Skynet:
kecerdasan buatan yang muncul dalam film Terminator, yang dapat belajar dan
berpikir dengan sendirinya, program ini menyerang dan menganggap manusia
sebagai musuh
Kecerdasan
buatan, sebuah teknologi melalui program komputer yang menerapkan kemampuan
manusia seperti belajar, mendeteksi, persepsi, dan pemahaman bahasa, kecerdasan
butan merupakan bidang ilmu komputer dan teknologi informasi yang meneliti
bagaimana cara agar komputer dapat melakukan kecerdasan manusia seperti berpikir,
belajar, mengembangkan diri, dll
Komputer
memiliki input data kemudian CPU (Central Processing Unit), akan mengendalikan,
menghitung, dan mengingat informasi lalu mencetaknya, diperlukan hardware dan
software
Softwarem
kumpulan program yang dapat menjalankan komputer dan seluruh data yang ada di
dalamnya, software terbagi menjadi sytem software (program yang membantu agar
komputer dapat digunakan misal program input/output seperti Windows atau Unix),
dan application software (program yang dibuat untuk melakukan fungsi tertentu
seperti membuat dokumen atau grafik, menyuntung video, multimedia, permainan,
dll
Kecerdasan
butan dapat melakukan kecerdasan manusia melalui program komputer. Komputer
hanya mengenal 2 arus yakni on ketika aliran listrik menyala dan off ketika
aliran listrik mati on ditandai dengan angka 1 dan off dengan angka 0, sinyal
berupa digit 1 atau 0 dinamakan bit (satuan terkecil dalam komputasi digital),
tidak ada yang bisa muncul hanya 1 bit, 2 bit bisa membuat 4 sinyal, 8 bit
digabung menjadi 1 yang disebut byte, kalau menggunakan byte ini kita bisa
menandai informasi seperti angka atau huruf, 1 byte menampilkan 1 alfabet,
alfabet diatur untuk muncul karena bit
menggunakan 8 byte dari 2 sinyal (0,1) byte bisa memunculkan 256 informasi dari
0 hingga 255, jumlah kapasitas memori komputer ditandai dengan byte, semakin
banyak byte semakin banyak informasi yang bisa disimpan
Kapasitas
memori komputer: Jumlah yang menentukan seberapa banyak data dapat disimpan
dalam komputer kapasitas memori juga merupakan faktor penting dalam kapasitas
pengolahan data komputer
Byte
= 1 B = 8 bits
Kilobyte
= 1 KB = 1024B
Megabyte
(MB): 1 MB = 1024 KB = 1.048.576 B
Gigabyte
(GB) : 1 GB = 1024 MB = 1.073.741.824B
Terrabyte
(TB): 1 TB = 1024 GB = 1.099.511.627.776B
Komputer
punya ratusan ribu byte yang menyimpan sangat banyak data. Komputer menciptakan
bahasa pemrogramman dengan angka dan huruf yang dihasilkan byte dan memberi
perintah satu per satu untuk membuat program
Logika
dipernalkan oleh Aristoteles di abad ke 4 SM
Silogisme:
proses penarikan kesimpulan dari 2 proses (pernyataan) menjadi satu pernyataan
baru. Silogisme pertama kali dinyatakan oleh filsuf Aristoteles pada abad ke 4
SM
Premis
mayor: semua manusia akan mati
Premis
minor: Socrates adalah manusia
Kesimpulan:
jadi Socrates akan mati
Dengan
silogisme, manusia bisa memperoleh informasi baru dengan menyusun kata sesuai
aturan yang tepat
Pada
abad ke 17 filsuf Jerman Leibniz memikirkan sistem bilangan biner yang secara
sistematis mengulangi dua simbol, 0 dan 1 untuk mewakili semua angka dan untuk
menghitung penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan sebagainya
Bilangan
desimal Bilangan Biner
0
0
1
1
2
10
3
11
4
100
5
101
6
110
7
111
8
1000
9
1001
10
1010
Dengan
2 angka 0 dan 1, dapat membentuk angka inilah bilangan biner yang merupakan
cara komputer memunculkan angka
Bilangan
desimal dimulai dari angka 1 dan akan dikalikan 10 setiap tambahan satu posisi
angka, sedangkan bilangan biner dimulai dari angka 1 dan dikalikan dua setiap
tambahan satu posisi angka, bilangan desimal 179 sama dengan bilangan biner
10110011
Satuan
1 = 1 x 100 = 100
Puluhan
= 7 x10 = 70
Ratusan
= 9 = 9 x 1 = 9
100
+ 70 _ 9
128
= 1 x 128 = 128
64
= 0 x 64 = 0
32 = 1 x 32 = 32
16
= 1 x 16 = 16
8
= 0 x 8 = 0
4
= 0 x 4 = 0
2
= 1 x 2 = 2
1
= 1 x 1 = 1
128
+ 0 + 32 + 16 + 0 + 0 + 2 + 1
10
tahun bisa jadi 1010 tahun dengan bilangan biner
Awal
mula bilangan biner: Gottfried Wilhelm
Leibniz (1646 – 1716), seorang filsuf sekaligus matematikawan Jerman menganggap
penggunaan simbol matematika lebih baik daripada bahasa yang digunakan sehari –
hari ketika membuka pikiran manusia, saat itu terinspirasi dari sebuah surat
yang dikirim seorang misionaris yang ditugaskan ke China, dimana di dalamnya
terdapat heksagram China berupa garus lurus (---) dan garis putus (-) ia
menyakini bahwa kedua simbol berbeda, baik (---) dan (-) atau 0 dan 1 jika
diulang secara sistematis dapat memunculkan semua bilangan termasuk dihitung
dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dll. Selain itu, menurutnya segala
hal yang ada di dunia ini dapat diubah dan akan dapat berkomunikasi melalui
gabungan 0 dan 1. I ching (teks yang
ditulis oleh Kaisar kuno China, dalam buku Book Of Change yang melambangkan
prinsip keberadaan dan harmoni manusia dan alam, I ching gambar dari prinsip
tersebut) diciptakan oleh Kaisar China, Fuxi, Leibniz mencetuskan biner karena
hal ini
Pada
abad 19, ahli matematika Inggris George Boole, menunjukkan bahwa matematika
bisa mengekspresikan masalah logika yang rumit, bahkan memberitahukan kebenaran
dan kebohongan, George Boole melihat
pikiran manusia sebagai sebuah susunan ide dasar untuk menciptakan ide baru,
lalu menyusun kembali ide dan membuat ide lain
(dan atau bukan) jika A dihubungkan dengan dan maka baik A dan B adalah sama benar,
kalau A dan B dihubungkan dengan atau, maka bohong kalau keduanya bohing
Pada
1937, Ilmuwan teknik elektro asal Massachusetts, bernama Claude Shannon
menunjukkan perhitungan biner dan logika matematika cahaya dengan mengatur
saklar pada rangkaian listrik
+
dan : rangkaian seri = cahaya dapat menyala jika kedua jalur terhubung
+
atau : rangkaian pararel = cahaya dapat menyala meski hanya salah satu jalur
yang terhubung
Pada
