Bagi
seseorang seniman, masalah terbesar yang harus diatasi adalah bagaimana caranya
menarik perhatian
Kreativitas
bukan bakat melainkan kerja
Berkaryalah
sebagus mungkin supaya tidak diabaikan maka orang akan datang untuk melihat
karya kita (Steve Martin)
1. Tidak
Perlu Menjadi Genius
A. Temukan
satu scenius
Berikan
yang kamu punya, bisa jadi bagi seseorang itu berguna melebihi dugaanmu (Henry
Wadsworth Longfellow)
Ada
jalan untuk memandang kreativitas disebut scenius oleh musisi Brian Eno: dengan
cara ini gagasan besar seringkali dilahirkan sekelompok orang kreatif, seniman,
kurator, pemikir, perumus teori dan trendsetter lainnya yang membangun zona
orang berbakat.Scenius tidak mengambil apapun dari pencapaian orang jebat tapi
menyadari bahwa karya bagus tidak muncul begitu saja dan kreativitas selalu
berkolaborasi hasil pemikiran terkait dengan pemikiran lainnya
Hal
yang menarik dari konsep scenius karena adanya pemberian ruang dalam
kreativitas terutama untuk orang yang tidak menganggap dirinya jenius. Menjadi
scenius berarti menunjukkan kontribusi, gsgasan, kualitas hubungan dengan orang
lain, dan percakapan
Saat
melupakan masalah genius dan lebih memikirkan cara mengembangkan dan
berkontribusi pada scenius, kita dapat menyesuaikan harapan dengan menerima.
Kita akan mempertanyakan dan mulai mempertanyakan apa yang bisa disumbangkan.
Internet
merupakan scenius yang saling terhubung, tanpa mengindahkan lokasi fisik.
B. Jadilah
Amatir
Begitulah kita semua: amatir umur
kita terlalu pendek untuk menjadi yang lain (Charlie Chaplin)
Amatir atau Ameteur (Prancis) berarti
pencinta. Orang yang biaanya suka melakukan sesuatu atas dasar kesenangan,
memperjuangkan karya dengan semangat tanpa menghiraukan kesuksesan, uang atau
karier yang biasanya di dapatkan oleh para profesional. Para amatir bersedia
membagikan hasil, mencoba apapun, berani bereksperimen, dan mengikuti naluri,
kadang dalam proses mengerjakan sesuatu secara tidak profesional akan menemukan
hal baru
Dalama benak pemula ada banyak kemungkinan
(Rahib Zen Shunryu Suzuki) kemungkinan itu hanya sedikit di benak para pakar
Amatir bahkan tidak takut salah atau
tampak memalukan di depan umu, mereka tidak ragu melakukan pekerjaan dianggap
orang konyol atau bodoh.
Hal yang paling menggelikan dalam
tindakan kreatif tergolong tindakan kreatif (Clay Shirky)
Orang amatir mereka hanya orang biasa yang
terobsesi pada sesuatu dan menghabiskan waktu untuk memikirkannya
Penulis
David Foster Wallace menyatakan pendapatannya mengenai buku nonfiksi yang
merupakan kesempatan untuk mengamati seseorang yang cukup cerdas dan berpikir
mendalam mengenai berbagai hal daripada yang sempat dilakukan dalam keseharian
Terkadang
amatir mampu mengajarkan lebih banyak daripada seorang pakar
Sering
terjadi dua pelajar dapat mengatasi kesulitan saat berkarya melebihi ahlinya
sendiri (C.S. Lewis)
Cara
terbaik untuk mulai membagi karya adalah memikirkan hal yang ingin dipelajari
dan berkomitmen mempelajarinya melebihi apapun. Temukan satu scenius,
perhatikan yang orang lain bagi, catat yang tidak mereka bagi, cermati
kekosongan yang dapat diisi dengan usaha sendiri, walau sulit memulainya,
jangan cemaskan uang atau karir dari sesuatu yang ingin dicapai, lupakan
keinginna menjadi pakar atau profesional, dan hayati keamatiran.
