Rabu, 14 Juli 2021

Why? Artificial Intelligence

 


Skynet: kecerdasan buatan yang muncul dalam film Terminator, yang dapat belajar dan berpikir dengan sendirinya, program ini menyerang dan menganggap manusia sebagai musuh

 

Kecerdasan buatan, sebuah teknologi melalui program komputer yang menerapkan kemampuan manusia seperti belajar, mendeteksi, persepsi, dan pemahaman bahasa, kecerdasan butan merupakan bidang ilmu komputer dan teknologi informasi yang meneliti bagaimana cara agar komputer dapat melakukan kecerdasan manusia seperti berpikir, belajar, mengembangkan diri, dll

 

Komputer memiliki input data kemudian CPU (Central Processing Unit), akan mengendalikan, menghitung, dan mengingat informasi lalu mencetaknya, diperlukan hardware dan software

 

Softwarem kumpulan program yang dapat menjalankan komputer dan seluruh data yang ada di dalamnya, software terbagi menjadi sytem software (program yang membantu agar komputer dapat digunakan misal program input/output seperti Windows atau Unix), dan application software (program yang dibuat untuk melakukan fungsi tertentu seperti membuat dokumen atau grafik, menyuntung video, multimedia, permainan, dll

 

Kecerdasan butan dapat melakukan kecerdasan manusia melalui program komputer. Komputer hanya mengenal 2 arus yakni on ketika aliran listrik menyala dan off ketika aliran listrik mati on ditandai dengan angka 1 dan off dengan angka 0, sinyal berupa digit 1 atau 0 dinamakan bit (satuan terkecil dalam komputasi digital), tidak ada yang bisa muncul hanya 1 bit, 2 bit bisa membuat 4 sinyal, 8 bit digabung menjadi 1 yang disebut byte, kalau menggunakan byte ini kita bisa menandai informasi seperti angka atau huruf, 1 byte menampilkan 1 alfabet, alfabet diatur untuk muncul  karena bit menggunakan 8 byte dari 2 sinyal (0,1) byte bisa memunculkan 256 informasi dari 0 hingga 255, jumlah kapasitas memori komputer ditandai dengan byte, semakin banyak byte semakin banyak informasi yang bisa disimpan

 

Kapasitas memori komputer: Jumlah yang menentukan seberapa banyak data dapat disimpan dalam komputer kapasitas memori juga merupakan faktor penting dalam kapasitas pengolahan data komputer

 

Byte = 1 B = 8 bits

Kilobyte = 1 KB = 1024B

Megabyte (MB): 1 MB = 1024 KB = 1.048.576 B

Gigabyte (GB) : 1 GB = 1024 MB = 1.073.741.824B

Terrabyte (TB): 1 TB = 1024 GB = 1.099.511.627.776B

 

Komputer punya ratusan ribu byte yang menyimpan sangat banyak data. Komputer menciptakan bahasa pemrogramman dengan angka dan huruf yang dihasilkan byte dan memberi perintah satu per satu untuk membuat program

 

Logika dipernalkan oleh Aristoteles di abad ke 4 SM

 

Silogisme: proses penarikan kesimpulan dari 2 proses (pernyataan) menjadi satu pernyataan baru. Silogisme pertama kali dinyatakan oleh filsuf Aristoteles pada abad ke 4 SM

 

Premis mayor: semua manusia akan mati

Premis minor: Socrates adalah manusia

Kesimpulan: jadi Socrates akan mati

 

Dengan silogisme, manusia bisa memperoleh informasi baru dengan menyusun kata sesuai aturan yang tepat

 

Pada abad ke 17 filsuf Jerman Leibniz memikirkan sistem bilangan biner yang secara sistematis mengulangi dua simbol, 0 dan 1 untuk mewakili semua angka dan untuk menghitung penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan sebagainya

 

Bilangan desimal    Bilangan Biner

0                                                                    0

1                                                                    1

2                                                                    10

3                                                                    11

4                                                                    100

5                                                                    101

6                                                                    110

7                                                                    111

8                                                                    1000

9                                                                    1001

10                                                                1010

 

Dengan 2 angka 0 dan 1, dapat membentuk angka inilah bilangan biner yang merupakan cara komputer memunculkan angka

 

Bilangan desimal dimulai dari angka 1 dan akan dikalikan 10 setiap tambahan satu posisi angka, sedangkan bilangan biner dimulai dari angka 1 dan dikalikan dua setiap tambahan satu posisi angka, bilangan desimal 179 sama dengan bilangan biner 10110011

 

Satuan 1 = 1 x 100 = 100

Puluhan = 7 x10 = 70

Ratusan = 9 = 9 x 1 = 9

 

100 + 70 _ 9

 

128 = 1 x 128 = 128

64 = 0 x 64 = 0

32  = 1 x 32 = 32

16 = 1 x 16 = 16

8 =  0 x 8 = 0

4 = 0 x 4 = 0

2 = 1 x 2 = 2

1 = 1 x 1 = 1

 

128 + 0 + 32 + 16 + 0 + 0 + 2 + 1

 

10 tahun bisa jadi 1010 tahun dengan bilangan biner

 

Awal mula bilangan biner:  Gottfried Wilhelm Leibniz (1646 – 1716), seorang filsuf sekaligus matematikawan Jerman menganggap penggunaan simbol matematika lebih baik daripada bahasa yang digunakan sehari – hari ketika membuka pikiran manusia, saat itu terinspirasi dari sebuah surat yang dikirim seorang misionaris yang ditugaskan ke China, dimana di dalamnya terdapat heksagram China berupa garus lurus (---) dan garis putus (-) ia menyakini bahwa kedua simbol berbeda, baik (---) dan (-) atau 0 dan 1 jika diulang secara sistematis dapat memunculkan semua bilangan termasuk dihitung dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dll. Selain itu, menurutnya segala hal yang ada di dunia ini dapat diubah dan akan dapat berkomunikasi melalui gabungan 0 dan 1. I ching  (teks yang ditulis oleh Kaisar kuno China, dalam buku Book Of Change yang melambangkan prinsip keberadaan dan harmoni manusia dan alam, I ching gambar dari prinsip tersebut) diciptakan oleh Kaisar China, Fuxi, Leibniz mencetuskan biner karena hal ini

 

Pada abad 19, ahli matematika Inggris George Boole, menunjukkan bahwa matematika bisa mengekspresikan masalah logika yang rumit, bahkan memberitahukan kebenaran dan kebohongan, George Boole  melihat pikiran manusia sebagai sebuah susunan ide dasar untuk menciptakan ide baru, lalu menyusun kembali ide dan membuat ide lain  (dan atau bukan) jika A dihubungkan dengan  dan maka baik A dan B adalah sama benar, kalau A dan B dihubungkan dengan atau, maka bohong kalau keduanya bohing

 

Pada 1937, Ilmuwan teknik elektro asal Massachusetts, bernama Claude Shannon menunjukkan perhitungan biner dan logika matematika cahaya dengan mengatur saklar pada rangkaian listrik

 

