Memori adalah sebuah cara untuk
menyimpan hal yang dicintai, hal yang menunjukkan jati diri, hal yang tidak
pernah ingin dilepas
Terobosan
dalam hidup datang ketika menyadari bahwa dapat belajar apapun yang perlu
dipelajari untuk mencapai target apapun yang ditetapkan bagi diri sendiri, ini
berarti tidak ada batasan bisa menjadi apa, memiliki apa, atau melakukan apa
Memori
adalah perekat yang menyatukan kehidupan semua terkait diri saat ini adalah
hasil dari memori. Memori tempat berjalannya kehidupan jika tidak memiliki
memori, tidak akan mampu belajar, berpikir, memiliki kecerdasan, menciptakan,
tidak akan mampu membangun pengalaman di bidang apapun karena pengalaman
hanyalah sekumpulan ingatan, hanya ketika dapat mengingat informasi, dapat membuat
infromasi menjadi bagian akhir hidup
Daya
ingat berarti menyimpan apa yang telah dipelajari
Apabila
membuat satu keputusan, memerlukan fakta, jika fakta ada diotak, fakta siap
digunakan jika semua fakta ada di Google tidak akan membuat keputusan yang
tepat seketika itu juga. Tidak menyimpan informasi di otak bersifat merugikan
dan dapat menimbulkan rasa malu dan penilaian buruk
Memori
adalah fondasi kehidupan, memori menentukan kualitas keputusan berarti
menentukan seluruh kehidupan
Belajar,
kemampuan untuk mendapatkan informasi baru dan memori adalah landasan dari
semua pembelajaran, jika tidak ada memori lakukan hanya melempar informasi ke lubang yang dalam dan
tidak pernah terpakai lagi. Banyak orang tidak mengingat kembali apa yang
mereka ketahui dan mereka terus belajar
Jika
meningkatkan kinerja memori, berarti meningkatkan semuanya dapat mengakses
informasi dengan lebih cepat dan lebih mudah, menciptakan peluang besar bagi
koneksi dan relasi. Semakin banyak fakta dan memori yang disimpan dengan rapi
dalam otak, semakin berpotensi untuk membuat kombinasi yang unik dan koneksi,
memori bertambah juga meningkatkan kecerdasan mendasar karena kecerdasan
didasarkan pada semua kejadian, orang dan fakta yang dapat diingat. Semakin
banyak yang diingat, semakin banyak yang mampu diciptakan dan lakukan karena
pengetahuan faktual selalu harus dimiliki sebelum memiliki keterampilan,
informasi hanya bisa dimanfaatkan dengan informasi yang lebih banyak lagi, jadi
semakin banyak diketahui semakin mudah untuk mengetahui lebih banyak lagi
Ada
dua pilihan dalam memori, pilihan pertama, memori tidak bisa ditingkatkan,
tidak bisa melakukan apapun untuk mengubah kemampuan sejak lahir
Memori
hanya sebuah kebiasaan dapat ditingkatkan dengan jenis latihan dan praktik yang
tepat. Untuk menguasai memori diperlukan cara pikir berbeda
Dimanapun
berada, pikiran harus ada disana
Orang
yang belajar cepat hanya fokus pada informasi dan keterampilan penting, semua
alasan tidak penting dan semua alasan itu adalah virus pikiran. Alasan membuat
berhenti berkonsetrasi dan memberi perhatian ketika memberi alasan agar tidak
mempelajari hal baru, memblokir fokus dan energi sendiri, kemana perhatian
terpusat, ke sana energi mengalir
Alasan
digunakan orang untuk mengingkari kemampuan mereka sendiri :
1.
Tdak berdaya. Tidak cukup cerdas, bukan bakat, tidak punya waktu mempraktikkan
informasi, tidak diwarisi baakr untuk memiliki memori bagus, semakin tua memori
sudah tidak bisa diutak atik lagi
2.
Menyalahkan orang lain. orangtua selalu mengatakan bodoh, butuh dukungan untuk
mengembangkan berbagai keterampilan ini, mustahil punya emosi negatif tanpa
menyalahkan seseorang atau sesuatu, bebaskan pikiran sellau punya dua pilihan
terkait kehidupan dan pengalaman dapat mengambil hikmah darinya atau
menyalahkan pilihan ada ditangan
3.
Terlalu membuat stres. Terlalu banyak yang harus dipelajari, mengubah
pemikiran, buku menuntut terlalu banyak hal
Bersikukuh
tentang keterbatasan, maka keterbatasan akan melekat dalam diri sendiri. Jika
mempercayai keterbatasan kehidupan akan sangat terbatas. Meningkatkan kinerja
memori dan konsentrasi tidak hanya tentang apa yang perlu dilakukan leboh
banyak, ini juga terkait dengan apa yang perlu di kurangi untuk dilakukan, jika
secara konsisten mengubah pendekatan dan meningkatkan keinginan untuk
mempelajari informasi ini akan menguasainya
Lakukan
sekarang:
1.
Jika terus – menerus mempertahankan berbagai alasan akan seperti apa kehidupan
5 tahun ke depan
2.
Akan menjadi seperti apa tanpa alasan, jalani semua pembelajaran dengan pola
pikir baru ini
3.
Semua keterbatasan hanya alasan. Itu bukan kenyataan
4.
Mana yang lebih penting mencari alasan untuk tidak merasakan potensi atau
menjadi diri yang terbaik
5.
Mengapa Penting untuk belajar
memberdayakan memori, pikirkan dan tuliskan sebanyak mungkin alasan untuk
menjawab mengapa, kita membutuhkan why power, kekuatan alasan mengapa
menginginkan sesuatu, bukan hanya willpower,tekad
Pikiran
adalah batasannya. Selama pikiran bisa membayangkan fakta bahwa dapat melakukan
sesuatu dapat melakukannya, selama meyakininya 100%
Keyakinan
tentang apa yang mampu dilakukan oleh konsentrasi dan memori bisa menjadi versi
terbatasan sendiri tentang kenyataan, banyak orang tidak pernah merasakan
potensi mereka yang sebenarnya karena mereka memutuskan untuk menerima hanya
pandangan terbatas tentang apa yang bisa mereka lakukan
Keyakinan
bukan kenyataan keyakinan adalah selalu memercayai. Keyakinan adalah panduan
bagi perilaku. Jika ingin meningkatkan kinerja memori dan konsentrasi, harus
menciptakan sistem keyakinan yang mampu mendukungnya
Kita
punya kebebasan untuk memilih apa yang ingin difokuskan dan pada akhirnya,
fokus ini akan menentukan keyakinan yang melekat dalam diri
Keyakinan
adalah sebuah rasa kepastian dan apa yang diyakini akan mewujud nyata.
Keyakinan dan pikiran menghalangi konsentrasi dan daya ingat. Kondisi negatif
yang dialami tidak akan bisa di dobrak dan diubah kecuali jika memutuskan untuk
memikul tanggung jawab dan mengubah pikiran yang terus – menerus masuk ke benak
kita. Setiap pikiran bersifat kreatif, pikiran berkekuatan untuk membangun dan
menghancurkan
Ketika
menggunakan ungkapan ragu sedang menetapka standar, standar menjadi ekspektasi
dan pada akhirnya menjadi ramalan terwujud sendiri, keyakinan terbatas
mengekang, pikiran terus menjerat dan menghalangi belajar sesuatu yang baru,
keyakinan bisa menggerakan atau menghentikan, setiap pikiran dna setiap kata
membuat berhasil atau menjadi musuh dan setiap pikiran yang dipastikan sebagai
kebenaran dan terus berlipat ganda menjadi keyakinan. Ketika mengubah keyakinan
berarti mengubah bangunan mental dan karenanya kehidupan dengan kata lain
meyakini apa yang diajarkan kepada kita untuk dipercayai, tidak mempertanyakan
keyakinan karena tidak ingin meragukan sumber. Menanyai diri sendiri siapa yang
diragukan dengan mengubah keyakinan tentang pikiran, konsentrasi, dan memori
lalu mengapa berpikir ini benar? Orang cenderung menganggap keyakinan mereka
mutlak benar tapi keyakinan hanya berlaku untuk mereka. Hanya karena tidak
dapat melakukan sesuatu dengan baik, tidak berarti hal itu mustahul. Kenali
keyakinan yang membatasi diri dan bertanya bagaimana jika hal itu tidak benar
sama sekali dan ingat batas dalam sistem keyakinan akan selalu menghalangi
untuk melihat alternatif lain yang seharusnya jelas terlihat. Jika memilih
mengubah keyakinan inilah cara dapat melakukannya
Pertama
80% dari mengubah apapun adalah tentang mengapa ingin berubah dan hanya 20%
yang terkait dengan bagaimana melakukannya harus bertanggung jawab caranya
harus ada alasan mengapa ingin berubah dan ambil keputusan bahwa memang ingin
mengubah keyakinan. Kedua, pertanyakan keyakinan, beberapa hal yang sebelumnya
diyakini sepenuh hati kini tidak mempercayai lagi, karena meragukan. Ketiga,
ciptakan keyakinan baru dan pikirkan pengalaman riset dan pikiran untuk
memperkuatnya, ketika mengubah keyakinan, membiarkan diri merasakan lebih jauh
potensi dan menciptakan peluang baru. Keempat, seringlah gunakan keyakinan baru
itu dan jadikan keyakinan baru bagian dari identitas
Keyakinan
hanya serangkaian cerita yang telah dianggap benar tentang diri sendiri putuskan
saja untuk mengubah cerita
5
keyakinan pokok yang dapat dipakai :
1.