tahun 1937, matematikawan Inggris Alan Turing menemukan ide tentang mesin Turing
yang menjadi dasar dari struktur komputer modern
Alan
Turing lahir di Inggris pada 1912 - 1954, dan sejak kecil sudah memperluhatkan
bakat dibandingkan temannya, khususunya di bidang matematika. Ia mengambil
jurusan matematika di Universitas Cambridge sambil bekerja sebagia peneliti di
universitasnya dan pada 1936, ia mengumumkan tesisnya yang memperkenalkan
tentang mesin Turing, mesin Turing terdiri dari Tape yang berisi informasi,
Head yang membaca informasi dan Finite State Control, yang berisi daftar aturan
khusus penggerak mesin. Ruang kecil yang berada di tape terdapat 1 atau X
dimana X digunakan sebagai pengganti 0. Jika alat penggerak tape memindahkan
satu per satu ruang kecil maka head akan membaca informasi yang ada di ruang
kecil, sedangkan finite state control berkembang sebagai Central Processing
Unit (CPU). Saat perang Dunia 2 menciptakan pemecah kode dari mesin Turingj
untuk memecahkan kode rahasia tentara Jerman dan berkontribusi pada kemenangan
Sekutu. Setelah perang berakhir, ia mempelajari kecerdasan butan di
laboratorium komputer di Universitas Manchester, Turing dikenal sebagai bapak
ilmu komputer. Komputer elektronik pertama ABC muncul tahun 1939, setelah itu
muncul ENIAC yang terkenal tahun 1946, Eniac memiliki fungsi tercanggih dengan
lebih dari 17 ribu tabung vaksin, dan 70 ribu resistor (alat atau komponen
untuk membatasi aliran listrik yang dibutuhkan), berhasil mengalahkan komputer
sebelumnya, namun beratnya mencapai 30 ton dan sering terjadi kerusakan yang
mengharuskan penggantian tabung vakum sebanyak 2 – 3 kali seminggu, serta
menghasbikan konsumsi daya listrik 150 KW
Istilah
kecerdasan butan pertama kali digunakan tahun 1955 saat John McCarthy
mengajukan proposal untuk melakukan penelitian bersama ilmuwan lainnya di Universitas
Dartmouth pada tahun 1956, 10 ilmuwan termasuk John McCarthy dan Marvin Minsky
berkumpul di Universitas Darthmouth untuk melakukan penelitian tentang
kemungkinan pengembangan program komputer yang dapat berpikir seperti manusia,
kecerdasan butan menjadi ilmu pengetahuan dan para Ilmuwan melakukan
penelitian, selama 30 tahun penelitian, Ilmuwan menemukan konsep pendekatan top
down, proses dimana pola keseluruhan (atas) menentukan pola bagian bawah
pendekatan digunakan untuk menyimpan informasi dan aturan yang berhubungan
dengan fungsi komputer, serta membandingkan dan menentukan informasi yang
diterima dari luar, pendekatan top down dalam kecerdasan butan meniru cara otak
manusia dalam mengatur informasi, sejak akhir tahun 1970, Ilmuwan menyadari bahwa
kemampuan program dalam menyelesaikan masalah muncul dari pemahaman yang ada
dalam program itu sendiri. Sejak 1980 mengembangkan sistem yang dapat menyimpan
ilmu pengetahuan di berbagai bidang dalam jumlah besar
Sistem
pakar : program komputer yang dapat menyimpan, menilai, dan mendeteksi suatu bidang pengetahuan dari para
pakar, sebagai contoh jika ingin membuat program komputer yang dapat
mendiagnosa kerusakan mobil, maka akan membuat program dengan mengumpulkan
segala ilmu pengetahuan yangb berhubungan dengan kerusakan mobil, dengan
begitu, program dapat memberi jawaban atas pertanyaan tentang gejala kerusakan
mobil
Tahun
1950 Turing menemukan cara untuk membedakan komputer yang memiliki perilaku
cerdas, alat Turing berpikir komputer yang bisa berkomunikasi dengan manusia
memiliki kecerdasan, para Ilmuwan membuat Test Turing, di awali dengan 3
ruangan yang memiliki fasilitas Chatting
dan diisi oleh 2 orang dan satu komputer, masingt idak mengetahui siapa yang
berada di ruangan lain, kemudian satu orang mengirimkan pertanyaan melalui
chatting untuk kedua ruangan lainnya, setelah itu jawaban dari kedua ruangan
tiba, jika si pemberi pertanyaan tidak bisa menebak apakah jawaban itu dikirim
oleh manusia atau komputer yang berada di ruangan itu dianggap memiliki
kecerdasan, para Ilmuwan berpendapat komputer harus menipu lebih dari sepertiga
yang mengajukan pertanyaan untuk lulus test turing, di tahun 2014 ada program
kecerdasan buatan pertama kali berhasil lulus Test Turing, program Eugune
Goostman yang dikembangkan peneliti Rusia
Eugene
Goostman, pada tahun 2014, program ini dikembangkan peneliti Rusia berhasil
mengelabui 33% penguji dalam Test Turing yang diadakan di Universitas Reading
di Inggris sehingga menjadikannya program kecerdasan buatan pertama yang
berhasil lulus dalam test, namun para ahli berpendapat progra ini berhasil
lulus test karena tidak mengakui sebagai kecerdasan buatan, melainkan anak laki
berusia 13 tahun dari Ukraina, tidak bisa berbahasa Inggris membuat komunikasi
menjadi sedikit aneh dan membuat para penguji membiarkannya lulus test
Karena
pengaturan tertentu dapat membuat program menjadi lulus test seperti Eugene
Goostman penilaian komprehensif sangat diperlukan dalam menguji atau menilai
kecerdasan buatan yang sungguh bisa berpikir seperti manusia, tahun 1980 filsuf
Amerika John Searle menyampaikan tentang Ruangan China sambil menjelaskan bahwa
program lulus dalam Test Turing bukan kecerdasan nyata. Diandaikan orang Cina
berada di ruangan terpisah dengan orang Amerika yang tidak bahasa Cina mereka
berdua saling berkomunikasi di antara orang Amerika dapat memberikan jawaban
atas pertanyaan bahasa Cina yang diajukan orang Cina memiliki buku petunjuk
sempurna, orang Cina akan mengira orang yang berada di dalam ruangan itu pintar
bahasa Cina, padahal orang Amerika tidak bisa bahasa Cina
Orang
Cina menyelipkan kertas berisi pertanyaan bahasa Cina melalui lubang kecil –
orang Amerika emncari jawaban buku petunjuk dan mengikuti tulisan – kertas
berisi jawaban kembali diselipkan melalui lubang kecil ke luar ruangan karena
komputer tidak memahami bahasa, komputer bisa memiliki program untuk memasukan