+ dan : rangkaian seri = cahaya dapat menyala jika kedua jalur terhubung

+ atau : rangkaian pararel = cahaya dapat menyala meski hanya salah satu jalur yang terhubung

 

Pada tahun 1937, matematikawan Inggris Alan Turing menemukan ide tentang mesin Turing yang menjadi dasar dari struktur komputer modern

 

Alan Turing lahir di Inggris pada 1912 - 1954, dan sejak kecil sudah memperluhatkan bakat dibandingkan temannya, khususunya di bidang matematika. Ia mengambil jurusan matematika di Universitas Cambridge sambil bekerja sebagia peneliti di universitasnya dan pada 1936, ia mengumumkan tesisnya yang memperkenalkan tentang mesin Turing, mesin Turing terdiri dari Tape yang berisi informasi, Head yang membaca informasi dan Finite State Control, yang berisi daftar aturan khusus penggerak mesin. Ruang kecil yang berada di tape terdapat 1 atau X dimana X digunakan sebagai pengganti 0. Jika alat penggerak tape memindahkan satu per satu ruang kecil maka head akan membaca informasi yang ada di ruang kecil, sedangkan finite state control berkembang sebagai Central Processing Unit (CPU). Saat perang Dunia 2 menciptakan pemecah kode dari mesin Turingj untuk memecahkan kode rahasia tentara Jerman dan berkontribusi pada kemenangan Sekutu. Setelah perang berakhir, ia mempelajari kecerdasan butan di laboratorium komputer di Universitas Manchester, Turing dikenal sebagai bapak ilmu komputer. Komputer elektronik pertama ABC muncul tahun 1939, setelah itu muncul ENIAC yang terkenal tahun 1946, Eniac memiliki fungsi tercanggih dengan lebih dari 17 ribu tabung vaksin, dan 70 ribu resistor (alat atau komponen untuk membatasi aliran listrik yang dibutuhkan), berhasil mengalahkan komputer sebelumnya, namun beratnya mencapai 30 ton dan sering terjadi kerusakan yang mengharuskan penggantian tabung vakum sebanyak 2 – 3 kali seminggu, serta menghasbikan konsumsi daya listrik 150 KW

 

Istilah kecerdasan butan pertama kali digunakan tahun 1955 saat John McCarthy mengajukan proposal untuk melakukan penelitian bersama ilmuwan lainnya di Universitas Dartmouth pada tahun 1956, 10 ilmuwan termasuk John McCarthy dan Marvin Minsky berkumpul di Universitas Darthmouth untuk melakukan penelitian tentang kemungkinan pengembangan program komputer yang dapat berpikir seperti manusia, kecerdasan butan menjadi ilmu pengetahuan dan para Ilmuwan melakukan penelitian, selama 30 tahun penelitian, Ilmuwan menemukan konsep pendekatan top down, proses dimana pola keseluruhan (atas) menentukan pola bagian bawah pendekatan digunakan untuk menyimpan informasi dan aturan yang berhubungan dengan fungsi komputer, serta membandingkan dan menentukan informasi yang diterima dari luar, pendekatan top down dalam kecerdasan butan meniru cara otak manusia dalam mengatur informasi, sejak akhir tahun 1970, Ilmuwan menyadari bahwa kemampuan program dalam menyelesaikan masalah muncul dari pemahaman yang ada dalam program itu sendiri. Sejak 1980 mengembangkan sistem yang dapat menyimpan ilmu pengetahuan di berbagai bidang dalam jumlah besar

 

Sistem pakar : program komputer yang dapat menyimpan, menilai, dan  mendeteksi suatu bidang pengetahuan dari para pakar, sebagai contoh jika ingin membuat program komputer yang dapat mendiagnosa kerusakan mobil, maka akan membuat program dengan mengumpulkan segala ilmu pengetahuan yangb berhubungan dengan kerusakan mobil, dengan begitu, program dapat memberi jawaban atas pertanyaan tentang gejala kerusakan mobil

 

Tahun 1950 Turing menemukan cara untuk membedakan komputer yang memiliki perilaku cerdas, alat Turing berpikir komputer yang bisa berkomunikasi dengan manusia memiliki kecerdasan, para Ilmuwan membuat Test Turing, di awali dengan 3 ruangan yang  memiliki fasilitas Chatting dan diisi oleh 2 orang dan satu komputer, masingt idak mengetahui siapa yang berada di ruangan lain, kemudian satu orang mengirimkan pertanyaan melalui chatting untuk kedua ruangan lainnya, setelah itu jawaban dari kedua ruangan tiba, jika si pemberi pertanyaan tidak bisa menebak apakah jawaban itu dikirim oleh manusia atau komputer yang berada di ruangan itu dianggap memiliki kecerdasan, para Ilmuwan berpendapat komputer harus menipu lebih dari sepertiga yang mengajukan pertanyaan untuk lulus test turing, di tahun 2014 ada program kecerdasan buatan pertama kali berhasil lulus Test Turing, program Eugune Goostman yang dikembangkan peneliti Rusia

 

Eugene Goostman, pada tahun 2014, program ini dikembangkan peneliti Rusia berhasil mengelabui 33% penguji dalam Test Turing yang diadakan di Universitas Reading di Inggris sehingga menjadikannya program kecerdasan buatan pertama yang berhasil lulus dalam test, namun para ahli berpendapat progra ini berhasil lulus test karena tidak mengakui sebagai kecerdasan buatan, melainkan anak laki berusia 13 tahun dari Ukraina, tidak bisa berbahasa Inggris membuat komunikasi menjadi sedikit aneh dan membuat para penguji membiarkannya lulus test

 

Karena pengaturan tertentu dapat membuat program menjadi lulus test seperti Eugene Goostman penilaian komprehensif sangat diperlukan dalam menguji atau menilai kecerdasan buatan yang sungguh bisa berpikir seperti manusia, tahun 1980 filsuf Amerika John Searle menyampaikan tentang Ruangan China sambil menjelaskan bahwa program lulus dalam Test Turing bukan kecerdasan nyata. Diandaikan orang Cina berada di ruangan terpisah dengan orang Amerika yang tidak bahasa Cina mereka berdua saling berkomunikasi di antara orang Amerika dapat memberikan jawaban atas pertanyaan bahasa Cina yang diajukan orang Cina memiliki buku petunjuk sempurna, orang Cina akan mengira orang yang berada di dalam ruangan itu pintar bahasa Cina, padahal orang Amerika tidak bisa bahasa Cina

 

Orang Cina menyelipkan kertas berisi pertanyaan bahasa Cina melalui lubang kecil – orang Amerika emncari jawaban buku petunjuk dan mengikuti tulisan – kertas berisi jawaban kembali diselipkan melalui lubang kecil ke luar ruangan karena komputer tidak memahami bahasa, komputer bisa memiliki program untuk memasukan data sudah ditentukan tapi tidak bisa memiliki kecerdasan sebenarnya, sistem pakar sulit untuk memiliki kecerdasan  manusia, sulit untuk melakukan hal mudah yang bisa dilakukan manusia, sistem pakar akan menunjukkan kemampuan dalam bidang tertentu sesuai dengan data yang di input, tidak bisa melakukan hal kecil seperti membedakan anjing dan kucing atau membedakan warna

