Kita bukanlah makhluk yang dikendalikan oleh keadaan, kita yang menciptakan keadaan
Selasa, 15 Desember 2020
Senin, 14 Desember 2020
Buku Jika Kita Tak Pernah Jadi Apa - Apa
Kita terlalu sok tahu tentang hidup kita mengira satu kondisi akan menyelesaikan masalah hidup dan lihatlah tercapai suatu kondisi rentetan masalah berdatangan. Sekarang kita ingin cepat mati tetapi tak pernah mempersiapkan apa2. Oh, betapa kita terlalu sok tahu tentang hidup kita
Buku Lagi Probation Samuel Ray
Cara menulis cv:
Perkenalan: Nama ,tempat tinggal, latar belakang, skill.
Saya mempunyai skill yang sesuai dengan perusahaan dan saya harap bisa diberikan kesempatan. Harus mempelajari tentang perusahaan yang dilamar.
Saya dapat bisa tahu pengetahuan lebih lanjut dan bisa diberikan bimbingan jika ada hal yang tidak dimengerti
Dari 5 kriteria yang disebutkan saya belum memahami tentang hal itu dan jika bisa berikan saya waktu 2/3 minggu untuk mempelajari
Saya berkeinginan besar untuk belajar/ mengembangkan diri dalam perusahaan jika saya diberikan kesempatan saya akan mengembangkan talenta yang saya punya jika saya tidak tau saya akan belajar dan saya ingin memajukan visi dan misi perusahaan. Saya tertarik dengan perusahaan anda dan jika berkenanan diberikan kesempatan saya mau ke tahap selanjutnya. Mengucapkan terima kasih saat interview.
Setelah interview ucapakan bahwa menikmati interview, terima kasih kepada HRD, antusiasme, tekankan kembali jika cocok pada posisi tersebut, siap untuk dihubungi
Jangan mengucapkan tidak tahu, hal negatif perusahaan sebelumnya, diskusi tentang kompensasi/ gaji, ada pada resume/ cv, bahasa tidak profesional/ bertany tentang apa yang dilakukan perusahaan, jawaban kaku dan klise, kekurangan diri, informasi personal
Mulai dengan salam pembuka. Senang bertemu. Mengucapkan terima kasih atas waktu yang diberikan. Sangat menghargai untuk dipertimbangkan diposisi ini. Ucapkan bahwa cocok diposisi tersebut
Langkah Dan Cara Membuat Infografik
Infografik = memvisualisasikan informasi dalam bentuk visual
Sudah dilakukan sejak 3000 M (hilograf) untuk menggambar kehidupan masyarakat, saat ini digunakan untuk mengubah data rumit menjadi grafik. Penerapan infografik dizaman modern sejak abad 19 tahun 1857 di Inggris. Florence Nightinghale membuat infografik untuk menyakinkan ratu Victoria untuk membangun rumah sakit militer
Tujuan: memudahkan pembaca dalam mencerna informasi dalam waktu yang singkat lewat bantuan visual/ gambar
Rata2 atensi/ fokus = 12 detik
Kategori Infografik:
A. Statistik
B. Linimasa : narasi yang berurutan
C. Proses :menyampaikan proses/ tata cara melakukan sesuatu
D. Komparasi : membandingkan 2/lebih subyek dengan faktor pembanding yang sama
E. Geografik : memanfaatkan gambar peta sebuah lokasi nyata untuk memetakan informasi
F. Listicle : karena mudah diterapkan, jenis yang paling sering digunakan
Yang akan dipelajari:
A. Menentukan topik:pastikan infografik diletakan ditempat yang sesuai dan relevan dengan tema. Pikirkan seperti apa audience dari brand dan produk. Perhatikan: siapa saja pengguna, seperti apa karakter, apa konten yang dianggap menarik, dengan mengangkat tema yang relevan dengan pengguna, kemungkinan partisipasi pengguna akan meningkat
B. Menyusun kerangka: dengan menyusun kerangka akan lebih fokus dan efisien saat melakukan pencarian data, dibagian awal tidak perlu mengkhawatirkan data pendukung pastikan informasi yang disampaikan lengkap dan mudah mengerti
Panduan singkat kerangka infografik:
1. Tulis dahulu poin utama bersama fakta dan data pendukung
2. Lengkapi kerangka dengan informasi tambahan yang relevan
3. Tampilkan opini dan kesimpulan di bagian akhir infografik
Dengan informasi umum akan membantu pembaca untuk melihat inti permasalahannya
Tujuan: memetakan data
C. Mencari dan mengolah data: selain dari tim pencari data, data bisa diperoleh dari press release perusahaan
Cara mencari data:
1. Google
2. Riset lapangan dan kuesioner (google form), memerlukan waktu dan kemampuan mengolah data yang tidak sebentar
Gunakan data relevan dan terkini, hindari mencampurkan opini didalam fakta, cek kembali data valid dan tidak kontradiktif, jangan lupa mencantumkan sumber tautan/ artikel yang digunakan
Confirmation Bias = kecenderungan mengumpulkan informasi berdasarkan pemahaman sebelumnya
Rangkuman:
1. Fokus pada topik
2. Gunakan data terkini
3. Hindari mencampur opini dengan fakta