Terlahir dengan konsentrasi dan memori luar biasa. Jangan mendiamkan sejenak
pemikiran terhambat meraih suatu pencapaian karena tidak memiliki bakat atau
kemampuan melekat sejak lahir, membutuhkan kesediaan untuk belajar, metode dan
disiplin diri
2.
Peningkatan memori itu penting. Orang sukses meyakini mereka lakukan itu
penting dan layak untuk dilakukan, dengan keyakinan ini orang bergerak dari
rasa tertarik menuju komitmen, semua yang dilakukan, katakan, dan pahami
terkait dengan memori. Memori adalah fungsi mental yang penting jika
meningkatkan memori kehidupan menjadi lebih baik
3.
Punya kemampuan yang luar biasa, memori tak terbatas. Pikirkan betapa banyak
data yang telah disimpan dalam memori (angka,cerita, lelucon, kata, nama,
tempat) pikirkan betapa hebatnya ingatan yang dibutuhkan hanya untuk bercakap.
Harus mendengarkan memaknai apa yang baru saja di dengar, dan mencari data
dalam ingatan untuk merespons
4.
Tak ada kegagalan hanya ada umpan balik. Perhatikan memori ketika melakukan hal
yang benar, salah satu cara terbaik untuk memperkuat keyakinan adalah dengan
menanyai diri sendiri, orang hanya fokus pada masa ketika memori menjadi tidak
beres, memori jadi melemah, fokus pada kekuatan dan ubah pendkeatan ketika
umpan balik atau hasilnya tidak sesuai keinginan
5.
Tidak tahu sama sekali. Menganggap mengetahui segala hal yang ada untuk
memahami sesuatu sesungguhnya bukan hal benar, sebab sikap ini menghambat untuk
belajar suatu hal baru, dengarkan dan curahkan perhatian pada sudut pandang
lain dan terimalah perubahan serta hal baru, biarkan informasi mendatangi buka
semua sumber untuk menerima informasi
Lakukan
sekarang
1.
Kenali keyakinan yang membatasi diri
2.
Pertanyakan keyakinan dan tanya drii snediri apa pembatasan berarti tidak dapat
meningkatkan konsentrasi dan memori berarti tidak mau menyisihkan waktu untuk
meningkatkan konsentrasi dan memori
3.
Hal lain apa yang diyakini mengenai pikiran dan potensi
4.
Jika tidak suka bagaimana keadaannya, ubah saja
Konsentrasikan
pikiran pada tugas yang sedang ditangani saat ini, sinar matahari hanya bisa
membakar ketika dipusatkan ke satu fokus
Otot
bisep adalah sesuatu yang dimiliki sejak lahir. Konsentrasi terdiri atas banyak
pilihan yang secara konsisten dilatih. Riset tentang otak sehari – hari memberi
tau hal baru, orang yang membatasi perhatian mereka masih menggunakan model
otak tidak bisa dirubah. Kita mencemaskan dan memfokuskan perhatian pada sejuta
hal yang sebenarnya dapat ditunda sampai tiba waktu yang tepat
Kita
hidup dalam ilusi aktivitas dan menganggap kesibukan sama dengan usaha yang
bagus, kesibukan kadang hanya penundaan samar, kesibukan membuat merasa senang
dan mengira lebih produktif, kita melatih pikiran untuk terus – menerus memberi
perhatian yang terpecah, dan perhatian jadi terbagi
Melatih
konsentrasi tidak sesulit itu. Perlu belajar menjadi lebih tenang dan menemukan
saat yang tepat, harus belajar untuk memfokuskan pikiran di tempat saat ini.
Belajar untuk diam, biarkan pikiran yang tenang mendengarkan dan memahami. Kita
memenuhi pikiran dengan berbagai macam konflik dan ini membuat tidak fokus pada
situasi di hadapan kita
Konflik
mengalihkan pikiran hingga bercabang, ketika memenuhi pikiran dengan konflik,
pikiran akan terpecah konflik adalah lawan dari konsentrasi. Ketenangan dan
konsentrasi adalah hal yang sama. Fokus pada 4 hal untuk mengurangi konflik dan
menciptakan lebih banyak ketenangan:
Kendalikan
suara batin. Suara batin berpengaruh terhadap konsentrasi dan kehidupan
mulailah mendapati diri melakukan lebih banyak hal dengan benar. Suara batin
mampu memberikan perintah, pusat fokus kendali yang membantu menjelaskan dan
memahami dunia. Jangan menyetujui suara batin yang salah, semua rasa benci pada
diri sendiri dan konflik hanya sebuah pikiran atau suara batin maka ubah
pikiran. Pikiran tidak bersifat permanen
1.
Berhenti melakukan multitasking. Multitasking diketahui memperlambat 50%
kinerja orang dan menambah kesalahan 50% lebih banyak, mulitasking membuat otak
mabuk, kurang produktif, kurang kreatif, dan keputusan buruk. Semua penderitaan
manusia berasal dari ketidakmmpuan duduk sendirian dengan tenang di dalam
ruangan. Ketidakmampuan memusatkan perhatian merupakan gangguan. Ketika
perhatian terpusat, kekuatan otak dan sumberdaya juga akan tercurahkan
sepenuhnya
2.
Kenali apa yang diinginkan. Ketika orang mencari informasi mereka tidak pernah
benar tau apa yang mereka inginkan dari informasi, mereka tidak mengarahkan
pikiran, memahami dengan PIC. Purpose (tujuan) belajar dengan tujuan akan
meningkatkan perhatian, pemahaman, ingatan, dan mengatur pikiran, semakin
spesifik tujuan semakin banyak informasi yang diperoleh, fokuskan untuk mendapatkan informasi yang
bisa digunakan lalu terapkan informasi, jika tidak yakin mengapa melakukan
sesuatu, takkan pernah bisa melakukannya dengan hasil yang memuaskan. Interest
(keyakinan) tingkat ketertarikan akan menentukan arah perhatian, dan tingkat
fokus jika tidak tertarik hampir mustahil mengingat apa yang dibaca, apapun
yang diminat pikiran siap siaga, disiplin, dan fokus. Sebaiknya apapun yang
tidak diminati disana ragu dan menunda. Mampu mengingat setumpuk informasi
bilamana tertarik pada subjek. Rasa ketertarikan bersifat otomatis dan
konsentrasi berada di titik puncak, kurangnya perhatian biasanya karena
kurangnya ketertarikan. Pikiran tidak pernah mengembara pikiran hanya bergerak
ke arah hal yang lebih menarik dan luar biasa. Ketertarikan meningkatkan
konsentrasi. Langkah pertama mengetahui ketertarikan lalu menemukan mata rantai
atau hubungan antara ketertarikan dengan informasi baru yang dipelajari, tidak
ada hal yang tidak menarik yang ada hanya orang yang tidak tertarik, maka
jadika diri tertarik. Curiosity (ingin tau). Pertanyaan adalah jawaban untuk
rasa ingin tahu yang meningkat sebelum mulai membaca atau mempelajari apapun,
tanyai diri sendiri pertanyaan yang tidak menggerakan diri mereka untuk
bertindak, munculkan rasa ingin tau tentang pikiran dan bagaimana pikiran bekerja,
jika ingin mengobati rasa bosan, kembangkan rasa ingin tau, jika punya rasa
ingin tau tak ada tugas yang membosankan, tugas itu dilakukan secara otomatis,
ingin belajar tanamkan rasa ingin tau dan hidup menjadi sebuah pembelajaran
menyenangkan yang tiada akhir
3.