 

Jaringan saraf tiruan (Artifical Neural Network/ANN) : jaringan saraf tiruan sekelompok unit kecil yang dimodelkan berdasarkan sistem saraf manusia, sejak 1980 Ilmuwan menemukan pendekatan baru, cara untuk meniru otak manusia, otak bekerja melalui proses penyampaian sinyal dalam sel otak (tiruan)

 

Cara kerja otak manusia: setiap kali melihat sesuatu yang sama, sinyal yang disampaikan dari mata ke otak menghasilkan pola sinyal yang sama di antara sel otak. Karena itu ketika sering melihat sesuatu, pola sinyal yang samaa terus diulang di antara sel otak, sehingga terus belajar dan mengingat. Karena ini, para Ilmuwan berpendapat bahwa  memiliki kecerdasan dan pembelajaran melalui sinyal datang dan pergi di antara sel otak

 

Sel otak manusia dan sinapsis: otak manusia terdiri dari sekitar 100 miliar sel otak atau neuron, setiap sel otak memanjang keluar dari dendrit dan akson dan membuat jaringan sel otak terlihat rumit, titik temu antaea sel otak dinamakan sinapsis, dimana terdapat 100 triliun jaringan sinapsis di dalam otak manusia, informasi yang disediakan oleh indra seperti mata,  telinga, dan kulit diubah menjadi sinyal listrik yang disampaikan ke otak. Sel otak menerima sinyal ini melalui dendrit dan menyampaikannya kembali ke dendrit sel otak lainnya melalui akson, melalui proses ini sel otak mengirim dan menerima sinyal

 

Dendrit – inti atom – sel saraf – akson  - sinapsis

 

Para Ilmuwan membuat jaringan saraf tiruan dengan meniru proses kerja otak, mengembangkan neuron butan dengan meniru neuoron manusia, saat data di input, hasilnya dicetak sesuai dengan penilaian

 

Sinyal 1, 2, 3 – neuron buatan – cetak

 

Strukrur sederhana neuron buatan menerima berbagai sinyal di input, namun hanya bisa mencetak satu sinyal. Dalam neuron buatan, input ibarat dendrit dari neuron dan hasilnya akson. Neuron buatan terdiri dari jaringan rumit dan menciptakan jaringan saraf tiruan

 

Sinyal input – sinyal tengah – sinyal output – hasil

 

Struktur jaringan saraf tiruan : nilai yang dihasilkan akan kembali menjadi nilai yang dimasukkan, sehingga terdapat sinyal tengah antara sinyal input dan output

 

Nilai yang dihasilkan berbeda sesuai kepentingan nilai yang di inpit, misal ketika ingin mengendarai sepeda, kita membuat keputusan berdasaarkan berbagai kepentingan persyaratannya, kepentingan ini menghubungkan jaringan antar neuron buatan, jaringan saraf tiruan menyadari pola input dan output, serta belajar sambil menyesuaikan kepentingan berulang kali, neuron buatan yang ada di jaringan saraf buatan menerima dan memberi sinyal sambil belajar, mengingat dan mendeteksi benda seperti otak sebenarnya, jaringan saraf tiruan memiliki kecerdasan dengan sendirinya melalui proses belajar pengalaman seperti otak manusia, kecerdasan buatan terbentuk melalui proses belajar neuron, dinamakan pendekatan Bottom Up. Pendekatan Top Down proses mengolah informasi pikiran dan pendekatan Bottom Up proses otak dalam mengolah informasi

 

Program komputer memahami bahasa manusia dengan menganalisis tata bahasa terlebih dulu, kalau menginput kalimat ke dalam komputer maka komputer akan membagi kata lalu memahami arti sesuai tata bahasa, komputer harus mampu memahami aliran kalimat dan menduga arti dari kalimat yang disingkat, perkataan manusia bsia dipelajari dengan emsin deep learning yang menggunakan teori jaringan saraf tiruan

 

Deep Learning: salah satu pembelajaran mesin dengan teori jaringan saraf tiruan dan juga merupakan teknologi yang paling sering digunakan, biasanya pembelajaran mesin mengklasifikasi data dengan mempelajari informasi terlebih dulu, deep learning menemukan pola dari banyak data yang di input ke dalam komputer dan membedakan benda, kecerdasan buatan juga bisa memahami perkataan manusia, proses kerja pembelajaran mesin sebelumnya adalah memberi jawaban mengolah data yang di input, deep learning memakai jaringan saraf tiruan bisa belajar sendiri asal data diberikan

 

Perkembangan kecerdasan butan: kecerdasan  buatan dianggap hal penting karena perkembangannya bermanfaat, baik dalam bidang penelitian teknologi hingga kehidupan manusia sehari, dalam bidang jaringan saraf tiruan yang merupakan salah satu teknologi pembelajaran mesin, telah menunjukkan kecerdasan buatan menonjol, yaknik kemunculan deep learning

 

Sistem pakar: Logika berbasis pola (1950 – 1980) : tidak bisa mengindentifikasi permasalahan nyata dengan tepat, tidak bisa memberi tau segala kondisi dan pengetahuan dunia

 

Jaringan saraf tiruan : Berbasis koneksi (1980 – 1990) : proses perhitungan yang sulit dan kekuatan komputer tidak cukup melatih pembelajaran jaringan saraf dengan baik, kurangnya data yang perlu dilatih

 

Pembelajaran mesin : Berbasis statistik (1990 – 2010): sistem kinerja dikendalikan berdasarkan kemahiran rancangan, sulit dipakai di bidang lain karena hanya dikhususkan untuk memberi solusi dalam permasalahan tertentu

 

Deep learning: Berbasis deep learning (2010 – sekarang) : komputer merancang dan mempelajari kualitas sendiri, data yang telah di pelajari digunakan pada permasalahan lain atau di daur ulang

 

Teknologi pengenalan suara di akhir tahun 1990, masih pada tahap mengetahui kata saja tapi perkembangan terjadi begitu pesat berkat deep learning. IP Soft Amelia (perusahaan Amerika yang  mengotomatisasi proses bisnis dan teknologi informasi dari berbagai industri menggunakan tenaga kerja digital), membaca perasaan manusia dengan menganalisis kekuatan dan kelemahan suara, Amelia juga memberi jawaban dalam layanan call center sungguhan.

