Senin, 14 Desember 2020

Buku Good Habits Bad Habits Cara Membentuk Kebiasaan Baik Untuk Menghasilkan Perubahan Positif - Wendy Wood


 



Perilaku berasal dari sumber ketidakrasionalan

Pikiran terdiri dari sejumlah mekanisme yang terpisah tetapi saling berhubungan dan mengarahkan perilaku

Keputusan dan pengendalian diri mengaktifkan kendali eksekutif

Pikiran membentuk kebiasaan secara alami baik yang berakibat atau tidak

Kegigihan tidak mencerminkan kepribadian dan rencana

Bottom up processing yaitu menanggapi suatu petunjuk yang ada disekitar tanpa perlu berpikir

Mata rantai paling kecil dalam kebiasaan jarang cukup berat untuk dapat dirasakan, hingga ia menjadi terlalu kuat untuk dipatahkan

Mekanika aksi tidak menyita ruang dalam pikiran sadar dan bukan bawah sadar melainkan cara kerja lain dari pikiran diluar kesadaran

Kebiasaan baik dan buruk muncul melalui pengalaman berulang dan pengambil keputusan secara sadar berkurang

Kita membentuk takdir baik/ buruk, yang tidak akan bisa diputarbalikan

Perilaku seseorang dapat dirubah dengan mengubah kepribadian

Behavior radikal adalah kepribadian dan keyakinan berkerja dari atas ke bawah untuk mengarahkan segala aksi

Memori tidak semata bereaksi terhadap asosasi bawah atas rangsangan, respon dan imbalan, ada juga pengaruh dari campur tangan eksekutif , ketika seseorang belajar terlalu cepat dan mengingat lebih baik disebut prototipe kognitif atas dan bawah

Aktivitas dalam bagian otak bergeser ketika orang mengerjakan tugas secara berulang dan mulai bereaksi dengan otomatis

Kebiasaan adalah sebuah aksi yang tidak relatif tidak peka terhadap imbalan

Orang melakukan kebiasaan tanpa tujuan apapun yang dibentuk dengan sadar/ mengantisipasi hasil

Ketika orang perlu waktu berpikir, apapun akan berubah

Chunking adalah penyatuan potongan informasi menjadi sebuah keseluruhan yang koheren

Kebiasa hanya bentuk otomatisitas karena pikiran habitual berkerja tanpa diperintah, hanya perulangan, imbalan dan konteks

Catatab otomatis yang disatukan oleh otak untuk melakukan sesuatu untuk kesekian kali dengan cara yang sama disebut memori prosedural, informasinya dalam bentuk sandi dan tidak dapat diakses pikiran sadar

Tau aja tidak cukup, kita harus menerapkan, mau saja tidak cukup,kita harus melakukan

Otak adalah sebuah kolase dan berkembang sesuai situasi dan kondisi sejarah spesies. Saraf baru dan fungsi mental berkembang sejalan dengan yang sudah ada ketika daerah baru berkembang, berubah, dan hilang, daerah itu memodifikasi pikiran manusia akibatnya otak memiliki miliaran neuron yang membentuk sejumlah bagian yang berhubungan dan berkembang pada waktu berbeda untuk menjalankan fungsi berbeda

Otak akan menunjukan aktivitas paling besar disebuah sistem saraf dikenal sebagai associative loop meliputi bangsal ganglia yaitu caudate nucleus, otak tengah, prefrontal cortex yang dihubungkan dengan kendali diri, perencanaan, pikiran abstrak. Daerah kendali eksekutif digunakan untuk konsisten dan berprestasi. Saat mengulang aksi rutin,pemindaian otak menunjukkan meningkatnya aktivitas saraf pada sensorimotor loop otak, menghubungkan bagian berbeda di bangsal ganglia, putamen, sensorimotor sorimotor

Tanggapan habitual yang dipelajari menafsirkan kata - kata yang dibaca

Dorsal anterior cingulate cortex yaitu mencatat konflik dengan cepat

Yang mendorong kedalam kesulitan bukan apa yang tidak diketahui, melainkan apa yang diketahui dengan pasti tapi ternyata salah

Kebiasaan adalah kompromi antara individu dan lingkungannya

Lingkungan menentukan gaya hidup

Perilaku adalah sebuah fungsi atas seseorang dan konteks/ lingkungannya

Ilusi intropreksi adalah keyakinan berlebihan bahwa kita memegang kendali 

Aksi yang menghasilkan imbalan berulang kali akan merestrukturisasi penyimpanan informasi dalam otak

Semakin sering aksi diulang semakin besar peluang untuk menjadi otomatis

Menurut Aristoteles mengatakan kita adalah apa yang berulang kali dikerjakan, keunggulan bukan sebuah aksi melainkan sebuah kebiasaan

Imbalan yang tidak terduga akan memicu pelepasan dopamin. Dopamin adalah pemancar neuron, sinyal kimiawi yang memudahkan penyampaian informasi dari satu neuron ke neuron lain ketika dopamin dilepas dari neuron kedalam sebuah sinaps (celah antara beberapa neuron), dopamin dipungut oleh reseptor di neuron penerima. Trasmisi berlangsung melalui saluran/lintasan yang dapat diprekdisi dalam otak terutama lintasan sensorimotoris, tempat dopamin yang dilepaskan neuron dibagian tengah otak diambil oleh reseptor di putamen yang terkait dengan daerah motoris dan sensoris. Makin besar imbalan yang terduga, makin banyak dopamin yang dilepaskan dan makin efisien sinaps dilintasan

Pelepasan dopamin bergantung pada dopamin tergantung pada waktu, pengiriman neuron dan reseptor yang relevan

Imbalan didapatkan sesudah mengerjakan sesuatu agar terjadi asosiasi kebiasaan dalam memori

Imbalan yang paling efektif merupakan unsur intrinsik dalam perilaku/aksi. Imbalam ekstrinsik bersifat cukup langsung

Imbalan negatif disebut Contingency Contract ( kontrak pemaksaan)

Dopamin menanggapi ketidakpastiaan dalam bentuk kesalahan prediksi imbalam yang memungkinkan belajar dari pengalaman

Gamifikasi adalah membuat sesuatu terasa seperti permainan terbangun diatas ketidakpastian imbalan

Peta di London Subway hanya menggunakan peta dengan posisi relatif bukan jarak sebenarnya dengan oyster card

Diskontinuitas kebiasaan adalah kebiasaan terganggu oleh perubahan korteks. Ketika petunjuk habitual hilang tidak bisa memberikan tanggapan secara otomatis dan harus membuat keputusan sadar

Diskontinuitas mengubah keseimbangan antara kebiasaan dan pembuatan keputusan dalam hidup

Dibawah tekanan akan bertindak diluar kebiasaan

Distraksi adalah munculnya pribadi habitual ketika mampu memimpin dan seharusnya berada di background