Berbicaralah layaknya seorang pemimpi maka mimpimu menjadi nyata
Nilai kesan pertama sesorang menjadi turun karena ucapannya. Ucapan menentukan kesan pertama
Tidak ada kesempatan kedua dalam percakapan
Menurut sebuah statistik, persentase sebuah perusahaan memilih pegawai baru karena kesan pertama mencapai 66% adapun waktu yang dibutuhkan untuk menentukan kesan pertama seseorang berturut – turut adalah 1 menit,m 5 menit, begitu melihat 3 menit, dan 10 menit. ucapan singkat merupakan faktor sangat penting dalam menentukan kesan pertama
Ucapan logis merupakan dasar. Ucapan mencerminkan keadaan seseorang apa adanya. Kita dapat berbicara sebentar dengan seseorang untuk mengetahui seseorang itu logis
Sebuah paragraf dari buku Logical Thinking Know How Do Know dari HR Institute:
Orang yang logis dalam hal apapun akan selalu logis, kita tidak akan menemukan ketidaklogisan dari pemikirannya ataupun kalimat dan ucapannya dalam mengungkapkan pemikirannya. Sebaliknya, tidak akan dapat menemukan bagian yang logis dari orang yang tidak logis dalam hal apapun
Melatih Logika berbicara:
1. Berikan alasan yang tepat untuk argumen
2. Hindari argumen logika dan melebih – lebihkan (tidak menggeneralisasi sesuatu hanya dari contoh yang kecil, berhati – hati dalam lompatan logika)
3. Konsisten dalam bersikap (saat argumen lemah, akan jatuh ke dalam kontradiksi dan posisi yang membingungkan sebab akan mengeluarkan argumen baru yang berbeda dengan apa yang sebelumnya diungkapkan)
4. Gunakan kata sederhana
5. Tetap tenang
Mengungkapkan diri lewat Storytelling:
1. Saat diminta berbicara, berceritalah
Storytelling dianggap cara untuk memperkenalkan diri yang efektif, tidak hanya untuk wawancara tetapi juga dalam pertemuan bisnis atau pribadi
2. Katarsis dalam cerita yang bagus
jika berencana untuk menjadi pembicara, berlatih storytelling akan sangat membantu kalau tidak ingin menjadi pembicara, latihan ini menjadi senjata besar dalam kehidupan sosial, ketampilan bicara yang sangat bermanfaat baik saat mengajar, pertemuan bisnis, wawancara, atau kehidupan sehari – hari. Storrytelling membutuhkan 4 hal (tema,konflik, simpati, dan solusi) dan dua faktor tambahan (pembalikan dan alasan)
1. Tema: memiliki tema yang menonjol. Legenda atau dongeng klasik bertahan lama karena mengandung sebuah tema, bahwa yang baik akan menang dan yang jahat akan dihukum. Harus konsisten dengan 1 tema
2. Konflik: konfliks dan klimaks merupakan unsur yang tidak dapat dipisahkan dari kisah menarik. Semakin dalam konflik, semakin berlipat emosi dalam cerita. Konflik mmebuat orang tenggelam dalam cerita
3. Simpati: cerita harus familier dan mudah dipahami untuk bisa meraih simpat
4. Solusi: cerita yang dramatis harus menyajikan katarsis solusi terhadap konflik. Cerita yang dinilai bagus adalah bisa mengatasi konfliknya
Fakor tambahan: pembalikkan berfungsi memberikan kejutan pada jalan cerita yang membosankan. Alur cerita yang sama sekali tidak bosa ditebak akan memancing rasa penasaran dan konsentrasi. Faktor ini dapat digunakan seperlunya sesuai kondisi. Alasan membuat cerita dapat dipercayai
Storytelling adalah teknik berbicara yang diperlukan oleh pekerja professional seperti dokter, pengacara, dan akuntan publik
Penyebab takut bicara:
Trauma salah ucap, ciri:
- Berbicara terbata
- Suara kecil dan bergetar
- Gagap berlebihan
- Tidak berani menatap mata orang lain
Trauma dan rasa rendah diri sangat memengaruhi seseorang sehingga mengubah cara berbicara sangat tidak mungkin
Menurut psikiater Alfred Adler, itu sama sekali tidak benar. Dalam Courage to be Hated seorang filsuf membantah teori Fredu yang mengatakan bahwa ketika hati yaknik trauma adalah penyebab mutlak ketidakbahagiaan:
Adler tidak setuju dengan teori trauma dan berkata, pengalaman bukan penyebab kegagalan atau kesuksesan, kita tidak menderita karena kejutan yakni trauam yang di dapatkan dari pengalaman, tetapi sedang mencari cara yang sesuai melalui pengalaman, bukan pengalaman yang menetukan diri tapi makna yang diberikan pengalaman yang menentukan
Cara mengatasi trauma: Membuang rasa takut
4 hal yang bisa yang menjadikan memiliki keberanian untuk berbicara:
1. Membuat karikatur pendengar
2. Menghindari merendahkan kapasitas diri saat memperkenalkan diri
3. Mempelajari konten dengan baik
4. Mengucapkan mantra dengan penuh keyakinan
90% dibentuk oleh suara dan gerak tubuh, ucapan dipengaruhi 7% oleh isi, 38% oleh suara, dan 55% oleh gerak tubuh. Suara dan gerak tubuh dapat membuat perbedaan besar terhadap isi ucapan yang sama, untuk bisa berbicara dengan baik, unsur non verbal seperti gerak tubuh harus diterapkan dengan baik, 5 unsur non verbal:
1. Penampilan yang baik
Seseorang menilai lawan bicaranya dalam waktu yang sangat singkat sehingga harus memiliki penampilan berkesan, rambut memegang peranan penting dalam menunjukkan karakter, gunakan pakaian yang baik dalam setiap pertemuan, wawancara dan presentasi
2. Selalu tersenyum