data sudah ditentukan tapi tidak bisa memiliki kecerdasan sebenarnya, sistem
pakar sulit untuk memiliki kecerdasan
manusia, sulit untuk melakukan hal mudah yang bisa dilakukan manusia,
sistem pakar akan menunjukkan kemampuan dalam bidang tertentu sesuai dengan
data yang di input, tidak bisa melakukan hal kecil seperti membedakan anjing
dan kucing atau membedakan warna
Jaringan
saraf tiruan (Artifical Neural Network/ANN) : jaringan saraf tiruan sekelompok
unit kecil yang dimodelkan berdasarkan sistem saraf manusia, sejak 1980 Ilmuwan
menemukan pendekatan baru, cara untuk meniru otak manusia, otak bekerja melalui
proses penyampaian sinyal dalam sel otak (tiruan)
Cara
kerja otak manusia: setiap kali melihat sesuatu yang sama, sinyal yang
disampaikan dari mata ke otak menghasilkan pola sinyal yang sama di antara sel
otak. Karena itu ketika sering melihat sesuatu, pola sinyal yang samaa terus diulang
di antara sel otak, sehingga terus belajar dan mengingat. Karena ini, para
Ilmuwan berpendapat bahwa memiliki
kecerdasan dan pembelajaran melalui sinyal datang dan pergi di antara sel otak
Sel
otak manusia dan sinapsis: otak manusia terdiri dari sekitar 100 miliar sel
otak atau neuron, setiap sel otak memanjang keluar dari dendrit dan akson dan
membuat jaringan sel otak terlihat rumit, titik temu antaea sel otak dinamakan
sinapsis, dimana terdapat 100 triliun jaringan sinapsis di dalam otak manusia,
informasi yang disediakan oleh indra seperti mata, telinga, dan kulit diubah menjadi sinyal
listrik yang disampaikan ke otak. Sel otak menerima sinyal ini melalui dendrit
dan menyampaikannya kembali ke dendrit sel otak lainnya melalui akson, melalui
proses ini sel otak mengirim dan menerima sinyal
Dendrit
– inti atom – sel saraf – akson -
sinapsis
Para
Ilmuwan membuat jaringan saraf tiruan dengan meniru proses kerja otak,
mengembangkan neuron butan dengan meniru neuoron manusia, saat data di input,
hasilnya dicetak sesuai dengan penilaian
Sinyal
1, 2, 3 – neuron buatan – cetak
Strukrur
sederhana neuron buatan menerima berbagai sinyal di input, namun hanya bisa
mencetak satu sinyal. Dalam neuron buatan, input ibarat dendrit dari neuron dan
hasilnya akson. Neuron buatan terdiri dari jaringan rumit dan menciptakan
jaringan saraf tiruan
Sinyal
input – sinyal tengah – sinyal output – hasil
Struktur
jaringan saraf tiruan : nilai yang dihasilkan akan kembali menjadi nilai yang
dimasukkan, sehingga terdapat sinyal tengah antara sinyal input dan output
Nilai
yang dihasilkan berbeda sesuai kepentingan nilai yang di inpit, misal ketika
ingin mengendarai sepeda, kita membuat keputusan berdasaarkan berbagai
kepentingan persyaratannya, kepentingan ini menghubungkan jaringan antar neuron
buatan, jaringan saraf tiruan menyadari pola input dan output, serta belajar
sambil menyesuaikan kepentingan berulang kali, neuron buatan yang ada di
jaringan saraf buatan menerima dan memberi sinyal sambil belajar, mengingat dan
mendeteksi benda seperti otak sebenarnya, jaringan saraf tiruan memiliki
kecerdasan dengan sendirinya melalui proses belajar pengalaman seperti otak
manusia, kecerdasan buatan terbentuk melalui proses belajar neuron, dinamakan
pendekatan Bottom Up. Pendekatan Top Down proses mengolah informasi pikiran dan
pendekatan Bottom Up proses otak dalam mengolah informasi
Program
komputer memahami bahasa manusia dengan menganalisis tata bahasa terlebih dulu,
kalau menginput kalimat ke dalam komputer maka komputer akan membagi kata lalu
memahami arti sesuai tata bahasa, komputer harus mampu memahami aliran kalimat
dan menduga arti dari kalimat yang disingkat, perkataan manusia bsia dipelajari
dengan emsin deep learning yang menggunakan teori jaringan saraf tiruan
Deep
Learning: salah satu pembelajaran mesin dengan teori jaringan saraf tiruan dan
juga merupakan teknologi yang paling sering digunakan, biasanya pembelajaran
mesin mengklasifikasi data dengan mempelajari informasi terlebih dulu, deep
learning menemukan pola dari banyak data yang di input ke dalam komputer dan
membedakan benda, kecerdasan buatan juga bisa memahami perkataan manusia,
proses kerja pembelajaran mesin sebelumnya adalah memberi jawaban mengolah data
yang di input, deep learning memakai jaringan saraf tiruan bisa belajar sendiri
asal data diberikan
Perkembangan
kecerdasan butan: kecerdasan buatan dianggap
hal penting karena perkembangannya bermanfaat, baik dalam bidang penelitian
teknologi hingga kehidupan manusia sehari, dalam bidang jaringan saraf tiruan
yang merupakan salah satu teknologi pembelajaran mesin, telah menunjukkan
kecerdasan buatan menonjol, yaknik kemunculan deep learning
Sistem
pakar: Logika berbasis pola (1950 – 1980) : tidak bisa mengindentifikasi
permasalahan nyata dengan tepat, tidak bisa memberi tau segala kondisi dan
pengetahuan dunia
Jaringan
saraf tiruan : Berbasis koneksi (1980 – 1990) : proses perhitungan yang sulit
dan kekuatan komputer tidak cukup melatih pembelajaran jaringan saraf dengan
baik, kurangnya data yang perlu dilatih
Pembelajaran
mesin : Berbasis statistik (1990 – 2010): sistem kinerja dikendalikan
berdasarkan kemahiran rancangan, sulit dipakai di bidang lain karena hanya
dikhususkan untuk memberi solusi dalam permasalahan tertentu
Deep
learning: Berbasis deep learning (2010 – sekarang) : komputer merancang dan
mempelajari kualitas sendiri, data yang telah di pelajari digunakan pada
permasalahan lain atau di daur ulang
Teknologi
pengenalan suara di akhir tahun 1990, masih pada tahap mengetahui kata saja
tapi perkembangan terjadi begitu pesat berkat deep learning. IP Soft Amelia
(perusahaan Amerika yang mengotomatisasi
proses bisnis dan teknologi informasi dari berbagai industri menggunakan tenaga
kerja digital), membaca perasaan manusia dengan menganalisis kekuatan dan
kelemahan suara, Amelia juga memberi jawaban dalam layanan call center
sungguhan.