C. Tidak
akan menemukan suara jika tidak menggunakannya
Temukan suara, teriakkan dari atap
dan lakukan terus sampai orang yang mencari menemukan (Dan Harmon)
Hampir segala hal ekspektasi dari
luar, harga diri, takut malu atau gagal berguguran di hadapan maut yang tersisa
hanya hal terpenting, mengingat mati adalah cara terbaik untuk menghindari
jebakan akan adanya kerugian (Steve Jobs)
2. Pikirkan
proses bukan hasil
Kebanyakan orang Cuma melihat pencapaiannya saja.
Mereka tidak pernah peduli pada tahap yang dilalui untuk mencapai hasil
(Michael Jackson)
Bagi semua orang yang melihat karya yang terpenting
adalah produknya, karya seni yang sudah jadi (David Bayles and Ted Orland dalam
buku Art and Fear)
Detail dalam berkarya sungguh tidak menarik bagi
khalayak (Bayles and Orland) karena semua itu hampir tak tampak atau diketahui
ketika mengamati karya yang sudah jadi
Kebanyakan penulis terutama penyair lebih suka
dianggap berkarya oleh sekelompok penggemar fanatik dan takut jika masyarakat
luas mengintip ke balik layar (Edgar Allan Poe)
Untuk terhubung dengan banyak orang, kita harus
terlihat benar – benar terlihat (Brene Brown)
Cara menunjukkan karya jika tidak ada yang
diperlihatkan:mengambil potongan dan sisa proses bentuk menjadi media menarik
yang dapat dipublikasikan, arsipkan sesuatu yang dikerjakan serta miliki jurnal
kerja, tuliskan pemikiran di buku catatan atau simpan dalam bentuk rekaman,
beli scrapbook, sering memotret karya di berbagai tahap proses, rekam diri saat
bekerja, dokumentasikan untuk catatan bukan untuk menjadi karya, manfaatkan
semua peranti yang murah dan mudah digunakan seperti studio multimedia yang
bisa dioperasikan di Hp
3.
Berbagilah hal kecil setiap hari
Publikasikan diri dan karya setiap hari maka akan bertemu orang hebat
(Boby
Solomon)
A. Sebarkan
kabar harian
Jika sedang mengerjakan proyek, tulis metode atau
sebarkan karya yang setengah jadi. Jika proyek sudah selesai maka tunjukkan
hasil akhirnya yang telah dipelajari, bila banyak proyek yang dipublikasikan
maka bisa melaporkan perkembangan, bercerita tentang interaksi masyarakat
dengan karya
Kabar harian menunjukkan sesuatu yang sedang
dikerjakan
90% dari segala hal sebenarnya jelek (Theodore
Stutrgeon)
Kadang kamu tidak tau potensi sendiri, sekali pernah
tau padangan orang tentang karya agar potensi muncul (Wayne White)
Satu hal saja setiap hari kedengarannya sederhana,
memang sederhana, tapi tidak mudah, butuh dukungan dan rencana cermat (Russell
Brand)
B. Test
So What
Tidak perlu ungkapkan semua kata pilih dan tentukan
setiap kata (Dani Shapiro)
C. Ubah
arus menjadi stok
Bila mengerjakan sesuatu sedikit demi sedikit tiap
hari akhirnya hasilnya banyak (Kenneth Goldsmith)
Stok adalah konten yang dihasilkan dan dibagikan 2
bulan lagi atau bahkan 2 tahun
Stok bisa dihasilkan dengan mengumpulkan, menata dan
memperluas arus. Ketika berbagi rutinitas harian maka harus memperhatikan tema
dan tren yang muncul dari sesuatu yang dibagi dan akan melihat pola dalam arus
tersebut ketika mendeteksi pola maka harus mengumpulkan potongan lalu mengubahnya
menjadi sesuatu yang lebih penting dan mengubah arus menjadi stok
D. Bangun
nama (domain) yang bagus
Gali
ruang untuk diri di internet dan menjadi investasi dimana bisa berekspresi dan
berbagi karya (Andy Baio)
Jangan
anggap web sebagaii mesin promosi tapi sebagai mesin penemuan diri. Isilah web
dengan karya dan ide juga hal yang dianggap penting
Bangun
nama baik, usahakan tetap bersih, jangan berkompromi dan memikirkan uang,
kesuksesan, utamakan berkaya yang bagus dan jika bisa membangun nama baik, uang
akan menyusul (William Burroughs)