Hilangkan kekhawatiran. Ciptakan prosedur untuk berbagai skenario berbeda dan
berdamailah dengan pemikiran. Belajar mempraktikkan ketenangan karena jika
tidak punya perhatian tidak punya ingatan. Sebagian besar orang berpindah dari perasaan
ekstrem ke ekstrem lainnya. Konsentrasi adalah belajar bagaimana fokus, ketika
memusatkan kekuatan dapat mencapai apapun, hilangkan berbagai alasan, jernihkan
keyakinan, dan fokus pada situasi saat ini
Ketika
melatih kreativitas secara otomatis melatih memori ketika melatih memori secara
otomatis melatih kemampuan berpikir kreatif
Pikiran
adalah pusat hiburan rumah terhebat yang pernah tercipta
Ingatan
fotografis adalah kemampuan untuk menerima gambar mental yang cepat dari suatu
informasi, dan menggambarkannya secara
detail dari memori
Memori
adalah proses kreatif dan bukan proses fotografis
Ketika
orang mulai mempelajari materi buku teks, mereka membuat foto mental atau
merekam halaman buku tapi mereka tidak menyertakan kemampuan kreatif mereka
dalam proses belajar, orang yang belajar dengan cepat atau memiliki apa yang
biasa disebut ingatan fotografis menerapkan kreativitas mereka pada apapun yang
mereka pelajari, mereka telah mempelajari cara melakukan ini di masa lalu atau
mereka secara alami dan tanpa sadar sudah menggunakan prinsip tersebut. Suara
bersifat rentetan, jika ingin mengingat sesuatu dengan suara harus memulai dari
awal dan membaca informasi dari awal hingga akhir, namun ketika melihat
informasi sebagai gambar dalam benak, bisa melompat membaca informasi sehingga
meningkatkan pemahaman. Otak setiap hari menciptakan keajaiban dengan mengubah
informasi membosankan menjadi gambar yang dibentuk dengan huruf karena kata
hanya simbol dari gambar 3 dimensi
Semakin
banyak mengubah informasi menjadi gambar atau film dalam benak, semakin banyak
yang akan diingat dan pahami. Meningkatkan sistem imajinasi dalam memori dengan
cara menjadikan film dalam benak mengasyikkan dan sentimental. Cara melakukan
ini dengan menggunakan prinsip Panca indra, Berlebihan energik (PBE)
Prinip
PBE:
Gunakan
Pancaindra hanya ada 5 cara memasukan apa saja ke otak yakni melalui
penglihatan, pendengaran, penciuman, peraba dan perasa. Pancaindra membantu mencipta ulang dunia
secara mental. Jika melatih panca indra berarti memanfaatkan otak lebih banyak
dan jika melibatkan sebanyak mungkin pancaindra, maka otomatis akan
meningkatkan memori
Berlebihan.
Buat gambar dalam pikiran lebih besar atau kecil dari kenyataan bersifat tidak
logis, ciptakan berbagai memori pembelajaran yang berlebihan dan positif
Energik.
Buat gambar bergerak, buat informasi jadi hidup, penuh warna dan bukannya
membosankan, tidak bersuara, hanya hitam putih. Gunakan aksi cara ini
menghidupkan memori, buat gambar beraksi dengan cara tidak logis, bisa
menjalinnya, membenturkannya, melekatkannya atau membungkusnya jadi satu.
Proses imajinasi adalah sebuah pesan kreatif yang menyenangkan, semakin banyak
kegembiraan bisa muncu, semakin baik. Ketika membaca atau mendengar sesuatu, fokus
pada prinsip PBE dan bayangkan itu sebagai sebuah film
Ketika
imajinasi dan kemauan bertentangan imajinasi selalu menang, jika bertekad untuk
membuat diri mengingat dan imajinasi tidak melakukan tugas, takkan mampu
mengingat kembali, imajinasi tempat dari semua kekuatan memori
Semakin
terampil dalam menggunakan imajinasi, semakin dapat mengetahui, memahami, dan
menciptakan
Kita
mengingat benda dan kata sifat dengan mudah karena kedua kata mempunyai makna
dan dapat membuat gambar di pikiran, sebagian besar kata abstrak dapat dibuat
agar berarti sesuatu, gunakan apa saja pikiran atau kata yang bermakna untuk
menggambarkan kata yang tak bermakna, cari kata atau frasa yang berbunyi sama
atau mirip dengan kata abstrak, dapat memisahkan sebuah kata menjadi bunyinya
masing – masing
Dapat
mengubah semua informasi yang kompleks menjadi sesuatu yang bermakna dan mudah
diingat dengan mengubahnya menjadi gambar, pada awalnya memerlukan sedikit
upaya dari kita, mencurahkan perhatian lalu akan menjadi kebiasaan, untuk
latihan baca kata, pecah kata
Tigre
dalam bahasa Inggris Tigre dalam bahasa Spanyol bunyinya frasa tea grey. Sun
dalam bahasa Inggris berarti sole dalam bahasa Spanyol
Beberapa
kosa kata Italia
Chicken
dalam bahasa Inggris berarti pola dalam bahasa Italia
Cat
dalam bahasa Inggris. Tidak bisa berbacara
Book
: yang berarti Livre dalam bahasa Perancis
Hund
: Main dalam bahasa Peracis
Chair
dalam bahasa Perancis
Beberapa
kata Zulu :
Dog
: dalam bahasa Inggris berarti inja (eenjta) dalam bahasa Zuku membayangkan
anjing dan pegalaman yang tidak enak
Floor:
dalam bahasa Inggris berarti phansi (ponsee)
Snake:
Inyaka seenyio;kaa
Bhahasa
Jepang: ch
Chest
dalam bahasa Inggris seperti Mune (Moneh) dalam bahasa Jepang
Door
dalam bahasa Inggris To (Toe) dalam bahasa Jepang
Corpet
dalam bahasa Inggris berarti jutaan (Jootan) dalam bahasa Jepang
Rahasia
terbesar dari memori yang kuat adalah menghidupkan informasi dengan imajinasi
tanpa batas. Menggunakan metode memori meningkatkan kreativitas manusia, memperbesar
memori, dan rasa hurmor
Membuat
hal sederhana menjadi rumit adalah hal yang biasa, membuat hal rumit menjadi
sederhana luar biasa sederhana itulah kreativitas
Metode
mobil akan menggunakan banyak kata dalam latihan karena kata benda mudah
dibayangkan, sehingga lebih mudah dikendalikan dan disimpan. Memori jangka
panjang hal yang ada di memori selamanya untuk membungkus informas jangka
pendek, ketika melakukan hal itu membuat memori jangka menengah yang kuat. LTM
(Long Term Memory) memberikan tempat untuk menyimpan informasi. Lokasi di dalam
mobil menjadi wadah penyimpnanan untuk memori jangka pendek (short term
memories/STM) semua metode memori bekerja dengan formula LTM + STM = MTM,
metode ini mengatur informasi, sehingga membuatnya lebih mudah untuk ditemukan.
Semakin teratur membuat subjek semakin mudah subjek itu diingat. Rahasia
pembelajaran akselerasi adalah pengaturan yang unggul
Jadilah
proaktif. Mulailah dari akhir dalam pikiran. Dahulukan yang utama. Berpikir
menang – menang, berusaha mengerti orang lain dulu baru kemudian dimengerti,
sinergi, asahlah gergaji
Kebiasaan
dapat dipelajari dan ditinggalkan. Kebiasaan bukan solusi mudah, kebiasaan
membutuhkan proses dan komitmen yang luar biasa
Musik
kehidupan jauh lebih baik dimainkan dengan menggunakan 10 jenis kecerdasan
ganda yang dimiliki sehingga menampilkan keajaiban dalam kehidupan
Metode
tubuh. Tubuh wada penyimpanan jangka panjang, mendiami tubuh setiap hari dan
mengenalnya dengan baik, informasinya lebih abstrak akan menuntut untuk
berpikir lebih kreatif, tempat pertama yang digunakan untuk menyimpan informasi
adalah kaki, kecerdasan pertama adalah kecerdasan kreatif. Di tempat kedua,
lutut akan menyimpan kecerdasan personal. Kecerdasan personal terkiat dengan
kemampuan memikul tanggung jawab. Wadah penyimpanan berikutnya paha, menyimpan
kecerdasan sosial. Tempat berikutnya pinggang atau pinggul, dan akan memyimpan
kecerdasan spiritual. Perkataannya kreatif, bersosialisasi, dan spiritual.
Kecerdasan fisik dan akan menyimpan di atas perut. Di tangan kiri ada
kecerdasan sensual, di tangan kanan ditempatkan kecerdasan seksual dapat
membuat gambaran sendiri. Mulut, kecerdasan numerik menggunakan angka. Pada
hidung gunakan prinsip PBE. Dahi, kecerdasan spasial. Puncak kepala, kecerdasan
verbal
Kecerdasan
kreatif dan emosional : disimpan di kaki dan tungkai kaki
1.