Senyum memiliki daya untuk membuat hati yang melihatnya menjadi gembira dan akan merambat banyak orang dalam waktu singkat. 3 hal untuk membentuk sebuah senyum: lemaskan otot wajah, berlatih dengan mengernyut dan melemaskan wajah, mengucapkan huruf vokal dengan membuka mulut lebar, tarik sudut bibir sesereing mungkin dapat mengetahui sudut mana yang tidak naik saat berkaca sambil tersenyum, perbanyak menggunakan sudut, lafalkan kata yang serupa dengan cookie, waikiki, dan whiskey. Praktik akan membentuk senyum dengan sendirinya, tersenyum dengan selalu mengucapkan lafal
3. Pupil mata yang membesar dan tatapan yang stabil
Lewat mata bisa menyampaikan isi hati dan membaca hati orang lain meski tanpa kata, biasanya pupil mata akan membesar saat merasakan kebaikan lawan bicara dan mengecil jika tidak. EBS Documentary pernah melakukan percobaan mengenai ini, dari 2 foto orang yang sama, salah satu diubah besar pupil matanya, foto dengan pupil mata yang lebih besar lebih menarik sebuah hasil yang menunjukkan pentingnya sorot mata, tatapan mata yang stabil juga sama pentingnya
4. Sikap percaya diri
Saat berbicara, tubuh harus tegak dan penuh percaya diri
5. Gestur yang tepat
Gestur tangan memberikan banyak makna bagi lawan bicara, tangan yang mengepal untuk menunjukkan maksud yang kuat yang bergerak ke segala arah untuk mengarahkan pandangan, orang yan gmahir home shopping host, mereka memakai gestur untuk memperkenalkan peroduk secara lebih jelas dan meningkatkan gaya konsentrasi penonton, gestur tangan yang baik biasanya memperlihatkan telapak tangan dan bergerak dari dalam ke luar, rajin berlatih di depan kaca untuk menentukan gestur
Hidup akan berubah jika pemikiran berubah, hidup akan berubah jika perilaku berubah
Menurut tokoh manajemen Peter Ferdinand Drucker, kemampuan terpenting bagi manusia adalah mengungkapkan dirinya, manajemen dan administrasi dikendalikan oleh komunikasi
Menurut Brian Tracy, bertingkah seperti orang sukses adalah kunci menjadi sukses dan menyarakan untuk melakukan 3 hal: pertama, putuskankah sekarang bahwa akan terlihat seperti orang sukses sebagaimana yang diinginkan dari segala sisi, mulai dari pakaian hingga dandanan, kedua, carilah orang paling sukses diperusahaan dan ikutilah ia sebagai panutan, ketiga jangan pedulikan orang yang berpakaian cuek, tetapi berpakaianlah seperti orang yang akan menghadiri wawancara kerja
Penulis buku Bleesing of The Rainbow, Cha Dong Yeob berpendapat, dengan berpikir seperti orang sukses dan berperilaku seolah tujuan sudah tercapai maka akan datang hal yang mengejutkan, bertingkah seakan sudah terwujud
Teknik terpenting dalam komunikasi adalah mendengar
C = Q x p x R (communication = (Question x Phase x Reaction)
Dalam buku How to Win Friends and Influence People karangan Dale Carnegie, ketertarikan ditegaskan dalam 6 aturan untuk mendapat kesan yang baik. Dalam aturan pertama, sungguh tertarik dengan lawan bicara dan aturan kelima, ungkapkan ketertarikan terhadap lawan bicara, Alfred Adler memberikan pengaruh besar dalam teori pengembangan diri Carnegie dan mengemukakan alasan pentingnya ketertarikan sebagai berikut: mereka yang tidak tertarik terhadap orang lain mengalami kesulitan terbesar dalam hidup dan merasakan luka terbesar dari orang lain. Seluruh kegagalan yang dialami manusia muncul dari orang seperti ini
Pujian akan lebih efektif ketika menunjuk bagian tubuh tertentu dan memuji benda yang dipakai
Reaksi yang paling umum adalah umpan balik verbal
Larry King pernah mengatakan bahwa aturan pertama dalam berdialog adalah mendengarkan
Tujukkanlah dengan sungguh bahwa tertarik dengan apa yang sedang dikatakan oleh lawan bicara, sehingga dia berbuat demikian terhadap untuk menjadi pembicara yang hebat, harus terlebih dahulu menjadi pendengar yang hebat
Pada 2014 National Institute of the Korean Language mengeluarkan bahan riset yang menarik, bahwa semakin banyak waktu berdialog, semakin tinggi indeks kebahagiaan dan sebaliknya semakin sedikit dialog maka semakin rendah indeks kebahagiaan, didalamnya terungkap faktor positif dan negatif dalam sebuah percakapan:
1. faktor positif dialog: menggunakan panggilan yang diinginkan satu sama lain, saling menyapa saat pulang ke rumah, menggunakan bahasa yang sopan, saling memuji dan mensyukuri, berusaha mencapai kesepakatan, mendengarkan lawan bicara hingga selesai, menunjukkan reaksi mengerti saat lawan bicara sedang bicara
2. Faktor negatif dialog: menggunakan umpatan atau kata kasar saat marah, membandingkan orang lain, berbohong di situasi mendesak, meluapkan perasaan yang terpendam saat marah, tidak nyaman berbicara sambil menatap wajah lawan, tidak menggunakan humor, saling mengkritik dan menuding, mengungkit kebaikan diri sendiri, mengakhiri obrolan dengan pertengkaran
3 keterampilan yang diperlukan dalam bicara:
1. Menggunakan suara yang tidak menidurkan pendengar, suara yang tidak berenergi, datar, mononton, tidak mengandung emosi, berlatih mengeluarkan suara dengan beragam emosi
2. Menjaga tenggorokan, cara:
- Banyak minum air putih: cairan menjaga membran mukosa pita suara tetap lembap
- Jauhi rokok dan lakohol, sebisa mungkin hindari kafein: kafein bisa menyebabkan pita suara kering
- Lakukan pernapasan perut: dapat mengurangi beban pada pita suara saat bersuara
- Banyak tertawa: tertawa merilekskan pita suara
- Jangan berdeham: berdeham dapat melukai pita suara
- Hindari lingkungan yang kering dan berdebu: lingkungan ini berpengaruh buruk bagi pita suara