4. Bukalah
Koleksi
Bila
suka menimbun akan terperangkap, jadi orang membosankan, memberikan semua yang
dipunya, akhirnya terpaksa mencari waspada, mengisi lagi, semakin banyak
memberi semakin banyak yang kembali (Paul Arden)
Kualitas
setara dengan koleksi rekaman (DJ Spooky)
A. Tidak
ada kesenangan yang salah
Lakukan yang terbaik dan biarkan diri terhubung dengan
orang lain (Jeff Jarvis)
5. Ceritakan
yang baik – baik saja
A. Karya
tidak bicara sendiri
Cerita mampu mendorong nilai emosional hingga efek
dari nilai subjektif apapun dapat diukur secara objektif (Joshua Glenn dan Rob
Walker dalam buku Significant Objects)
Gambar mampu menyatakan apapun yang diinginkan
B. Struktur
itu nomor Saturday
Alur cerita milik dan harmoni: tokoh di zona nyaman,
mereka menginginkan sesuatu, menghadapi sesuatu tak biasa, beradaptasi,
mendapat yang diinginkan, kehilangan sangat besar, kembali ke situasi lazim,
berubah
Bagian terpenting dari cerita adalah strukturnya rapi,
kuat dan logis, cara kerjanya mulai terlihat, bisa mulai mencuri struktur
cerita, lalu mengisinya dengan karakter, situasi, dan latar kehidupan sendiri. Banyak
struktur cerita dapat diambil dari mitos dan dongeng
Pelajari kisah bagus dan temukan kisah sendiri, cerita
akan membaik semakin sering menyampaikannya
C. Bicarakan
diri di pesta
Sampaikan yang sebenarnya, ceritakan dengan wibawa dan
penghargaan lepada diri sendiri. Berempati kepada pendengar
Apapun yang dibicarakan selalu membahas diri sendiri
(Alison Bechdel)
6. Ajarkan
yang kamu tau
Apapun yang tidak diberikan akan hilang, saat buka
simpanan yang ada hanya abu (Annie Dillard)
Jadikan orang lebih baik di bidang yang mereka
inginkan (Kathy Sierra)
Sisi bagus mempublikasikan buku adalah menghasilkan
interaksi dengan orang yang bisa dimintai pendapat sebelum menulis (Christopher
Hitchens)
7. Jangan
jadi manusia penyampah
Ketika seseorang merasa di dengarkan akan memberi tau
berbagai hal (Richard Ford)
A.Diam
dan mendengarkan
Bila ingin diperhatikan maka harus
memperhatikan. Diam dan dengarkan sekali – kali, cermatlah, berhati – hatilah,
jangan menjadi manusia penyampah, jadilah simpul terbuka
Kamu
ingin mengikuti dan diikuti orang yang memedulikan hal sama, sesuatu yang
diciptakan bersama, sesuatu yang menyangkut hati dan pikiran, bukan penglihatan
(Jeffrey Zeldman)
B. Kamu
ingin hati bukan mata
Berhenti
memikirkan berapa banyak yang menjadi follower tapi pikirkan kualitas
Menarik adalah
membuat penasaran dan memberi perhatian, juga menerapkan pancaran minat yang
berkelanjutan, kalau ingin menarik maka harus tertarik (Lawrence Weschler)
Buat sesuatu yang
disukai lalu akan menarik orang yang menyukai hal semacam itu
C. Test
Vampir
Apapun yang
menyemangati lakukan, apapun yang menguras energi, hentikan (Derek Sivers)
Test vampir, cara
mudah untuk mengetahui siapa yang dibolehkan keluar masuk dalam hidup kit, jika
setelah bersama seseorang merasa lelah dan lunglai maka orang itu vampir. Test
Vampir bisa diterapkan di banyak hal dalam hidup bukan hanya orang berlaku
dalam pekerjaan, hobi, tempat, dan lain – lain jika bertemu dengan vampir maka
lupakan
Bagian dari proses
kreatif adalah menemukan bidang dimanapun tapi jangan cari di tempat yang salah
(Henry Miller)
Yang tepenting
adalah menyimak, perhatian itu visual, perhatian menghubungkan dengan orang
lain (Susah Sontag)
D. Bertemulah
di dunia nyata
8. Belajarlah
menerima pukulan
A. Biarkan
mereka berkomentar terus
Semakin banyak
orang yang menemukan karya kita semakin banyak kritik yang dihadapi, cara
menghadapinya:
-
Santai dan bernapas
-
Tegakkan kepala. Sebarkan banyak karya.