Kecerdasan kreatif
2.
Kecerdasan personal (pengetahuan diri, pemuasan diri dan pemahaman diri)
3.
Kecerdasan sosial
4.
Kcerdasan spiritual
Kecerdasan
jasmaniah : semuanya disimpan di bagian terbesar tubuh di batang tubuh
5.
Kecerdasan fisik
6.Kecerdasan
sensual
7.
Kecerdasan seksual
Kecerdasan
IQ tradisional (kecerdasan yang tampak
di bagian kepala)
8.
Kecerdasan numerik
9.
Kecerdasan spasial
10.
Kecerdasan verbal
Sebagian
besar diajarkan berpikir bahwa kita cerdas atau tidak cerdas namun definisi
kecerdasan yang dipelajari di sekolah dibangun di seputar jenis kecerdasan
tertentu yang sangat dihargai di sekolah, kecerdasan verbal dari kecerdasan
numerik
Ketika
membaca head first daftar tubuh akan bertindak sebagai matriks memori yang kuat
yang akan menarik lebih banyak informasi serta meningkatkan pemahaman dan
pengenalan akan konten. Metode tubuh awalnya diciptakan oleh bangsa Yunani
kuno, dapat menggunakan metode ini untuk mengingat informasi ujian, pekerjaan,
daftar belanja atau daftar informasi apapun, bahkan dapat menggunakan untuk
mengingat berbagai hal
Keberadaan
lupa tak pernah terbukti, kita hanya tau bahwa sesuatu tidak terpikirkan ketika
menginginkan
Metode
pengait bersama dan metode pengait bentuk, rahasia ini dipaparkan oleh John
Scambrook ran Heny Headerson pada akhir 1700
Metode
ini sederhana dan efektif. Ini akan memberi metode yang dapat membantu
mengingat 40 buah atau lebih infromasi
dalam waktu singkat, mengingat informasi secara acak dan dengan
angka. Metode pertama, pengait berirama,
pengait membuat informasi tetap menggelayut di pikiran, pengait itu sendiri
harus menjadi bagian dari memori jangka panjang agar bisa berfungsi, selalu
membutuhkan memori jangka panjang untuk membantu memori jangka pendek dengan
metode ini menghubungkan informasi baru ke pengait memori jangka panjang dalam
benak, pengait jug berfungsi sebagai wadah atau file untuk pikiran baru
metodenya sederhana: metode ini membuat memori mengait lewat kata berirama dan
akan menggunakan kata berirama sebagai file mental
One
bersama kata Bun (roti manis)
Two
– shoe
Theree
– tree
Four
– door
Five
– hive
Six
– sticks
Seven
– heaven
Eight
– gate
Nine
– vine
Ten
– hen
Setiap
pengait dapat menjadi wadah untuk menyimpan informasi baru, menghubungkan
pengait dengan memakai prinsip PBE, pancaindra berlebihan energik, pada kata
yang ingin diingat
Pikirkan
emosi setiap hari karena pengembangan diri terjadi ketika dapat mengingat
tindakan apa yang perlu dilakukan
10
emosi kuat:
1.
Cinta dan kehangatan
2.
Apresiasi dan rasa syukur
3.
Rasa ingin tau
4.
Gairah dan minat
5.
Kebulatan tekad
6.
Fleksibilitas
7.
Kepercayaan diri
8.
Kegembiraan
9.
Vitalitas
10.
Kontribusi
Lihat
informasi dalam PBE selama beberapa detik, lakukan dengan perlahan dan buat
keterkaitan yang kuat, bisa membentuk gambar untuk membantu lebih merasakan
informasi
One
bun (roti manis) cinta dan kehangatan
Two
shoe (dua sepatu) apresiasi dan rasa syukur
Three
tree (tiga pohon) rasa ingin tau
Four
door (empat pintu) kegembiraan dan minat (passion)
Five
hive (lima sarang lebah) kebulatan tekad
Six
sticks (enam tongkat) fleksibilitas
Seven
heaven (tujuh surga) percaya diri
Eight
gate (delapan gerbang) kegembiraan
Nine
vine (sembilan anggur) vitalitas meningkat
Ten
hen (sepuluh ayam) kontribusi
Kita
sumber dari semua emosi, menciptakan, tanamkan emosi ini setiap hari dan
perhatikan seluruh hidup tumbuh dengan penuh vitalitas yang tidak pernah
dibayangkan sebelumnya
Metode
berirama dapat diperluas dengan menemukan lebih banyak kata yang berirama sama
dengan angka, dengan metode ini dapat mudah menciptakan sistem pengait yang
bisa digunakan untuk menyimpan sampai dengan 30 buah informasi baru. Mengaitkan
juga tidak terbatas, dapat menciptakan daftar lain
Sistem
bentuk mengubah angka menjadi bentuk konkret, sistem ini bekerja dengan cara
yang sama dengan daftar irama hanya saja kali ini pengaitnya berbentuk seperti
angka, mengingat 10 informasi baru, bermain dengan sistem ini dan bersenang
sedikit, metode bentuk hanya memberi pilihan lain untuk digunakan
Daftar
pengait ini menciptakan banyak kemungkinan baru, dapat membuat semua jenis
daftar pengait, dapat menggunakan daftar apa saja yang sudah ada dalam memori
jangka panjang yang dimiliki, membuat kata untuk setiap huruf dengan abjad,
gunakan daftar yang telah diketahui
Apapun
yang dipikirkan, itulah yang diingat,
memori adalah residu pikiran
1.
Siapkan sebuah lokasi yang teratur
2.
Buat penanda atau tempat di lokasi ini sam seperti yang dilakukan daftar tubuh
3.
Buat gambar yang jelas (dengan memakai prinsip PBE) dan informasi yang ingin
diingat
4.
Tempatkan setiap hal yang ingin di coba ingat di setiap lokasi yang ditandai
Formulanya
: memori jangka panjang + memori jangka pendek + memori jangka menengah
Metode
perjalanan. Matriks membantu penggunaan dan penyimpanan jangka panjang ketika
menyimpannya dalam kepala, matriks jauh lebih mudah untuk digunakan, sebab
gunanya mempelajari informasi jika tidak dapat mengingatnya kembali apa yang
diketahui
12
hal yang fokuskan setiap hari agar menjadi lebih sukses dan puas dalam
kehidupan. Takkan pernah mengubah hidup sampai mengubah sesuatu yang dilakukan
sehari :
1.
Perilaku
2.
Prioritas
3.
Kesehatan
4.
Keluarga
5.
Pemikiran
6.
Komitmen
7.
Keuangan
8.
Keyakinan
9.
Hubungan
10.
Kedermawanan
11.
Nilai
12.
Pertumbuhan
Sebagian
orang akan mengulang terus daftar informasi dan berusaha mengingat. Belajar
dengan cara menghafal dan pengulangan yang konstan menimbulkan ketidaksukaan
belajar dan hal itu membuat frustasi. Semakin dapat menyandikan informasi ke
dalam memori, semakin efektif pembelajaran
Fun
(kesenangan) dalam kondisi FrUstatioN (frustasi), memfokuskan perhatian dan
menghubungkan setiap pikiran pada satu tepat
Membersihkan
perilaku buruk dengan PBE, menuliskan prioritas, kesehatan, keluarga,
pemikiran, komitmen, keuangan cermin dari produktivitas, keyakinan, memori
adalah hubungan, kedermawanan, nilai pertumbuhan
Setiap
orang yang berdaya ingat hebat menggunakan metode perjalanan, metode efektif
karena menggunakan ribuan tempat penyimpanan, meningkatkan kemampuan untuk
menempatkannya pada perjalanan mental yang familier, imajinasi dapat
menciptakan informasi apa saja di perjalanan yang familier, mengingat berbagai
jenis informasi, semakin banyak berlatih semakin baik hasil yang diperoleh
Tak
ada memori yang sendiri, memori adalah ujung serangkaian jejak memori satu
lusin jejak yang masing – masing memiliki hubungan sendiri
Tak
ada memori sendiri, memori adalah ujung serangkaian jejak memori, satu lusin
jejak yang masing memiliki hubungan sendiri
Belajar
adalah menghubungkan informasi baru ke informasi lama, hal ini tidak terjadi
sebaliknya. Hal ini menciptakan hubungan antara hal yang diketahui dan tidak
diketahui semakin tau semakin mudah menghubungkan lebih banyak informasi dan
mengetahui lebih banyak
Setiap
kata mengingatkan pada kata berikutnya, membuat tautan sendiri dan hanya
mengingat dua hal pada satu waktu, mengingat praragraf informasi, memadatkan
segala sesuatu ke dalam sebuah daftar kata kunci dan mengubah daftar menjadi
cerita penghubung yang bermakna
Nama
seseorang bagi orang yang bersangkutan adalah bunyi yang paling manis dan
penting dalam bahasa apapun
Buang
keyakinan membatasi tentang daya ingat terhadap nama dan mulai fokus pada
pencarian strategi yang bisa membantu, jadilah termotivasi dan tertarik pada
nama dan bagaimana mencap orang sesuai nama
1.
