Jumat, 18 Februari 2022

The Book of Ikigai

 




5 pilar ikigai:

 

Pilar 1: awali dengan hal kecil

Pilar 2: bebaskan diri

Pilar 3: keselarasan dan kesinambungan

Pilar 4: kegembiraan dari hal kecil

Pilar 5: hadir di tempat dan waktu sekarang

 

Sukibayashi Jiro adalah restoran sushi ternama di Japan yang dikepalai oleh Jiro Ono yang usianya sudah 91 dan kini menjadi koki bintang 3 Michelin, bahkan Obama datang ke tempat ini. Jiro menyajikan telur ikan salmon dalam kondisi segar sepanjang tahun dan menantang kearifan profesional yang telah lama dianut restoran sushi bahkan ikura hanya disajikan pada musim terbaik, musim gugur, saat salmon mengarungi sungai untuk mengerami telur, daging ikan diasapi dengan batang padi dibakar untuk menciptakan aroma yang istimewa, waktu penyajian piring sushi di depan tamu yang menanti tak sabar harus dihitung, temperatur daging ikan demi mengoptimalkan rasa sushi

 

Ikigai istilah Jepang untuk menjelaskan kesenangan dan makna kehidupan, kata itu secara harfiah meliputi iki (bentuk hidup) dan gai (alasan). Dalam bahasa Jepang, ikigai digunakan dalam berbagai konteks dan dapat diterapkan pada hal kecil di keseharian selain target dan prestasi besar, istilah yang digunakan orang dalam keseharian hidup luwes, tanpa menyadari akan artinya istimewa

 

Ono pernah mengatakan ingin mati saat membuat sushi

 

Dan Buettner, membahas ikigai secara spesifik sebagai etos bagi kesehatan dan usia panjang, menjelaskan ciri gaya hidup dari 5 tempat di dunia tempat orang berumur lebih panjang. Setiap zona biru memiliki budaya dan tradisi sendiri yang menyumbang pada usia hidup yang panjang, zona itu adalah Okinawa (Jepang), Sardinia (Italia), Nicoya (Costa Rica), Ikaria (Yunani), dan di tengah kaum Advent Hari ketujuh di Loma Linda, dari kesemua zona biru, masyarakat Okinawa menikmati angka harapan hidup tertinggi. Okinawa merupakan rantai pulai di bagian kepulauan Jepang selatan, ia memiliki warga berusia lebih dari 100 tahun. Hakikat ikigai: rasa komunitas, diet seimbang, dan kesadaran spiritualitas. Usia panjang di Jepang sangat tinggi di dunia. Usia panjang kaum pria Jepang menduduki peringkat ke 4 di dunia, dengan angka harapan hidup rata 80,79 tahun, setelah Hongkong, Islandia, dan Swiss, kaum wanita Jepang memiliki umur terpanjang kedua di dunia dengan angka harapan hidup rata 87,05 tahun setelah Hongkong oleh Spanyol

 

Ikigai merupakan barometer yang merefleksikan pandangan seseorang dalam kehidupan dengan cara yang terpadu dan representatif. Manfaat ikigai: hidup lebih lama, memiliki kesehatan prima, menjadi lebih bahagia, lebih puas dan mengurangi stres, menjadi lebih kreatif dan sukses

 

Ikigai semacam pusat kognitif dan perilaku, yang disekelilingnya berbagai kebiasaan hidup dan sistem nilai terorganisir

 

Francis Galton, akhir abad ke 19, menyatakan sifat individu yang penting dalam kepribadian suatu ras menjadi tertanam dalam bahasa kebudayaan dan semakin penting sifatnya, semakin mungkin terbentuk menjadi sebuah kata, ikigai telah terbentuk sebagai sebuah sebutan menandakan konsep itu mengacu pada karakteristik psikologis utama yang relevan dengan kehidupan bangsa Jepang, ikigai melambangkan kebijaksanaan hidup bangsa Jepang, kepekaan dan tata laku yang berkaitan secara unik pada masyarakat Jepang dan yang telah berevolusi selama lebih dari ratusan tahun dalam kelompok masyarakat yang erat di negeri kepulauan

 

Ikigai adalah tentang menemukan, menjelaskan, dan menghargai kesenangan hidup yang memiliki arti

 

Ikigai terkadang diekspresikan sebagai alasan untuk bangun di pagi hari, ikigai yang memberikan motivasi berkelanjutan untuk menjalani hidup, atau ikigai yang bisa memberikan gairah hidup yang membuat bersemangat menyambut kedatangan setiap hari baru

 

Selama waktu tidur, otak sibuk mencatat memori di dalam sirkuit saraf selagi aktvitas sehari itu dipilah dan dikonsolidasi, memori baru secara sementara disimpan di otak dengan bantua area hipokampus, jika rusak orang tidak bisa mampu membentuk memori baru, berpindah secara bertahap ke korteks di dekatnya untuk di konsolidasi menjadi memori jangka panjang, otak mampu menyimpan, menghubungkan dan mengelompokkan memori secara efisein dalam kekosongan informasi indriawi yang rusak

 

Di Jepang diterapkan untuk bangun pagi karena untuk memberi penghargaan tertinggi terhadap terbitnya matahari

 