Sensor
yang berperan sebagai mata dan telinga : sensor faktor terpenting dalam
kecerdasan buatan, kamera dan lensa berperan sebagai mata sedangkan mic dan
sensor pengenal suara berperan sebagai telinga, melalui sensor kecerdasan
buatan dapat menyesuaikan diri setelah itu juga dapat mengetahui perasaan
manusia dan menghubungkan manusia dengan komputer
Proses
jaringan saraf tiruan dalam membaca tulisan tangan: ketika memperlihatkan angka
3 yang ditulis dengan pena hitam di atas kertas putih kepada robot dengan
kecerdasan buatan dari jaringan saraf tiruan, maka robot akan mendeteksi angka
dengan membagi menjadi potongan kecil dan menganalisis potongan mana yang
berwarna hitam dan potongan putih, pada awalnya, besar kemungkinan untuk
memberi jawaban salah tapi kesalahan dapat berkurang dengan percobaan yang
dilakukan secara berulang, pada akhirnya robot akan menjawab angka 3 dan terus
mengingat bagaimana proses akhirnya ia menjawab angka tersebut, jika robot
terus dilatih dengan menunjukkan angka 3 yang ditulis dengan tulisan tangan
lainnya, maka robot akan mengetahui dan menjawab angka itu sebagai angka 3
-
Mengklasifikasi dan menganalisis warna
hitam dan putih
-
Salah menjawab seperti menjawab angka 3
sebagai angka 8
-
Akhirnya dapat menjawab angka 3 sebagai
angka 3 dengan benar
-
Dapat
menjawab angka 3 yang ditulis dengan tulisan tangan lainnya
Kemampuan
komputer dalam berhitung semakin cepat dan teknologi kecerdasan buatan juga
ikut berkembang pesat
Super
komputer : komputer yang dapat mengolah begitu banyak data dengan cepat. Dengan
kecepatan perhitungan, super komputer digunakan untuk melakukan tugas seperti
prakiraan cuaca, pengembangan antariksa, riset tenaga nuklir, dll. Kecepatan
super komputer mengalahkan gigaflops (dapat melakukan penghitungan bilangan pecahan
1 miliar per detik, di tahun 1987 dan teraflops (dapat melakukan penghitungan
bilangan pecahan 1 triliun per detik) di tahun 1998. Setelah itu kembali
mengalahkan petaflops (dapat melakukan penghitungan bilangan pecahan 1000
triliun per detik) kini super komputer tercepat di dunia dimiliki komputer
Amerika bernama Summit dengan kecepatan 200 fetaplops ( November 2018)
Ada
500 peringkat super komputer di dunia yang dinilai kinerjanya setiap tahun di
Juni dan November hanya komputer ini yang bisa disebut super komputer, fungsi
komputer diukur melalui kecepatan penghitungannya, seberapa cepat komputer
dapat menghitung, dibutuhkan chip untuk menciptakan super komputer dengan
fungsi baik, kecepatan penghitungan komputer tergantung pada chip
mikroprosesornya makanya banyak Ilmuwan menciptakan chip super cepat. Membuat
Chip sulit karena keterbatasan waktu dan biaya, namun setelah diketahui
menggabungkan beberapa unit chip dapat mempercepat komputer sejak tahun 1990,
super komputer diciptakan dengan berbagai gabungan cpu, super komputer dapat
diciptakan dengan beberapa gabungan prosesor playstation kini super komputer
diciptakan dengan cara seperti ini
Big
data : semenjak komputer, internet, smartphone sudah menjadi kebutuhan kini big
data dengan volume super besar yang diisi dokumen, video, dll sudah membanjir
di seluruh dunia. Selain itu data seperti ini dapat dilihat siapapun melalui
media sosial atau SNS (Social Network Service) data begitu besar dan meningkat
seperti ini dinamakan big data, dengan menyelidiki big data bisa menduga
pikiran dan gerak gerik manusia sehingga banyak digunakan di berbagai bidang
industri atau institusi umum. Google mengembangkan grafik statistik pencarian
web yang menampilkan popularitas topik pencarian melalui google flu trends. Grafik
ini memiliki kemampuan prediksi yang lebih baik dibandingkan Pusat Pengendalian
dan Pencegahan Penyakit Amerika. Industri Jepang melakukan penyelidikan
terhadap situs pencarian resep makanan dan mengembangkan sebuah produk baru
hingga meraih popularitas. San Fracisco menganalisis area dan insiden kejahatan
di masa lalu untuk membuat ramalan kejahatan, sekitar 71% dari hasil akurat,
sehingga memungkinkan untuk diadakan patroli efisien. Big data memberi pengaruh
besar terhadap perkembangan kecerdasan buatan akan mempelajari data yang
diunggah di internet dengan mengingat pola foto dan judul pada foto, saat deep
learning semakin banyak data yang harus dipelajari membuat kecerdasan buatan
semakin efektif sehingga big data sangat bermanfaat untuk pembelajaran
kecerdasan buatan, melalui deep learning kecerdasan buatan Google akan berhasil
memilah begitu banyak video yang diunggah di Youtube, pada 2013 jaringan saraf
tiruan Google melakukan percobaan untuk meilah kuciang diantara 10 juta video
yang diunggah di Youtube hasilnya 70% akurat dengan memilih kucing, kecerdasan
buatan mencari berbagai macam pola yang ada dalam gambar kucing, semua
informasi penting tentang kucing akan disaring dan diperkuat, sehingga semakin
banyak informasi yang menumpuk, semakin banyak pula informasi penting yang
dikenali
Deep
learning pengenalan kucing dalam jaringan saraf tiruan: cara mesin
mengklasifikasi kucing, Google dapat mengklasifikasi kucing dengan melatih
kecerdasan buatan menggunakan cara deep learning, jika memasukkan 10 juta foto
kucing ke dalam mesin dengan kecerdasan buatan yang belum memiliki informasi
kucing, maka komputer akan menyelidiki mulai dari piksel terkecil kemudian
membaginya ke berbagai lapisan informasi. Komputer akan mengenali ciri khas
gambar dari lapisan terbawah, semakin ke atas penglihatan semakin luas dan
lapisan teratas dapat memperlihatkan keseluruhan gambar
Memasukkan
jutaan foto kucing ke dalam data dan memberi tau indentitas kucing, menyelidiki
masing foto dengan satuan piksel terkecil,
mengenali wajah kucing, mempelajari ciri khas kucing, mengenali bentuk
sederhana seperti garis dan titik, mengulang cara pembelajaran seperti ini
dalam foto kucing lainnya, kecerdasan buatan akan menilai gambar kucing
sendirinya, dengan berkembangnya deep learning dapat mengenali berbagai benda
lainnya
Deep
face Facebook mengenali pemilik wajah yang ada dalam gambar Facebook melalui
deep learning. Deep face akan menyelidiki wajah pemilik yang ada di dalam
gambar dan mencari orang yang sama. Deepface memiliki keakuratan sekitar 97,25%
dalam pencarian wajah, sedangkan pencarian yang dilakukan manusia memiliki
keakuratan sekitar 97,53% hasilnya hampir mirip. Deep face dapat mencari orang
sama dalam gambar yang diambil di tempat dan sudut pandang lain, deep face membuat
foto miring tampak seperti diambil di depan kamera dan belajar mencocokan wajah
yang ada di dalam foto Facebook, kecerdasan buatan dapat mengenali situasi yang
ada di dalam foto, di Desember 2014,
kecerdasan buatan Google melihat dan menjelaskan situasi yang ada di
dalam foto
Ada
kecerdasan buatan yang menulis artikel dia mengumpulkan informasi dan
menampilkan dalam tata bahasa tersimpan. Saat masih tahap menyelidiki data
menulis artikel yang sederhana, artikel tentang olahraga dan pertandingan
Ruang
lingkup kecerdasan buatan : kecerdasan buatan tidak hanya menulis artikel
berita tapi juga digunakan pada berbagai bidang lain dalam kehidupan sehari
seperti bidang kesehatan, huku, dan penerjemahan bahasa. Watson milik IBM
digunakan dalam bidang kesehatan seperti
menyampaikan umur pasien, riwayat penyakit (penyakit di derita hingga sekarang,
penyebab, proses penyembuhan, dsb), serta jenis perawatan yang dibutuhkan dalam
penyembuhan pasien. Pada 2017, Departemen Hukum Korea mencetus Bubbi yang dapat
melakukan konsultasi berupa tanya jawab seputar pemahaman UU hukum yang
diperlukan dalam kehidupan sehari, LA Times mencetus robot jurnalis Quakebot
yang mengumpulkan informasi di waktu sebenarnya dan menulis berita lebih cepat
dari siapapun, tidak hanya itu, kini banyak kecerdasan buatan dapat melakukan
tugas seperti mengantarkan paket, meracik obat, mengelola gudang, dll
Skak
mat: kekalahan dalam permainan seperti catur karena Raja lawan tidak bisa
menyelamatkan diri ke petak lain
Pertandingan
pertama antara kecerdasan buatan dengan manusia adalah catur. Tahun 1967
program catur Mac Hack berhasil mengalahkan ahli filsafat Dreyfus tapi karena
Dreyfus bukan pemain catur dan Mac Hack selalu kalah melawan orang lain, saat
itu Mac Hack kurang mendapat perhatian tapi IBM (perusahaan Amerika menjual
perangkat keras dan perangkat lunak komputer) mencetus program catur Deep Blue
menggabungkan sistem pakar dengan super komputer. Tahun 1996, Deep Blue
menantang pecatur terbaik dunia Garry Kasparov, sejak resmi jadi pecatur
terbaik dunia tahun 1985, Garry tidak pernah kalah bertanding selama 13 tahun
dan terus mempertahankan posisi sebagai sang juara. Garry memenangkan
pertandingan catur pertama melawan Deep Blue, dan IBM mengembangkan fungsi Deep
Blue, sehingga kemampuan perhitungan Deep Blue jadi 2 x lebih cepat dari
sebelumnya dan bisa memeriksa 200 juta gerakan dan 50 miliar lokasi per detik.
