Kamis, 02 Oktober 2025

Buku Bittersweet ~ Mengapa Kesedihan dan Kehilangan Justru Membuat Diri Kita Runtuh



Tragedi memilukan terjadi di Sarajevo pada 28 Mei 1992. Sebuah kota yang memiliki 3 agama dimana orang muslim, Kroasia, Serbia dan terdapat masjid ottoman dan gereja ortodoks hidup berdampingan


Namun pada tragedi itu, para pasukan memutus aliran listrik dan pipa air bersih. Stadio yang didirikan tahun 1984 telah terbakar habis, gedung apartemen terkena serangan mortir, lampu lalu lintas padam


Seorang musisis bernama Vedran Smailovic, memiliki kisah pilu di saaat dia bermain cello ada tragedi yang menewaskan banyak orang yang mengantri di toko kue, dia mendedikasikan lagu adagio G minor untuk mereka


Sarajevo sebuah kota yang dibangun dilembah, dikelilingi gunung tempat penembak menjadikan warga kota kelaparan dan mencari roti sebagai sasaran


Kegigihannya ini membuat para musisi disana terketuk hatinya dan mulai mengirinya dengan membawakan lagu Albinoni


Manusia memiliki 4 humor, bahan cair dan saling berhubungan dengan temperamen berbeda : melanholic (murung), sanguine (bahagia), choleric (agresif), plegmatic (tenang). Orang yang stabil memiliki semuanya


Tragedi dalam hidup dihubungkan dengan kecemerlangan,mengobrak abrik peradaban, dan membangun kembali dari 0, dualitas yang sama muncul



Bittersweet terkait hasrat berkumpul, kerinduan untuk pulang


Sigmund freud menggolongkn melankolia sebagai narsisme dan masuk kelompok psikopatologi. Psikologi di arus utama memandang sebagai sinonim untuk despresi klinis


Bittersweet sebuah kekuatan, cara hidup, tradisi yang cerita senyap yang secara dramatis terlewatkan padahal penuh berisi potensi manusiawi


Melankolia merupakan tanggapan autentik dan membesarkan hati atas masalah mengapa hidup dalam dunia yang penuh dengan kekurangan tapi indah luar biasa


Watak bittersweet menunjukan cara menanggapi penderitaan: dengan mengakui dan berusaha mengubah menjadi suatu karya seni sebuah karya musik, penyembuhan dan inovasi atau apapun yang lain menjadi makanan untuk jiwa


Sikap mental sanguine choleric ini cenderung positif dan siap bertarung : pandangan hargai orientasi yang ceria dalam kehidupan pribadi dan penampilan marah yang bermoral. Sebaiknya tangguh, optimis, tegas, dan sebaiknya percaya diri untuk suarakan pikiran, skill personal untuk dapatkan teman dan pengaruhi orang


Sikap mental melancholic dapat terkesan negatif, tidak produktif dan terbenam dalam kerinduan. Sikap ini mendambakan sesuatu yang harus dialami atau mungkin kita alami


Seluruh hidup haruslah hidup yang penuh dengan kerinduan


Transendensi pribadi seperti rasa syukur dan keadaan flow meningkat pada masa transisi, saat terakhir dan kematian pada kondisi bittersweet dalam hidup


Penyakit lendir hitam merupakan asal usul melancholia



Sebelum anda mengenal kebaikan hati sebagai yang paling mendalam, harus mengenal kedukaan sebagai hal paling mendalam yang lain


Manusia memiliki 27 emosi berbeda. Alasan semua emosi terjadi untuk membuat keterhubungan dan kesedihan diantara semua emosi jadi agen pengikat pamungkas


Rasa takut sebagai pengaman, kemarahan untuk melindungi orang dari dimanfaatkan orang lain


Kesedihan memicu bela rasa dan membuat orang bersatu. Emosi memudahkan melihat seberapa besar kumpulan orang esksentrik


Kesedihan berasosiasi dengan naiknya gugahan psikologis, aktifkan tubuh untuk bereaksi melawan rasa kehilangan


15 - 20% mewarisi sebuah temperamen cenderung membuat mereka lebih bereaksi lebih kuat terhadap ketidakpastian dan hal baik dalam hidup


