Selasa, 29 September 2020

Berani Tidak Disukai: Fenomena Dari Jepang Untuk Membebaskan Diri, Mengubah Hidup, Dan Meraih Kebahagiaan Sejati

 



Buku ini mengambil tokoh filsof dan pemuda karena penulis ingin pembaca mengibaratkan seperti Socrates dengan murid2nya yang masih muda. Disini dijelaskan bagaimana ternyata masih banyak tidak mengenal dengan sosok Adler dan gagasan2nya diharapkan setelah membaca buku ini bisa memahami tentang bagaimana cara memahami hidup seperti Adler

Masa depan diputuskan oleh kejadian masa lalu dan tidak dapat diubah


Memikirkan sebab yang sudah lewat dan tujuan saat ini

Aetologi (studi tentang hubungan sebab akibat) dan teologi (ilmu yang mempelajari tujuan dari suatu fenomena tertentu ketimbang penyebabnya

Menurut adlet trauma itu tidak ada. Kita tidak mengalami syok akibat pengalaman yang dinamakan trauma namun mengartikannya sesuai dengan tujuan dan ditentukan oleh pengalaman itu sendiri

Amarah adalah cara untuk meraih tujuan.

Menurut Adler manusia tidak dikendalikan oleh emosi/ masa lalu. Makna yang diberikan oleh masa lalu akan menentukan kehidupan saat ini

Pandangan aetologis Freud dicirikan dengan keberadaan trauma merupakan determinisme dalam bentuk yang berbeda, dan jalan menuju nihilisme

Jika manusia berpikir bisa berubah, rangkaian nilai yang didasarkan pada aetologi menjadi tidak bisa dipertahankan, dan tentu harus mengambil teleologi

Sebanyak apapun pengetahuan yang diperoleh, watak/ kepribadian tidak bisa dirubah

Menurut Adler tidak penting dengan apa seseorang dilahirkan, namun bagaimana memanfaatkannya

Ketidakbahagiaan adalah sesuatu yang dipilih untuk dirimu sendiri

Kita bukanlah mesin yang dapat digantikan, kita tidak membutuhkan penggantian, melainkan pembaharuan

Gaya hidup mempersatukan cara2 untuk menemukan makna, gaya hidup dapat ditentukan sebagai kepribadian seseorang, pandangan seseorang tentang dunia dan kehidupan

Menurut Adler, gaya hidup dipandang sebagai sesuatu yang dipilih untuk diri sendiri

Ketika mencoba gaya hidup, keberanian diuji, ada rasa cemas yang dihasilkan dari perubahan, rasa kecewa yang mengiringi keputusan untuk tidak berubah

Semua persoalan adalah tentang hubungan interpersonal

Manusia tidak begitu saja melupakan masa lalu atau membebaskan dari masa lalu

Menurut Adler yang bisa dilakukan oleh manusia seorang diri hanya menjalani hidupnya seorang diri di alam semesta

Perasaan inferior adalah perasaan subyektif

Superioritas yaitu kondisi ingin meningkatkan diri dan memiliki idealisme/tujuan tetapi ketika tidak mendapatkannya akan menimbulkan minder

Inferioritas adalah keadaan mental yang abnormal, yang tersusun oleh sekumpulan emosi dan pemikiran yang rumit

Perasaan inferior bisa menjadi pemicu kerja keras dan pertumbuhan seseorang

Mereka yang membanggakan diri karena perasaan inferior

Dunia adalah tempat yang berbahaya dipenuhi lawan (kompetisi)

Kemarahan pribadi akan segera mereda sedangkan kemarahan yang disebabkan oleh ketidakadilan akan bertahan lama

Dusta kehidupan yaitu mengalih tanggungjawab terhadap situasi yang dialami kepada orang lain. Melarikan diri dari tugas kehidupan dan mengatakan merupakan kesalahan orang lain/lingkungan

Dalam ajaran Yudaisme engkau hanya menjalani hidupmu sendiri dan jangan hidup untuk memuaskan ekspektasi orang lain

Persoalan dalam interpersonal disebabkan oleh gangguan terhadap tugas orang lain, atau saat tugas seseorang terganggu 

Egosentris yaitu mengintervensi tugas orang lain

Kebebasan sejati yaitu sikap yang mirip dengan mendorong diri sendiri naik

Kita merupakan komunitas dibumi dan alam semesta

Dipuji membuat seseorang merasa tidak memiliki kemampuan

Seseorang tidak boleh memberikan pujian/ teguran. Semua perkataan yang digunakan untuk menilai orang lain adalah kata2 yang keluar dari hubungan vertikal dan harus membangun hubungan horizontal. Hanya ketika seseorang mampu merasakan bahwa dia berguna untuk orang lain, dia memiliki pengertian akan nilai dirinya