Pangeran Shotoku, yang memerintah Jepang pada abad ke 7 dan merupakan putra Kaisar Yomei, merupakan seorang pria dengan talenta yang bisa memahami 10 orang yang bicara bersamaan, mengenalkan reformasi politik afirmatif, seperti UU 17 pasal yang terkenal menegaskan pentingnya wa (keselarasan) pada pasal pertama. Jepang berlokasi di sebelah timur China, arah terbitnya matahari. Jepang dikenal sebagai Negeri Matahari Terbit dalam peradaban Barat. Jepang adalah eksonim nama negara itu adalah Nippon atau Nihon, dua pengucapan alternatif untuk nomenklatur yang mengepresikan asal matahari. Bendara nasional Jepang, hinomaru (lingkaran matahari) merupakan visualisasi ide Negeri Matahari Terbit. Materi objek penyembahan, sebagai sesuatu yang melambangkan kehidupan dan energi, sejak waktu yang lama di Jepang, pada Hari Tahun Baru, banyak orang bangun di awal pagi atau begadang semalaman untu melihat matahari terbit kali pertama di tahun itu, mendaki gunung fuji di malam hari untuk memberi penghormatan bagi matahari terbit dari puncak gunung, kebanyakan brand bangsa Jepang, termasuk bir, surat kabar, asuransi, korek api, dan stasiun Tv menggunakan matahari terbit sebagai tema. Pada masa era Edo (1603 – 1868) ketika Jepang diperintah oleh Keshogunan Tokugawa, sekitar 80% seluruh populasi adalah petani, bahkan setelah proses industrialisasi dan urbanisasi pesat, sekitar 50% warga Jepang masih berprofesi sebagai petani pada 1945, demi pertanian yang sukses, penting untuk bangun awal pagi. Ekonomi bangsa Jepang tergantung pada beras, dan beras harus dipersembahkan kepada para dewa dalam berbagai ritual dan kue beras melambangkan kedatangan Tahun Baru, sake terbuat dari beras, dekorasi keramat di kuil Shinto terbuat dari batang padi. Sekarang, persentase orang yang terlibat dalam agrikultur turun hingga 1,5 dari seluruh populasi, urgensi petanian dalam cara pandang rata – rata bangsa Jepang telah berkurang, kerangka konseptual terkait pertanian masih bertahan, memengaruhi sikap orang dalam keseharian

 

Orang di Jepang bangun di awal pagi adalah keuntungan 3 mon: mon adalah mata uang Jepang pada masa Muromachi (1336 – 1870) perkataan itu seperti the early bird catches the worm. Radio taiso (kalistenik radio – senam singkat dengan iringan musik) lebih mewakili aktivitas fisik Jepang yang berorientasi pada budaya pagi hari. Dirancang pada 1928 oleh pemerintah untuk memanfaatkan kebugaran fisik masyarakat, radio taiso menjadi kebiasaan rutin (kecuali untuk jeda selaam 3 tahun setelah Perang Dunia Kedua) di tengah warga Jepang, diperkenalkan pada saat SD, anak SD kelas satu diajarkan menggerakan kedua lengan dan kaki selaras dengan musik, selama summer, pertemuan radio taiso diadakan, anak didorong untuk hadir dengan imbalan perangko koleksi dan akan mendapatkan permen atau alat tulis pada akhir masa liburan. Radio taiso dipraktikkan di lokasi konstruksi dan pabrik, tempat persiapan fisik untuk bekerja di pandang penting, dan bahkan di kantor, sebelum pekerjaan di hari itu dimulai. Kini orangtua yang mempraktikakn radio taiso sewajarnya, mereka mengambil posisi pukul 06.30, ketika Radio 1 NHK memancarkan tema musik radio taiso. Gambaran orang berseragam melakukan senam bersama digunakan oleh media internasional untuk menggambarkan citra Jepang sebagai negara beorientasi kelompok, pada pertemuan radio taiso bagi orang paruh baya di awal pagi, gerakannya tidak sepenuhnya teratur atau kompak, orang berpencar, dengan pendekatan terhadap kalistenik, sebagian tidak selaras dengan musik, sementara yang lain menggerakan lengan dan kaki sembari mengobrol, sebagian baru bergabung di tengah musik, yang lain pergi lebih dulu sebelum akhir lagi. Radio taiso pendewaan etos bangsa Jepang yang menghargai aktivitas awal pagi, hal itu terutaam dari sudut pandang bangunan sosial ikigai karena menyatukan satu komunitas, demi menjaga keselarasan dan kesinambungan. Radio taiso banyak ditampilkan di banyak film dan drama Jepang

 

Setiap pagi sejumlah pekerja kantoran akan bermain shogi (catur Jepang) bersama

 

Pada era Meiji (1868 – 1912), sejumlah hotel bergaya barat dibangun, menyambut turis Eropa dan USA, pada masa itu, Jepang belum memiliki ekonomi yang mapan sebagai pengekspor hasil industri sehingga mata uang asing yang dibawa wisatawan dipandang penting, setelah ekonomi berkembang pesat usai Perang Dunia II, jumlah orang yang berkunjung ke Jepang tidak dipandang penting, dibandingkan proses manufaktur barang elektronik dan mobil yang membantu meraup mata uang asing, KEPI (Kementerian Ekonomi, Perdagangan, Industri) mendorong ekonomi selain dari manufaktur, dan memastikan turisme sebagai penghasil utama baru bagi negara,  meningkatkan jumlah turis dipandang sebagai salah satu tantangan dari prakarsa cool Japan. Japan selalu mempertahankan standar tinggi sering mengeluh tentang standar yang merosot, tapi berkualitas di layanan dan keramahan. Dikenal sistem kodawari, komitmen atau desakan, standar personal yang dipatuhi individu dengan teguh, digunakan sebagai acuan pada tingkat kualitas atau profesionalisme yang digenggam seorang individu, ia sebuah sikap, yang sering dipelihara sepanjang hidup seseorang, dan membentuk elemen pusat ikigai. Kodawari bersifat pribadi, dan manifestasi kebanggaan dari apa yang dilakukan seseorang, kodawari adalah pendekatan ketika memberi perhatian sangat besar terhadap detail terkecil

 

Restoran dan bar kecil, yang dimiliki dan dijalankan individu pribadi alih rantai atau konglomerasi, tempat itu memiliki suasana lokal, unik, individual dan mencerminkan selera pemilik mereka, tempat ini memiliki kodawari no ippin sebuah hidangan utama dan khas yang dibanggakan oleh pemilik, melibatkan bahan spesifik, atau memfokuskan pada wilayah yang menjadi sumber atau pada jumlah waktu yang diperlukan untuk menyiapkan hidangan, para pelanggan menghargai bahwa tempat dengan hidangan yang disiapkan dilahirkan dari keinginan untuk merayakan interaksi personal dan rasa komunitas

 

Ramen berasal dari china, tapi dirubah, berdasarkan rasa kuah, cara mi dipersiapkan dan pilihan bahan, kini terdapat variasi yang sangat banyak

 

Kodawari seperti sifat tanpa kompromi dan terpusat pada diri sendiri, hingga titik mengesampingkan segala kompromi, Steves Jobs juga memiliki. Satu aspek kodawari adalah orang mengejar target mereka sendiri melebihi ekspektasi berdasarkan kekuatan pasar

 