3. Dengarkan dengan seksama
Ada 4 hal yang tidak disukai pria dari cara berbicara wanita
1. Minta maaf, dong
2. Sayang, ini bagus ya
3. Apakah aku berubah?
4. Terserah
Pria mudah terhanyut oleh ucapan dan gaya bicara yang manja. Kata mendayu akan lebih menggetarkan hati pria. Wanita bisa memenangkan hati pria dengan gaya bicara yang memikat
1. Berakhiran ng
Orang korea suka menggunakan akhiran ng agar terdengar lebih manja seperti kanak
2. Akhir kata dipanjangkan
Hal ini akan membuat ucapan terdengar lebih lembut dan manisa, seperti sayaaang, makasih, I love youuuu, tetapi jika terlalu panjang dapat mengurangi efek
3. Sedikit menyalahi tata bahasa
4. Mengulang kata
5. Seruan lucu dan hidup
Seruan iih, huh, ya ampun, membuat wanita terkesan lebih feminin, semakin mudah wanita mengeluarkan seruan yang hidup dan lucu, semakin terlihat lucu wanita
Ada ucapan pria yang senang didengar oleh wanita. Menurut Dr Melanie Green dari Buffalo University dan Dr John Donahue dari North Carolina University, wanita langgeng berhubungan dengan pria pandai berbicara daripada yang bertampang keren, mereka berkata:
Wanita menilai pria yang pandai berbicara akan lebih emnarik dan pantas untuk dihormati, serta dapat menjadi pemimpin yang baik
1. Respons yang membuat tersentuh
Respon seperti Hah, yang benar, kok bisa dan ada apa? Kata ini sering tewrdapat dalam obrolan antar wanita dan dapat memperkuat ikatan emosi para wanita
2. Kalimat yang semakin sering diucapakn semakin berefek
3. Kalimat penghibur di situasi kurang baik
4. Menanggapi cerita dengan pertanyaan
Faktor penghambat komunikasi, hubungan kaku, situasi menegangkan, dan kebosanan atas rutinitas yang berulang, cara mengatasinya dengan homor dan pujian, saat pidato disarankan tertawa 20 menit sekali dengan tertawa publik menjadi tidak bosan, konsentrasi meningkat, dan meningkatkan daya ingat
Dalam buku How to Talk to Anyone, Anytime, Anywhere, Larry menyebutkan ada 4 macam ucapan yang menghalangi humor. Ucapan ini:
Saya mau menceritakan sebuah lelucon
Ada kejadian menarik saat saya datang kesini
Ada satu cerita lucu. Kalian pasti tertawa kalau mendengarnya, ini sangat lucu
Saya teringat sebuah lelucon, mungkin ada yang pernah mendengarnya, tapi saya akan ceritakan lagi
Cara bagus untuk melatih rasa humor adalah dengan menonton drama dan pertunjukan komedi, dan memperhatikan waktu
Pujian adalah cara atau taktik komunikasi terbaik untuk merangsang motivasi pegawai dan mengeratkan hubungan antara atasan dan bawahan. Setiap orang ingin dipuji ketika memiliki ketertarikan terhadap lawan bicara, selalu ada bahan untuk memujinya
Kutipan di atas diucapkan oleh Mary Kay Ash, founder perusahaan kosmestik terkenal Marry Kay Cosmetic Inc. perusahaan ini menetapkan pujian sebagai budaya bisnis
Penyair Amerika, Ralph Waldo Emerson:
Tidak ada yang tidak suka dengan rayuan, karena rayuan menampakkan bahwa orang yang penting sehingga orang lain harus menyenangkan
Pujian dengan menunjuk bagian khusus akan lebih mengena di hati
‘
Penyelenggara Olimpiade Musim Dingin, Na Seung Yeon:
Hal paling rumit yang harus dilakukan adalah mengetahui sepenuhnya isi yang akan disampaikan, setelah itu kenali dan pahami audiens, lalu kemas pesan dengan cara dan bahasa yang ingin mereka dengarkan. Sampaikan secara efektif, dan raih simpati, audiens, terakhir gerakkan hati audiens dengan menambahkan semangat sebelum mulai membujuknya
Rumus pokok bujukan : P = P x S x T= bujukan = Pukulan x Simpati x Sentuhan
Punch dilakukan saat awal pembukaan, kalimat pembuka yang mencatat tingkat kesukesan 100%, kisah pribadi
4 sumpah:
1. Saya memberi salam dan berbicara sambil tersenyum
Prof James V McConnell dari psikologi, Universitas Michigan:
Senyuman membuat manajemen, pengajaran atau penjualan lebih efektif dan membuat orang lebih bahagia dalam mengasuh anak, wajah yang tersenyum lebih bermakna besar daripada wajah masam
2. Saya berbicara sambil menatap dan dengan lafal yang tepat
Harus menatap lawan bicara. Jika tidak kuat bertatapan terlalu lama dengan lawan bicara, pandang alis, ujung hidung, atau dahi
3. Saya berbicara dengan jelas dan percaya diri
Harus percaya diri pada saat memuji atau memberi salam, jika tidak pujian atau salam yang dilontarkan akan kehilangan nyawa dam efeknya, hindari kalimat saya banyak kekurangan atau bahannya biasa saja
Jangan beri tahu musuh tentang kematian (Jenderal Lee Sun Shin) jangan pernah ungkapkan kelemahan
4. Saya mengubah ekspresi dan gerakan tubuh sesuai isi ucapan
Gunakan gestur yang tepat untuk menunjukkan kesungguhan ucapan, tertawa saat menceritakan sesuatu yang menyenangkan dan kepalkan kedua tangan saat menunjukkan keyakinan kuat
Pakar komunikasi non verbal Amerika, Tonya Reiman menulis dalam buku The Power of Body Language:
Orang yang memakai gestur berkesinambungan dan mirip dengan pola bahasanya akan merasakan kekuatan yang tidak dapat diindentifikasi dan terlihat seperti pembicara andal dengan wawasan yang baru dan kaya, agar konsumen mau membeli barangnya, seorang salesman perlu sesekali melakukan gerakan tangan yang tegas untuk menunjukkan bahwa dirinya adalah ahli di bidang tersebut
Cara melakukan negoisasi dengan kesepakatan kedua belah pihak dan menguntungkan
Metode negoisasi gaji high and low:
1. Teknik tarik ulur negoisasi