Concreate (konsentrasi). Kendalikan perkenal agar mampu mendengar nama yang
harus memperlambat jalannya perkenalan
Orang
harus mendapatkan sesuatu sebelum mereka dapat melupakannya, perlu sungguh
mendengar nama terlebih dulu, jika tidak mendengar takkan mengingatnya, pertama
harus mendengarnya terlebih dulu untuk kemudian mengubahnya menjadi memori,
jika mendengar nama dan mengulangnya agar di dengar si pemilik nama, cara ini
akan meningkatkan ingatan. Jika tidak mendengar namanya, minta orang untuk
mengulanginya, dan jika namanya sulit diucapkan minta orang untuk mengeja
namanya juga. Dengar dan jadilah tertarik tulus pada nama orang lain, kita
biasanya memikirkan untuk menjadi menarik sehingga lupa bersikap tertarik,
ketika menjadi tertarik akan ingin emndengar nama disebut, belajar mendengarkan
orang dari sudut pandang mereka bukan dari sudut pandang sendiri, hal ini tidak
meningkatkan memori dalam hal mengingat nama, tapi juga meningkatkan kecerdasan
sosial
2.
Creative (mencipta). Menciptakan gambar untuk nama agar mampu mencipta ulang
gambar nantinya
Kita
mengingat wajah karena wajah membentuk gambar dalam benak kita, nama biasanya
tidak melekat karena mencoba mengingatnya dengan memori pendengaran atau suara
yang lemah, memori pendengaran tidak sekuat memori visual. Untuk mempertahankan
memori harus membuat gambar dari nama, jika memberi makna pada nama, dapat
mengingatnya. Ketika menyimpan nama dan tidak menyertainya dengan apapun, nama
akan menghilang dan takkan mampu menemukannya lagi, ini terjadi karena memori
yang bekerja tidak menyimpan informasi, jadi untuk menyimpannya perlu bantuan
dari memori jangka panjang dan jangka pendek, harus benar memikirkan nama agar
dapat mengingatnya karena hanya mengingat apa yang dipikirkan
Ketika
diperkenalkan kepada seseorang, hanya punya 20 detik untuk memikirkan nama dan
membuat satu keterkaitan, jika tidak melakukan apapun sehubungan dengan nama
dalam waktu 20 detik maka nama akan menghilang, semakin banyak keterkaitan dan
makna yang dapat diberikan pada nama, nama akan lebih teringat. Beberapa nama
secara alami akan menciptakan gambar
3.
Connect (menghubungkan) menciptakan hubungan antara yang diketahui dan tidak
diketahui, metode untuk membuat hubungan semua metode
Comparison
connection (perbandingan hubungan) dengan metode ini menghubungkan orang ke
nama yang sudah diketahui. Dengan membandingkan satu ciri akan menjadi lebih
perhatian daripada sebelumnya sehingga membuat hubungan lebih kuat. Bandingkan
sebanyak mungkin ciri yang berbeda dan akan memfokuskan perhatian lalu
menciptakan kesan jangka panjang agar dapat mengingat dengan sempurna. Caranya
bandingkan kedua wajah maka akan mengingat mereka, pengaruh memori dengan
membayangkan orang itu berkepala dua, kepalanya sendiri dan kepala orang yang dikenal
dengan nama sama, metode ini hanya butuh beberapa detik untuk membantu
mengingat nama orang itu selamanya, kita menggunakan prinsip memori megambil
nama dari ingatan jangka panjang dan memanfaatkan untuk mengingat nama baru
dari ingatan jangka pendek
Face
connection (menghubungkan wajah) dengan metode ini membuat tautan antara nama
dan ciri menonjol di wajah seseorang. Jika menggunakan metode ini jangan
beritahu siapapun apa yang dilakukan di dalam pikiran, bersifat personal dan
beberapa orang mungkin tersinggung. Jika menciptakan nama mereka akan mengingat
nama semudah mengingat wajah
Meeting
location connection (hubungan lokasi pertemuan) dengan metode ini menghubungkan
bertemu orang, menggunakan pengait perjalanan untuk mengingat nama
Continious
use (penggunaan terus – menerus). Jika berkonsentrasi dan menangkap nama yang
disebutkan buatlah nama itu bermakna dan hubungkan dengan orang maka ini akan
memungkinkan untuk mengingatnya selama jangka pendek, agar nama teringat dalam
memori selamanya harus terus menggunakan metode ini. Bicarakan nama, jika nama
itu merupakan nama asing, tanyai orang yang bersangkutan apa arti namanya.
Gunakan nama dalam percakapan. Semakin sering bicara tentang nama, semakin
sedikit mengandalkan memori yang bekerja dan akan mulai menyimpannya. Tinjau
ulang nama, buat folder nama orang yang ingin diingat dalam buku harian,
komputer atau ponsel, meninjau ulang nama untuk menyimpan memori dalam jangka
panjang. Semua metode dirancang untuk meningkatkan fokus perhatian karena mengingat
orang lain mereka memastikan untuk mengingat juga
Kelompokkan
daftar huruf sehingga mendapatkan satu kata yang mewakili sesuatu, sebuah
gamba, emosi, orang. Lempar beberapa angka sekaligus dan akan mendapatkan angka
lain
Ketika
mengingat berbagai fakta dan angka berarti hal itu membangun rasa percaya diri
dalam memori, membangun kekuatan mental, dan seperti latihan kebugaran untuk
otak
Jika
menyebutkan angka beberapa digit, rata orang hanya mengingat sekitar 7 digit ke
depan dan hanya empat sampai lima digit ke belakang, apabila memiliki memori
yang terlatih, tidak ada batasannya. Siapa saja memberikan hasil yang sama jika
mereka mengetahui strateginya, jika mempraktikkan metode ini dan merasa bangga
akan upaya meningkatkan daya ingat, dapat mengembangkan kekuatan manusia super.
Jika mengulang kebiasaan buruk maka akan semakin buruk
Metode
bentuk angka untuk mengingat angka yang lebih kecil, tapi metode yang akan
ditunjukkan mempunyai banyak kemungkinan dan penerapan
Frasa
mempunyai makna dan menciptakan gambar visual dan angka tidak memiliki makna,
dan tidak terlalu mudah diingat, jadi untuk mengingat angka eprlu membuatnya
lebib bermakna. Sistem yang digunakan orang berdaya ingat hebat itu bervariasi,
tapi sebagian besar dari mereka menggunakan sistem yang mengubah angka menjadi
kata lalu menjadi gambar, mengambil angka dan mengubahnya menjadi bentuk
sehingga angka membnetuk huruf, lalu mengubah huruf jadi kata, sistem ini
kelihatannya perlu banyak upaya tapi menguasai kode maka proses mengingat angka
menjadi hal yang sangat mudah, kode hampir mengingat dengan sendirinya, terus
gunakan dan buka pikiran terhadap bahasa yang sama sekali baru cara ini melatih
kecerdasan verbal dan numerik di saat yang bersamaan
4
adalah bunyi R
5
adalah bunyi L
6
adalah bunyi J, Sh, Ch, lemah atau G lemah
7
adalah bunyi K,C
8
adalah bunyi F atau V
9
adalah bunyi B atau P, bagaikan cermin dan gambar yang terbalik dari angka 9
Kita
mengingat informasi konkret dengan mudah, supaya tidak mengingat lebih banyak, hanya
membuatnya lebih mudah diingat. Cara ini butuh waktu untuk bisa dikuasai tapi
menguasainya selamanya
1.
Sauce
2.
Soda
3.
Sun
4.
Swim
5.
Sir
6.
Seal
7.
Sash
8.
Sock
9.
Safe
10.
Soap
1.
Tie
2.
Noah
3.
Ma
4,
Ray
5.
Law
6.
Jaw
7.
Key
8.
Foe, Ufo
9.
Bee
10.
Toes
11.
Dad
12.
Tan
13.
Dam
14.
Deer
15.
Tail
16.
Dish
17.
Duck
18.
Drove
19.
Tape
20.
Nose
21.
Net
22,
Nun
23.