Di Jepang, terdapat kelompok elite buah, Sembikiya didirikan sejak 1834, buah dijual disana memiliki kualitas yang sangat tinggi sampai jika ada buah yang diterima untuk dijajakan di salah satu tokonya, maka ia bisa dianggap telah mencapai posisi buah unggulan, contohnya muskmelon, yang dinamai karena rasa kesturi menghadirkan gambaran muskmelon dengan harga tinggi, biasa dibeli sebagai hadiah seharga 20.000 yen ($200) ke atas untuk satu buah, ditanam dengan metode satu barang satu buah, buah yang tumbuh tidak terlalu banyak sehingga tidak merebut nutrisi yang mengalir ke satu target buah, karena orang tau upaya yang diperlukan dalam pembuatan muskmelon. Mangga kanjuju diharga lebih dari 10.000 yen (1.000.000)

 

Hanami mekarnya bunga sakura setiap musim semi. Mangkok yang digunakan dalam upcara minum teh dihargai tinggi selama berabad – abad, ketika para panglima perang bertarung dalam pertempuran dan mengukir nama mereka, mereka berharap akan menerima mangkok termasyhur sebagai imbalan simbolik, bahkan beberapa panglima keceea ketika hanya menerima istana dan wilayah untuk diperintah. Mangkok yohen tenmoku, dihargai oleh para panglima, Yohen mengacu pada konsep metamorfosis dalam proses pemanggangan tembikar ditunggu, mangkok Yohen tenmoku dibuat di China pada masa beberapa ratus tahun sejak abad ke 10,  Tenmoku adalah pelafalan bangsa Jepang untuk Tianmu, gunung di wilayah barat Hangzhou, di China dari tempat yang konon dipercayai, menghasilkan mangkok jenis itu. Mangkok yohen tenmoku menunjukkan pola serupa bintang dengan warna biru tua, ungu, dan warna lain, seperti galaksi cahaya yang terpencar di bentangan hitam kosmos, kini hanya tersisa 3 mangkok bintang di dunia, semua di Jepang, dan mangkok dicatat sebagai Pusaka Nasional, setiap mangkok berbeda satu sama lain, mangkok itu memiliki ciri khas dan meninggalkan kesan yang tak dapat dilupakan. Dalam sejarah terdapat mangkok bintang keempat yang dimiliki oleh panglima legendaris Nobunaga Oda, mangkok itu dihancurkan ketika Nobuhaga Oda tewas tak terduga oleh punggawa, Mitshuhide Akechi, di kuil Honno – ji di Kyoto, dalam sebuah peristiwa kudeta, saat terbangun ekspektasi semakin besar bagi Oda untuk menyatukan Jepang usai kekacauan yang ditimbulkan oleh Perang Onin yang berlangsung selama 100 tahun lebih, Oda bunuh diri, dan membakar kuil, menghancurkan segalanya, termasuk mangkok berharga miliknya

 

mangkok terbuat dari felspar, batu gamping, besi oksida, bergantung pada cara tanah liat disiapkan, dan cara lapisan kaca keramik terbentuk dan diselesaikan dalam proses pemanasan dan pendinginannya, mangkok menunjukkan tekstur dan pola permukaan yang beragam, mangkok itu kini melambangkan cawan suci dari pembuatan tembikar bangsa Jepang. salah satunya Soukichi Nagae ke 9 yang merupakan master generasi ke  9 dari keluarga pembuat tembikar yang berlokasi di kota Seto dekat Nagoya, sebuah area yang dulu diperintah Nobunaga Oda, Nagae adalah nama marga, sementara Soukuchi nama umum yang biasa digunakan oleh para master di keluarga. reproduksi mangkok bintang pada mulanya hasrat ayahnya, Soukichi Nagae ke 8, dia meninggal karena stroke. Soukichi Nagae ke 9 memulai mereproduksi mangkok dengan membeli lebih dari 100 bahan berbeda untuk pembuatan tembikar dan mencoba berbagai kombinasi, dengan beragam proporsi, Nagae mencoba lebih dari 700 jenis yuyaku, campuran khusus material yang digunakan untuk menutupi tembikar sebelum memasukkan dalam proses pemanggangan. mangkok bintang diperkirakan dibuat ditungku perkakas Jian di provinsi Fujian, China, dulu ada sekitar 10 tungku pembakaran di distrik yang memproduksi perkakas Jian dan mangkok bintang itu dibuat di salah satu dari tungku, salah satu tungku yang telah digali di zaman modern berukuran panjang 135m, dan lebih dari 100 ribu tembikar dimasukkan kesana selama masa itu, situs perkakas Jian digunakan selama lebih dari 300 tahun, sejak sekitar abad ke 10 hingga ke 13, mangkok bintang jadi salah satu dari jutaan tembikar yang dihasilkan. Soukichi Nagae ke 9 mengimpor satu kontainer penuh tanah dari situs perkakas Jian dengan berat 40 ton, atau setara dengan material untuk 10.000 mangkok, membuat mangkok dari tanah tembikar Jian sudah menjadi impian yang diwariskan ayahnya. Jepang memiliki keingintahuan tinggi terhadap hal yang berasal  dari negeri luar, mereka menyerap lalu menyesuaikan dan menguasai sesuatu yang telah diimpor

 

Di situs tembikar Jian, masih terdapat gunung sisa tembikar yang gagal, lapisan serpihan yang patah, sesekali hingga lebih dari 10m dalamnya, menutupi area seluas 12 hektare, fragmen mangkok bintang tak pernah ditemukan, pada 2009, serpihan mangkok ditemukan dilokasi konstruksi kota Hangzhou, yang dulu ibu kota de facto dinansti Southern Song (1127 – 1279) secara efektif mengakhiri teori konspirasi yang ada, mangkok bintang kini diproduksi oleh para tukang tembikar di distrik perkakas Jian. pada 2002, Soukichi Nagae ke 9 memberi presentasi di Simposium Internasional di Jingdezhen, kota yang menghasilan tembikar selama 1700 tahun dan dikenal sebagai ibu kota presiden, penggunaan dan penguapan fluorit di tunguku pembakaran Jian berkontrubusi pada pembentukan berbagai pola perkakas tenmoku, termasuk dengan mangkok bintang. mangkok bintang ini ciri dari cara pikir bangsa Jepang dalam berbagai cara, ciri pertama adalah rasa keingintahuan tinggi yang ditunjukkan terhadap hal yang berasal dari negeri luar, sepetti mangkok China, ketiga mangkok yang terisa di Jepang terpilih sebagai Pusaka Nasional oleh Badan Urusan Kebudayaan, organisasi pemerintah yang mengurusi hal itu