Tim teknisi melakukan penyelidikan terhadap pertandingan catur dalam 100 tahun
terakhir dan seluruh pertandingan yang dilakukan Garry, kemudian menginput
kelebihan dan kekurangannya ke dalam data Deep Blue. Pada tahun 1997 Deep Blue
menantang Garry dan akhirnya memenangkan pertandingan itu terjadi karena Deep
Blue meramal 20 angka ke depan dan memiliki kecepatan berhitung 70 kali lebih
cepat daripada manusia
Pertandingan
baduk antara Alphago dengan Lee Sedol di tahun 2016, permainan baduk dilakukan
meletakkan batu baduk di titik pertemuan 19 garis horizontal dan vertikal dan
posisi untuk meletakkan batu sampai 10 pangkat 170, kecerdasan buatan
menghitung secara matematika posisi yang akan diletakkan sehingga membutuhkan
waktu tepat, kemampuan kecerdasan buatan dalam bermain baduk tidak baik, di
tahun 1985 promotor Cina Ing Chang Ki menawarkan uang 1,5 juta dollar kepada
para pencipta program yang berhasil membuat program yang dapat mengalahkan
juara baduk, nanun hingga batas waktu yang ditentukan di tahun 2000, belum ada
seorang pun yang memenangkan uang, para pakar memprediksi tidak akan ada
program kecerdasan buatan mengalahkan juara baduk hingga 20 atau 30 tahun ke
depan, di Oktober 2015, program baduk kecerdasan buatan bernama Alphago
berhasil memenangkan 5 pertandingan baduk dalam 2 tingkatan di pertandingan
juara Eropa
Satunya
kekalahan Alphago, menantang beberapa pemain baduk kelas dunia dalam berbagai
pertandingan pada Maret 2016, Alphago melawan Lee Sedol dan menang dengan skor
4:1 dalam 5 kali pertandingan, setahun kemudian, yakni pada Mei 2017, Alphago
semakin kuat dan menang sebanyak 3 kali di 3 pertandingan melawan ke Jie dari
Cina, namun setelah itu Alphago mengundurkan diri dari dunia baduk, pada
akhirnya satu kekalahannya ketika melawan Lee Sedol menjadi satunya kekalahan
Alphago. Alphago mengolah data dan dapat menghitung dengan sangat cepat,
Alphago kecerdasan buatan dengan jaringan saraf tiruan yang diciptakan tahun
2015, oleh anak perusahaan Google Deep Mind, komputer yang mengoperasikan
Alphago adalah super komputer yang terdiri dari 1202 gabungan CPU (Central
Processing Unit, Unit Pemroses Sentral) dan 176 GPU (Graphic Processing Unit Pemroses Grafis),
para pencipta Alphago merasa kesulitan kalau Alphago mempelajari semua langkah
baduk, karena mereka hanya melatih Alphago untuk mempelajari langkah baduk
dengan kemungkinan menang tinggi, Alphago mempelajari 160 ribu pertandingan
baduk melalui catatan baduk dan berhasil menembak sebanyak 30 juta kasus untuk
meletakkan batu baduk dengan benar
Cara
Alphago meletakkan batu baduk: jaringan saraf tiruan Alphago terbagi menjadi
jaringan kebijakan dan jaringan nilai Alphago menggabungkan kedua jaringan
untuk menentukan posisi batu baduk, jaringan kebijakan menganalisis di mana
kebanyakan para pemain baduk profesional meletakkan batu baduk dan mendeteksi
posisi batu baduk yang harus diletakkannya sedangkan jaringan nilai berfungsi
untuk menghitung kemungkinan masing kemenangan setelah meletakkan batu baduk di
posisi yan gsudah dideteksi sebelumnya, ketika meletakkan satu batu di titik
papan baduk, maka terdapat berbagai titik untuk meletakkan batu selanjutnya,
jika meletakkan batu di titik yang memiliki kemungkinan menang tinggi di antara
semua titik itu, maka akan muncul titik lain untuk meletakkan batu baduk, para
pencipta Alphago meletakkan batu sendiri sebanyak 1 juta kali dan membuat
mengingat proses, Alphago memahami strategi berdasarkan kasus dalam catatan
baduk, sedangkan sisi lainnya mencari strategi untuk menang ketika meletakkan
batu
Tahun
2011, program kecerdasan buatan Watson milik IBM pernah muncul dalam acara kuis
di Amerika (Jeopardy). Watson melawan Brad Rutter sang juara terbanyak dan Ken
Jennings peraih hadiah uang tertinggi
Kecerdasan
buatan Watson: Watson mulai dikembangkan oleh IBM pada tahun 2004 dirancang
untuk menjawab pertanyaan yang diajukan oleh bahasa alami mauusia, Watson
menggunakan super komputer Blue Gene dengan total 2880 CPU yang dilengkapi
dengan memori berkapasitas 15 triliun byte berukuran 10 x kulkas, di dalam
meori ini tersimpan 2 miliar halaman berisi data seperti kamus, ensiklopedia,
literatur, dll. Watson mengolah 1 juta buku per detik dalam 500 GB data, kini
Watson, digunakan untuk pelayanan bidang kesehatan, kuis Jeopardy menggunakan
kata berlafal sama dengan arti berbeda atau pertanyaan teka teki dan itu
menyulit kecerdasan buatan dan harus
mampu menarik kesimpulan dan pemahaman bahasa manusia kalau ingin memenangkan
acara kuis. Watson program yang dirancang untuk dapat berkomunikasi dan
menjawab pertanyaan manusia dengan tepat, Watson menyimpan berbagai informasi
seperti sejarah, sastra, politik, film, sains, dll melalui kamus, ensiklopedia,
naskah teater, alkitab, novel, dll. Watson memiliki kekurangan dalam pemahaman
pertanyaan dibandingkan manusia, tapi memiliki kecepatan luar biasa mengolah banyak informasi,
sehingga Watson mengalahkan sang juara kuis
Proses
ketika Watson menjawab kuis: Watson menggunakan algoritma yang disebut teknik
analisis, ketika menerima pertanyaan maka Watson akan mencari kata pokok dalam
kalimat pertanyaan dan mencari kata di dalam data yang tersimpan di dalamnya,
dengan proses ini, 100 lebih algoritma (serangkaian langkah atau prosedur yang
dilakukan komputer dalam memecahkan sebuah masalah) akan mencari jawaban di