Negoisasi merupakan permainan hidup, kita biasanya menjalankan permainan bernama negoisasi saat ingin menyatukan perbedaan dan pertentangan, mengatasi perselisihan, atau membentuk hubungan yang stabil dan harmonis, sesungguhnya negoisasi adalah tenaga penggerak, hubungan antar manusia
Kalimat tersebut dalam buku You Can Negoitate Anything karangan negoisator dunia, Herb Cohen. Negoisasi adalah kesempatan berharga untuk memperoleh hasil yang bernilai dengan menunjukkan kemampuan yang terbaik, gunakan 5 trik negoisasi untuk mencapai keinginan:
A. Selangkah lebih maju
Saat bernegoisasi, yang paling penting adalah pertarungan kehendak dengan lawan bicara, menolak dengan bermatabat, mempertimbangkan alternatif lain sehingga posisi akan berada di atas dalam negoisasi
B. Mengulur waktu
Buat lawan kalah dengan mengulur waktu dan mengemukakan alasan negoisasi, perhatikan dan pertimbangkan dengan baik apakah cara ini diperlukan atau tidak
C. High and low
Negoisasi adalah proses tawar – menawar hingga mencapai kesepakatan. Sampaikan lebih dulu penawaran yang lebih tinggi daripada yang diinginkan, lalu mengalah sedikit demi sedikit hingga tercapai kesepakatan yang diinginkan
D. Bukan seorang keyman
Sampaikan bahwa bukan keyman atau tokoh utama dan tidak mempunyai otoritas memutuskan demi mengulur waktu lalu sebutkan syarat yang menguntungkan dan desak mengalah untuk memperoleh keputusan. Di sisi lawan bicara, ketidakpastian tentang siapa pepmbuat keputusan akan memakan lebih banyak waktu dan biaya yang menyebabkan proses negoisasi menjadi tidak mudah sehingga besar kemungkinan mereka akan mengalah terhadap keinginan
E. Berpikir positif
Hackathon gabungan dari hacking dan marathon bermakna diskusi akhir, yang berguna untuk mendobrak pemiiran yang ada dan menciptakan nilai baru,kata ini dicetuskan oleh Mark Elliot Zuckerberg, Facebook mendapatka ide dari para developer teknologo yang berkumpul untuk menunjukkan kemapuannya sehingga perusahaan dapat berekmbang sebagai penyedia layanan social network yang mendunia
22% peraih Nobel merupakan orang Yahudi, Havruta, metode pengajaran debat ala orang yahudi, penting untuk menemukan denominator dalam debat dengan mendengarkan pendapat lawan dan memaparkan pendapat
Arthur Schopenhauer berkata dalam bukunya The Art Always Being Right:
Jangan berdebat dengan siapapun dan apapun yang ditemui, jangan pernah memberikan argumen yang tidak berdasar. Namun jika sudah terlanjur, maka berdebatlah dengan orang yang cukup rasional. Jangan menekan dan berdebat hanya dengan orang yang mau mendengarkan alasan logis lawan bicara dan menerimanya. Orang yang adil dan tidak berpihak srta bisa menerima dengan lapang dada alasan yang tepat, meski keluar dari mulut lawan bicara, orang harus rela mengakui kesalahan argumen jika pendapat lawan bicara dinilai benar, berikan pendapat yang masuk akal
4 teknik mendengarkan:
1. Respons: anggukan kepala dengan ringan dan berikan respons kecil
2. Dengarkan hingga selesai: jangan memotong pembicaraan lawan yang sedang berbicara dan dengarkan hingga selesai. Namun, saat ucapan lawan melenceng dari tema, segera tanggapi dan sangkal pendapatnya
3. Simpulkan: apabila lawan bicara panjang lebar, ringkas dan simpulkan. Sebelum mengajukan pertanyaan untuk mengarahkan pembicaraan
4. Ikuti: ulangi beberapa bagian dari apa yang disampaikan lawan, akan memberikan kesan tertarik
Saat menjual produk, lebih baik menyebutkan satu persatu keunggulan atau memaparkan satu hal sederhana dan jelas. Berfokus pada keunggulan dan ciri khas produk yang sesuai dengan tren secara singkat dan lugas sehingga membangkitkan minat belanja pembeli. Ringkasan ini disebut kata kunci
Philip Kotler dalam bukunya Ten Deadly Marketing Sins menekankan pentingnya kata kunci dan melakukan riset tentang konsumen
Menerapkan trik marketing dalam ucapan akan membantu dalam kehidupan sehari dan dalam kehidupan sosial. Marketing dibutuhkan dalam segala hal, baik saat menulis di blog atau saat merancang kegiatan kesenian yang berhubungan dengan dunia bisnis, dan berbicara
Pewawancara membuat keotuusan secara instingtif dalam waktu sekitar 3 – 5 menit
Nilai suatu produk ditentukan dari posisi konsumen bukan penjual
Hirose Morikazu dalam buku Kotler Marketing: Membaca Dengan Esensi menyebutkan bahwa membentuk harga dengan berorientasi kepada konsumen, artinya mencermati kebutuhan konsumen sebelum menetapkan nilai yang dapat diterima:
Jika harga yang ditetapkan lebih tinggi daripada nilai yang dirasakan konsumen, penjualan perusahaan tidak akan meningkat. Sedangkan jika ditetapkan terlalu rendah, walaupun produk mungkin akan laku terjual, keuntungan yang semestinya bisa didapatkan dari harga yang sesuai dengan nilai yang dirasakan konsumen terhadap produk akan terlepas begitu saja
Menetapkan nilai sesuai dengan kualitas diri
Jika kemampuan tidak seberapa, tetapi menetapkan nilai diri terlalu tinggi maka tidak ada yang mencari. Sebaliknya jika menetapkan nilai diri terlalu rendah, maka akan berakibat kehilangan ambisi dan kepercayaan diri
Storytelling merupakan plot yang kokoh, kisah yang kuat memerlukan plot yang kuat
Storytelling memberikan efek resapan dan rasa yang sama, seperti menyebutkan enyataan sederhana bahkan sampai membangkitkan kebahagiaan seperti menonton drama populer
Dalam buku 20 Master Plots karya Ronald B Tobias, ada 8 unsur yang diperlukan untuk plot yang kokoh
1. Tidak ada ketegangan = tidak ada plot
2. Ciptakan ketegangan dengan daya konfrontasi
3. Maksimalkan ketegangan dengan daya konfrontasi