 

sebuah mangkok bisa menghasilkan jutaan dolar, dari mangkok yang tersisa, mangkok bintang Inaba (inaba tenmoku) dipandang sebagai mangkok terbaik dari ketiganya, mangkok itu diwariskan dari Keshogunan Tokugawa pada keluarga Inaba, dan akan meraup puluhan juta dolar jika dilelang pada masa ini. Koyata Iwasaki, presiden keempat Konglomerasi Mitsubishi, dan salah seorang pria terkaya di Jepang masa kini, menjadi pemilik mangkok itu pada 1934, Iwasaki tak pernah menggunakannya pada upcaya teh yang diadakan karena tidak pantas memiliki

 

bangsa Jepang membedakan berbagai macam suasana pengalaman, menaruh perhatian pada banyaknya kualitas indriawi, pengayaan onomatopoeia (kata yang merangsang indra pendengaran untuk memberikan gambaran objek yang direpresentasikannya karena teks memiliki keterbatasan dalam menyampaikan detail indriawi) mencerminkan pentingnya suasana indriawi yang detail dalam kehidupan bangsa Jepang. Jepang terus mempunyai begitu banyak produk tradisional yang dibuat oleh para perajin, Bangsa Jepang percaya terdapat kedalaman tak terbatas pada suasana yang dipertunjukkan oleh limpahan warna – warni di alam dan artefak, sama seperti kedalaman kisah Tuhan yang menciptkan seluruh semesta

 

kesadaran itu signifikan secara fungsional karena memberi kesenangan indriawi, sebuah alasan untuk melanjutkan hidup. dalam ilmu kesadaran kontemporer, kualitas indriawi yang menemani sebuah pengalaman, termasuk dalam konsumsi kuliner, disebut qualia, mengacu  pada properti fenomenologis (sebuah studi dalam bidang filsafat yang mempelajari manusia sebagai sebuah fenomena) dari pengalaman indriawi: warna merah darah, wangi mawar, atau dinginnya air merupakan semua contoh qualia, cara qualia bangkit dari aktivitas neuron di dalam otak merupakan misteri terbesar yang tak terpecahkan dalam ilmu saraf atau bahkan dalam seluruh sains

 

jika meraih kondisi psikologis flow (mengalir) seperti yang dijelaskan oleh psikolog Amerika kelahiran Hongaria, Mihaly Csikszentmihalyi, akan mendapatkan manfaat terbanyak dari ikigai, dan hal semacam tugas harian bahkan jadi lebih menyenangkan, tidak akan merasa membutuhkan pengakuan untuk hasil kerja atau upaya, tidak akan mencari imbalan dalam bentuk apapun, gagasan hidup dalam kondisi bahagia yang langgeng, tanpa mencari kepuasan langsung melalui pengakuan eksternal. flow merupakan kondisi ketika orang larut dalam satu aktivitas sehingga tidak ada hal lain yang penting, pekerjaan itu sendiri menjadi tujuannya, alih sesuatu yang mesti dijalani sebagai cara untuk mencapai sesuatu, saat berada dalam kondisi flow, tidak bekerja untuk mendapatkan uang bagi penghidupan, prioritas pertama, kita bekerja karena bekerja sendiri memberikan kesenangan yang sangat besar, upah hanya bonus. penyangkalan diri menjadi pembebasan dari beban diri dan menjadi aspek fundamental flow, sebagai entitas biologis akan mengkhawatirkan kesejahteraan sendiri, kepuasan dari keinginan, untuk mencapai kondisi harus melepaskan ego, akumulasi suasana tak terbatas dari elemen yang terlibat dalam pekerjaan penting, upaya pencapaian tujuan pribadi adalah hal biasa di Jepang, hidup adalah tentang kepaduan, dan mempunyai petunjuk arahnya, sebuah gambaran target hidup meski hanya memiliki hal kecil untuk menyokong ikigai, kepaduan dan target hidup yang pada dasarnya membuat serpihan kecil ikigai bersinar

 

bagi mereka yang menghargai porselen antik di Jepang, dikatakan bahwa kreasi bawah sadar menghasilkan mahakarya terbaik, dipercaya bahwa pada masa modern, para seniman telah menjadi terlalu sadar akan individualitas mereka. pada masa lampau, para seniman tidak membuat produk mereka untuk mengklaim hak mereka sebagai pencipta, mereka melakukan pekerjaan, menegharapkan tidak lebih daripada orang akan menemukan peralatan berguna dalam kehidupan keseharian mereka. porselen yang bertahan dari zaman kuno menampilkan kemurnian dan kejujuran yang tidak ditemukan lagi, ada ungkapan anonim pada barang itu. Berada dalam kondisi mengalir, terbebas dari beban diri sendiri akan terlihat pada kualitas hasil kerja, keindahan mangkok bintang merupakan produk dari upaya bawah sadar. berada dalam aliran tentang menghargai keberadaan jiwa raga di tempat dan waktu sekarang. Walt Disney adalah seseorang yang mempertunjukkan kemampuan menghadirkan diri di tempat dan waktu sekarang, dia mendapat 59 nominasi oscar dan 21 oscar

 