 

Sensor yang berperan sebagai mata dan telinga : sensor faktor terpenting dalam kecerdasan buatan, kamera dan lensa berperan sebagai mata sedangkan mic dan sensor pengenal suara berperan sebagai telinga, melalui sensor kecerdasan buatan dapat menyesuaikan diri setelah itu juga dapat mengetahui perasaan manusia dan menghubungkan manusia dengan komputer

 

Proses jaringan saraf tiruan dalam membaca tulisan tangan: ketika memperlihatkan angka 3 yang ditulis dengan pena hitam di atas kertas putih kepada robot dengan kecerdasan buatan dari jaringan saraf tiruan, maka robot akan mendeteksi angka dengan membagi menjadi potongan kecil dan menganalisis potongan mana yang berwarna hitam dan potongan putih, pada awalnya, besar kemungkinan untuk memberi jawaban salah tapi kesalahan dapat berkurang dengan percobaan yang dilakukan secara berulang, pada akhirnya robot akan menjawab angka 3 dan terus mengingat bagaimana proses akhirnya ia menjawab angka tersebut, jika robot terus dilatih dengan menunjukkan angka 3 yang ditulis dengan tulisan tangan lainnya, maka robot akan mengetahui dan menjawab angka itu sebagai angka 3

 

-          Mengklasifikasi dan menganalisis warna hitam dan putih

-          Salah menjawab seperti menjawab angka 3 sebagai angka 8

-          Akhirnya dapat menjawab angka 3 sebagai angka 3 dengan benar

-          Dapat  menjawab angka 3 yang ditulis dengan tulisan tangan lainnya

 

Kemampuan komputer dalam berhitung semakin cepat dan teknologi kecerdasan buatan juga ikut berkembang pesat

 

Super komputer : komputer yang dapat mengolah begitu banyak data dengan cepat. Dengan kecepatan perhitungan, super komputer digunakan untuk melakukan tugas seperti prakiraan cuaca, pengembangan antariksa, riset tenaga nuklir, dll. Kecepatan super komputer mengalahkan gigaflops (dapat melakukan penghitungan bilangan pecahan 1 miliar per detik, di tahun 1987 dan teraflops (dapat melakukan penghitungan bilangan pecahan 1 triliun per detik) di tahun 1998. Setelah itu kembali mengalahkan petaflops (dapat melakukan penghitungan bilangan pecahan 1000 triliun per detik) kini super komputer tercepat di dunia dimiliki komputer Amerika bernama Summit dengan kecepatan 200 fetaplops ( November 2018)

 

Ada 500 peringkat super komputer di dunia yang dinilai kinerjanya setiap tahun di Juni dan November hanya komputer ini yang bisa disebut super komputer, fungsi komputer diukur melalui kecepatan penghitungannya, seberapa cepat komputer dapat menghitung, dibutuhkan chip untuk menciptakan super komputer dengan fungsi baik, kecepatan penghitungan komputer tergantung pada chip mikroprosesornya makanya banyak Ilmuwan menciptakan chip super cepat. Membuat Chip sulit karena keterbatasan waktu dan biaya, namun setelah diketahui menggabungkan beberapa unit chip dapat mempercepat komputer sejak tahun 1990, super komputer diciptakan dengan berbagai gabungan cpu, super komputer dapat diciptakan dengan beberapa gabungan prosesor playstation kini super komputer diciptakan dengan cara seperti ini

 

Big data : semenjak komputer, internet, smartphone sudah menjadi kebutuhan kini big data dengan volume super besar yang diisi dokumen, video, dll sudah membanjir di seluruh dunia. Selain itu data seperti ini dapat dilihat siapapun melalui media sosial atau SNS (Social Network Service) data begitu besar dan meningkat seperti ini dinamakan big data, dengan menyelidiki big data bisa menduga pikiran dan gerak gerik manusia sehingga banyak digunakan di berbagai bidang industri atau institusi umum. Google mengembangkan grafik statistik pencarian web yang menampilkan popularitas topik pencarian melalui google flu trends. Grafik ini memiliki kemampuan prediksi yang lebih baik dibandingkan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika. Industri Jepang melakukan penyelidikan terhadap situs pencarian resep makanan dan mengembangkan sebuah produk baru hingga meraih popularitas. San Fracisco menganalisis area dan insiden kejahatan di masa lalu untuk membuat ramalan kejahatan, sekitar 71% dari hasil akurat, sehingga memungkinkan untuk diadakan patroli efisien. Big data memberi pengaruh besar terhadap perkembangan kecerdasan buatan akan mempelajari data yang diunggah di internet dengan mengingat pola foto dan judul pada foto, saat deep learning semakin banyak data yang harus dipelajari membuat kecerdasan buatan semakin efektif sehingga big data sangat bermanfaat untuk pembelajaran kecerdasan buatan, melalui deep learning kecerdasan buatan Google akan berhasil memilah begitu banyak video yang diunggah di Youtube, pada 2013 jaringan saraf tiruan Google melakukan percobaan untuk meilah kuciang diantara 10 juta video yang diunggah di Youtube hasilnya 70% akurat dengan memilih kucing, kecerdasan buatan mencari berbagai macam pola yang ada dalam gambar kucing, semua informasi penting tentang kucing akan disaring dan diperkuat, sehingga semakin banyak informasi yang menumpuk, semakin banyak pula informasi penting yang dikenali

 

Deep learning pengenalan kucing dalam jaringan saraf tiruan: cara mesin mengklasifikasi kucing, Google dapat mengklasifikasi kucing dengan melatih kecerdasan buatan menggunakan cara deep learning, jika memasukkan 10 juta foto kucing ke dalam mesin dengan kecerdasan buatan yang belum memiliki informasi kucing, maka komputer akan menyelidiki mulai dari piksel terkecil kemudian membaginya ke berbagai lapisan informasi. Komputer akan mengenali ciri khas gambar dari lapisan terbawah, semakin ke atas penglihatan semakin luas dan lapisan teratas dapat memperlihatkan keseluruhan gambar

 

Memasukkan jutaan foto kucing ke dalam data dan memberi tau indentitas kucing, menyelidiki masing foto dengan satuan piksel terkecil,  mengenali wajah kucing, mempelajari ciri khas kucing, mengenali bentuk sederhana seperti garis dan titik, mengulang cara pembelajaran seperti ini dalam foto kucing lainnya, kecerdasan buatan akan menilai gambar kucing sendirinya, dengan berkembangnya deep learning dapat mengenali berbagai benda lainnya

 

Deep face Facebook mengenali pemilik wajah yang ada dalam gambar Facebook melalui deep learning. Deep face akan menyelidiki wajah pemilik yang ada di dalam gambar dan mencari orang yang sama. Deepface memiliki keakuratan sekitar 97,25% dalam pencarian wajah, sedangkan pencarian yang dilakukan manusia memiliki keakuratan sekitar 97,53% hasilnya hampir mirip. Deep face dapat mencari orang sama dalam gambar yang diambil di tempat dan sudut pandang lain, deep face membuat foto miring tampak seperti diambil di depan kamera dan belajar mencocokan wajah yang ada di dalam foto Facebook, kecerdasan buatan dapat mengenali situasi yang ada di dalam foto, di Desember 2014,  kecerdasan buatan Google melihat dan menjelaskan situasi yang ada di dalam foto

 

Ada kecerdasan buatan yang menulis artikel dia mengumpulkan informasi dan menampilkan dalam tata bahasa tersimpan. Saat masih tahap menyelidiki data menulis artikel yang sederhana, artikel tentang olahraga dan pertandingan

 