4. Sifat tokoh harus berubah
5. Jadikan semua peristiwa adalah sesuatu yang penting
6. Membuat masalah/ peristiwa yang terlihat remeh
Bila semua petunjuk atau pertanda terungkap sepenuhnya maka ketegangan cerita akan berkurang, perlu penyamaran agar peristiwa dan cerita yang penting tampak seperti bukan apa. Efeknya akan lebih tinggi jika dikeluarkan pada saat yang tepat. Ronald B Tobias mengungkapkan hal:
Dengan membuat masalah yang tampaknya remeh penonton akan menerima bahwa karya sangat mirip dengan kehidupan
7. Keberuntungan tokoh utama
8. Peran tokoh utama dalam klimaks
Jill Griffin dalam Costumer Loyality, mengatakan bahwa pedagang harus berkali mendatangi konsumennya, sebab 6 dari 10 konsumen akan berkata tidak sebanyak 3 kali sebelum menjawab Ya dan mengunjunginya tanpa henti dapat meningkatkan rasio sukses penjualan
Berkunjung berkali berperan penting untuk mengubah calon pembeli menjadi pembeli, berkunjung berkali dapat menarik minat pembeli
60% manusia memilih sesuatu yang dilihatnya berulang kali
Malcom Gladwell berpendapat bahwa menginvestasikan 10.000 jam di suatu bidang dapat membuat menjadi ahli di bidang tersebut
Dalam outliers:
Angka ini dapat dipastikan dengan mengamati atlet baseball, novelis, atlet skate, pianis, pemain catur, penjahat, terlatih atau di bidang lain. 10 ribu jam sama dengan berlatih selama 10 tahun dengan perhitungan 3 jam sehari atau 20 jam seminggu, tentu angka ini tidak bisa menjelaskan tentang mengapa ada orang yang memperoleh lebih banyak dari orang lain dengan berlatih. Namun tidak akan ditemukan seorang ahli tingkat dunia bidang apapun yang lahir hanya dengan berlatih dalam waktu kurang dari ini. Mungkin saja tidak membutuhkan waktu sebanyak itu sampai mencapai kondisi benar ahli
Dahulukan kebutuhan daripada keinginan
Melihat yang dilihat konsumen dan membaca yang dibutuhkan konsumen, perasaan dan tatapan pasti terhadap produk (Kwon Yeong Chan, ahli pemasaran perusahaan tong sampah fungsional Magikan)
Needs atau kebutuhan merujuk pada dorongan atas sesuatu yang secara mendasar diperlukan. Usaha yang mengalami kegagalan karena terlalu fokus pada wants atau keinginan, dan bukan pada kebutuhan
Sales consultant internasional Neil Rackham menjelaskan hal ini lewat konsep SPIN strategy dalam buku SPIN adalah singkatan dari Situation Question, Problem Questions, Implicattion Question, dan Needs payoff Question:
A. Situation Question: pendapat pembeli mengenai produk dan situasi yang sedang dihadapinya. Dengan ini akan diperoleh informasi pembeli, pendapatan, hobi, keluarga, dan lain. Kegiatan ini dilakukan dengan obrolan santai dan seolah tidak ada hubungannya dengan bisnis
B. Problem Question: informasi yang diperolehbdari Situation Question dapat digunakan untuk memahami masalah, kesusahan, kebutuhan baru konsumen lalu menyadarkannya, dapat melemparkan pertanyaan
C. Implicationm Question; pengaruh buruk apa yang diberikan masalah tersebut terhadap keluarga, kesehatan, hidup, atau bisnis konsumen. Menunjukkan betapa serius permasalahan
D. Needs Payoff Question: setelah mengetahui dengan pasti kebutuhan dan kepentingan konsumen, tinggal memberikan solusi kepadanya. Memperkenalkan produk sebagai salah satu alternatif
Dalam setiap produk atau jasa dijual, terdapat pohon ceri yang berbunga. Jika ada konsumen yang sungguh ingin membelinya berarti ada sesuatu yang diinginkan sang konsumen di dalamnya, itulah keuntungan yang sejatinya ingin diperoleh konsumen. Temukanlah apa sesuatu itu lewat pertanyaan dan mendengarkan, lalu yakinlah bahwa ia bisa mendapatkannya jika membeli produk (Brian Tracy) cara efektif menjual produk adalah dengan memberikan banyak keuntungan kepada pembeli. Semakin tegak lurus perbandingan antara biaya dan yang dikeluarkan yang diperoleh, pembeli akan semakin puas
Dalam Law of 250, Joe Girard mengatakan betapa esensialnya memberikan keuntungan kepada konsumen
Seseorang rata – rata memiliki 250 orang kenalan dalam hidupnya, yang akan menghadiri pemakaman dan pernikahan, pada kenyataanya ia mendapat 20 orang konsumen baru dari satu orang konsumen
Beratnya ucapan ditentukan oleh dalamnya isi
Long learn for long run
Aso kentaro berkata:
Suaranya yang enak didengar adalah memesona, suara seperti ini tidak berhubungan sama sekali dengan titian nada. Baik parau atau bernada sangat tinggi, jika suara memiliki daya tarik khusus, orang dengan sendirinya mendengarkan ucapannya
10 aturan komunikasi:
1. Kata yang tidak bisa diucapkan di depan jangan dikatakan di belakang, gunjingan sangat buruk
2. Memonopoli pembicaraan akan memperbanyak musuh, sedikit berbicara dan perbanyak mendengar. Semakin banyak mendengar akan semakin baik
3. Semakin tinggi intonasi suara, dari ucapan akan semakin terdistorsi, jangan menggebu. Suara yang rendah justru memiliki daya
4. Berkata yang menenangkan hati, bukan sekedar enak didengar
5. Katakan yang ingin di dengar lawan bicara, bukan yang ingin diutarakan, berbicara yang mudah dimengerti, bukan yang mudah diucapkan
6. Berbicara dengan menutupi aib dan sering memuji
7. Berbicara hal yang menyenangkan, bukan yang menyebalkan
8. Jangan hanya berkata dengan lidah, tetapi dengan mata dan eskpeksi, unsur non verbal lebih kuat dari unsur verbal
9. 30 detik di bibir sama dengan 30 tahun di hati. Sepatah kata yang kita ucapkan mungkin akan mengubah kehidupan seseorang