konsep bangsa Jepang, ichigo ichie (satu waktu, satu pertemuan) beradal dari tradisi upacara the. Tai-an, satunya kedai teh tersisa dirancang Ren no Rikyu. ichigo ichie adalah apresiasi bagi karakter fana dari pertemuan apapun dengan orang, benda, atau peristiwa dalam hidup. kesadaran akan satu pertemuan dan kesenangan hidup memberikan fondasi bagi perwujudan bangsa Jepang akan ikigai, dan kunci bagi filosofi hidup bangsa Jepang, jika memperhatikan detail kecil dalam hidup, tidak ada yang terulang, bangsa Jepang memperlakukan detail terkecil dari ritual apapun seakan itu masalah hidup dan mati. semangat kerendahan hati adalah ciri khas dari master the dan para tamu, walau mereka memiliki pengalaman bertahun dalam upacara (membebaskan diri). kebanyakan peralatan yang digunakan dalam upacara teh berusia puluhan tahun, bahkan ratusan tahun dan dipilih supaya mereka saling melengkapi untuk meninggal kesan yang tak terlupakan (keselarasan dan kesinambungan). target dari sebuah upacara the adalah untuk merasa rileks, untuk mengambil kesenangan dari detial indriawi di dalam ruang the (kesenagan dari hal kecil) dan untuk berada dalam kondisi kesadaran ketika meresapi inti semesta dari ruang teh ke dalam pikiran (menghadirkan diri di tempat dan waktu sekarang). Wa merupakan kunci untuk memahami cara orang dapat mempromosikan rasa ikigai sendiri sambil menjalankan keselarasan hidup bersama orang lain. Pangeran Shotoku dianggap sebagai salah seorang pelopor ikigai dalam konteks ini. kepekaan sosial merupakan faktor penentu dalam performa kelompok, setiap ikigai seseorang, saat diterapkan selaras dengan orang lain, menghasilkan kreativitas dalam pertukaran gagasan secara bebas, dengan menghargai dan menghormati karakteristik orang disekitar, menyadari sebuah segitiga emas, antara ikigai, aliran dan kreativitas

 

saat berada dalam kondisi mengalir selaras dengan elemen berbeda di dalam dan diluar diri maka memiliki kapisitas kognitif untuk menaruh perhatian pada berbagai nuansa halus yang mendatangi, ketika terganggu secara emosional atau sangat bias, kehilangan kesiagaan yang diperlukan untuk menghargai detail yang sangat penting dari hal yang dapat memengaruhi keseimbangan antara hidup dan pekerjaan, mengejar kualitas terbaik hanya jika berada dalam kondisi mengalir

 

Shot bar Jepang seperti wine bar, dalam hal kelas atas, berbagi kualitas yang sama dengan konsep bar pakis Amerika tetapi para pelanggan tidak mesti lajang atau eksekutif muda, dan tidak ada penekanan pada tanaman hijau di interior, shot bar Jepang memiliki genre dan tidak ada yang menyerupai. bentuk tradisi dari musik dan tarian istana disebut gagaku, telah dimainkan di istana selama lebih dari seribu tahun, para musisi istana bermain pada banyak perayaan seperti perayaan 1200 tahun kaisar tertentu. penerimaan dan pengakuan terjadi bergantung pada banyak parameter yang tak dapat dikendalikan

 

gagasan ikigai bangsa Jepang, selalu diliputi pengekangan dan pengendalian diri ketika keselarasan dengan orang lain dipadang penting, di dunia tempat ketimpangan ekonomi telah mengarah pada kerusuhan sosial yang meluas, Jepang tradisi tetap bertahan sebagai negara dengan sarana yang sederhana,  meski kesuksesan ekonominya di masa lalu, selama waktu lama, mayoritas rakyat Jepang memandang diri mereka sendiri berasal dari kelas pekerja, pada tahun terakhir dengan pertumbuhan ekonomi yang melambat dan populasi menua, muncul kesadaran yang semakin besar bahwa kesenjangan ekonomi makin meningkat, dan sejumlah indikator konsisten dengan persepsi, pembelanjaan yang berlebihan oleh orang kaya atau pertunjukan eksibisionisme oleh orang tersohor relatif jarang di Jepang, setidaknya dalam persepsi. kelestarian adalah nilai bangsa Jepang yang unik, pengejaran keinginan individu seringkali diseimbangkan dengan kelestarian masyarakat dan lingkungan, tanpa masyarakat dan lingkungan yang mapan dan sehat, tidak bisa mengejar target dan berupaya untuk meraih ambisi

 

ikigai berhubungan erat dengan menjaga keselarasan dengan lingkungan, dengan orang di sekeliling dan dengan masyarakat secara luas, yang tanpanya maka kelestarian menjadi mustahil

 

berjalan di hutan dan panjang gunung adalah hobi yang populer di Jepang: menunjukkan rasa hormat dan kasih sayang bagi alam yang dirasakan oleh masyarakat Jepang, desain taman Jepang bangsa Jepang dibuat agar menyenangkan dipandang mata, dirancang untuk bertumbuh menjadi berbagai latar berbeda bergantung pada musimnya. Jepang merupakan negara yang lestari, kelestarian ini berlaku bukan hanya pada hubungan manusia dengan alam, tetapi juga pada ragam aktivitas individual di dalam suatu konteks sosial. semangat bangsa Jepang adalah mengejar sesuatu dengan cara tenang, tapi langgeng, alih dengan gaya flamboyan, mencari kepuasaan yang berumur pendek dari kebutuhan sesaat, sebagai konsekuensinya saat sesuatu diawali dengan sungguh di Jepang, kemungkinan akan terpelihara untuk waktu yang sangat lama

 

kekaisaran Jepang adalah monarki turun – temurun tertua di dunia. Kaisar Akihito saat ini yang mulai naik takhta pada 7 Januari 1989, adalah garis keturunan ke 125, banyak institusi budaya yang telah diturunkan selama berabad, terdapat banyak marga tua lain di Jepang yang meneruskan obor untuk berbagai aspek tradisi budaya dan ekonomi yang berbeda. banyak keluarga yang dikenal terlibat dalam bidang aktivitas budaya dan ekonomi yang merentang hingga beberaap abad

 

keluarga Sen di Kyoto, melestarikan budaya upacara the selama lebih dari 400 tahun semenjak kematian Sen no Rikyu pada 1591, ada 3 keluarga Sen dengan ratusan ribu pengikut yang mempraktikkan upacara the di Jepang dan luar negeri. Toraya, pembuat manisan tradisional Jepang yang dijalankan keluarga Kurokawa, telah menjalankan usaha selama hampir 500 tahun, Kongo Gumi didirikan pada 578 oleh 3 orang tukang kayu, berspesialisasi dalam konstruksi dan pemeliharaan kuil dan merupakan perusahaan tertua di dunia yang hingga kini beroperasi dengan keluarga Kongo masih memegang kendali. saat sesuatu diawali dengan sungguh di Jepang, kemungkinan besar akan terpelihara untuk waktu yang sangat lama

 