Manusia menempatkan bela diri di sisi positif dalam mistar emosi manusia, padahal jelas pandangan bittersweet menjadi proses kedukaan yang disarankan bersama - sam


Neurotisme rawan terkena sakit, cemas, depresi tapi bisa hidup lebih lama karna menjaga kesehatan


Transcenders: orang kurang bahagia dibanding orang yang kurang lazim disebut sehat. Mereka bisa lebih ekskatik, mudah bergairah, alami titik kebahagiaan lebih tinggi, cenderung merasakan kesedihan kosmis


Langkah pertama yang bisa dilakukan yakni rendah hati dengan melatih sikap hormat sederhana


Symposium dalam karya Plato: dahulu kita gabungan jiwa, 2 orang dalam 1 tubuh, terlalu mulia dan berkuasa dalam kesatuan itu sehingga membangkitkan ketakutan kalangan titan, sebabnya zeus memisahkan dan sekarang menjalani hidup



1 diantara kesalahan buruk yang pernah dibuat dalam hubungan dengan membayangkan tidak ada apapun yang lebih bijaksana atau lebih baik. Berhenti merindukan cinta tanpa syarat dari belahan yang hilang, berusaha menerima ketidaksempurnaan pasangan dan sebaiknya fokus memperbaiki diri


The antic romantic syndrome : membayangkan kekurangan sosok asing yang terkesan menarik


Mono no aware: banyak orang menghormati kedukaan bermatabat yang berasal dari simpati kepada kemalangan orang lain dan kepekaan terhadap ketidakabdian


Kerinduan memudahkan tubuh mencapai homeostatis: keadaan ketika emosi dan fungsi fisiologis ketika berada dalam keadaan optimal


Pothos : suatu hasrat mendalam akan hal indah yang tidak dapat dimiliki ( dahaga atas segala hal baik dan indah)


Sehnsuct: kekuatan penggerak dalam hidup dan karir


Yiddish kvelling : menggelembung karena bangga dan gembira atas seseorang/anak yang dikasihi



Budhimisme dimulai dengan pengamatan hidup adalah penderitaan atau bergantung pada penafsiran atas sansekerta dukha, ketidakpuasan


Penyebab penderitaan adalah ikatan ke nafsu (kekayaan, cinta posesif, dan sebagainya) dan kepada ketidaksukaan (sakit hati, rasa tidak nyaman, nyeri) 


Kebebasan datang ketika memadamkan keterikatan proses yang dimudahkan melalui pelatihan seperti pemuasan perhatian dan meditasi kasih sayang


Dalam gagasan keterikatan, kerinduan jadi tampak problematis


Ada 3 perjalanan menurut sufi dari Tuhan, masa mengingat, dalam Tuhan (energi/sumber daya)


Dalam Taoisme,dapat tingkatkan chi, daya hidup, dan dapat selaraskan diri dengan tao, energi utama dalam semesta. Dalam budhismisme, energi termasuk kesadaran murni dan para sufi menggunakan energi cinta, kekuatan paling dahsyat dalam penciptaan


Sebagian besar aspek yang membingungkan dalam cinta romantis adalah hubungan yang paling tahan lama yang telah dimulai dengan keyakinan bahwa kerinduan yang sekarang telah terpuaskan


Emosi negativ dan kesedihan berkorelasi dengan kreativitas


Suasana hati sedih cenderung menajamkan perhatian, suasana hati membuat lebih berfokus dan orientasi terhadap detail, emosi sedih tingkatkan memori, mengoreksi bias kognitif


Kreativitas siratkan skill untuk untuk memandang kepedihan sebagai fakta, memutuskan mengubah menjadi sesuatu yang lebih baik


Upaya ubah kepedihan menjadi keindahan menjadi salah satu katalisator besar dalam ekspresi olah seni


Suasana hati membuat lebih berfokus dan orientasi terhadap detail, emosi sedih tingkatkan memori, mengoreksi bias kognitif 


DHEAS : hormon yang memberikan perlindungan terkait depresi dengan menekan efek hormon stres seperti kortisol