Gnome (huruf G lemah)
24.
Nero
25.
Nai
26.
Noah
27.
Neck
28.
Navy
29.
Nap
30.
Mouse
31.
Mat
32.
Moon
33.
Memo
34.
Mower
35.
Mail
36.
Mash
37.
Mike
38.
Mafia
39.
Map
40.
Rose
41.
Rat
42.
Rain
43.
Ram
44.
Rower
45.
Reef
46.
Rash
47.
Rock
48.
Roof
49.
Robe
50.
Lassie (satu bunyi S)
51.
Lady
52.
Lion
53.
Limo
54.
Lorry (satu bunyi R)
55.
Lily
56.
Leach
57.
Lock (ck jadi satu bunyi K)
58.
Leaf
59.
Lip
60.
Chess (satu bunyi S)
61.
Jet
62.
Chain
63.
Jam
64.
Chair
65.
Jail
66.
Cha Cha
67.
Shake
68.
Chief
69.
Jeep
70.
Case
71.
Cat
72.
Can
73.
Comb (B lemah)
74.
Car
75.
Coal
76.
Cash
77.
coke
78.
Cave
79.
Cab
80.
Face
81.
Fat
82.
Fan
83.
Foam
84.
Fire
85.
Foil
86.
Fish
87.
Fake
88.
Woof Woof
89.
FBI
90.
Bus
91.
Bat
92.
Bun
93.
Bum
94.
Bear
95.
Ball (satu bunyi L)
96.
Beach
97.
Back
98.
Beef
99.
Baby
100.
Daisies
Metode
ini juga bisa digunakan sebagai sistem memori pengait raksasa yang efektif.
Daftar pengait teringat dengan sendiri. Hafalkan 10 kata sehari. Manfaat metode
memori informasi dengan mudah secara berurut, begitu memiliki nilai mampu
mengingat angka berapapun dan tanpa batas, ketika siap angka mewakili gambar,
bisa dapat mengingat angka dalam benak
dan menyimpannya dalam sistem untuk mengingat sebanyak mungkin angka yang
dipilih, metode ini bisa menghubungkan ke kejadian lain,
Tahun
1926 televisi pertama kali tayang
Tahun
1969 manusia mendarat di bulan
Tahun
1901 hadiah nobel pertama kali diberikan. Penghargaan pertama dibuat dari Pasta
(1901)
Tahun
1942 pertama kali komputer dikembangkan
Tahun
1801 kapal selama pertama dibuat
Tahun
1784 surat kabar pertama diterbitkan. Caviar (784) memenuhi seluruh surat kabar
Metode
angka ini dikembangkan tahun 1700 oleh Stanislaus Mink Von Wennshein yang
menyadari adanya pengetahuan, metode ini dilatih harus benar melatih metode
agar metode berhasil untuk kita, maka memori untuk mengingat angka akan menjadi
tak terbatas dan membuat lebih berpengetahuan luas
Tingkat
ketertarikan diukur dengan seberapa banyak mengingat
Ketika
menggunakan kreativitas lebih banyak berarti akan menggunakan memori lebih
banyak. Metode ini menerima informasi dan mengubah menjadi bentuk seni,
informasi diingat selamanya, cara ini merebut perhatian dan pikiran takkan
melepasnya
Setiap
kata adalah gambar yang dibentuk dari huruf setiap kata dapat membentuk gambar
yang dapat digambar, dan gambar tersimpan dengan sangat cepat dalam otak, jika
gambar dapat ditampilkan dalam 3 dimensi, hal ini menambah dampak visual sebab
cara benda tampil dalam dunia nyata, dapat melakukan ini dengan gambar Google
dengan meminta seorang ilustrator membuat gambar
Seluruh
proses berkaitan dengan mengingat secara kreatif dan menjadi lebih terhubung
dan terlibat secara pribadi dengan informasi. Gunakan kekuatan gambar Google
untuk menciptakan berbagai diagram memori, tampilkan semua gambar dalam bentuk
file dokumen Word atau PowerPoint. Semakin mendalam memikirkan suatu informasi,
akan semakin mengingatnya
Dengan
melihat, menghubungkan, dan menguncinya dalam gambar akan membuat hubungan
memori yang lebih kuat dan lebih mudah untuk diingat kembali, menggunakan
diagram memori untuk membantu mengingat ejaan
Informasi
apapun bisa dilambangkan sebagai gambar, lukisan, foto, atau patung, upayakan
untuk mengubah informasi penting yang diperlukan dalam hidup menjadi gambar
sehingga akan mampu melihatnya dengan mudah, gunakan seni untuk mengingat. Cara
untuk membuat otak kreatif bekerja untuk merencanakan dan mengingat yaitu
Pemetaan pikiran (Mind Mapping – diperkenalkan oleh Tony Buzan) sistem memori
berjalan begitu cepat dan tanpa kesulitan sehingga jarang menyadari sistem itu
bekerja
Salah
satu cara terbaik untuk memperhatikan pikiran dan memori bekerja adalah melalui
Pemetaan Pikiran ketika menggunakan metode ini dalam kehidupan. Metode akan
mengubah cara berpikir metode ini sangat manjur untuk mengatur informasi,
menuliskan apa yang ada dalam pikiran, dan mengungkapkan isi pikiran. Tony Buzan
adalah pencipta Mind Map atau Pemetaan Pikiran. Dia menciptakan alat pikir pada
awal tahun 1970 dan metodenya telah berkembang menjadi salah satu alat
pembelajaran dan alat berpikir yang paling efektif di dunia. Tony mejuluki Mind
Mapping atau Pemetaan Pikiran sebagai Pisau Lipat Swiss bagi otak, ini bukan
hanya metode untuk mengembangkan memori tapi ada satu cara untuk meningkatkan
keterampilan berpikir. Pemetaan pikiran dapat digunakan untuk mengingat
belajar, melakukan presentasi, berkomunikasi, mengorganisasi, merencanakan,
melaksanakan rapat, bernegoisasi dan semua jenis pemikiran
Peta
pikiran adalah sebuah cara memindahkan pikiran ke kerta dengan melibatkan
pancaindra. Cara ini mudah dan sederhana untuk digunakan. Peta pikiran adalah
cara menakjubkan dalam menyusun informasi, sehingga bisa melihat gambaran besar
dan detailnya. Dengan catatan linear berupa daftar dan garis, takkan pernah
mempunyai fleksibilitas yang dirasakan dengan peta pikiran, membutuhkan : otak,
kertas kosong ubah orientasi menjadi landscape, banyak pena dan pensil yang
berwarna warni
Cara
terbaik untuk menjelaskan peta pikiran adalah dengan memetakan sesuatu, memulai
dengan gambar pokok di bagian tengah, gambar pokok adalah inti dari seluruh
peta pikiran, gambar mudah diingat dan merangsang kreativitas lebih, begitu
mempunyai gambar pokok menghubungkan cabang
ke gambar pokok ini dan mulai membagi menjadi banyak cabang ke berbagai
arah subjek pembahasan, setelah memiliki cabang utama dapat menghubungkan
cabang tingkat kedua dan ketiga untuk memberikan lebih banyak detail ke setiap
cabang utama, dapat menambah lebih banyak cabang ke cabang yang sudah ada untuk
membantu menjelaskan berbagai ide atau memberi lebih banyak detail, menggunakan
hanya satu kata setiap cabang, membantu pikiran yang saling terhubung untuk
berkembang secara bebas, dan menambahkan banyak gambar setiap cabang utama juga
punya satu warna, ini secara visual membantu membedakan antara cabang atau
konten yang berbeda, peta pikiran tidak pernah bisa berakhir karena pikiran
yang saling terhubung selalu bisa menemukan satu memori lagi
Peta
pikiran bersifat menghibur, peta pikiran menyenangkan dan memanfaatkan otak
kreatif, apabila memilih untuk menggunakan peta pikiran akan membawa pikiran ke
tingkat baru, meningkatkan kreativitas, kemampuan merencanakan, mengembangkan
lebih otak serta meningkatkan kekuatan memori dan pengamatan, menggunakan peta
pikiran untuk seluruh jenis bidang pembelajaran, peta pikiran dapat digunakan
secara efektif untuk meringkas sejumlah besar informasi dan menangkap inti dari
apa yang disampaikan, bisa menggunakan software iMindMap
Sukses
tidak bersifat magis atau misterius, sukses adalah konsekuensi wajar dari
penerapan pokok mendasar secara konsisten
1.