Di tengah hutan rimbun dan luas yang merentang sepanjang 5.500 hektare di prefektur Mie bagian barat Jepang, terdapat salah satu institusi dari agama asli Jepang, Shinto, yakni kuil Ise, Kuil Ise dianggap sebagai kuil Shinto bangsa Jepang yang keramat, dan dipersembahkan bagi dewi matahari Amaterasu dalam legenda bangsa Jepang, keluarga kerajaan merupakan turunan dari Amaterasu, kuil Ise selama ini dihubungkan dengan keluarga kerajaan Jepang,peran kepala pendeta kuil secara tradisi dilakukan para anggota keluarga kerajaan. Kuil Ise diyakini menampung cermin keramat. salah satu dari 3 pusaka keramat dari rumah tangga kerajaan, selain pedang dan permata. magatama adalah sebuah permata asli Jepang, terbuat dari batu giokmdann dibentuk serupa dengan janin manusia, pada waktu penobatan seorang Raja baru, ketiga pusaka keramat dipindahkan sebagai simbol martabat dan kewenangan rumah tangga kerajaan, kehadirian fisik dari ketiga pusaka keramat tak pernah dikonfirmasi

 

sikap religius dari Jepang modern adalah sekuler. Shinto bukan agama dengan aturan dan hukum ketat, kuil Ise beresonansi dengan filosofi kontemporer dari hubungan antara manusia dan alam. terdapat dua alternatif situs bagi Kompleks kuil Ise bagian dalam dan luar, setiap 20 tahun, bangunan kuil dibongkar dan gedung baru dengan struktur sama persis dibangun pada lokasi baru, menggunakan kayu yang baru didapat, gedung baru dibangun sejak 2013, pembangunan ulang berikutnya akan dilakukan pada 2033, catatan menyebutkan bahwa proses pembangunan ulang setiap 2 dekade telah berlangsung selama 1200 tahun terakhir, dengan jeda sesekali akibat peperangan dan pergolakan sosial

 

pohon hinoki (cemara Jepang) harus ditanam selama beberapa dekade sebelumnya untuk menghasilkan balok kayu di bangunan kuil, Kuil Ise memiliki cadangan pepohonan hinoki di sepenjuru negeri, sebagian balok kayu yang digunakan untuk Kuil Ise harus memiliki ukuran tertentu, fungsi yang hanya dapat dipenuhi oleh pohon hinoki berumur lebih dari 200 tahun. ada teknik pertukangan yang digunakan, bangunan kuil dibangun tanpa menggunakan satu paku, pembangunan ulang kuil setiap 20 tahun dirancang untuk meneruskan teknik dan pengalaman pembangunan kuil dari satu generasi tukang kayu ke generasi berikutnya. Kuil Ise puncak bagi puluhan ribu kuil di Jepang, meski lebih kecil ukuran dan sederhana dalam tampilan, kuil lokal dihormati dan dipelihara orang di sekitarnya

 

ada kuil lain di Tokyo, yang memberikan kelestarian, kuil Meiji didirikan pada 1920, dipersembahkan bagi Kaisar Meiji (1852 – 1912), yang memainkan peranan penting dalam modernisasi Jepang, yang terutama populer, adalah pajangan tong sake yang dipersembahkan untuk kuil Meiji. hutan buatan, dibuat, direncanakan, dieksekusi oleh para ahli botani, khususnya Seiroku Honda, Takanori Hongo, dan Keiji Uehara, 120.000 phon dari 365 spesies disumbangkan oleh orang dari Jepang, untuk memperingati dan memberi penghormatan kepada mendiang Kiasar, dan menandai akhir sebuah era. kuil Ise telah mempertahankan siklus pembangunan ulang selama lebih dari 1000 tahun, Kuil Meiji telah ada selama 100 tahun, dan tidak sulit kondisinya akan dijaga selama ratusan tahun berikutnya. pola pikir dengan dorongan untuk menang bisa mengarah pada inovasi besar, namun pola pikir yang sama juga dapat mengarah pada stres yang berlebih dan ketidakstabilan baik untuk individu maupun masyarakat. Ikigai mewujudkan perdamaian

 

kelestarian adalah seni kehidupan, membutuhkan kecerdasan dan keterampilan. ikigai secara harfiab, sejak buaian hingga liang kubur, tak peduli apapun yang terjadi dalam hidup

 

sumo profesional hadir pada awal era Edo, pada abad ke 17, turnamen besar Sumo diselenggarakan 6 kali setiap tahun, 3 kali di Balairung Sumo (Ryogoku Kokugikan) di Tokyo dan sekali di Osaka, Nagoya dan Fukuoka. turnamen besar Sumo berlangsung selama 15 hari, dimulai dan berakhir pada hari Minggu, terdapat sebuah sistem peringkat yang ketat di kalangan para pegulat Sumo, dengan yokozuna (juara utama) di bagian teratas. target dan impian setiap pegulat sumo adalah memanjati tangga, meski hanya segelintir yang mencapai yokozuna, salah satu dari para yokozuna paling awal, Tanikaze aktif sebagai pegulat sumo sejak 1789. selama periode sekitar 300 tahun, telah ada 72 yokozuna. terdapat 5 divisi peringkat. pegulat sumo yang berasal dari 2 divisi teratas dinamai sekitori, hanya satu dari 10 pegulat sumo yang mencapai sekitori, ada sekitar 70 pegulat sekitori sementara ada sekitar 700 sumo secara total pada waktu tertentu. pegulat peringkat rendah harus melakukan fungsi sebagai asisten bagi para pegukat sekitori yang menduduki peringkat lebih tinggi, para asisten membawa pakaian dan barang milik sekitori, sementara sekitori pergi dengan tangan kosong, diluar ring, gaya busana seorang sekitori menampilkan aura acuh tak acuh, dia harus terlihat jago dan santai, tidak menenteng bawaan berat dengan keringat, diizinkan untuk mengenakan kimono, sementara para pegulat non sekitori hanya diperbolehkan mengenakan yukata jubah sederhana yang biasa dikenakan setelah seseorang mandi. para pegulat sumo akan mendapat promosi atau demosi, jika menetap di peringkat bawah, imbalan ekonomi yang diterima akan minimal, makanan dan ranjang akan terjamin selama tinggal di heya (arena latihan)  tempat, biasanya para pegulat non sekitori tidur bersama di ruangan luas, menikahi dan menafkahi keluarga tidak memungkinkan mengingat kehidupan seorang non sekitori semakin sulit seiring pertambahan usia. arena Arashio mempunyai informasi khusus di situsnya terkait pilihan karier potensial dari para pegulat sumo, selama 5 tahun menjadi sumo. pegulat yang pensiun akan diizinkan untuk tetap tinggal di kamar arena paling lama hingga setahun dengan makanan dan penginapan disediakan. para pegulat sumo bisa berharap untuk memiliki banyak pekerjaan karier kedua, terkadang dibantu oleh orang secara tradisional mendukung mereka (tanimach dari arena di Osaka tempat para pendukung mapan). para sponsor tanimachi biasanya menyediakan uang modal untuk memulai bisnis, dan mengunjungi restoran sebagai pelanggan reguler