Perasaan sosial yaitu perasaan yang melekat ke kepeduliaan diri sendiri terhadap orang lain. Tiga hal: penerimaan diri, keyakinan pada orang lain, kontribusi terhadap orang lain

Kebahagiaan adalah perasaan telah berkontribusi terhadap orang lain, contohnya: berkerja

Hidup adalah serangkaian titik dan serangkaian momen yang disebut saat ini

Hidup sinergia yaitu tidak penting seseorang mencapai puncak atau tidak

Dusta kehidupan terbesar saat ini adalah hidup disini pada saat ini. Memandang pada masa lalu dan masa depan, mengarahkan sinar temaram pada seluruh kehidupan dan percaya berhasil melihat sesuatu

Menurut Adler, hidup ini tidak berarti, apapun arti kehidupan dan makna hidup harus ditetapkan oleh individu

Menurut Adler, bintang penuntun yaitu selama tidak kehilangan kompas hidup dan terus melangkah menuju arah tersebut, akan ada kebahagiaan

Ielts Introduction



Ielts = international english test system 1.Academic Module : test untuk melanjutkan studi diluar negeri


2. general training module - berkerja diluar negeri

3. ielts UkVI (Uk visa & imigration) -
Untuk kuliah di Inggris diperlukan Ielts UKVI - akan direkam dengan menggunakan video 

4. Ielts life skill untuk di Indonesia hanya A1 dan B1 ( The cambridge European Framework OF References) untuk tinggal di London dengan pasangan

Academic module dan general training memiliki format test yang sama

Jika menggunakan online test/ tidak akan mendapatkan hasil test 5 - 7 hari kerja 

Band score dan CEFR (common European Framework Of References). References untuk acuan bahasa lainnya seperti jerman, perancis, china digunakan sebagai tolak ukur,kemampuan/kemahiran berbahasa

4 - 5 = B1
5.5 - 6.5 = B2
7 - 8 = C1
9 = C2

Skor ielts dibutuhkan 6.5

Jika dibutuhkan ielts 8 maka dibutuhkan 7 - 7.5

Productive skill = untuk memproduksi bahasa inggris tulis dan lisan

Listening

Listening terdapat 4 rekaman 

1. Percakapan sehari2 ( A conservation between 2 people set in an everyday social context

2. Monolog dalam kehidupan sehari2 (A monologue set in an everyday social context e.g.a speech about local facilities)

3. Percakapan 3/ 4 orang seminar/kuliah/ tugas ( A conservation between up to four people in a educational or training context, e.g. a university tutor and a student discussing an assignment

4. Monolog/ kuliah umum tentang subyek akademik (A monologue on academic subject. E.g.a University lecture

Listening = 30 menit dengan 10 menit transfer time waktu 60 menit. Jumlah soal : 40
Task types :
1. multiple choice

2. matching

3. plan/map/ diagram labelling
form/ note/table/flow-chart/summarrt completion 
Form = mendengarkan dan mengisi bagian yang kosong

4.Sentence completion

Reading

Waktu 60 menit untuk 3 jenis test
Jumlah pertanyaan : 40

Task type : 
1. Multiple choice
2. Indentfying Information
3. Indentfying the writer views/ claims
4. Matching Information. Mencocokan teks
5.Matching headings. Menguji kemampuan dalam memahami ide pokok
6. Matching feature 
7. Matching Sentence Ending
8. Sentence Completion =
9. summary/ note labelling/ completion , completion diagram/ label 
( summary/ note/ table/ flow chart/ diagram label completion)
10. Short answer question

Productive skills termasuk writing dan speaking

Format = 2 writing task 

Academic Module :
1. Describing some visual information (graphic/table/chart/diagram) menggambar tren dalam bentuk statistik
Writing task 1 = 20 menit = 150 kata

2. Write an essay as a response to a point of view or argument or problem Menulis sebuah essay dalam bentuk argumentative essay/ essay untuk mengekspresikan opini
Task 2 = 40 menit = 240 kata

Speaking = 11 menit - 4 menit
Waktu terlama 11 menit dan waktu terpendek 4 menit

Format : recorded oral interview with an examiner

Direkam pertama kali saat memasuki ruangan speaking atau ketika menyalami penguji dan rekaman selesai setelah meninggalkan ruangan speaking

Task types : 
1. Introduce and Interview (4 - 5 minutes)
2. Long turn ( 3 - 4 minutes) dibagian ini harus berbicara sepanjang 2 menit
3. Discussion ( 4 - 5 menit)