4. Bersikap netral
5. Lakukan kroscek
6. Cantumkan sumber
D. Menentukan arahan visual
Moodboard Design System: baik/ buruk suatu desain dipengaruhi pendapat pribadi
Art director = memastikan gaya/ arahan visual yang dibuat desainer grafis searah dengan design system
Design system = elemen yang membentuk identitas suatu brand atau produk
Elemen:
1. Warna
2. Logo
3. Icon
4. Layout
5. Font
6. Flow navigasi
7. Gaya bahasa
(Tampilan visual Identitas Brand Experience)
Moodboard = kumpulan referensi fisik/digital untuk mengumpulkan inspirasi dan menciptakan ide desain (pinterest - pinterest save button)
E. Mengkomunikasikan informasi visual
Menggambar design system: menggambar panduan yang berisi elemen yang akan digunakan dalam infografik)
Menggunakan shape dan pattern (background putih 2000 pixel. Palet warna, theme face/ font, grind system, elemen grafik pemanis, grid 4 kolom, border square
Format/ media publikasi: fisik dan digital
A. Hal yang harus diperhatikan:
1. Resolusi gambar memenuhi standar percetakan (300 dpi dot per inch)
B. Readability (format 1080 pixel disisi terpanjang)
Aplikasi inkscape
Flaticon -freepik- flag
10 situs sumber data terpercaya:
A. Pew Research Center : berbagai macam riset dan polling opini tentang berbagai macam isu dan topik, beberapa data disajikan dalam infografik
B. Data.go.id : portal resmi data terbuk Indonesia berisi data lintas kementerian,lembaga pemerintahan,pusat/daerah, semua instansi yang menghasilkan data terkait Indonesia
C. UN Data : database dari berbagai dunia yang dikumpulkan badan PBB
D. Bps : kependudukan dan ekonomi Indonsesia
E. Enigma Public : kumpulan data dari berbagai instansi, perusahaan, pemerintahan dunia
F. Buffer blog : insight serta data marketing dan media sosial
G. World Bank Open Data : mengenai pendidikan, ekonomi, dsb
H. Unicef Data : kesehatan ibu dan anak. Data yang dimiliki seputar publikasi ilmiah dan sensus negar dunia
I. Google scholar
J. Ilostat : statistik serta data yang dikumpulkan organisasi buruh internasional yang merupakan bagian PBB. Informasi ketenagakerjaan dunia
Novel Carrie Stephen King
Carrie adalah seorang gadis gemuk yang kurang tanggap yang kerap dibully oleh teman - temannya, tetapi dia mempunyai kemampuan telekinesis, Carrie lahir pada 21 september 1963, Margaret White kehilangan Suaminya Ralph White ketika balok baja jatuh dari ambin penggotong di proyek perumahan di Portland, Mrs White melahirkan tanpa bantuan orang lain dirumahnya dan dia tidak tahu bahwa dirinya hamil, dia mempunyai kanker rahim. Margare White juga berkelakuan aneh dan dia berkerja di tempat Laundry. Sementara itu dulu rumahnya juga sempat terhantam badai es yang menghancurkan rumahnya
Buku Good Habits Bad Habits Cara Membentuk Kebiasaan Baik Untuk Menghasilkan Perubahan Positif - Wendy Wood
Perilaku berasal dari sumber ketidakrasionalan
Buku Positive Thinking Menemukan Kebahagiaan Dan Meraih Impian Melalui Pemikiran Positif - Gill Hasson
Diri anda adalah apa yang dipikirkan dan itulah kenyataanya
Minggu, 06 Desember 2020
Buku Garuda Indonesia From One Dollar To A Billion Dollar Company
Keberhasilan Garuda melakukan turnaround melaksanakan IPO, meraih penghargaan berskala internasional dan menjadi anggota berbagai aliansi penerbangan global telah menempatkan Garuda sebagai global player dalam penerbangan internasional
16 kantor cabangnya mendapatkan penghargaan Prima Utama, Prima Madya, Prima Pratama dari Departemen Perhubungan, Departemen Teknis Yang Membawahi Garuda. Pada 2007 Garuda membukukan keuntungan 60,2 Miliar
Boeing 777- 300 ER diterima Garuda secara bertahap sejak 2012. Pesawat dengan jarak tempuh 14.685 dengan penerbangan non stop 15 jam dan dilengkapi LCD dalam glass cockpit dan Head Up Display
Pada tahun 2008, mempunyai 3 program: menyelesaikan rektrukturisasi utang, memulai proses privatisasi, meningkatkan kualitas produk dan layanan dengan tema Excellent Product& Services. Garuda menjadi High Performance Organization. Mempunyai 5 program:
A. Rektrukturisasi keuangan
B. Meningkatkan pendapatan
C. Efisiensi operasional
D. Konsisten meningkat kualitas produk dan layanan
E. Intensifikasi jaringan
3 Upaya Signifikan Berdampak Pada Program:
A. Peningkatan keselamatan penerbangan
B. Melakukan peremajaan armada
C. Perbaikan kinerja On Time Performances
Pada 2008 Garuda lolos dari audit IOSA (IATA Operational Safety Audit)