Orang yang menerima tanggapan negatif memiliki kadar DHEAS rendah


Kemalangan menimbulkan kecenderungan menarik diri ke dunia imajinasi yang lebih dalam



Memandangi karya seni yang indah meningkatkan aktivitas pusat dalam otak yang memberi kepuasan sebagai hadiah


Pengalaman transenden diri ditentukan oleh keadaan mental transien yang melibatkan perasaan keterhubungan dan self loss yang mana juga jadi pemicu kreativitas


Oceanic feeling, sensasi keabadian berhubungan dengan kebanggan diri sendiri, perilaku prososial, kesan tentang makna yang lebih kental, penurunan tingkat despresi, kepuasaan dan kesejahteraan lebih besar, berkurangnya ketakutan terhadap kematian, dan kesehatan psikologis menyeluruh


Perubahan karier, perceraian, dan ajal akan membuat seseorang memahami makna, merasakan persekutuan dan persatuan, dan alami transisdensi


Dalam kepedihan menemukan nilai dan dalam nilai menemukan kepedihan


ACT (Acceptance and Comitmen Theraphy) ajari orang menerima pikiran dan perasaan, termasuk memandang semua itu tanggapan sesuai dengan tantangan hidup, termasuk kesusahan tertentu masing2, penderitaan sumber informasi



5 skill meliputi penerima terhadap kepahitan. Pertama, akui bahwa kehilangan itu telah terjadi. Kedua, menerima emosi yang menyertainya. Ketiga, menerima semua pikiran, perasaan, memori yang bahkan tidak diharapkan dan sesuai. Keempat, berharap merasa kelimpahan. Kelima, mewaspadai pikiran tidak bermanfaat


Kehilangan menjadi peluang membawa sesuatu yang bermakna dalam kehidupan dijalani


Metta menggunakan bahasa terapi penerimaan dan komitmen, salah satu bentuk arti komitmen dan hubungkan diri dengan apa yang penting


Cinta adalah obat penangkal rasa takut


Rasa takut membuat ciut dan waspada. Cinta membuka diri


Tirani positivitas berpangkal dari kurangnya penghargaan terhadap akal sejarah


Kegagalan mendapatkan uang disebabkan kesalahan yang berpangkal dalam watak seseorang


Effortless perfection: tekanan untuk tampil seperti pemenang, tanpa kerja keras, manifestasi banyak, menutupi kendala kekalahan, kegagalan atau melankolia


Ketangkapan emosional : proses membiarkan emosi sulit dan berpikir bebas, hadapi dengan berani dengan bela rasa, dan melewati untuk memicu perubahan dalam hidup


Ketika emosi dikesampingkan atau diabaikan justru bertambah kuat, hal yang disebut amplifikasi


Semakin menerima proses pembentukan diri, maka semakin baik peluang untuk mengelolanya


Menulis ekspresif mendorong memandang kesialan bukan sebagai kekurangan yang membuat tidak berjodoh dengan sukses duniawi atau surga melainkan benih pertumbuhan



Teori manajemen error: ketakutan terhadap kematian mendorong tribalisme atau pembentukan suku dengan bangkitkan keinginan menyamakan diri dengan identitas kelompok tampaknya akan berumur lebih lama


Imortalitas bebaskan ketakutan terhadap kematian, dukung keharmonisan, tidak terlalu nasionalistis, dan lebih terbuka terhadap orang luar


Kehidupan sejati ketika segala sesuatu berjalan baik, kekecewaan, sakit, dan penyimpangan dari jalan utama


Kesusahan dapat pengaruhi tubuh pada tingkat seluler yang diwariskan dari 1 generasi ke generasi selanjutnya


Trauma dapat sebabkan perubahan fisik jangka panjang, termasuk rangkaian saraf otak, sistem saraf simpatetik, saraf imun, dan hypothalamic pituitary adrenal axis


Perubahan epigenetik terhadap gen yang pengaruhi skizofrenia, gangguan bipolar, asma


Environmental epigenetics bukan mendukung diskusi tentang kemungkinan ketangguhan, adaptabilitas, mutabilitas dalam sistem biologis yang dipengaruhi stres