A. LISTENING STRUCTURE

A. Multiple choice : menguji kemampuan dalam memahami informasi spesifik dan memahami teks secara keseluruhan

Task type 
1. to test detailed understanding of spesific point = pemahaman dari informasi spesifik yang ada dalam teks listening. Example: name, place, date, and nomer tertentu

2. To tesr overall understanding of the main points = informasi keseluruhan untuk memahami teks

Tips :
1. underline/ highlight keywords in the question = garis bawahi keyword 

2. Listen carefully to the speaker say in relation to the keyword

3. The speaker may be talking about the opposite idea

4. Listen to synonyms or paraphrases of the word in the question

5. Choose 1 correct answer (A,B,C)

6. Sometimes, you are given a longer list of possible answer and told that you have to choose more than one

B. Matching : 
Task focus:

1. To test the ability to listen for detail and whether you can understand information given in a conversation on a everyday topic. Example: movie

2. To test the ability to follow a conversation between 2 people. Example: spesific information/detailed

3. To test the ability to recognize relationship and connections betweem facts in the listening text

Tips:

1. Underline/ highlight the keywords in the question and/ options

2. You will hear the question in the same order as they are written on the question paper or computer screen

3. Write your answer ad you listen

C. Plan/Map/Diagram/Labelling

Task focus = to test the ability to understand for example, a description of a place, and to relate this to a visual representation = visual presentation

Tips:

1. Read the tittle to know what you are going listen about

2. If there is more than one diagram compare the features in each one

3. Decide what information you need for each gap (bagian yang kosong)

D. Form Note/Table/Flow Chart/ Summary Completion

Task focus: 

1. To test the ability to listen for detail and spesific information

Task Types:

1. Forms: often used to record factual deatils such as names (sesuatu yang diisii seperti melengkapi formulir)

2. Notes: used to summarize any types information using the layout to show how different items relate to one another (informal note pendek)

3. Tables: used as way of summarizing information which relates to clear categories. E.g. place/time/price/ bus ticket

4. Flow chart = used to summarize a process which has clear stages with direction of the process shown by arrow
Example: how to make a car

Tips:

1. Check how many words you are allowed to use

2. Used the tittle and the words around the gaps to decide what you need listen for

3. Dont change the words from the recording

4. Quickly read through the chart/ table/ note afterwards to checks if your answer make sense

5. Spell your answer correctly= gunakan pelafalan yang tepat

E. Sentence Completion

Task focus:

1. To test the ability to identify the key information in a listening text

2. To test the ability to understand functional relationship such as cause and effect

Tips :

1. Focus carefull on the meaning other than listening for indentical words. The speaker will use paraphase or synonyms of the words in the other question

2. You will hear the exact words you need to complete the sentences

3. Read the completed sentences to check they make sense

Test tidak selalu berurutan

B. Reading STRUCTURE

A. Multiple Choice/ Pick From A List

Task Focus:

1. To test detailed understanding of spesific points or an overall understanding of the main point of the text

Task Types:
1. Completing a setence, where you are given the first part of a sentence and then choose the best way to complete it from the options
2. Completing questions, where you choose which best answer them

Tips :
1. Use the key from question to find the right place to read
2. Underline/ highlight the answer in the text and choose the correct options
3. The answer may come from one part or different parts of the passage
4. The questions are in the same order as the information in the text ( muncul berurutan seperti urutan pertama dalam text)
B. Indentifying Information (True, False, Not Given)

Task focus:
1. To test ability to recognized particular points of the information conveyed in text (task yang menantang bagi beberapa orang, mengenali point/ informasi dalam teks berisi informasi spesifik/ detail)

Not given = informasi yang tidak ada dalam teks
True = kalimat persetujuan dengan informasi
False = kalimat kontradisi informasi

Tips:
1. Underline/hightlight key words phrases that will help you scan the right place in the text
2. Read each statement carefully and decide if they have the same idea with what is stated in the section
3. Write true if the ideas are the same
4. Write false if the idead are not the same or the opposite
5. Write not given if the text does not include the information stated in the statement/ question
6. Dont use your knowledge related to the text when deciding the answer

C. Indentifying writer view (yes/no/not given)

Task focus : 
1. To test the ability to recognized opinions or ideas 
Yes = jika kalimat setuju dengan klaim penulis
No = jika kalimat tidak berhubungan/ memiliki ide yang berlawanan dengan penulis
Not given = jika kata2 tidak memungkinkan apa yang penulis pikirankan tentang ini ( kalimat/ informasi tidak tercantum dalam teks)

Tips :
1. Use the same approach for true/false/not given ( garis bawahi jawaban/ keyword dan cari informasi dalam teks)
2. Yes if the statement agrees with the claims writer 
3. No if the statement contradicts the claims of the writer
4. Not given if its impossible to say what the writer thinks or its not mentioned at all