10. Kita mengendalikan lidah, tapi ucapan yang keluar akan mengendalikan. Jangan berbicara sembarangan dan bertanggung jawab terhadap apa yang sudah diucapkan
Kemampuan bicara bukan bawaan lahir, orang tua yang mengajari berbicara saat kecil
Sebuah ucapan terdengar berbeda dari iramanya, ada 4 unsur :
1. Volume : suara yang terlalu kecil tidak akan berdampak. Suara keras juga bukan solusi. Besarnya suara harus dijaga agar pesan sampai dengan baik kepada audiens. Menyesuaikan volume suara dengan suasana dan konten omongan adalah kunci pertama menciptakan irama
2. Kecepatan: kecepatan bicara yang pas ketika berhadapan dengan audiens adalah 200 – 300 kata per menit. Namun seorang pemula akan lebih mudah gugup sehingga memuntahkan segalanya dalam 1 waktu. Jumlah dan tingkat pemahaman audiens akan menurun. Untuk memperlambat kecepatan bicara, bibir harus digerakkan ke atas dan kebawah. Akan berbicara cepat saat mengungkapkan semangat, kegembiraan atau kemarahan dan lebih lambat saat menunjukkan ketenangan, kesedihan, atau merasa kehilangan. Untuk mengontrol kecepatan bicara dapat mendengarkan rekaman suara dan memperbaikinya
3. Intonasi
Mengubah intonasi suara setiap saat dapat meningkatkan konsentrasi audiens, ucapan yang tidak berintonasi hanya akan terdengar seperti lagu pengantar tidur karena mononton. Saat menekankan sesuatu, intonasi suara harus tinggi, makna ucapan bisa berbeda tergantung letak penekanannya
4. Jeda
Menekankan makna ucapan lewat jeda di depan atau kalimat
Jika ingin pandai berpidato, perbanyak riset dan rangsang rasa penasaran (Steve Soltes & Luke Boggs, Coca Cola) mereka mengatakan agar selalu mendengarkan pidato yang bagus, menganalisis, dan berpidato dengan imajinatif agar terkenang di kepala audiens. Memberikan informasi yang belum pernah didengar sama sekali oleh audiens untuk menarik perhatian
Pidato CEO Coca Cola, Brian G, Dyson dalam acara wisuda ke 172, di George Institute of Technology:
Hidup ini ibarat 5 buah bola yang melayang di udara, ke 5 bola dinamakan pekerjaan, keluarga, kesehatan, teman, dan nyawa yang semuanya melayang di udara. Sebentar lagi akan emngenai bola karet bernama pekerjaan, jika jatuh bola akan langsung melambung ke atas, namun ke 4 bola lainnya yaitu keluarga, kesehatan, teman, dan nyawa terbuat dari kaca, yang jika salah satunya jatuh maka akan pecah, tergores, meninggalkan parut, tidak bisa lagi dipakai, atau bahkan hancur berkeping, tidak akan sama lagi seperti sebelumnya, maka sadari itu dan berusaha untuk menjaga keseimbangan dalam hidup kalian
Jangan rusak nilai drii sendiri dengan membandingkan diri dengan orang lain, sebab semua berbeda dan memiliki keunikan masing, bila sudah mempunyai tujuan, jangan ikuti apa yang menurut orang lain lebih penting, hanya yang tahu apa yang terbaik untuk diri sendiri
2 hal proses mengumpulkan bahan omongan yang dapat memancing rasa penasaran: memumpuk kemampuan observasi yang tajam terhadap dunia dan benda disekitar, biasakan untuk membaca koran setiap hari
Ahn Cheol Soo dalam pidato: sekarang ini, dunia tidak lagi membutuhkan orang yang hanya mahir pada 1 bidang, manusia dengan T shapped skill tidak hanya mendalami satu bidang, tetapi juga memiliki pengetahuan di bidang lain
Semakin lebar brand image personal yang dibangun, semakin lama bertahan
Ilmu humaniora dapat dipunya jika jpbi membaca di bidang yang diminat seperti psikologi, filsafat,e konomi atau komunikasi
Bae Han Sung, dapat berlari jauh dengan terus belajar
4 tipe presentasi yang tidak cukup persiapan:
1. Presentasi yang kurang bahan dan informasi
Sebelum melakukan presentasi, harus menguasai data tentang produk yang akan dibicarakan, namun biasanya banyak yang hanya mengandalkan kemampuan bicara dan mempersiapkan data sekadarnya, persiapan materi
2. Presentasi ala khotbah
Presentasi jenis ini akan mudah dilupakan audiens. Presentasi bertujuan untuk mengorek kebutuhan konsumen dan membujuknya agar membeli produk, kebanyakan pemula tidak memerhatikan reaksi konsumen dan mengeluarkan argumennya, jika mereka memahami bahwa konsumen adalah yang utama, maka mereka tidak akan pernah berani untuk terus berkhotbah
3. Presentasi yang terlalu bergantung pada slide
4. Presentasi yang membanggakan diri sendiri
Cara mempersiapkan prenstasi dengan aspek 4p:
1. Peopple, kenali calon pendengar
Mengetahui tentang jumlah, kecenderungan, tingkat pendidikan dan ekonomi, serta keinginan audiens, presentasi cenderung ke arah audiens sehingga tidak berlebihan jika dikatakan bahwa keberhasilan atau kegagalan presentasi bergantung pada analisis tentang audiens,
2. Place, amati tempat
3. Purpose, jangan lupakan tujuan
Tujuan utama presentasi adalah membujuk audiens dengan intisari yang mudah dipahami
4. Presenter, pembicara harus selalu siap
Ulangi latihan minimal 10 kali
Selain bisa juga dilakukan dengan produk, harga, tempat, dan promosi/percepatan
Thomas Jefferson pernah berkata dengan mengacu pada naskah Deklarasi Kemerdekaan Amerika Serikat: untuk pidato 3 menit, haru menyiapkan 3 minggu untuk pidato 10 menit, memerlukan waktu 1 minggu dan jika ingin berpidato selaam 1 jam, maka langsung saaj
Semakin pendek pidato, semakin luar biasa
Larry King juga pernah ebrkata bahwa pidato orang hebat itu pendek dan mudah dipahami
Para orator hebat biasanya mengikuti prinsip yang sama, yang disebut KISS (Keep It Simple, Stupid)
Jackie Chan, bermimpi, lakukan, dan miliki tujuan