waktu sama, jika terdapat puluhan algoritma yang mendapatkan jawaban sama, maka
jawaban itu akan dipilih, Watson memilih salah satu dari berbagai jawaban
dengan menarik kesimpulan yang memiliki kemungkinan tertinggi, semua proses ini
dilakukannya hanya dalam waktu 3 detik, Watson tidak akan menekan bel kalau
tidak yakin dengan jawaban jadi dia hanya menekan bel saat yakin, Watson
menjawab benar 66 pertanyaan dan salah 9 pertanyaan
Film
produksi tahun 1968: A Space Odyssey film terkenal diantara film bertema fiksi
ilmiah, dalam film terdapat HAL 9000 yang mengendalikan seluruh pesawat ruang
angkasa penjelajah Jupiter, awak pesawat berhibernasi karena butuh waktu yang
sangat lama menuju Jupiter, jadi komputer ini yang mengendalikan pesawat luar
angkasa, pesawat antariksa menempuh waktu 8 bulan untuk menuju Mars yang
terdekat dari Bumi, robot kecerdasan buatan dimanfaatkan untuk bertahan dalam
lingkungan buruk dan waktu lama ketika menjelajah luar angkasa, robot
kecerdasan buatan dimanfaatkan dalam penjelajahan dasar laut atau tanah yang
dalam tidak bisa dicapai manusia, robot digunakan sebagai pengganti manusia
ketika melakukan pekerjaan berbahaya seperti bekerja dalam ruangan beracun,
Nasa mengirim robot penjelajah Mars, tahun 2012 NASA mengirim robot Curiosity
ke Mars, Nasa mengirim robot Robonaut ke stasiun luar angkasa sehingga menjadi
penduduk terlama yang tinggal di stasiun luar angkasa
Internet
of things: sebuah teknologi yang memasang sensor atau alat komunikasi di setiap
benda yang digunakan dalam kehidupan sehari, kemudian disambungkan ke internet,
komputer kecil disisipkan ke dalam benda sehari untuk bertukar informasi
melalui internet, misal ketika manusia bangun di waktu bersamaan lampu menyala,
mesin kopi mengalirkan kopi di iringi irama musik. Internet of things
menghubungkan internet sehingga dapat bertukar informasi
Perusahaan
Amerika mengembangkan botol obat pintar dimana lampu pada tutup botol akan
menyala dan mengeluarkan suara ketika waktu minum obat tiba, jika tutup botol
dibuka maka sensor akan mendeteksi dan menyampaikan informasi ke rumah sakit
bahwa pasien telah meminum obat, jika tutup botol, tidak dibuka, setelah lewat
jam minum obat, maka sistem rumah sakit secara otomatis memberikan
pemberitahuan pada pasien
Internet
dihubungkan ke kelas, halte bus, hingga sawah. Industri pertanian Valley
Irrigation mengembangkan sistem dengan sensor di kedalaman akar produk pertanian
mengirimkan data tentang temperatur, kelembapan, dan kondisi tanah sehingga
alat irigasi dapat memberi air atau pupuk dengan sendirinya. Semua benda
bergerak tergantung pada cuaca, kondisi, atau pola
Semua
benda bergerak tergantung pada cuaca, kondisi, pola kehidupan
Kecerdasan
buatan yang bisa mengatur navigasi dan audio hanya dengan suara pengemudi dan
sistem yang mengatur jarak dengan mobil yang ada di depan tanpa terus menginjak
rem
Navigasi:
alat yang dibuat menggunakan GPS untuk mendeteksi lokasi di permukaan Bumi
melalui informasi yang diperoleh dari satelit, navigasi pada smartphone yang
memberikan informasi lalu lintas dan membantu menemukan jalan di sekitar
merupakan salah satu contoh kecerdasan buatan bermanfaat dalam kehidupan sehari
Ada
mobil dengan sistem yang dapat mengurangi kecepatan atau menghentikan mobil
dengan sendirinya untuk menghindari kemungkinan tabrakan
Mobil
Swakemudi (Self Driving Car) : mobil dapat mengemudi sendiri otomatis
mendeteksi kondisi jalan, mobil swakemudi memuat berbagai fungsi dan sensor
seperti radar, pendeteksi gelombang radio, kamera dan lain sebagainya untuk
mendeteksi dengan tepat perubahan yang selalu terjadi di jalanan. Semua
informasi yang diterima melalui setiap sensor dan peralatan akan dianalisis,
dan dideteksi oleh komputer memerintahakan operasi kemudi, pada 2004 untuk
pertama kali diadakan balap mobil swakemudi (DARPA Grand Challenge di Gurun
Mujave, Amerika Serikat) namun tak ada satu mobil berhasil melewati lintasan
240 km, dalam kejuaraan kedua di tahun berikut, terdapat sekitar 5 mobil
menyelesaikan misi, banyak perusahaan Internasional sedang mengupayakan
pembuatan mobil swakemudi, tahun 2010 Google sudah dalam pembuatan mobik
swakemudi
Pada
Desember 2014, Google mengumumkan produk terbaru, yakni mobil swakemudi, pada
setiap mobil terdapat radar menggunakan sinar, dimana radar dapat mendeteksi
dan membaca informasi yang ada di sekitar mobil dengan detail secara 360
derajat. Di dalam mobil juga terpasang pendeteksi gelombang radio, yang dapat
menyensor jarak benda dan pergerakan penghalang di sekeliling, selain itu mobil
juga dilengkapi kamera yang dapat mendeteksi hingga jarak 30 m di depan mobil
dan menilai keadaan jalan di waktu yang sebenarnya, informasi diterima melalui
masing peralatan, lalu dianalisis dan dideteksi oleh komputer untuk
memerintahkan operasi kemudi
Sinar
radar : memiliki sensor yang berputar 360 derajat untuk mendeteksi jarak dan
pergerakan mobil
Komputer
: mengumpulkan informasi terkait operasi kemudi, lalu berkomunikasi dengan
server Google untuk memberi perintah
Alat
pendeteksi lokasi : menyensor situasi pergerakan mobil dan memberitahukan
informasi untuk operasi kemudi
Kamera
video : sensor yang dipasang di belakang kaca mobil akan mendeteksi pergerakan
yang ada di sekitar mobil dan menandai lokasi yang tepat sesuai peta
Tombol
pengoperasian manual: mobil dioperasikan secara manual dengan menekan tombol
darurat berwarna merah
Pendeteksi