D. Matching Information

Task focus:
1. To test ability to scan or spesific information (informasi spesifik seperti nama orang, tempat tinggal, tanggal, tahun, lokasi, maupun alasan spesifik)

Task types:
1. You may be asked to find: spesific details, an example, a reason, a description, a comparison, a summary, or an explanation

Tips:
1. Underline/highlight the keywords in each questions
2. Start with paragraph a and decide if it contains information which marches a question
3. If there is no match, go on to the next paragraph

E. Matching Heading

Task focus:
1. To test the ability to recognized the main idea or theme in the paragraphs or section of a text and to distuingish main ideas from supporting one

Tips:
1. Read each section/ paragraph of the text to indentify the main idea or theme
2. Choose the correct heading for each paragraph / section
3. Match the heading to the main idea, not the similiar words
4. There will always be more heading than there are paragraphs or sections, so that somw heading will not be used
F. Matching Features
Task focus :
1. To test the ability to recognized relationship and connections between facts in the text and the ability to recognized opinions and theories

Tips:
1. Underline/highlight keywords in the statement
2. Be able to skim and scan the text in order to locate the required information and to read for detail
3. Read each option carefully and match it to the statement
4. Some options may not be used while others may be used more than oncem the instructions will inform you
G. Matching sentence endings

Task focus:
1. To test the ability to understand the main ideas within a sentence (ide pokok didalam sebuah kalimat, mencocokan kalimat yang ada)

Tips: 
1. Underline/highlight the key words in the options
2. Use names and others words in the question to find the right place in the passage. They are in the same order (pertanyaan akan muncul berurutan)
3. Read the completed sentences to check they make sense

H. Sentence Completion

Task focus:
1. To test the ability to locate detail or spesific informatio

Tips:
1. Check how many word or numbers you are allowed to use
2. Underline/highlight the key words in each question and scan the text for the right place
3. Read the section of the text and choose your answer
4. The questions are in the same order as the information in the passage
5. Use the correct spelling ( pelafalan yang tepat)
6. Write numbers using either figures or words (bentuk angka/kata)
H. Form, Note, Table, Flow Chart, Summary Completion

Task focus :
To test the ability to understand details/ the main ideas of a section of text

Task types : 
1. Either to select words from the text or to select from a list of answer
2. Where words have to selected from the passage, the instructions will make it clear how many words/ numbers you should use (2/3 kata dan satu nomor)

Tips :
1. Check how many words/ numbers are allowed
2. Read the summary/ flow chart carefully to decide what types of information is missing
3. Use the tittle to find the correct section to read
4. Copy the exact words from the passage (salin kata yang tertulis dalam teks)
5. Check your answer and spelling.

I. Short Answer Questions

Task focus:
To test the ability to locate and understand precise information in the text

Tips :
1. Check how many word are allowed
2. Underline/ highlight key words which help to find the right place in the text
3. The questions are in the same order as the information in the text
4. Copy the answer exactly/ use the words from the text

C. Writing
1. Writing Task 1

Task focus :
1. To test the ability to identify the most important and relevant information and trends in a graph, chart, table or diagram
2. To give a well organized overview using language accurately in an academic style ( menguji kemampuan memberikan ringkasan gambaran terstruktur menggunakan bahasa secara akurat dengan academic style

A. Dos
1. Write in academic or semi formal/ neutral style
2. Write in full connected text
3. Include key features from the presented graphs/ tables/ diagrams
4. Include relevant figures or fact to support the key points
5. Include overview ( gambaran umum dari perspektfif mengenai diagram, tabel, chart
6. Use accurate vocabulary to describe trends and figures (trend dan angka)
6. Use accurate spelling and punctuation ( pelafalan dan tanda baca)
7. Write in paragraphs (150 kata, 2 - 3 paragraf)
8. Spend no more than 20 minutes on task 1
9. Write at least 150 word
10. Be coherent and concise ( tulis kalimat secara jelas dan ringkas dari paragraf satu ke berikutnya) 
11. Check your writing

B. Donts
1. Use slangs and short forms (I'm/shouldnt) menulis lengkap 
2. Use bullet point/note forms (tidak ditemukan dalam bentuk kalimat)
3. Be off topic (menulis diluar topik)
4. Write less/longer than 150 words
5. Copy from another source - plagiarize
6. Memorize answer
7. Provide personal opinion
8. Draw irrelevant opinion (menarik kesimpulan yang tidak relevan)
9. Copy the question/ topic of the task
10. Decribe figures/ facts in order