Ruang lingkup kecerdasan buatan : kecerdasan buatan tidak hanya menulis artikel berita tapi juga digunakan pada berbagai bidang lain dalam kehidupan sehari seperti bidang kesehatan, huku, dan penerjemahan bahasa. Watson milik IBM digunakan dalam bidang kesehatan  seperti menyampaikan umur pasien, riwayat penyakit (penyakit di derita hingga sekarang, penyebab, proses penyembuhan, dsb), serta jenis perawatan yang dibutuhkan dalam penyembuhan pasien. Pada 2017, Departemen Hukum Korea mencetus Bubbi yang dapat melakukan konsultasi berupa tanya jawab seputar pemahaman UU hukum yang diperlukan dalam kehidupan sehari, LA Times mencetus robot jurnalis Quakebot yang mengumpulkan informasi di waktu sebenarnya dan menulis berita lebih cepat dari siapapun, tidak hanya itu, kini banyak kecerdasan buatan dapat melakukan tugas seperti mengantarkan paket, meracik obat, mengelola gudang, dll

 

Skak mat: kekalahan dalam permainan seperti catur karena Raja lawan tidak bisa menyelamatkan diri ke petak lain

 

Pertandingan pertama antara kecerdasan buatan dengan manusia adalah catur. Tahun 1967 program catur Mac Hack berhasil mengalahkan ahli filsafat Dreyfus tapi karena Dreyfus bukan pemain catur dan Mac Hack selalu kalah melawan orang lain, saat itu Mac Hack kurang mendapat perhatian tapi IBM (perusahaan Amerika menjual perangkat keras dan perangkat lunak komputer) mencetus program catur Deep Blue menggabungkan sistem pakar dengan super komputer. Tahun 1996, Deep Blue menantang pecatur terbaik dunia Garry Kasparov, sejak resmi jadi pecatur terbaik dunia tahun 1985, Garry tidak pernah kalah bertanding selama 13 tahun dan terus mempertahankan posisi sebagai sang juara. Garry memenangkan pertandingan catur pertama melawan Deep Blue, dan IBM mengembangkan fungsi Deep Blue, sehingga kemampuan perhitungan Deep Blue jadi 2 x lebih cepat dari sebelumnya dan bisa memeriksa 200 juta gerakan dan 50 miliar lokasi per detik. Tim teknisi melakukan penyelidikan terhadap pertandingan catur dalam 100 tahun terakhir dan seluruh pertandingan yang dilakukan Garry, kemudian menginput kelebihan dan kekurangannya ke dalam data Deep Blue. Pada tahun 1997 Deep Blue menantang Garry dan akhirnya memenangkan pertandingan itu terjadi karena Deep Blue meramal 20 angka ke depan dan memiliki kecepatan berhitung 70 kali lebih cepat daripada manusia

 

Pertandingan baduk antara Alphago dengan Lee Sedol di tahun 2016, permainan baduk dilakukan meletakkan batu baduk di titik pertemuan 19 garis horizontal dan vertikal dan posisi untuk meletakkan batu sampai 10 pangkat 170, kecerdasan buatan menghitung secara matematika posisi yang akan diletakkan sehingga membutuhkan waktu tepat, kemampuan kecerdasan buatan dalam bermain baduk tidak baik, di tahun 1985 promotor Cina Ing Chang Ki menawarkan uang 1,5 juta dollar kepada para pencipta program yang berhasil membuat program yang dapat mengalahkan juara baduk, nanun hingga batas waktu yang ditentukan di tahun 2000, belum ada seorang pun yang memenangkan uang, para pakar memprediksi tidak akan ada program kecerdasan buatan mengalahkan juara baduk hingga 20 atau 30 tahun ke depan, di Oktober 2015, program baduk kecerdasan buatan bernama Alphago berhasil memenangkan 5 pertandingan baduk dalam 2 tingkatan di pertandingan juara Eropa

 

Satunya kekalahan Alphago, menantang beberapa pemain baduk kelas dunia dalam berbagai pertandingan pada Maret 2016, Alphago melawan Lee Sedol dan menang dengan skor 4:1 dalam 5 kali pertandingan, setahun kemudian, yakni pada Mei 2017, Alphago semakin kuat dan menang sebanyak 3 kali di 3 pertandingan melawan ke Jie dari Cina, namun setelah itu Alphago mengundurkan diri dari dunia baduk, pada akhirnya satu kekalahannya ketika melawan Lee Sedol menjadi satunya kekalahan Alphago. Alphago mengolah data dan dapat menghitung dengan sangat cepat, Alphago kecerdasan buatan dengan jaringan saraf tiruan yang diciptakan tahun 2015, oleh anak perusahaan Google Deep Mind, komputer yang mengoperasikan Alphago adalah super komputer yang terdiri dari 1202 gabungan CPU (Central Processing Unit, Unit Pemroses Sentral) dan 176 GPU  (Graphic Processing Unit Pemroses Grafis), para pencipta Alphago merasa kesulitan kalau Alphago mempelajari semua langkah baduk, karena mereka hanya melatih Alphago untuk mempelajari langkah baduk dengan kemungkinan menang tinggi, Alphago mempelajari 160 ribu pertandingan baduk melalui catatan baduk dan berhasil menembak sebanyak 30 juta kasus untuk meletakkan batu baduk dengan benar

 

Cara Alphago meletakkan batu baduk: jaringan saraf tiruan Alphago terbagi menjadi jaringan kebijakan dan jaringan nilai Alphago menggabungkan kedua jaringan untuk menentukan posisi batu baduk, jaringan kebijakan menganalisis di mana kebanyakan para pemain baduk profesional meletakkan batu baduk dan mendeteksi posisi batu baduk yang harus diletakkannya sedangkan jaringan nilai berfungsi untuk menghitung kemungkinan masing kemenangan setelah meletakkan batu baduk di posisi yan gsudah dideteksi sebelumnya, ketika meletakkan satu batu di titik papan baduk, maka terdapat berbagai titik untuk meletakkan batu selanjutnya, jika meletakkan batu di titik yang memiliki kemungkinan menang tinggi di antara semua titik itu, maka akan muncul titik lain untuk meletakkan batu baduk, para pencipta Alphago meletakkan batu sendiri sebanyak 1 juta kali dan membuat mengingat proses, Alphago memahami strategi berdasarkan kasus dalam catatan baduk, sedangkan sisi lainnya mencari strategi untuk menang ketika meletakkan batu

 

Tahun 2011, program kecerdasan buatan Watson milik IBM pernah muncul dalam acara kuis di Amerika (Jeopardy). Watson melawan Brad Rutter sang juara terbanyak dan Ken Jennings peraih hadiah uang tertinggi

 

