bapk

Saya adalah seorang....dengan pengalaman berkerja....dengan ini saya mengajukan lamaran pada posisi.... diperusahaan bapak

Berikut saya lampirkan cv saya sebagai pertimbangan bapak. Besar harapan saya untuk bertemu dengan bapak dalam sesi wawancara selanjutnya. Saya percaya dengan latar belakang dan track record performa saya, saya dapat berkontribusi dalam perusahaan bapak kedepannya

Terima kasih
Nama

Hal yany harus diperhatikan:
A. Perkenalan
B. Tujuan
C. Penutup

 Cara menulis Email:
A. Menyapa
B. Perkenalkan ulang dirimu
C. Jelaskan maksud dan tujuan menghubungi

Melalui email ini saya bermaksud menanyakan kabar terakhir dari proses wawancara saya

D. Tutup dengan call to action

Saya menunggu kabar dari Bapak atau minggu depan saya dapat memenuhi undangan wawancara pada...

Tips Wawancara:
A. Polite/ sopan santun
B. Punctual/ tepat waktu (10 menit)
C. Presentable/ perhatikan penampilan

Hal yang dinilai recruiter:
A. Competency based = menceritakan pencapaian/ prestasi di masa lalu. Star cara bercerita umum dipakai oleh recruiter dan sering diajarkan berbagai pelatihan pengembangan karir. Star akronim dari situation, task, action dan result

- situasion = menjelaskan situasi saat itu berikan konteks/ latar belakang pada cerita. 

- task = tugas dalam kegiatan tersebut, perkerjaan tersulit yang pernah diberikan

- action = memberikan kontribusi yang diberikan

- result = ceritakan hasil dari perkerjaan

B. Situsional based = recruiter akan menggunakan skenario dan meminta membayangkan apabila ada diskenario tersebut 

Dimana kamu melihat diri kamu 5 tahun yang akan datang, kenapa ingin berkerja diperusahaan, apa yang dapat kamu lakukan jika

C. Brain teaser = pertanyaan yang rumit yang ada diperusahaan teknologi, internet, komunikasi. Brain treaser dapat digunakan untuk mengetes logika berpikir, kemampuan berkerja dalam tekanan, dan bagaimana berkerja dengan data terbatas

D. Suka2 interviewer

Agar mampu bertahan di ekonomi digital 2020:
A. Complex problem solving
B. Critical thinking
C. Creativity
D. People management
E. Coordinating with others
F. Emotional intelligence
G. Judgement and decision making
H. Service orientation
I. Negotiation
J. Cognitive flexibility

Wawancara lewat media digital:
A. Konekso jaringan
B. Akustik
C. Visual

Setelah wawancara:
A. Melakukan follow up
B. Mengirimkan email ucapan terima kasih
C. Kesan positif terhadap suasana kantor
D. Penerimaan recruiter
E. Jenis perkerjaan yang dijelaskan
F. Mulai berkomunikasi telah menganggu waktu
G. Hrd memberikan hasil setelah 2 minggu jika tidak ada kabar cari perusahaan lain

Setelah Diterima Berkerja
1. Bernegoisasi

A. Paham pasar
B. Paham kompenen struktur gaji (Gross Per Anum (GPA) = gaji, tunjangan, dsb

Dplk =lembaga pengelolaan dana pensiun

C. Paham negoisasi

Jenis kontrak kerja
A. PKWT = perkerjaan kerja waktu tertentu
B. PKWTT = perkerjaan kerja waktu tidak tertentu

Akan ada penalti yang dikenakan jika memutuskan sepihak ( surat peringatan 1,2,3) sebelum akhirnya diberhentikan serta ada uang pisah jika masa kerja diatas 3 tahun. Probation hanya dilaksanakan selama 3 bulan, perjanjian berubah permanen. Masa berlaku PKWT 2 tahun, kemudian diperpanjang satu kali selama periode paling lama satu tahun. Perusahaan membuat karyawan menjadi perkerja lepas dengan tetap digaji dan diperkerjakan ke shell company (perusahaan yang berdiri diatas kertas) dengan perkerjaan sama tetapi perusahaan berbeda. Perkerjaan kontrak seperti administrasi, data entry, call center. Karyawan akan diperpanjang masa kontraknya untuk tidak menjadi karyawan tetap

Penangan surat berharga untuk digunakan sebagai aset dan investasi

Skill interview : honest, responsible for the assigned task, able to do the task according to the given deadline, honest, committed to work, good interpersonal skills, happy to learn new things, lack of self, sometimes when it is difficult to be confident, do not have much work experience, no patient, unable to share work with others

Contoh menjawab pertanyaan: 
Saya ingin memajukan perusahaan ini dengan latar belakang saya dan saya bisa teamwork

Perkenalan: Nama ,tempat tinggal, latar belakang, skill.

Saya mempunyai skill yang sesuai dengan perusahaan dan saya harap bisa diberikan kesempatan. Harus mempelajari tentang perusahaan yang dilamar.

Saya dapat bisa tahu pengetahuan lebih lanjut dan bisa diberikan bimbingan jika ada hal yang tidak dimengerti

Dari 5 kriteria yang disebutkan saya belum memahami tentang hal itu dan jika bisa berikan saya waktu 2/3 minggu untuk mempelajari

Saya berkeinginan besar untuk belajar/ mengembangkan diri dalam perusahaan jika saya diberikan kesempatan saya akan mengembangkan talenta yang saya punya jika saya tidak tau saya akan belajar dan saya ingin memajukan visi dan misi perusahaan. Saya tertarik dengan perusahaan anda dan jika berkenanan diberikan kesempatan saya mau ke tahap selanjutnya. Mengucapkan terima kasih saat interview.

Setelah interview ucapakan bahwa menikmati interview, terima kasih kepada HRD, antusiasme, tekankan kembali jika cocok pada posisi tersebut, siap untuk dihubungi

Jangan mengucapkan tidak tahu, hal negatif perusahaan sebelumnya, diskusi tentang kompensasi/ gaji, ada pada resume/ cv, bahasa tidak profesional/ bertany tentang apa yang dilakukan perusahaan, jawaban kaku dan klise, kekurangan diri, informasi personal

Mulai dengan salam pembuka. Senang bertemu. Mengucapkan terima kasih atas waktu yang diberikan. Sangat menghargai untuk dipertimbangkan diposisi ini. Ucapkan bahwa cocok diposisi tersebut