Tips:
1. Read the instructions and study the information carefully
2. Find at least 3 key points and decide which features you should compare
3. Decide how many paragraphs to write (2 paragrap)
4. Decide the overview it givens to overall picture of the information it often comes at the end ( satu kalimat kesimpulan/ informasi tentang grafik)
5. Write/ type your answer (15 minutes)
6. Allow few minutes to check your answer

C. Marking Consideration Task 1 (penilaian Writing Task 1) 

Checklist = memeriksa tulisan sebelum melanjutkan task berikutnya

1. Have you understood the task and data/diagram
2. Have you highlighted all the key points (memiliki poin yang akurat berdasarkan grafik dan data relevan)
3. Have you included important and relevant data
4. Is there an overview

2. Writing Task 2

Task focus:

1.To test the ability to present a clear, relevant, well organized argumentbby giving evidence or examples to support ideas
2. To test the ability to use language accurately

A. Dos
1. Read the carefully
2. Write in academic or semi formal/ neutral styles
3. Discuss all the questions or issues in the task
4. Write in full connected text
5. Provide reasons and examples from your experience to support your ideas (membuat essay sepersonal karena untuk menguji kemampuan dan mengekspresikan pendapat dan ide)
6. Use accurate spelling and punctuation (pelafalan dan tanda baca)
7. Write in paragraphs (hindari bullet dan phrases) 250 kata, 3/ 4 paragraf
8. Draw a logical conclusion
9. Spend no more than 40 minutes on task 2
10. Write at least 250/255 words
11. Be coherent and concise (tulisan harus jelas, ringkas, dan tersusun logis)
12. Check your writing

B. Donts
1. Use slangs and short forms (shouldnt/ I'm gonna) im going to
2. Use bullet points or note forms/ frasa pendek
3. Be off topic (keluar topik)
4. Write less/ longer than 250 words
5. Copy from another source - plagarize
6. Memorize answer
7. Copy the question/ topic of the task
8. Repeat your ideas
9. Use the same words multiple times

Tips:

1. Read the instructions carefully
2. Understand the questions and task
3. Decide what your opinion/ view is on this topic to what extend means how much you can agree/ disagree completely or can be both ( steps 1 - 3: 2 - 3 minutes)
4. Quickly brainstrom some ideas and write a plan/ outline
5. Decide how many pragraphs to write
6. Decide how to conclude your essay ? Steps 4 - 6 : 3 - 4 minutes) conclusion and introduction lebih pendek dari body paragraph
7. Write/ type your answer (14 menit/ 5 menit untuk check)
8. Allow 5 minutes to check your answer

C. Marking Consideration

1. Have you understood the task
2. Have you covered all the questions in the task
3. Is your position clear and consistent
4. Have you presented relevant main and supporting ideas
5. Have you drawn a logical conclusion

D. Writing Marking Criteria

1. Task achievement : telah menyelesaikan/ menjawab pertanyaan yang ada dan tulisan tidak keluar topik

2. Coherence and cohesion (cohesion: alur tulisan tulisan/ paragraf terhubung satu sama lain dan logis) dan (cohensiv device: menggunakan istilah moreover, however secara tepat, menggunakan first, second, third, finnaly, summarise, in short)

3. Lexical resource (kosakata beragam dan collocations& pilihan kata yang digunakan cukup untuk mendapatkan nilai lebih tinggi dan melengkapi task)

4. Grammatical range and accuracy (tata bahasa tidak hanya terbatas pada tenses didalam kalimat, juga bagian lain tata bahasa seperti beberapa kompleks kalimat, semakin tinggu kompleksitad bahasa inggris yang dipakai maka mampu menggunakan kalimat dengan struktur bahasa yang kompleks didalam kalimat, ketepatan dari pelafalan, tanda baca, penggunaan huruf kapital didalam tulisan mengecek deskripsi band score yang dipublikasikan secara online)
D. Speaking

Task focus:

1. Part 1 : introduction and interview
To focus on the ability to communicate options and information on everday topics and common experiences or situations by answering a range of questions

A. Sport and health
B. Art and music
C. Entertaiment
D. Colours
E. Nature
F. History
G. Your hometown or city
H. Information technology


2. Part 2 : long turn
Descibe an important historical building that you have seen or heard about. You should say :
A. What it looks like
B. Where it is
C. What its used for

And explain why this building is important (2 menit) visit this bulding, plan with this bulding

A. To test the ability to speak at length on given topic ( without further prompts from the examiner) 1 - 2 minutes
B. To test the ability to use appropriate language and organize ideas coherently

3. Part 3: Discussion
To focus on the ability to the express and justify opinions and to analyze, discuss, and speculate about issues (4 - 5 minutes)