Mengingat informasi tertulis kata per kata
Memori
adalah catatan harian yang selalu dibawa kemanapun pergi. Metode ini memudahkan
untuk mengingat informasi tertulis dengan mudah, menggunakan untuk mengingat
kutipan, puisi, definisi, atau ayat dari teks keagamaan. Mengingat informasi
kata demi kata dapat membantu dalam melakukan presentasi, negoisasi, atau
berbagai rapat, menyimpan informasi supaya dapat memanfaatkan ketikak butuh
sedikit inspirasi. Metode ini berguna dalam ujian untuk mengingat definisi
penting dari konsep penting. Mengingat dan mendeklemasikan puisi merupakan cara
untuk melatih pikiran dan meningkatkan kemampuan presentasi
Unsur
pertama dari metode memori adalah menemukan kata penting yang akan membantu
mengingat seluruh teks
Sukses.
Sering tertawa, menerima rasa hormat dari orang cerdas dan kasih sayang anak,
mendapatkan penghargaan berupa kritik tulus dan mampu menghadapi pengkhianatan
teman palsu, menghargai keindahan, menemukan sisi terbaik dalam diri orang
lain, mewariskan dunia yang sedikit lebih baik atau kondisi sosial yang lebih
baik, begitu menemukan kata kunci, langkah berikutnya menciptakan gambar dari
kata kunci dan menempatkannya pada salah satu sistem. Bagian imajinasi adalah
penanya dan sistem adalah kertasnya
2.
Melakukan presentasi berdasarkan ingatan
Otak
manusia adalah organ yang menakjubkan, otak mulai bekerja segera setelah lahir
dan tidak berhenti sampai menyampaikan pidato
Tujuan
dari presentasi membuat pendengar memahami, memercayai, dan melaksanakan apa
yang dikatakan, ketika mengingat informasi hal itu membangun rasa percaya diri
dan akan terlihat sepertinya mengetahui apa yang sedang dibicarakan. Kekuatan
presentasi adalah kekuatan memori
Merancang
presentasi dengan memakai prinsip FLOOR:
F
- first thing (hal pertama)
L
– Last things (hal terakhir)
O
– Outstanding Information (informasi luar biasa)
O
– Own links (tautan sendiri)
R
– Repeated information (informasi yang diulang)
Jika
menggunakan prinsip ini membuat pendengar mengingat lebih banyak membuat
presentasi lebih menyenangkan, jika memilih struktur yang jelas dlaam kepala
akan mudah menggerakan hati pendnegar, akan terlihat percaya diri dan efektif
3.
Lupa. Kebiasaan menyebabkan kelupaan, semua kegiatan rutin terkadang
menciptakan semacam kondisi otomatis dan sering tidak memperhatikan apa yang
dilakukan. Jika tetap fokus pada momen ketika lupa akan menciptakan lagi
kondisi pada momen, ketika lupa akan meciptakan lagi kondisi serupa, mulailah
mengingat ketika melakukan hal yang benar maka akan mulai terlihat ada
peningkatan. Manusia menyiakan waktu 40 hari tahun untuk mencoba mengingat hal
yang mereka lupakan
Kita
hidup dalam sebuah ilusi aktivitas dan terus memenuhi pikiran dengan kesibukan
Fokuskan
pikiran ditempat saat ini
Kekacauan
adalah alasan paling menarik yang muncul
karena rasa malas. Menciptakan berbagai sistem dan menggunakan berbagai tempat
yang bisa dipakai untuk menyimpamn harang akan menghembat bannyak waktu.
Bantulah diri sendiri dan berhentu berusaha memperhatikan kondisi lupa
4.
Mengingat permainan kartu
Tanpa
sebuah metode rata – rata orang akan mampu mengingat sekitar setengah tumpukan
kartu dalam waktu 30 menit, jika mereka beruntung. Rata orang tidak mempunyai
cara untuk memerangkap pikiran jadi mereka tidak pernah benar yakin tentang apa
yang mereka ketahui, digunakan untuk melatih memori, menjadi demonstrasi yang
sangat baik dari kekuatan memori. Menghidupkan kartu dengan pertama membuat
gambar untuk setiap kartu, supaya dapat membedakan dari kartu lain dan lalu
menempatkannya dalam sistem atau memori jangka panjang, dapat mengaitkan setiap
kartu dengan orang yang dikenal atau menamakannya, sistem kartu hanya seperti
angka, huruf pertama setiap deretan akan dimulai dengan nama setiap kartu,
angka 3 kartu wajik dinamai D dari kata Diamond, untuk wajik dan 3 = M, tambahkan vokal dan mendapatkan
DaM, semua kartu wajik dinamai dengan huruf D, semua kartu hati diawali dengan
H dengan kata Heart, kemudian hanya akan menambah lagi yang telah dikonveri di
akhir kartu
Wajik
(Diamond)
A
- Date (Kartu As adalah 1)
2
- Dan (2 adalah bunyi N)
3
- Dam (3 adalah bunyi M)
4
- Door (4 adalah bunyi R)
5
- Deal (5 adalah bunyi L)
6
- Dish ( 6 adalah bunyi Sh, Ch lemah atau G lemah)
7
- Duck (7 adalah bunyi K, C)
8
- Dove (8 adalah bunyi F atau V)
9
- Deep (9 adalah bunyi B atau P, seperti
cermin dan gambar terbalik dari 9)
10
- Dice (10 adalah nol, bunyi S)
J
– Diamond (kartu Jacks akan selalu menjadi gambar dari deretan kartu)
K
– Ding (dengan kata King, gunakan sebuah kata dengan huruf ing di dalamnya)
Q
– Dean (dengan kata queen, gunakan kata berirama)
Hati
(Heart)
A
– Hat
2
- Hen
3
– Ham
4
– Hair
5
– Hail
6
– Hash (Hash brown)
7
– Hack
8
– Hoof
9
– Hoop
10
– House
J
– Heart (kartu Jack selalu menjadi gmabar dari deretan kartu)
K
– Hinge (dengan kata King, gunakan kata dengan huruf ing di dalamnya)
Q
– Ratu hati (Putri Diana)
Sekop
(Spades)
A
– Sit
2
– Sun
3
– Sam (Uncle Sam)
4
– Sir
5
– Seal
6
– Sash
7
– Sack
8
– Safe
9
– Soap
10
– Seas
J
– Spade
K
– Sing
Q
– Steam
Keriting
(Clubs)
A
– Cat
2
– Can
3
– Camo (Camouflage – Kamuflase)
4
- Car
5
– Coal
6
– Cash
7
– Cake
8 – Café
9
– Cap
10
– Case
J
– Club
K
– King
Q
– Cream
Untuk
mengingat seluruh kartu yang dikocok maka menciptakan sebuah perjalanan dari 52
tempat dan menyimpan setiap karakter di perjalanan atau bisa mengaitkan kartu
menjadi satu. Metode ini bukan trik hanya menggunakan sifat dasar memori dan
karenanya lebih memaksimalkan potensi memori. Senam memori : semakin berusaha
melatihnya memori keseluruhan aka semakin meningkat, cara untuk melatih
keterampilan memori
5.
Mempelajari apa saja
Mempelajari
informasi baru tidak berguna kecuali informasi bsia diingat nantinya, sesuatu
yang meningkatkan kemampuan memori seseorang berarti meningkatkan akses ke
segala sesuatu yang dipelajari
Semakin
tinggi kemampuan memori, semakin baik kemampuan untuk belajar, semakin cepat
mencerna teori, semakin banyak waktu untuk menggunakan informasi. Ada beberapa
hal yang harus dipertimbangkan untuk meningkatkan kinerja dalam bidang studi.
Pertama, jangan pernah belajar hanya untuk lulus ujian. Pastikan mempunyai PIC
(Purpose, Interest, and Curiousty – Tujuan – Ketertarikan – dan Rasa ingin tau)
yang kuat dalam pikiran. Visi menentukan berapa banyak energi yang akan
dicurahkan untuk pembelajaran dan seberapa keras akan mau berupaya
Otak
dapat tetap fokus hanya selama waktu terbatas sebelum menjadi tidak produktif
dan tegang. Buat gambaran ikhrisarnya dan telaah bahan yang harus dikuasai.