gelombang radio : mendeteksi jarak benda dengan mobil dan pergerakan penghalang
yang ada di sekitar
Kecerdasan
buatan lemah seperti Alphago dan Watson menemukan hasil dengan cara
menganalisis informasi yang diberikan, menilai sesuai aturan sedangkan
kecerdasan buatan kuat dapat belajar sendiri tanpa mengikuti aturan ditentukan
Kecerdasan
buatan lemah:
Penggunaan
: hanya melakukan sebagian hal yang dilakukan manusia dan digunakan dalam
beberapa bidang khusus
Pembelajaran
: harus memasukkan algoritma, data dasar, dan peraturan
Peraturan:
dapat belajar dengan dasar data dan peraturan, namun tidak bisa diciptakan
tanpa peraturan yang ditetapkan manusia
Kecerdasan
buatan kuat :
Penggunaan
: memiliki berbagai macam kemampuan seperti manusia dan digunakan dalam bidang
luas
Pembelajaran
: dapat mencari data dan belajar dengan sendirinya
Peraturan
: dapat diciptakan tanpa peraturan yang ditetapkan
Kecerdasan
buatan kuat bernama David dalam film A.I bahkan
khawatir permasalahan bahwa dia ingin dicintai dan menjadi manusia
sejati
Deep
Blue, Deep Face, Alphago, Watson kecerdasan buatan lemah diciptakan untuk
mencapai suatu tujuan khusus
Kecerdasan
buatan kuat bisa belajar dan berkembang sendiri dan melampui kecerdasan manusia
disebut singularitas teknologi. Ciri khas bisa memiliki kesadaran diri
Ilmuwan
Ray Kurzweil meramalkan itu terjadi tahun 2045, dan Stephen hawking memprediksi
100 tahun ke depan singularitas teknologi bermunculan
Tahun
1970 pernah dikembangkan uji cermin untuk mengetes kesadaran diri, sampai
sekarang beberapa kera,gajah, dan lumba lulus test
Komputer
kuantum : komputer masa depan yang menggunakan prinsip mekanika kuantum ini
tidak menggunakan semi konduktor, melainkan menggunakan elemen memori atom,
komputer digital menggunakan bit 0 atau 1 dalam satuan informasi tapi komputer
kuantum menggunakan sifat asli overlapping (saling menimpa atau menumpuk) data
dapat beruapa angka 0 dan 1 pada saat sama dan satuan digunakan adalah qubit.
Jika menggunakan komputer kuantum, dimungkinkan untuk melakukan perhitungan
beberapa juta kali lebih cepat daripada super komputer konvensional. Penelitian
tentang pengembangan komputer kuantum sedang dilakukan secara aktif di berbagai
belahan dunia
Kemunculan
fungsi : fenomena tingginya fungsi
komputer saat banyak komputer yang saling terhubung meski tidak dimasikkan data
baru apapun
Skynet
dirangkai dari berbagai jaringan interner super rumit dalam film Terminator
bisa meningkatkan fungsi dan memiliki kesadaran dengan sendirinya, ini contoh
kecerdasan buatan kuat menggunakan prinsip itu. Dalam ilmu teknologi komputer
kemunculan fungsi bisa saja terjadi, tapi para Ilmuwan menganggap sebagai
sesuatu dilebihkan, kemungkinan muncul fungsi dapat menumpuk misalnya teringat
sapi perah sedang menggunakan rumput di daratan ketika mendengar keju
Untuk
menciptakan kecerdasan buatan kuat, harus tau seluruh fungsi di kedua otak
manusia, tapi 100 tahun dilakukan penelitian terhadap otak tak banyak terungkap
, jaringan sinapsis rumit, proses penyampaian informasi antara sinapsis tidak
hanya melibatkan sinyal listrik tapi juga 100 jenis neurotransmiter, jenis dan
banyaknya neurotransmiter berbeda tergantung jenis dan kekuatan informasi, jika
teknologi dilatih maka kemampuan bisa melebihi kemampuan manusia dan untuk menciptakan kecerdasan buatan yang
lemah harus memahami fungsi otak, seperti pengenalan objek, pengenalan ucapan,
memori tapi jati diri, kreasi, perasaan, dll diperlukan dalam menciptakan
kecerdasan buatan kuat belum diketahui secara ilmiah, tidak punya chip komputer
meniru otak untuk mengklasifikasi wajah kucing memerlukan 16000 CPU, untuk
mewujudkan kecerdasan berstandar manusia, butuh komputer besar dan waktu sangat
lama. Para Ilmuwan berpendaapt sulit untuk menyalin otak manusia hanya dengan
komputer digital yang mengolah 2 sinyal 0 dan 1 jadi menggunakan komputer
kuantum akan lebih cepat dalam menciptakan kecerdasan buatan kuat, kecerdasan
buatan kuat bisa bermanfaat kalau digunakan pada hal baik, tapi bisa jadi
malapetaka kalau digunakan hal buruk
Banyak
robot melakukan tugas manusia seperti mengelas atau memasang mur mobil, mobil
Swakemudi bisa menyetir sendiri, melalui drone dapat mengirim paket dengan
cepat dan pasti ke tempat tujuan dan juga dalam hal ilmu pengetahuan. Forum
ekonomu Internasional memprediksi bahwa sekitar 5,1 juta lapangan pekerjaan
akan menghilang di tahun 2020
Lapangan
pekerjaan hilang 7,16 juta – lapangan pekerjaan yang muncul sekitar 2,06 juta –
total lapangan yang hilang sekitar 5,1 juta khususny administrasi atau bisnis
manufaktur
Pekerjaan
yang digantikan : pekerjaan berulang, sederhana tidak perlu ketelitian,
pekerjaan tidak memerlukan komunikasi banyak dengan manusia
1.
Pekerja konstruksi
2.
Pemotong daging
3.
Pegawai produksi karet atau plastik
4.
Satuan pengamanan
5.
Petugas admistrasi pajak
6.
Operator pemindahan barang
7.
Petugas akuntasi
8.
Petugas penyapu dan daur ulang
9.
Operator alat pembersih
10.
Kurir
11.
pekerja
12.
Petugas pelayanan administrasi
13.
Petugas pom bensin
14.
Konsultan dan perantara properti
15.
Pengecat bangunan
16.
Petugas kebersihan
17.
Petugas penjual tiket
18.
Penagih utang
19.
Pekerja baja
20.
Pekerja pelapisan dan penyemprotan logam
21.
pekerja produksi kaca
22.
Pekerja panen tanaman serealia
23.
Karyawan konstruksi dan tambang
24.
Asisten dosen
25.
Pekerja produksi semen atau kapur
26.
Babysitter
27.