1. The importance of history:

A. How important do you think its for people to have a sense of their country history?

B. In what ways can school ensure that children get some experience of their historical past?

C. Would you agree that older people tend be more interested in history than young adult?

2. Discovering historical items

A. What sort of activities can lead to the discovery of historical items?

B. What skills or abilities do you think an archeologist needs?

C. Do you think government should fund the archeological activities?

A. Dos
1. Be confident
2. Answer the questions accordingly
3. Use appopriate spoken language
4. Provide detail to support your ideas/ answer ( why this is important)
5. Use your experience and or common general knowledge to develop your ideas (goverment/ resources/ share inspring to topic)
6. In part 2, use the one minutes preparation time to draw the outline of your talk
7. In part 2, talk for 2 minutes ( show ability)
8. Draw your experience to complete the long turn
9. Be coherent and concise
10. Be fluent and accurate (spelling and grammar)
11. Control your tone, intonation, and rhythm
12. Be talkative
13. Use your imagination

B. Donts
1. Be panic
2. Be too emotional
3. Memorize your answer
4. Be monotonouz
5. In a part 2, talk less than 2 minutes
6. Repeat ideas without further relevant support or detail
7. Provide mainly short answers
8. Answer the questions without understanding them ask the examiner to clarify/ repeat the questions
9. Have too many pauses
10. Speak too fast or slow

C. Marking criteria
1. Fluency and coherence (first, second, third, moreover, so)
2. Lexical resource (big vocabularies/ big words ide)
3. Grammatical range and accuracy
5. Pronounciation

Apakah Itu SEO Dan SEM Dalam Digital Marketing


 1. UNDERSTANDING SEO


Proses agar website dapat terpilih oleh search engine untuk muncul dibagian atas. SEO tanpa biaya sehingga dapat mendapatkan channel marketing trafic yang murah untuk jangka panjang

SEO adalah proses jangka panjang kita harus mengukur, melihat, dan menganalisis performanya

SEM = search engine marketing = iklan di google. Jika ada tulisan Ad itu artinya harus membayar ke google setiap kali ada orang yang klik iklan tersebut. Memiliki Ads didepan listing di search engine/ mesin pencari

Digital marketing = skill, knowledge, research, new mindset, other skill

SEO penting dikuasi oleh digital marketing karena : rol paling tinggi, traficnya gratis, biaya beriklan lewat SEM terus meningkat

Mindset yang harus dikuasai:

A. Problem solving = problem utama digital marketing adalah problem dalam marketing atau pemasaran produk

Gimana cara meningkatkan penjualan, kompetitor

B. Data analisis dan critical thinking

C. Fast learning

5 langkah digital marketing campaign: planning, eksekusi, data gathering, data analisis, wawasan/insight

Proses SEO: 
A. Keyword research : Mengetahui apa yang market cari - keyword research
Keyword reserach and competitive research. Cara untuk mengetahui apa yang orang cari tentang bisnis kita dan apa yang kompetitor lakukan

B. on page optimization : cara membuat konten yang berkualitas dan hal2 teknis yang perlu dioptimize dalam on page optimizationmengoptimasi apa yang ada dalam website: konten, kecepatan, struktur navigasi

C. off page optimization : Off page optimization = mengoptimasi apa yang ada diluar/ mendapatkan rekomendasi - backlink - social media sharing. blacklink. White hat dan black hat

D. monitoring/ measurement analysis

Persyaratan seo spesialis = kemampuan campuran (mixed skills) otak kanan dan kiri, konten dan teknis

2. Mencari kata kunci yang tepat/ Research

output dari Keyword research adalah list keyword yang relevan dengan bisnis berserta average monthly search volume

A. Jenis Keywords berdasarkan purchase intent: 

A. Informational keyword- paling banyak pencarian (informasi) : cara membuat/ tips/ nama tokoh/ artis

B. Transactional keyword (money keyword) = keyword bernilai sangat tinggi untuk membeli (bisnis) - jual/beli/promo/murah/jasa3m

C. Navigational keyword : user sudah tahu websitenya - Branded

B. Keyword berdasarkan panjang kata:

A. Short tail = 1- 2 - 3 kata - jual casing
Memiliki pencarian yang lebih banyak, cenderung tidak memiliki purchase intent, persaingannya lebih sulit (blog/ informasi)

B. Long tail = lebih dari 3 = jual casing samsung galaxy s10 - bisnis. Rendah persaingan, lebih punya purchase intent (spesifik)

Kriteria keyword yang dijadikan target keyword: 
memastikan keyword yang ditargetkan relevan dengan bisnis dan seimbang

Langkah melakukan Keyword research: 

1. Tentukan seed keyword, lihat apakah hasil di google sesuai harapan dari penawaran bisnis/ website dan dari bertanya ke target user apa kata kunci yang dicari di google