Kecerdasan buatan Watson: Watson mulai dikembangkan oleh IBM pada tahun 2004 dirancang untuk menjawab pertanyaan yang diajukan oleh bahasa alami mauusia, Watson menggunakan super komputer Blue Gene dengan total 2880 CPU yang dilengkapi dengan memori berkapasitas 15 triliun byte berukuran 10 x kulkas, di dalam meori ini tersimpan 2 miliar halaman berisi data seperti kamus, ensiklopedia, literatur, dll. Watson mengolah 1 juta buku per detik dalam 500 GB data, kini Watson, digunakan untuk pelayanan bidang kesehatan, kuis Jeopardy menggunakan kata berlafal sama dengan arti berbeda atau pertanyaan teka teki dan itu menyulit kecerdasan buatan  dan harus mampu menarik kesimpulan dan pemahaman bahasa manusia kalau ingin memenangkan acara kuis. Watson program yang dirancang untuk dapat berkomunikasi dan menjawab pertanyaan manusia dengan tepat, Watson menyimpan berbagai informasi seperti sejarah, sastra, politik, film, sains, dll melalui kamus, ensiklopedia, naskah teater, alkitab, novel, dll. Watson memiliki kekurangan dalam pemahaman pertanyaan dibandingkan manusia, tapi memiliki kecepatan  luar biasa mengolah banyak informasi, sehingga Watson mengalahkan sang juara kuis

 

Proses ketika Watson menjawab kuis: Watson menggunakan algoritma yang disebut teknik analisis, ketika menerima pertanyaan maka Watson akan mencari kata pokok dalam kalimat pertanyaan dan mencari kata di dalam data yang tersimpan di dalamnya, dengan proses ini, 100 lebih algoritma (serangkaian langkah atau prosedur yang dilakukan komputer dalam memecahkan sebuah masalah) akan mencari jawaban di waktu sama, jika terdapat puluhan algoritma yang mendapatkan jawaban sama, maka jawaban itu akan dipilih, Watson memilih salah satu dari berbagai jawaban dengan menarik kesimpulan yang memiliki kemungkinan tertinggi, semua proses ini dilakukannya hanya dalam waktu 3 detik, Watson tidak akan menekan bel kalau tidak yakin dengan jawaban jadi dia hanya menekan bel saat yakin, Watson menjawab benar 66 pertanyaan dan salah 9 pertanyaan

 

Film produksi tahun 1968: A Space Odyssey film terkenal diantara film bertema fiksi ilmiah, dalam film terdapat HAL 9000 yang mengendalikan seluruh pesawat ruang angkasa penjelajah Jupiter, awak pesawat berhibernasi karena butuh waktu yang sangat lama menuju Jupiter, jadi komputer ini yang mengendalikan pesawat luar angkasa, pesawat antariksa menempuh waktu 8 bulan untuk menuju Mars yang terdekat dari Bumi, robot kecerdasan buatan dimanfaatkan untuk bertahan dalam lingkungan buruk dan waktu lama ketika menjelajah luar angkasa, robot kecerdasan buatan dimanfaatkan dalam penjelajahan dasar laut atau tanah yang dalam tidak bisa dicapai manusia, robot digunakan sebagai pengganti manusia ketika melakukan pekerjaan berbahaya seperti bekerja dalam ruangan beracun, Nasa mengirim robot penjelajah Mars, tahun 2012 NASA mengirim robot Curiosity ke Mars, Nasa mengirim robot Robonaut ke stasiun luar angkasa sehingga menjadi penduduk terlama yang tinggal di stasiun luar angkasa

 

Internet of things: sebuah teknologi yang memasang sensor atau alat komunikasi di setiap benda yang digunakan dalam kehidupan sehari, kemudian disambungkan ke internet, komputer kecil disisipkan ke dalam benda sehari untuk bertukar informasi melalui internet, misal ketika manusia bangun di waktu bersamaan lampu menyala, mesin kopi mengalirkan kopi di iringi irama musik. Internet of things menghubungkan internet sehingga dapat bertukar informasi

 

Perusahaan Amerika mengembangkan botol obat pintar dimana lampu pada tutup botol akan menyala dan mengeluarkan suara ketika waktu minum obat tiba, jika tutup botol dibuka maka sensor akan mendeteksi dan menyampaikan informasi ke rumah sakit bahwa pasien telah meminum obat, jika tutup botol, tidak dibuka, setelah lewat jam minum obat, maka sistem rumah sakit secara otomatis memberikan pemberitahuan pada pasien

 

Internet dihubungkan ke kelas, halte bus, hingga sawah. Industri pertanian Valley Irrigation mengembangkan sistem dengan sensor di kedalaman akar produk pertanian mengirimkan data tentang temperatur, kelembapan, dan kondisi tanah sehingga alat irigasi dapat memberi air atau pupuk dengan sendirinya. Semua benda bergerak tergantung pada cuaca, kondisi, atau pola

 

Semua benda bergerak tergantung pada cuaca, kondisi, pola kehidupan

 

Kecerdasan buatan yang bisa mengatur navigasi dan audio hanya dengan suara pengemudi dan sistem yang mengatur jarak dengan mobil yang ada di depan tanpa terus menginjak rem

 

Navigasi: alat yang dibuat menggunakan GPS untuk mendeteksi lokasi di permukaan Bumi melalui informasi yang diperoleh dari satelit, navigasi pada smartphone yang memberikan informasi lalu lintas dan membantu menemukan jalan di sekitar merupakan salah satu contoh kecerdasan buatan bermanfaat dalam kehidupan sehari

 

Ada mobil dengan sistem yang dapat mengurangi kecepatan atau menghentikan mobil dengan sendirinya untuk menghindari kemungkinan tabrakan

 

Mobil Swakemudi (Self Driving Car) : mobil dapat mengemudi sendiri otomatis mendeteksi kondisi jalan, mobil swakemudi memuat berbagai fungsi dan sensor seperti radar, pendeteksi gelombang radio, kamera dan lain sebagainya untuk mendeteksi dengan tepat perubahan yang selalu terjadi di jalanan. Semua informasi yang diterima melalui setiap sensor dan peralatan akan dianalisis, dan dideteksi oleh komputer memerintahakan operasi kemudi, pada 2004 untuk pertama kali diadakan balap mobil swakemudi (DARPA Grand Challenge di Gurun Mujave, Amerika Serikat) namun tak ada satu mobil berhasil melewati lintasan 240 km, dalam kejuaraan kedua di tahun berikut, terdapat sekitar 5 mobil menyelesaikan misi, banyak perusahaan Internasional sedang mengupayakan pembuatan mobil swakemudi, tahun 2010 Google sudah dalam pembuatan mobik swakemudi

 

Pada Desember 2014, Google mengumumkan produk terbaru, yakni mobil swakemudi, pada setiap mobil terdapat radar menggunakan sinar, dimana radar dapat mendeteksi dan membaca informasi yang ada di sekitar mobil dengan detail secara 360 derajat. Di dalam mobil juga terpasang pendeteksi gelombang radio, yang dapat menyensor jarak benda dan pergerakan penghalang di sekeliling, selain itu mobil juga dilengkapi kamera yang dapat mendeteksi hingga jarak 30 m di depan mobil dan menilai keadaan jalan di waktu yang sebenarnya, informasi diterima melalui masing peralatan, lalu dianalisis dan dideteksi oleh komputer untuk memerintahkan operasi kemudi

 

Sinar radar : memiliki sensor yang berputar 360 derajat untuk mendeteksi jarak dan pergerakan mobil

 