Bila berusaha dengan penuh pengabdian, akan bisa menikmati kemerdekaan dalam perlindungan Tuhan. Sebagai negara dengan pemerintahan dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat, tidak akan pernah lenyap dari muka bumi (Abraham Lincoln di Gettyburg, Pennsylavania pada 19 November 1863)
Perumpaan yang dapat dipakai saat berbicara adalah majas, simile, metafora, dan personafikasi, ungkapan bermajas simile biasanya menggunakan kata seperti, bagaikan, seumpama, dan layaknya. Bisa digunakan untuk yang belum terbiasa menggunakan majas
Andy Puddicomebe, pikiran mendengung seperti mesin cuci yang terus berputar, dipenuhi berbagai perasaan rumit dan membingungkan, dan tidak tahu bagaimana cara mengendalikannya, yang menyedihkan, teralihkan sehingga tidak lagi benar ada di dunia tempat kita tinggal
Majas metafora setingkat di atas simile. Misalnya hatiku seperti danau, dan kau ada disana, pelaut yang berkelana di luasnya kehidupan, cintamu dan aku seperti kapal yang karam, dalam perumpaan hati, hidup, dan cinta berturut di ibaratkandengan dnaau, laut, kapal karam. Makana yang disampaikan menjadi jauh lebih kuat daripada yang tidak memakai kiasan
Majas personifikasi, yaitu bentuk perumpamaan benda mati yang berlaku seperti manusia. Gelombang laut itu lari mendekat, matahari ke peraduan, dan harapan itu telah kembali ke tanah. Gelombang, matahari, dan harapan di ibaratkan seperti manusia yang dapat berlari, melangkah ke peraduan, dan kembali ke tanah
Margaret Thatcher, inflasi adalah orang tua pengangguran dan pencuri yang terlihat bagi orang menabung
Sekarang diperlukan gaya bicara persuasif agar pendengar tertarik dengan sendirinya, gaya ini disebut sympatetrhic speech. Cara bicara menarik simpati pendengar secara emosional dan psikologis. Tangkaplah poin simpatik dengan lawan bicara jika ingin ucapan diterima
Menurut Kevin Hogan, gerbang pertama penjualan adalah rasa simpati. Dalam buku Selling Yourself to Others:
Simpati adalah salah satu teknik terkuat untuk memaksimalkan pengaruh salesman dalam proses penjualan dengan terbentuknya simpati, akan muncul keakraban, dan secara langsung biasanya konsumen akan membuka hati mereka lebar, simpati membuat konsumen merasa memiliki kesamaan dan merasa tertarik, karena pada umumnya, manusia akan tertarik kepada orang yang memiliki kesamaan dengan dirinya
Semakin banyak poin simpati yang diserang, semakin besar pengaruh ucapan terhadap lawan bicara
Passion lebih unggul dari spesifikasi
Orang yang pandai ebrbicara biasanya penuh semangat, selain itu ketertarikan dan gairahnya akan pekerjaan akan tampak saat berbicara (Larry king)
Menurut Daniel Carnegie, seorang pengajar ingin menunjukkan kekampuan terbaliknya maak harus mengontrol kondisi dirinya selain perasaan jangan sampai menurun, juga berkata:
Semangat, energi, dan passion adalah kualitas pertama yang dilihat saat mencari pengajar. Seperti angksa liar yang beterbangan di kebun gandum saat musim gugur, banyak orang akan berkumpul di sekeliling pembicara yang dinamis dan memancarkan atmosfer hangat
Sebagus apapun spesifikasi yang dimiliki, jika seseorang tidak memiliki passion, maka akan sulit untuk mengharapkan hasil yang baik dalam wawancara. Passion adalah karakteristik yang tidak dapat dilepaskan dari seseorang
Terkait passion terhadap pekerjaan dan masa depan, John Francis Welch Ir berpendaapt bahwa eksekutif masa depan harus memiliki 4E + E (Energy, Edge, Execution, dan Vision)
Dalam buku Leadership Promises for Your Work, pakar Leadership dunia John C Maxwell menyebutkan bahwa pada abad 21 kualitas yang diperlukan oleh seorang pemimpin yaitu passion, kunci yang menentukan takdir, 4 ciri khas:
1. Langkah pertama menuju sukses
Orang yang mempunyai passion memiliki mimpi mewujudkan hal besar, jika orang tidak mempunyai passion tidak tertarik sama sekali tentang hal besar. Hati yang berniat melakukan sesuatu akan menentukan takdir orang, semakin kuat passion, keinginan semakin besar seiring dengan kemungkinan, Ralph Emerson berkata:
Sebuah hal yang besar tidak akan terwujud dengan baik tanpa adanya passion
2. Menumbuhkan kemauan
3. Mengubah seseorang
Semangat membuat orang lebih tekun dan produktif
4. Membuat yang tidak mungkin menjadi mungkin
Suara, lafal, gesture, dan konten memiliki peranan penting dalam berbicara
Suara bagus bukaan bawaan lahir, suara bergema menyokong isi
Cara bicara dan suara yang memberi kesan baik sangat penting untuk kegiatan bisnis, mencoba latihan dengan memotong suku kata, seperti saat melakukan staccato tangga nada, berbicara pendek dan jangan sambung setiap kata
Kebanyakan wanita menganggap suara lebih penting daripada faktor non verbal lainnya saat mendengfar pria berbicara, walaupun wajahnya biasa saja, pria yang memiliki suara indah lebih menyakinkan. Pembicara sekaligus motivator dunia, Zig Ziglar berpendapat bahwa seorang salesman bisa bernilai jutaan dollar
Menurut para ortophonist (terapis berbicara), orang yang terlahir dengan suara enak didengar tidak lebih dari 5% meski demikian, sisanya dapat mengubah suaranya menjadi lebih baik lewat latihan
Warna suara yang disukai jelas dan bergema, harus menyimpan banyak udara di dalam mulut, untuk memperoleh suara hidung harus sering berlatih mengeluarkan suara mm dan ng
3 cara mengolah suara
Ada peribahasa yang mengatakan butuh lebih dari sekadar mutiara untuk membuat sebuah klaung, konten yang bagus harus ditopang oleh suara yang menggema agar lebih memancar, biarkan konten ucapan menari bersama aluna suara yang indah