2. Masukan seed keyword di tools/ validasikan

3. Dapatkan keyword dan search volume dari tools lalu masukan ke excel/ google sheet contoh: ubersuggest. Selain untuk keyword research tools ini bisa digunakan untuk competitor research

4. Lakukan analisis pilih keyword untuk dijadikan target keyword ke tools ini 

E. Dowloand hasilnya beserta keywords terkait dari keyword awal

5. Memvalidasi seed keyword (untuk mengetahui apakah ekspektasi google sama dengan user). Kompilasi hasilnya 

6. Hasil akhirnya berupa daftar keyword. Masing2 keyword akan memiliki page. Search volume = contoh 90 pencarian - mencari 3 = keyword yang paling banyak dicari

Gunakan incognito untuk search google

Competitive Research 

Tujuan akhir competitor research adalah mengetahui strategi SEO kompetitor

Manfaat/ hasil (outcome) : 
A. Siapa saja website yang jadi kompetitor/ daftar kompetitor

B. Keyword apa yang membuat mereka terlihat di google/ keyword yang mendatangkan traffic ke website ke kompetitor

C. Halaman apa yang mereka miliki yang mendapatkan traffic/ strategi konten kompetitor

D. Darimana saja kompetitor mendapatkan blacklinks

Proses yang perlu dilewati dalam competitor research:

A. Masukan target keyword ke search engine

B. Perhatikan top 3 - 5 dari setiap keyword

C. Buka satu persatu, lihat apa saja yang kompetitor tawarkan di website seperti title, deskripsi, URL, konten, fitur khusus, penawaran spesial, dsb

D. Buka uber suggest, masukan URL kompetitor. Menu2 di uber suggest menunjukan berbagai hal dari kompetitor:

A. Keyword : untuk melihat apakah keyword yang masuk ke website lain dan bisa mendapatkan ide keyword yang bisa ditambahkan lagi daftar keyword kita

B. Top Pages : untuk melihat pages yang paling banyak mendapatkan traffic

C. Blacklink : untuk melihat darimana saja blacklink website lain

3. ON Page Optimization

Terdapat 2 bagian yang perlu dilakukan dalam on page optimization : konten dan teknikal

Membuat Eatable, kualitas tinggi dan Unik:

Content On Page Optimization: membuat page Website yang dianggap paling bagus oleh google/ search engine. Kriteria bagus berdasarkan search engine evaluator guideline Google, bisa disingkat EAT:

1. Expertise/ Expert : website/ page memiliki konten yang lengkap komprehensif, detail, dan tidak bertele/ mudah di mengerti. Contoh (wikipedia)

2. Authoritative: website ter otorisasi & pemilik berhak menuliskan konten/ membahas topik (tripAdvisor, ruang guru, kesehatan)

3. Trusted: website terlihat terpercaya.
Misalnya dengan menggunakan template yang profesional, menggunakan HTTPS, ada costumer service 24 jam, dsb. Contoh (traveloka, cookped, tripadvisor, ruang guru)

Membuat konten yang menyaingi kompetitor

3 langkah membuat strategi konten yang Eat - able:

1. Identifikasi top competitors (3 -5)

2. Lihat satu persatu isi konten web kompetitor. Lihat outline/ sub topik konten, fitur website, servis/ penawaran, dsb

3. Bandingkan konten website kompetitor. 

4. Mengetahui isi/ data konten kompetitor dan membuat rancangan isi konten yang lebih baik

Memahami bagian teknikal SEO 7 hal teknis:

1. Meta Title: ranking faktor google. 
Tips : 

A. title/ setiap page harus unik/ menarik, tidak boleh ada 2 page dengan tittle yang sama 

B. Mengandung target keyword didepan.
title harus memiliki keyword yang ditargetkan( didepan kiri)

C. Title tidak lebih dari 50 - 60 karakter termasuk spasi dan nama brand di akhir

D. Tidak mengandung clickbait

2. Meta Description: meta tittle terbatas panjangnya, sehingga meta description melengkapi:

A. Menjual/ mengandung target keyword (akan dibold oleh search engine)

B. menggunakan target keyword. Alasan user harus klik yang dibandingkan kompetitor

C. Tidak lebih dari 150 - 160 karakter

3. URL: searcy engine & user mudah melihat jika website menarik/ mengerti isi page dengan melihat URL

A. Mengandung kata kunci
B. Jangan terlalu panjang 3-5 kata
C. Gunakan dash - untuk penggantian spasi

4. Internal Link: halaman yang beralih dari satu halaman ke halaman lain (wikipedia) karena membantu google untuk menemukan blog dan menghindari bounce. Gunakan target keyword halaman tujuan sebagai anchor text