Komputer : mengumpulkan informasi terkait operasi kemudi, lalu berkomunikasi dengan server Google untuk memberi perintah

 

Alat pendeteksi lokasi : menyensor situasi pergerakan mobil dan memberitahukan informasi untuk operasi kemudi

 

Kamera video : sensor yang dipasang di belakang kaca mobil akan mendeteksi pergerakan yang ada di sekitar mobil dan menandai lokasi yang tepat sesuai peta

 

Tombol pengoperasian manual: mobil dioperasikan secara manual dengan menekan tombol darurat berwarna merah

 

Pendeteksi gelombang radio : mendeteksi jarak benda dengan mobil dan pergerakan penghalang yang ada di sekitar

 

Kecerdasan buatan lemah seperti Alphago dan Watson menemukan hasil dengan cara menganalisis informasi yang diberikan, menilai sesuai aturan sedangkan kecerdasan buatan kuat dapat belajar sendiri tanpa mengikuti aturan ditentukan

 

Kecerdasan buatan lemah:

Penggunaan : hanya melakukan sebagian hal yang dilakukan manusia dan digunakan dalam beberapa bidang khusus

 

Pembelajaran : harus memasukkan algoritma, data dasar, dan peraturan

 

Peraturan: dapat belajar dengan dasar data dan peraturan, namun tidak bisa diciptakan tanpa peraturan yang ditetapkan manusia

 

Kecerdasan buatan kuat :

Penggunaan : memiliki berbagai macam kemampuan seperti manusia dan digunakan dalam bidang luas

 

Pembelajaran : dapat mencari data dan belajar dengan sendirinya

 

Peraturan : dapat diciptakan tanpa peraturan yang ditetapkan

 

Kecerdasan buatan kuat bernama David dalam film A.I bahkan  khawatir permasalahan bahwa dia ingin dicintai dan menjadi manusia sejati

 

Deep Blue, Deep Face, Alphago, Watson kecerdasan buatan lemah diciptakan untuk mencapai suatu tujuan khusus

 

Kecerdasan buatan kuat bisa belajar dan berkembang sendiri dan melampui kecerdasan manusia disebut singularitas teknologi. Ciri khas bisa memiliki kesadaran diri

 

Ilmuwan Ray Kurzweil meramalkan itu terjadi tahun 2045, dan Stephen hawking memprediksi 100 tahun ke depan singularitas teknologi bermunculan

 

Tahun 1970 pernah dikembangkan uji cermin untuk mengetes kesadaran diri, sampai sekarang beberapa kera,gajah, dan lumba lulus test

 

Komputer kuantum : komputer masa depan yang menggunakan prinsip mekanika kuantum ini tidak menggunakan semi konduktor, melainkan menggunakan elemen memori atom, komputer digital menggunakan bit 0 atau 1 dalam satuan informasi tapi komputer kuantum menggunakan sifat asli overlapping (saling menimpa atau menumpuk) data dapat beruapa angka 0 dan 1 pada saat sama dan satuan digunakan adalah qubit. Jika menggunakan komputer kuantum, dimungkinkan untuk melakukan perhitungan beberapa juta kali lebih cepat daripada super komputer konvensional. Penelitian tentang pengembangan komputer kuantum sedang dilakukan secara aktif di berbagai belahan dunia

 

Kemunculan fungsi : fenomena  tingginya fungsi komputer saat banyak komputer yang saling terhubung meski tidak dimasikkan data baru apapun

 

Skynet dirangkai dari berbagai jaringan interner super rumit dalam film Terminator bisa meningkatkan fungsi dan memiliki kesadaran dengan sendirinya, ini contoh kecerdasan buatan kuat menggunakan prinsip itu. Dalam ilmu teknologi komputer kemunculan fungsi bisa saja terjadi, tapi para Ilmuwan menganggap sebagai sesuatu dilebihkan, kemungkinan muncul fungsi dapat menumpuk misalnya teringat sapi perah sedang menggunakan rumput di daratan ketika mendengar keju

 

Untuk menciptakan kecerdasan buatan kuat, harus tau seluruh fungsi di kedua otak manusia, tapi 100 tahun dilakukan penelitian terhadap otak tak banyak terungkap , jaringan sinapsis rumit, proses penyampaian informasi antara sinapsis tidak hanya melibatkan sinyal listrik tapi juga 100 jenis neurotransmiter, jenis dan banyaknya neurotransmiter berbeda tergantung jenis dan kekuatan informasi, jika teknologi dilatih maka kemampuan bisa melebihi kemampuan manusia  dan untuk menciptakan kecerdasan buatan yang lemah harus memahami fungsi otak, seperti pengenalan objek, pengenalan ucapan, memori tapi jati diri, kreasi, perasaan, dll diperlukan dalam menciptakan kecerdasan buatan kuat belum diketahui secara ilmiah, tidak punya chip komputer meniru otak untuk mengklasifikasi wajah kucing memerlukan 16000 CPU, untuk mewujudkan kecerdasan berstandar manusia, butuh komputer besar dan waktu sangat lama. Para Ilmuwan berpendaapt sulit untuk menyalin otak manusia hanya dengan komputer digital yang mengolah 2 sinyal 0 dan 1 jadi menggunakan komputer kuantum akan lebih cepat dalam menciptakan kecerdasan buatan kuat, kecerdasan buatan kuat bisa bermanfaat kalau digunakan pada hal baik, tapi bisa jadi malapetaka kalau digunakan hal buruk

 

Banyak robot melakukan tugas manusia seperti mengelas atau memasang mur mobil, mobil Swakemudi bisa menyetir sendiri, melalui drone dapat mengirim paket dengan cepat dan pasti ke tempat tujuan dan juga dalam hal ilmu pengetahuan. Forum ekonomu Internasional memprediksi bahwa sekitar 5,1 juta lapangan pekerjaan akan menghilang di tahun 2020

 

Lapangan pekerjaan hilang 7,16 juta – lapangan pekerjaan yang muncul sekitar 2,06 juta – total lapangan yang hilang sekitar 5,1 juta khususny administrasi atau bisnis manufaktur

 

Pekerjaan yang digantikan : pekerjaan berulang, sederhana tidak perlu ketelitian, pekerjaan tidak memerlukan komunikasi banyak dengan manusia

 

1. Pekerja konstruksi

2. Pemotong daging

3. Pegawai produksi karet atau plastik

4. Satuan pengamanan

5. Petugas admistrasi pajak

6. Operator pemindahan barang

7. Petugas akuntasi

8. Petugas penyapu dan daur ulang

9. Operator alat pembersih

10. Kurir

11. pekerja

12. Petugas pelayanan administrasi

13. Petugas pom bensin

14. Konsultan dan perantara properti

15. Pengecat bangunan

16. Petugas kebersihan

17. Petugas penjual tiket

18. Penagih utang

19. Pekerja baja

20. Pekerja pelapisan dan penyemprotan logam

21. pekerja produksi kaca

22. Pekerja panen tanaman serealia

23. Karyawan konstruksi dan tambang

24. Asisten dosen

25. Pekerja produksi semen atau kapur

26. Babysitter

27. Pemandu atau petugas parkir

28. Petugas pemasaran

29. Petugas produksi daun jendela

30. Pekerja pengolahan daging dan hasil laut

 