 

dalam pikiran kebanyakan orang Jepang, lagu ikigai dinyanyikan bagi orang yang tidak diunggulkan, atau setidaknya bagi orang biasa dari segala bidang kehidupan. ikigai adalah komoditi universal untuk dibagikan kepada semua orang yang menginginkan. untuk memiliki sebuah ikigai, harus melampui bias prasangka dan mendengarkan suara batin sendiri

 

salah satu manfaat memiliki ikigai adalah sebagai kekuatan dan ketangguhan

 

pada 1792 Gunung Unzen meletus, meruntuhkan salah satu kubah laba, menyebabkan megatsunami yang merenggut 15000 nyawa, letusan terakhir Gunung Fuji terjadi pada 1707, dan berlangsung selama dua minggu, meski tidak ada korban yang tercatat pada erupsi, abu vulkanis menghujani seluruh area, mencapai Tokyo disebut Edo pada masa itu dan menimbulkan kerusakan besar pada lahan pertanian. pada 1707 tahun mengerikan bagi Jepang, hanya 49 hari sebelum erupsi Gunung Fuji, gempa bumi dan tsunami menerjang wilayah barat Jepang, mengakibatkan nyaris 20.000 kematian. gempa bumi dan erupsi gunung Fuji memiliki hubungan kausal, gempa bumi Kanto Besar taun 1923, menerjang area sekitar Tokyo, mengakibatkan kematian lebih dari 100.000 jiwa. kebakaran besar di Meireki pada 1657, yang menurut legenda dikarenakan insiden melibatkan kutuskan kimono, meluas hingga ke wilayah Edo,  tersulut oleh angin kencang, api berkobar selama 3 hari dan membinasakan 70% kota menewaskan 100.000 orang, menara utama istana Edo, tempat tinggal Shogun, hangus terbakar dan tak pernah dibangun kembali selama era Edo yang berlangsung hingga 1867. saat pengebom Tokyo pada Perang Dunia Kedua, kehancuran besar menimpa ibukota, pada malam 9 dan 10 Maret 1945, dalam misi Pasukan Sekutu sebagai Operasi Tempat Ibadat, ratusan pesawat pengebom B-29 menjatuhkan bom curah, melepaskan bom kecil pembakar yang mengandung bensin kental, dampaknya wilayah pusat kota Tokyo tradisional hancur total, menewaskan 100.000 orang, terjadi kurang dari 22 tahun setelah kehancuran yang diakibatkan gempa bumi Kanto Besar tahun 1923, yang memusnahkan wilayah persis sama

 

pendekatan bangsa Jepang terhadap agama dilambangkan oleh gagasan 8 juta dewa, 8 juta ini melambangkan ketidakterbatasan, Bangsa Jepang secara tradisi memegang gagasan bahwa terdapat banyak sekali sumber bagi makna religius dan nilai dalam kehidupan, alih satu hal yang melambangkan kehendak seorang dewa. dalam kepercayaan Shinto, ketika memercayai 8 juta dewa, proses keyakinan jadi lebih demokratis, Shinto terbentuk dari ritual kecil yang mengungkapkan kesadaran akan alam dan lingkungan, penekanannya lebih pada menghadirkan diri di tempat dan waktu sekarang dan bagaimana manusia menjadi bagian dari jaringan elemen yang menyusun dunia, Bangsa Jepang meyakini bahwa berbagai elemen, terbebas dari pembatasan doktrin religi yang ketat, harus memasuki aspek kehidupan yang praktis dan sekuler dan gagasan 8 juta dewa menjadi semacam metafora bagi filosofi. kesadaran jiwa yang tertanam dalam filosofi kehidupan bangsa Jepang dipengaruhi oleh tradisi meditasi para penganut Buddha, yang mempromosikan perbaikan jangka panjang dan sikap yang baik. ada pengaruh dari konfusianisme dalam budaya Jepang terutama dalam hal cara seseorang mesti berperilaku dalam artian sekuler hubungan antara guru dan murid, serta rasa hormat yang ditunjukkan bagi orangtua, konsep mengubah dunia luar dengan mengubah diri sendiri, sebuah poin yang ditegaskan dalam tradisi Zen bangsa Jepang merupakan kulminasi dari sekian banyak pengaruh

 

warga Jepang menempatkan segala yang religius dalam konteks sehari dan sekuler, walau sebagian besar warga Jepang tidak menyadari akan latar historis di balik pendekatan sembrono pada agama tapi gagasan 8 juta dewa ketika bangsa Jepang melihat dewa – dewi dalam hal yang mengelilingi mereka dari manusia, hewan, dan tanaman, dari pegunungan hingga benda kecil sehari memberikan kesan yang nyata. benda tak bernyawa dapat memberi jasa bagi manusia selama menghormati, ada dewa di dalam benda rumah tangga. bangsa Jepang mengasimilasikan tradisi religius dari luar negeri dalam konteks 8 juta dewa

 

agama kristen dibawa ke Jepang oleh sejumlah misionaris, misionaris paling terkenal (Francis Xavier (1506 – 1552)) yang menjadi misionaris pertama yang mencapai Jepang pada 1549

 

karoshi yang secara harfiah berarti kematian akibat bekerja berlebihan, telah memasuki kosakata internasional, etika lama pengabdian buta pada satu perusahaan semakin tak dapat diterima, bahkan di negara seperti Jepang. ketaatan ketat pada etika kerja yang dituntut oleh sebuah organisasi tidak berarti membawa kebahagiaan, untuk memiliki rasa keseimbangan bekerja dan hidup, gelombang baru bentuk alternatif ikigai