Pemandu atau petugas parkir
28.
Petugas pemasaran
29.
Petugas produksi daun jendela
30.
Pekerja pengolahan daging dan hasil laut
Program
Watson milik IBM bekerja di rumah sakit. Watson menyimpan banyak data dan informasi
tentang diagnosa penyakit, buku profesional, data pasien, dll. Beberapa rumah
sakit di Amerika juga menyediakan kecerdasan buatan yang menginformasikan
diagnosa dan cara perawatan dengan sendirinya. Bahkan diciptakan juga program
kecerdasan buatan yang dapat membuat resep obat otomatis hanya dengan menginput
data kondisi kesehatan pasien, di 5 rumah sakit universitas Amerika, kecerdasan
buatan menggantikan apoteker meracik 350 ribu jenis obat tanpa ada satu
kesalahan, berperan sebagai penasihat dalam menghadapi keluhan pasien. Di
Januari dan Februari 2016, para manajer finansial biasa mengalami rata kerugian
3% sedangkan kecerdasan buatan mendapatkan untung 5%, kecerdasan buatan
dimanfaatan dalam jasa asuransi memberi penjelasan rumit dengan mudah
Pekerjaan
kecil yang kemungkinan untuk digantikan kecerdasan buatan, yang berhubungan
dengan kreativitas atau kepekaan manusia, selain itu ada juga pekerjaan yang
membutuhkan komunikasi antar manusia serta pekerjaan yang membutuhkan simpati:
1.
Pelukis dan Pemahat
2.
Fotografer
3.
Penulis
4.
Pimpinan, komposer, musisi
5.
Animator dan komikus
6.
Penari dan penata tari
7.
Penyanyi dan penyanyi seriosa
8.
Penata rias
9.
Pengrajin
10.
Pengajar seni
11.
Desainer fashion
12.
Seniman tradisional
13.
Sutradara
14.
Artis dan model
15.
Desainer produk
16.
Perancang grafis
17.
Desainer web dan multimedia
18.
Pelayanan makanan
19.
Desainer display
20.
Perancang baju tradisional
21.
Dosen
22.
Pesulap
23.
Tenaga ahli penerbitan
24.
Kepala museum dan pelestari aset budaya
25.
Penyunting video atau rekaman
26.
Guru SD
27.
Kameramen
28.
Ahli terapi dan pijit
29.
Penguji tekstil dan warna
30.
Terapis psikologi
Kecerdasan
buatan Deep Dream (program kecerdasan buatan milik Google yang menggambar
secara abstrak) , punya kemampuan luar biasa dalam meniru gambar sederhana
sehingga bisa menciptakan karya. Kecerdasan buatan AARON, di atas kanvas sambil
memegang kuas pada lengan emsin berdasarkan pada gambar, struktur benda dan
orang diinput, AARON menyelesaikan karya dengan mengatur warna dan bentuk tanpa
arahan manusia, banyak kecerdasan buatan merambah bidang seni
Di
Jepang terdapat kecerdasan buatan menjadi topik hangat berhasil melewati
putaran pertama kontes menulis kesusastraan, memasak, menciptakan lagu, dan
menulis skenario bahkan tulisannya dibuat film atau drama teater
Ketika
revolusi industri pada abad ke 19, muncul mesin pemintalan di Inggris
menyebabkan karyawan kehilangan pekerjaan sehingga mereka mengadakan Gerakan
Luddite, untuk menghancurkan mesin pemintalan
Kecerdasan
buatan yang menetapkan dan memusnahkan target sendiri benar akan muncul dalam
beberapa tahun, perusahaan pertahanan Inggris, Qinetic, sudah mengembangkan
robot tempur MAARS yang dioperasikan dari jarak jauh, tapi suatu saat mungkin
benda itu menjadi senjata ampuh dapat membidikkan senapan dengan sendirinya
Drone
dirakit sebagai misil yang dapat menyerang target langsung, kecerdasan buatan
dengan program ciptaan manusia dapat melukai manusia yang tidak bersalah
Kecerdasan
buatan kuat yang memiliki kesadaran diri bisa menyerang manusia yang mencoba
menghancurkannya tapi mereka tidak punya
alasan menguasai manusia karena tidak memiliki tubuh yang bisa merasakan
kekurangan sehingga tidak akan merasakan ambisi, Ilmuwan berpendapat manusia
bisa mengendalikan kecerdasan buatan, ada beberapa Ilmuwan yang sedang
melakukan penelitian tentang bagaimana cara memprogram sistem moral manusia,
mobil Swakemudi harus tau melanggar UU lalu lintas untuk menghindari orang,
kecerdasan buatan di bidang medis, kalau dia menilai pasien sengaja menempatkan
dirinya dalam risiko, maka dia harus tau cara mengabaikan dokter pasien
3
hukum robotika Isaac Asimov (1920 – 1992) seorang ahli biokimia sekaligus
penulis fiksi ilmiah, memprediksi konflik antara kecerdasan buatan dan manusia
di masa depan dalam novel yang dipublikasikannya di tahun 1950 I Robot, menyampaikan 3 hukum
untuk mengendalikan robot dalam
Pertama,
robot tidak melukai manusia atau dengan berdiam diri membiarkan manusia celaka
Kedua,
robot harus mematuhi perintah yang diberikan oleh manusia kecuali jika perintah
tersebut bertentangan dengan Hukum Pertama
Ketiga,
robot melindungi keberadaa dirinya sendiri selama perlindungan tidak
bertentangan dengan kedua hukum sebelumnya
Kecerdasan
buatan semakin berkembang dengan meningkatkan fungsi komputer ditambah dengan
teknologi Deep Learning dan teknologi analisis data yang ada pada jaringan
saraf tiruan, dengan berkembangnya Cloud, internet, dan ponsel yang bisa
menyimpan data yang sangat besar berperan dalam perkembangan jaringan dan
kecerdasan buatan
Cloud
computing, data dapat disimpan ke dalam komputer pusat yang dihubungkan dengan
internet, dan layanan penyimpanan ini yang dinamakan Cloud, kini tidak lagi
menyimpan data di dalam komputer atau ponsel, melainkan menyimpan di layanan
penyimpaan Cloud di waktu sebenarnya, jika digabung dan diterapkan maka perkembangan
kecerdasan buatan semakin cepat, administrasi, finansial, dan manufaktur akan
terbantu dengan kecerdasan buatan
Beberapa
orang menganggap manusia tidak boleh takut dengan kecerdasan buatan:
Ceo
Google Deep Mind Demis Hassabis, kecerdasan buatan dapat menyelessaikan masalah
termasuk memperpanjang hidup manusia
Ceo
Facebook Mark Zuckerberg, kecerdasan buatan dapat dimanfaatkan sesuai kebutuhan
seperti perkembangan medis, penjelajahan luar angkasa, dll
Fisikawan
Stephen Hawking, dalam 100 tahun kecerdasan buatan akan terlepas dari kendali
manusia
Pendiri
Microsoft Bill Gates, manusia tidak akan bisa mengendalikan kecerdasan buatan
yang memiliki jati diri
Ada
hukum yang mengatur tentang apa yang boleh dan dilarang dilakukan kecerdasan
buatan