Program Watson milik IBM bekerja di rumah sakit. Watson menyimpan banyak data dan informasi tentang diagnosa penyakit, buku profesional, data pasien, dll. Beberapa rumah sakit di Amerika juga menyediakan kecerdasan buatan yang menginformasikan diagnosa dan cara perawatan dengan sendirinya. Bahkan diciptakan juga program kecerdasan buatan yang dapat membuat resep obat otomatis hanya dengan menginput data kondisi kesehatan pasien, di 5 rumah sakit universitas Amerika, kecerdasan buatan menggantikan apoteker meracik 350 ribu jenis obat tanpa ada satu kesalahan, berperan sebagai penasihat dalam menghadapi keluhan pasien. Di Januari dan Februari 2016, para manajer finansial biasa mengalami rata kerugian 3% sedangkan kecerdasan buatan mendapatkan untung 5%, kecerdasan buatan dimanfaatan dalam jasa asuransi memberi penjelasan rumit dengan mudah

 

Pekerjaan kecil yang kemungkinan untuk digantikan kecerdasan buatan, yang berhubungan dengan kreativitas atau kepekaan manusia, selain itu ada juga pekerjaan yang membutuhkan komunikasi antar manusia serta pekerjaan yang membutuhkan simpati:

 

1. Pelukis dan Pemahat

2. Fotografer

3. Penulis

4. Pimpinan, komposer, musisi

5. Animator dan komikus

6. Penari dan penata tari

7. Penyanyi dan penyanyi seriosa

8. Penata rias

9. Pengrajin

10. Pengajar seni

11. Desainer fashion

12. Seniman tradisional

13. Sutradara

14. Artis dan model

15. Desainer produk

16. Perancang grafis

17. Desainer web dan multimedia

18. Pelayanan makanan

19. Desainer display

20. Perancang baju tradisional

21. Dosen

22. Pesulap

23. Tenaga ahli penerbitan

24. Kepala museum dan pelestari aset budaya

25. Penyunting video atau rekaman

26. Guru SD

27. Kameramen

28. Ahli terapi dan pijit

29. Penguji tekstil dan warna

30. Terapis psikologi

 

Kecerdasan buatan Deep Dream (program kecerdasan buatan milik Google yang menggambar secara abstrak) , punya kemampuan luar biasa dalam meniru gambar sederhana sehingga bisa menciptakan karya. Kecerdasan buatan AARON, di atas kanvas sambil memegang kuas pada lengan emsin berdasarkan pada gambar, struktur benda dan orang diinput, AARON menyelesaikan karya dengan mengatur warna dan bentuk tanpa arahan manusia, banyak kecerdasan buatan merambah bidang seni

 

Di Jepang terdapat kecerdasan buatan menjadi topik hangat berhasil melewati putaran pertama kontes menulis kesusastraan, memasak, menciptakan lagu, dan menulis skenario bahkan tulisannya dibuat film atau drama teater

 

Ketika revolusi industri pada abad ke 19, muncul mesin pemintalan di Inggris menyebabkan karyawan kehilangan pekerjaan sehingga mereka mengadakan Gerakan Luddite, untuk menghancurkan mesin pemintalan

 

Kecerdasan buatan yang menetapkan dan memusnahkan target sendiri benar akan muncul dalam beberapa tahun, perusahaan pertahanan Inggris, Qinetic, sudah mengembangkan robot tempur MAARS yang dioperasikan dari jarak jauh, tapi suatu saat mungkin benda itu menjadi senjata ampuh dapat membidikkan senapan dengan sendirinya

 

Drone dirakit sebagai misil yang dapat menyerang target langsung, kecerdasan buatan dengan program ciptaan manusia dapat melukai manusia yang tidak bersalah

 

Kecerdasan buatan kuat yang memiliki kesadaran diri bisa menyerang manusia yang mencoba menghancurkannya  tapi mereka tidak punya alasan menguasai manusia karena tidak memiliki tubuh yang bisa merasakan kekurangan sehingga tidak akan merasakan ambisi, Ilmuwan berpendapat manusia bisa mengendalikan kecerdasan buatan, ada beberapa Ilmuwan yang sedang melakukan penelitian tentang bagaimana cara memprogram sistem moral manusia, mobil Swakemudi harus tau melanggar UU lalu lintas untuk menghindari orang, kecerdasan buatan di bidang medis, kalau dia menilai pasien sengaja menempatkan dirinya dalam risiko, maka dia harus tau cara mengabaikan dokter pasien

 

3 hukum robotika Isaac Asimov (1920 – 1992) seorang ahli biokimia sekaligus penulis fiksi ilmiah, memprediksi konflik antara kecerdasan buatan dan manusia di masa depan dalam novel yang dipublikasikannya  di tahun 1950 I Robot, menyampaikan 3 hukum untuk mengendalikan robot dalam

 

Pertama, robot tidak melukai manusia atau dengan berdiam diri membiarkan manusia celaka

 

Kedua, robot harus mematuhi perintah yang diberikan oleh manusia kecuali jika perintah tersebut bertentangan dengan Hukum Pertama

 

Ketiga, robot melindungi keberadaa dirinya sendiri selama perlindungan tidak bertentangan dengan kedua hukum sebelumnya

 

Kecerdasan buatan semakin berkembang dengan meningkatkan fungsi komputer ditambah dengan teknologi Deep Learning dan teknologi analisis data yang ada pada jaringan saraf tiruan, dengan berkembangnya Cloud, internet, dan ponsel yang bisa menyimpan data yang sangat besar berperan dalam perkembangan jaringan dan kecerdasan buatan

 

Cloud computing, data dapat disimpan ke dalam komputer pusat yang dihubungkan dengan internet, dan layanan penyimpanan ini yang dinamakan Cloud, kini tidak lagi menyimpan data di dalam komputer atau ponsel, melainkan menyimpan di layanan penyimpaan Cloud di waktu sebenarnya, jika digabung dan diterapkan maka perkembangan kecerdasan buatan semakin cepat, administrasi, finansial, dan manufaktur akan terbantu dengan kecerdasan buatan

 

Beberapa orang menganggap manusia tidak boleh takut dengan kecerdasan buatan:

 

Ceo Google Deep Mind Demis Hassabis, kecerdasan buatan dapat menyelessaikan masalah termasuk memperpanjang hidup manusia

 

Ceo Facebook Mark Zuckerberg, kecerdasan buatan dapat dimanfaatkan sesuai kebutuhan seperti perkembangan medis, penjelajahan luar angkasa, dll

 

Fisikawan Stephen Hawking, dalam 100 tahun kecerdasan buatan akan terlepas dari kendali manusia

 

Pendiri Microsoft Bill Gates, manusia tidak akan bisa mengendalikan kecerdasan buatan yang memiliki jati diri

 

Ada hukum yang mengatur tentang apa yang boleh dan dilarang dilakukan kecerdasan buatan