Tandai semua area yang harus diingat. Dalam pelajaran apapun konsep yang sama
terus muncul jadi buatlah gambar untuk konsep penting dan ciptakan gambar kosa
kata. Ciptakan sistem memori yang akan berfungsi untuk setiap bagian dan
menyimpan informasi. Rekam sistem dan telusuri beberapa kali untuk memastikan
semua konten sudah tersimpan dalam kepala,
metode ini tak terbatas, satunya pembatas hanya alasan dan pertimbangan
yang terbentuk karena berbagai keluhan dalam benak kita. Jika memilih untuk
memercayai batasan, akan menjalani hidup yang terbatas
Kebiasaan
bermula dari komentar, dan gambar yang keluar begitu saja tanpa persiapan lalu
berbagai kebiasaan tumbuh sedikit melalui latihan, dari sarang laba menjadi
serangkaian kabel yang membelenggu atau memperkuat kehidupan kita
Kita
semua suka mendapat kemenangan tetapi
berapa banyak orang suka berlatih
Disiplin
diri bukan keterlantaran diri. Disiplin diri adalah peningkatan standar dan
melangkah lebih maju serta meningkatkan kualitas diri
Ada
4 hal penting untuk menciptakan disiplin diri yang lebih tinggi dalam hidup dan
hal pertama :
1.
Menciptakan visi. Visi batin dan energi terkait erat. Kemana perhatian tertuju,
kesana energi mengalir
Disiplin
adalah mengingat apa yang diinginkan, semakin banyak alasan yang dimiliki untuk
melakukan sesuatu, semakin baik film yang dibayangkan dalam batin, sehingga
semakin banyak energi yang akan dimunculkan untuk melakukannya, apabila dalih
rendah dan alasan rendah, takkan punya disiplin untuk memulai. Jika alasan
besar dan dalih rendah, akan mempunyai banyak niat, dan niat dalam tindakan
menciptakan motivasi. Jika menginginkannya akan menciptakan visi kuat dan
mempunyai disiplin diri untuk melakukannya
2.
Membuat sebuah keputusan. Semua perubahan terjadi hanya bila membuat keputusan
yang sungguh untuk berubah, ketika membuat keputusan yang sungguh, takkan
membiarkan munculnya kemungkinan lain, buatlah komitmen terhadap diri sendiri
bahwa inilah cara akan menjalani kehidupan. Untuk apapun yang terjadi dalam
hidup, harus menjadwalkannya putuskan untuk menjadikan bagian dari rutinitas
3.
Berhenti mengikuti perasaan. Disiplin diri adalah kemampuan membuat diri
melakukan apa yang seharusnya dilakukan, di saat harus melakukannya entah suka
atau tidak, ketika orang ingin memulai suatu tugas yang harus diselesaikan dan
berkata akan mengerjakan besok, proses pertimbangna berakhir dalam pikiran mereka
dan mereka senang melanjutkan kegiatan tanpa menyelesaikan tugas karena mereka
akan mengerjakan besok, ketika esok tiba proses pertimbangna yang sama terulang
dengan sendirinya, proses pertimbangan berakhir karena menipu diri sendiri
dengan menganggap akan mengerjakan saat suka. Gambaran dan suara yang
dikendalikan, menciptakan perasaan jika ingin penguasaan emosi, belajarlah
mengendalikan gambaran, fil,, dan suara yang berkecamuk. Namun jika disiplin,
perasaan hanya menghalangi. Semakin banyak berdebat, semakin menimbang dan
menunda, semakin kecil kemungkinan akan bertindak, suka tidak suka harus
membuat jadwal dalam sehari untuk melatih memori dan menerapkannya
4.
Tindakan sehari – hari. Jika ingin menerapkan kebiaaaan, satunya cara meraih
hal ini adalah dengan melakukannya setiap hari, harus meninjau lagi
keterampilan baru untuk memperbaruinya hanya dengan melatih disiplin secara
konsisten, dapat mengubah kebiasaan menjadi keterampilan, dibutuhkan 21 hari
untuk menerapkan suatu kebiasaan baru, disiplin diri menuntut untuk membuat
satu keputusan setiap hari, displin diri menuntut untuk memulai baru setiap
hari, setiap hari adalah hal baru, tidak perlu melatih keterampilan seumur
hidup. Satunya cara untuk menguasai sesuatu adalah melalui disiplin diri, kehidupan hanya menghargai tindakan
Diperkirakan
2 tahun setelah lulus sekolah, rata orang hanya mengingat pelajaran selama 3
minggu. Rata orang yang mempelajari materi buku pelajaran tanpa metode memori
hanya mengingat :
Setelah
1 hari: 54%
Setelah
7 hari : 35%
Setelah
14 hari : 21%
Setelah
21 hari : 19%
Setelah
28 hari: 18%
Rata
mahasiswa hanya mengingat 18% dari pekerjaan mereka setelah menjalani 28 hari
libur, dosen atau pelatih hanya memiliki 18% pengetahuan untuk menambahkan
pengetahuan baru, rata perusahaan atau mahasiswa kehilangan 82% informasi atau
82 sen dari setiap dolar yang digunakan untuk pelatihan setelah 28 hari. Setiap
pelatihan hanya buang waktu, jika tidak ada proses kaji ulang
Berbagai
metode membantu menyimpan memori dengan cepat selama jangka waktu menengah,
tapi untuk memastikan bahwa informasi masih tersimpan harus mengkaji ulang dan
mengulanginya dengan nyaring. Alasan untuk mengkaji ulang adalah membuat
informasi teringat kuat, satunya cara dapat mengembangkan memori dengan mengingat
memori bagaikan bank semakin banyak menyimpan di memori semakin berkembang
memori tersebut. Mengkaji ulang juga membantu menciptakan lebih banyak memori
jangka panjang
Jika
mengkaji ulang informasi dalam kerangka waktu tertentu, meningkatkan ingatan,
apabila mengulangnya setelah 10 menit mempelajarinya maka informasi akan
menetap dalam memori setidaknya selama 1 jam, kaji ulang pertama seharusnya
selalu dilakukan dari belakang ke depan, mengkaji ulang gambar secara terbalik
membantu mengingatnya secara lebih efektif. Jika belajar berbagai konsep secara
terbalik, menciptakan kesan baru di benak dan membuat informasi lebih menonjol,
membuat memori jadi jauh lebih kuat. Mengkaji ulang dengan jarak waktu yang
semakin lama semakin panjang. Kaji ulang setelah 1 jam lalu, 1 hari, 3 hari, 7
hari, 14 hari, 21 hari, 28 hari, 2 bulan, 3 bulan maka informasi itu pasti
tersimpan dalam memori selamanya. Selama waktu 72 jam pertama, pengetahuan
berpindah ke dalam memori yang jauh lebih kuat, jika ingin memiliki informasi
yang ingin disimpan selamanya, lebih baik menetapkan rute atau sistem
tersendiri untuk informasi dan sering meninjaunya kembali. Mengkaji ulang butuh
kedisiplinan, tapi cara ini membuat informasi tetap teringat dalam otak, cara
ini membuat informasi tetap hidup, cara ini menjadikan informasi selalu terjaga
sehingga dapat menghubungkan lebih banyak informasi pada informasi yang telah
ada. Semakin sering terhubung dengan informasi semakin kuat informasi tersimpan
dalam benak. Pikiran adalah satunya komputer di dunia dengan sifat ini :
semakin banyak memasukkan informasi ke dalamnya, semakin banyak yang akan
disimpan. Cara sempurna untuk belajar adalah membuat banyak hal pertama dan
terakhir dengan banyak beristirahat, membuat informasi jadi menonjol, membuat
tautan sendiri dengan menggunakan metode memori lalu mengkaji ulang tautan agar
tetap siap dalam pembelajaran baru
Ketika
mengkaji ulang cara ini membantu untuk lebih memikirkan tentang apa yang sedang
diingat dengan memikirkan mulai memahami. Jika sering memakai informasi maka
informasi berfungsi sebagai tinjauan. Entah menggunakan atau kehilangan
informasi itu dari ingatan. Harus selalu menggunakan kekuatan kaji ulang sebagai
penutup proses belajar untuk mencegah hasil belajar menjadi sia – sia. Satunya
cara agar berkembang dengan mengenyahkan apapun yang menghalangi berkembang,
singkirkan hambatan yang memblokir pikiran seperti banyak dalih, keyakinan yang
membatasi lalu belajar untuk mempelajari satu tugas dalam satu waktu, dan
menjadi lebih bersedia untuk belajar lebih banyaj, kemudian berkembang melalui
prinsip PBE imajinasi
Jika
berharap untuk memanen kehidupan yang dipenuhi perbuatan hebat, pertama harus
menanam benih yang jebat
Pelatihan
memori akan memungkinkan menciptakan lebih banyak kepastian dengan menggunakan
informasi, kepastian mengembangkan kepercayaan diri dan memberi pandangan
sekilas tentang kemampuan
Kemungkinan
pelatihan pikiran tak terbatas, konsekuensinya bersifat terus – menerus tetapi
hanya segelintir yang berusaha sangat keras untuk mengarahkan pemikiran mereka
ke saluran yang akan bermanfaat bagi
mereka dan malah mengarahkan semangat pada nasib