A.Link bisa berbentuk kata didalam paragraph/ tulisan artikel terkait
B. Link bisa berupa tittle/ keyword dari halaman tujuan
C. Pertimbangkan jumlah internal link

5. Heading Structure: sebuah halaman website harus dibagi menjadi beberapa heading structure (sub judul)

6. Mobile Friendliness: mudah dan bagus diakses di mobile. Mobile first indexing. 

7. Fast Loading: optimasi kecepatan website. Page speed insight

Contoh: 
Www.Backlinko.com
Www.moz.com

4. Konsep dasar dari faktor luar website
Off page optimization. 

Tidak semua link sama dengan di mata search engine. Ada blacklink yang bisa meningkatkan ranking website hilang

Ada beberapa konsep penting tentang link:

A. Backlinks dari website populer bernilai lebih tinggi dari website antah berantah

B. Link dari domain yang baru lebih bernilai dari domain yang sudah ada

C. Link yang mendatangkan traffic user bernilai daripada link yang tidak mendatangkan user

D. Link yang ada di body artikel/konten lebih bernilai dibanding link yang ada di footer/ sidebar

E. Semakin sulit link didapat, nilainya semakin tinggi. Link yang mudah didapat biasanya lebih tidak bernilai. Contoh: 1000 link menggunakan software SEO jauh lebih sedikit nilainya dibanding 1 link dari Detik.com

F. Tidak ada garansi bahwa link tertentu akan memberikan posisi ranking satu


Black, White, Gray Hat

Expedia. Website hilang karena algoritma. Google sengaja menghukum pelaku SEO yang melakukan hal yang dilarang dalam hal off page optimization

A. Black hat = mengakali search engine dengan link yang tidak terlihat. Backlink berupa kata2 yang sama seperti keyword yang ditargetkan
Contoh :spam, comment, forum, link dari website yang hack, link yang disembunyikan dalam konten,link dengan kata kunci yang exact

+ = bisa mendapatkan banyak backlink dalam waktu cepat, harga murah

- = mudah naik dan turun, akan selalu dikejar oleh search engine

B. White hat backlink = didapatkan dengan tidak memberikan/ membeli uang kepada pemilik website lain/ senilai monetary value ke website lain
Contoh: rekomendasi dari website lain

+ = aman untuk jangka panjang dan tidak perlu khawatir akan hilang dari halaman google

- = butuh usaha, waktu, kesabaran, tetap butuh mengeluarkan uang

C. Gray hat = antara white dan black Hat. Tidak benar mengakali seperti Black hat, tetapi juga tidak benar tanpa uang seperti White hat. Impactnya terbukti.
Contoh : PBN (Private Blog Network), content placement di blogger, paid review/ endorsment

+ = lebih aman, mudah dan murah
- = masih ada resiko, semakin banyak yang melakukan google semakin tahu


Beberapa Strategi White Hat

A. Profil media sosial

B. Blog comments yang relevan dengan konten website kita

C. Guest posting. Menyumbang tulisan ke blog lain

D. User Generated Content Side ( kompasiana, indonesiana, kaskus)

E. Online Forum/ Q & A sites sesuai niche website

F. Menjadi seorang ahli/ Expert, lewat wawancara. 

G. PR (Public Relation) dan publikasi postif lainnya

H. Content Resources/ Tools yang bisa jadi referensi

I. Dari website stakeholder partner bisnis

J. Kualitas konten

White hat campaign membutuhkan biaya besar. Kreativitas & network

5. Tolak ukur dan analisis/ Measurement Analysis

Metric SEO:

A. Ranking 
Targetkan keyword di google. Setidaknya ranking harus ada trek naik dari waktu ke waktu
Keyword ranking tracker : memantau ranking keyword secara otomatis ke search engine 

B. Traffic/ pengunjung.
Jumlah pengunjung yang masuk harus meningkat dari waktu ke waktu

Memantau :
1. google analytics: google acquisition, channel overview, organic search

2. google search console: menu performances - lihat keyword yang menghasilkan traffic

C. Conversion : website ada transaksinya juga harus meningkat

Memantau : google analytic : pasang goal settings - koneksikan dengan conversion

Hal yang dilakukan selanjutnya:

Keyword research : mengetahui tentang apa yang orang cari di website

On page optimization = membuat konten berkualitas
Technical : memastikan bahwa tidak ada miss secara teknis

Off page optimization = mendapatkan backlink tentang website

Monitoring/measurument anaylisis

Complete guide to SEO: 
1. search engine journal
2. beginner guide to SEO by MOZ
3. Http://www.seoinpractice.com
4. Beginner guide to link building by Moz
5. Search engine watch