1. Vokalisasi
Ada suara yang biasa dikeluarkan oleh pendengar. Suara reaktif seperti mm, ah, oh hal ini bisa diikuti dengan mudah oleh siapapun dan dimana pun. Ketika membuat bunyi mm gelombang suara akan menjalar dari hidung ke ujung kepala dan tepi wajah sehingga suara menjadi lebih dalam saat mengucapkan aa, rongga mulut terbuka lebar sehingga suara lebih bergema. Sedangkan saat mengeluarkan oo, hal itu membuat pergerakan rahang sehingga artikulasi lebih fleksibel
2. Melenturkan organ artikulasi
Banyak orang yang berbicara dengan labar yang tidak lafal yang tidak tepat akibat kebiasaan yang salah, dan untuk memperbaikinya harus dengan latihan menggerakan organ artikulasi dengan benar
Bibir : Ma Ba Ta
Rahang: Ta Na Da
Lidah: La Li Lu
Hidung: Hong Kong Song
3. Bernapas ala Choi Bool Am
Aktor Choi Bool Am mengeluarkan suara pha sambil tersenyum. Napas diperlukan untuk menghasilkan suara yang bergema. Tempat kursus berbicara biasanya mendorong untuk pernapasan perut, yang sebetulnya tidak perlu dipelajari secara khusus, pha akan merasakan diafragma terbuka lebar dan napas menjadi lebih dalam
Membentuk suara bariton dengan latihan
4 hal untuk melatih vokalisasi suara sedang:
1. Gunakan getaran garis tulang pipi
Tidak ada penyanyi bertulang pipi lebar yang tidak bersuara dalam, semakin lebar tulang pipi, suara akan lebih menggema seperti kontrabas, jangan mengeluarkan suara hanya dari bibir dan tenggorokan untuk menggetarkan tulang pipi. Suara mm akan menggetarkan tulang pipi, suara aa memperlebar rongga suara, dan suara oo membentuk bibir tegas
2. Membuka diafragma
Suara pha akan merasakan suara semakin dalam
3. Menyimpan banyak udara dimulut
Hal ini sesuai dengan sitilah Conggi ban Sori ban dari JYP, jangan memberi penakanan di tenggorokan dengan kondisi bahu tegang, jangan juga mengeluarkan suara hidung
4. Jangan berbicara dengan cepat
Untuk bisa menghasilkan suara sedang yang optimal, tempo bicara harus diatur dengan baik, perhatikan kondisi mental dan atur pernapasan
Jangkauan range vokal bisa sangat rendah, suara sedang akan mengesankan tim pewawancara kerja dan menumbuhkan rasa percaya diri yang terbentuk saat latihan
Beri karakter pada ketenangan ucapan
Ada 3 hal yang dibutuhkan dalam saura annatainer:
1. Berbicara dengan jelas dengan cara menggigit pulpen terdapat ruang gerak bagi lidah
2. Suara hidung bernada tinggi karena suara dapat menciptakan suasana ceria, aktif, atau menyenangkan
Gerakan bibir: mabapha mabapha
Gerakan rahang: tanada tanada
Gerakan lidah: rariru rariru
Gema hidung: hongkhongsong
3. Suara ritmis, program hiburan seperti gelombang, kadang pelan kadang cepat kadang tinggi kadang rendah akan terasa keseruannya. Nada rendah dan lambat pada saat pembukaan, serta nada tinggi dan cepat pada sat muncul adegan seru seorang annatainer dapat berfungsi sebagai cheerleader
Bila ingin seseorang menyukai, harus mau mendengarkan bagaimana perasaan orang itu dan apa yang diinginkan, kalau sudah begitu, orang pasti akan menyukai
Kefasihan berbicara atau suara tidak penting
Kim Gura dalam buku Utgeoya Seonggonghanda (Success with Laugh), ia menuturkan bahwa suara bukan hal yang mutlak
Suara yang tidak enak lama – lama akan diterima jika sering didengarkan
Orang yang pandai berbicara adalah yang berbicara dengan mudah. Dalam ucapannya, ia tidak menggunakan istilah atau kata yang sulit. Orang yang pandai berbicara hanya kesulitan saat menulis karena berusaha mencari kata yang keren, tingkat pemakaian kata asing menjadi tinggi. Tulisan yang disusun dari kata yang biasa dipakai atau contoh yang sering ditemui lebih cepat mengena di hati. Omongan juga demikian. Tidak ada yang perlu ditambah lagi jika sudah menggunakan kata atau contoh yang sensitif, sederhana, cepat, menarik, hidup, manis, asam, dan menusuk
Jangan merayu dengan memaksa, suara yang menyentuh perasaan adalah suara yang menarik bagi konsumen
Pada saat merancang peta kadastral wilayah Jepang modern, pemerintah Jepang memerlukan waktu 5 bulan untuk meneliti apakah pulau Dokdo/Takeshima termasuk dalam prefektur Shimane, lalu Naimudaijin dan Daijo kan mengirim surat resmi ke prefektur Shimane pada 17 Maret 1877 yang disimpan di Kobunroku yang berisi keputusan bahwa Pulau Ulleng dan Pulau Dokdo merupakan wilayah yang tidak berhubungan dengan Jepang
Dalam buku How to Win Any Argument, Robet Mayer menekankan tentang pentingnya pertanyaan dan mengatakan bawha pertanyaan dapat menembus lawan bicara
Inti dari obrolan yang menggerakan lawan bicara adalah dengan melemparkan pertanyaan yang membuat berpikir dan membuat mereka mengungkapkan apapun yang mulanya tidak ingin mereka katakan. Pertanyaan yang membuat mereka tidak bisa menjawab dengan sederhan hanya dengan menggerakan kepala atau dengan jawaban ya atau tidak
Jadikan kelemahan sebagai daya tarik
Mereka yang ingin sukses sebagai pembawa acara harus berlatih memupuk suara yang dingin dan netral
Kebahagiaan yang ditemukan dan dikisahkan orang lain, tidak ada maknanya, kebahagiaanmu harus kau temukan sendiri, ada banyak kebahagiaan, dan kita wajib, menemukan kebahagiaan
Berlatih membaca buku sambil tersenyum dengan mata dan bibir. Kebaikan juga tersirat dalam ucapan, lafalkan dengan halus, makna ucapan akan tersampikan dengan baik jika setiap bunyi dilafalkan dengan kuat. Suara harus mengalir dengan lancar seperti melodi biola