 

datsusara adalah fenomena ketika seorang pekerja bergaji, biasanya pegawai kantoran, memutuskan untuk meninggalkan kehidupannya yang aman tapi tak menggairahkan sebagai pegawai perusahaan untuk mengejar gairahnya

 

ikigai tidak perlu berhubungan langsung dengan kehidupan profesional seseorang. makna hidup bisa berupa sesuatu yang tampak berat dan tidak diperlukan dari sudut pandang yang lain, kepuasan didapat dari menciptakan sesuatu dari awal hingga akhir, saat orang mengambil kesenangan dan kepuasan dalam proses sekaligus hasilnya

 

comiket telah menjadi ajang internasional, seperti orang yang suka membuat manga menjual di comiket (comic market). comiket diselenggarakan dua kali setahun (Agustus dan Desember) di Tokyo Big Site, sebuah kompleks aula pamera di area Odaiba yang baru dikembangkan di Tokyo, Tokyo Big Site menggemborkan penampilan serupa robot futuristik, dan lokasi bagi comiket telah menjadi tempat tujuan simbolis bagi para penggemar komik, di awali dari pertemuan pertama pada 1975 dengan hanya 600 orang kini telah bertumbuh menjadi ajang media dan penggemar berat 100.000 partisipan setiap tahun, menjadi penemuan terbesar di dunia dan disusul oleh pertemuan San Diego ComicCon Internasional. para penjual disebut The Circle, akan ada 35000 circle karena ruangan terbatas, ada seleksi dan proses pengundian, menentukan lingkaran yang diizinkan untuk berpatisipasi, di pertemuan biasa, tingkat penerimaan adalah sekitar 50 – 70%. seorang penjual membayar biaya sekitar 10.000 yen (1 juta) dan diberikan ruang pameran 90 cm X 45cm, ruangan kecil. karya dojinshi yang langka dan populer bisa meraup 10 kali atau bahkan 100 kali lipat dari harga Comiket asal di situs lelang, penyelenggaraannya didukung oleh sukarelawan amatir, sekitar 3 ribu berkelaborasi, menata sekitar 6000 meja dalam waktu satu jam. dan ada cosplay dan sekitar 27000 pemain yang membentuk sekitar 5% dari seluruh pengunjung

 

para peneliti menyelidiki sebuah fenomena bernama ilusi terpusat, orang cenderung memandang hal tertentu dalam hidup bagi kebahagiaan, ilusi terpusat berasal dari gagasan bahwa bisa terfokus pada aspek tertentu dalam hidup sampai memercayai bahwa seluruh kebahagiaan bergantung padanya, sebagian orang memiliki ilusi terpusat dan menciptakan alasan sendiri untuk tidak bahagia, jika ketidakbahagiaan merupakan ruang kosong yang tidak memiliki elemen yang dibutuhkan, kekosongan diciptakan oleh khayalan bias akan topik. menerima diri sendiri sering melibatkan membebaskan diri sendiri, melepaskan diri imajinatif, untuk menerima diri sendiri dan menjadi bahagia

 

pada 1996 para peneliti memeriksa otak monyet, mereka tak sengaja menemukan sel saraf menjadi aktif ketika monyet melakukan sesuatu, seset sel saraf sama juga menjadi aktif ketika monyet mengamati yang lain melakukan perbuatan yang sama, sel saraf dengan sifat dinamai sel saraf cermin. sel saraf cermin telah ditemukan dalam otak manusia, sel saraf terlibat dalam berbagai aspek komunikasi, termasuk membaca pikiran, saat membuat perkiraan mengenai pikiran orang lain, sel saraf cermin penting ketika membuat perbandingan antara diri sendiri dengan orang lain

 

menghargai kepribadian sendiri, memerlukan orang lain untuk memantulkan bayangan diri, hanya dengan menyadari kesamaan dan perbedaan antara diri sendiri dan orang lain, jadi bisa menilai karakter secara nyata

 

pepatah bangsa Jepang junin toiro (10 warna berbeda untuk 10 orang berbeda) mengungkapkan pandangan bahwa terdapat banyak sekali variasi pada kepribadian, kepekaan, dan sistem nilai pada orang. Jepang merupakan negara homogen secara budaya atau etnis, pemerintahnya memberlakukan peraturan yang dikenal ketat terhadap imigrasi. bangsa Jepang memiliki serangkaian trik kecil untuk tetap menghidupkan individualitas mereka, sementara menjalin hubungan yang harmonis bersama yang lain. Keshogunan Tokugawa mengeluarkan serangkaian peraturan eksekutif untuk menjaga stabilitas di masyarakat, sebagaimana yang dipandang pantas pada masa itu, penghindaran dari sikap bermewahan, saat perekonomian Edo bertumbuh, beberapa pedagang menghasilkan banyak uang dan menghabiskan dengan berfoya, memamerkan kemewahan yang terakumulasi dipandang memiliki dampak yang melemahkan pada stabilitas sosial disebabkan semakin melebarnya jurang antar kelas. Keshogunan mengeluarkan sejumlah peraturan eksekutif yang melarang pembelajaan berlebihan, para pedagang kaya mematuhi, di permukaan, tapi mereka bersenang secara sembunyi, menggunakan bahan pakaian mahal di bagian dalam pakaian mereka, sementara tetap menjag penampilan luar yang sederhana, dan kini sudah dipupuk selama bertahun, teknik ini dapat digunakan di masyarakat manapun, terutama ketika pengawasan sosial menjadi masalah

 

kebanyakan orang Jepang memilih untuk mengejar ikigai individualitas dalam ranah privat, akibat iklim sosialnya. pendekatan tersembunyi terhadap ekspresi individualitas bukan satunya solusi, akan tetapi setidaknya bisa berkata itu solusi menarik

 

ikigai dan penerimaan berasal dari penerimaan diri sendiri. dari sudut pandang kognitif, tawa dianggap sebagai contoh metakognisi, didukung oleh area korteks prefrontal, dalam metakognisi, melihat diri sendiri seakan mengamati dari luar, menyadari kelemahan dan kekurangan sendiri dan menambah kesadaran dengan pemahaman baru yang dilihat dari luar. rahasia terbesar ikigai utamanya adalah menerima diri sendiri, apapun ciri unik yang dimilik semenjak lahir, tidak ada satu cara optimum untuk mendapat ikigai, setiap diri harus mencari sendiri, di tengah individualitas diri yang unik