-
Mengelak. Kita tidak bisa mengendalikan
jenis kritik yang diterimaa tapi bisa mengontrol reaksi
-
Lindungi bagian rapuh. Jika ada karya yang
terlalu sensitif atau berarti untuk dihadapkan pada kritik, sembunyikan
Memasakan diri
menyembunyikan rasa malu termasuk bunuh diir, jika seumur hidup menghindari
risiko maka tidak akan pernah dikenal orang (Colin Marshall)
-
Jaga keseimbangan. Abaikan anggapan semua
orang tentang kita dan hanya pendulikan pendapat orang yang tepat (Brian
Michael Bendis)
B. Jangan
ladeni provokator
Langkah pertama dalam evaluasi umpan adalah menulai
sumbernya
Provokator adalah orang yang tidak berminat
memperbaiki mutu karya kita da hanya mengucapkan sarat kebencian, menyerang
atau mengesalkan. Provokator bisa muncul dari tempat manapun
9. Juallah
A. Bahkan
renaisans butuh dana
Seniman dituntut
menghasilkan uang tapi dibenci ketika itu terjadi
B. Pungut
bayaran
Jangan ragu menetapka harga tentukan
nilai yang sepadan
C. Simpan
mailing list
D. Berkarya
lebih banyak untuk diri sendiri
Ada satu titik dalam hidup seseorang
ketika peduli soal laris dan tidak (Dave
Eggers)
Risiko terbesar justru ada di dalam
keadaan yang tidak berubah (John Coltrane)
Ambisius, tetap sibuk, berpikir lebih
besar, perluas audiensi, jangan terbelenggu hanya demi lebih pasti atau takut
atau tidak laku, coba hal hal baru, bila kesempatan datang dan membuat berbuat
lebih di bidang yang diinginkan, terima tapi jika kesmepatan yang datang
berarti lebih banyak uang tapi jenis pekerjaan tidak disukai maka tolak saja
Tak ada
kesengsaraan dalam seni, semua seni berarti mengiyakan dan semua seni
menyangkut pembuatannya sendiri
E. Teruskan
kebaikan
Masalah terbesar kesuksesan adalah dunia berkonspirasi
menghentikan melakukan hal yang dikerjakan karena kita telah berhasil (Neil
Gaiman)
Kita harus bersikap dermawan tapi juga perlu egois
agar pekerjaan selesai
Yang terpenting, sadarilah bila kesuksesan
menghasilkan keberuntungan dan seiring dengan itu timbul kewajiban, berutang
dan bukan hanya kepada Tuhan, berutang kepada yang kurang beruntung (Michael
Lewis)
10. Bertahanlah
A. Jangan
pernah berhenti berkarya
Kita tidak bisa merencanakan apapun, hanya
menyelesaikan kerja
Setiap hari tanpa harapan atau putus asa (Isak
Dinesen)
Kerja tak pernah selesai, hanya ditelantarkan (Paul
Valery)
B. Tancap
gas
Jadikan akhir satu
proyek sebagai amunisi baru, kerjakan yang didepan mata, lalu tanyakan yang
terlewat, perbaiki atau hal yang belum tercapai langsung mulai proyek baru
Kita bekerja
karena ini saling berkaitan, setiap titik menuju yang selanjutnya (Charles
Eames)
C. Pergilah
supaya bisa kembali
Saat berhenti
menginginkan sesuatu, kamu mendapatkannya (Andy Warhol)
Menurut Stefan
Sagmeister seseorang mengabdikan 25 tahun pertama hidup untuk belajar, 40
berikutnya untuk bekerja, dan 15 terakhir untuk pensiun
3 titik penting
untuk menenangkan pikiran dan istirahat dari hidup:
- Pergi
– pulang kerja. Situasi ini terjadi 2 kali sehari dan memisahkan kehidupan
kerja dengan rumah
- Olahraga
- Alam
Jika tidak pernah
mulai kerja maka tak pernah selesai kerja
D. Mulai
lagi
Ketika membuang
karya laam maka memberi ruang untuk karya baru