Jumat, 18 Februari 2022

Buku Unlimited Memory:

 




Memori adalah sebuah cara untuk menyimpan hal yang dicintai, hal yang menunjukkan jati diri, hal yang tidak pernah ingin dilepas

 

Terobosan dalam hidup datang ketika menyadari bahwa dapat belajar apapun yang perlu dipelajari untuk mencapai target apapun yang ditetapkan bagi diri sendiri, ini berarti tidak ada batasan bisa menjadi apa, memiliki apa, atau melakukan apa

 

Memori adalah perekat yang menyatukan kehidupan semua terkait diri saat ini adalah hasil dari memori. Memori tempat berjalannya kehidupan jika tidak memiliki memori, tidak akan mampu belajar, berpikir, memiliki kecerdasan, menciptakan, tidak akan mampu membangun pengalaman di bidang apapun karena pengalaman hanyalah sekumpulan ingatan, hanya ketika dapat mengingat informasi, dapat membuat infromasi menjadi bagian akhir hidup

 

Daya ingat berarti menyimpan apa yang telah dipelajari

 

Apabila membuat satu keputusan, memerlukan fakta, jika fakta ada diotak, fakta siap digunakan jika semua fakta ada di Google tidak akan membuat keputusan yang tepat seketika itu juga. Tidak menyimpan informasi di otak bersifat merugikan dan dapat menimbulkan rasa malu dan penilaian buruk

 

Memori adalah fondasi kehidupan, memori menentukan kualitas keputusan berarti menentukan seluruh kehidupan

 

Belajar, kemampuan untuk mendapatkan informasi baru dan memori adalah landasan dari semua pembelajaran, jika tidak ada memori lakukan hanya  melempar informasi ke lubang yang dalam dan tidak pernah terpakai lagi. Banyak orang tidak mengingat kembali apa yang mereka ketahui dan mereka terus belajar

 

Jika meningkatkan kinerja memori, berarti meningkatkan semuanya dapat mengakses informasi dengan lebih cepat dan lebih mudah, menciptakan peluang besar bagi koneksi dan relasi. Semakin banyak fakta dan memori yang disimpan dengan rapi dalam otak, semakin berpotensi untuk membuat kombinasi yang unik dan koneksi, memori bertambah juga meningkatkan kecerdasan mendasar karena kecerdasan didasarkan pada semua kejadian, orang dan fakta yang dapat diingat. Semakin banyak yang diingat, semakin banyak yang mampu diciptakan dan lakukan karena pengetahuan faktual selalu harus dimiliki sebelum memiliki keterampilan, informasi hanya bisa dimanfaatkan dengan informasi yang lebih banyak lagi, jadi semakin banyak diketahui semakin mudah untuk mengetahui lebih banyak lagi

 

Ada dua pilihan dalam memori, pilihan pertama, memori tidak bisa ditingkatkan, tidak bisa melakukan apapun untuk mengubah kemampuan sejak lahir

 

Memori hanya sebuah kebiasaan dapat ditingkatkan dengan jenis latihan dan praktik yang tepat. Untuk menguasai memori diperlukan cara pikir berbeda

 

Dimanapun berada, pikiran harus ada disana

 

Orang yang belajar cepat hanya fokus pada informasi dan keterampilan penting, semua alasan tidak penting dan semua alasan itu adalah virus pikiran. Alasan membuat berhenti berkonsetrasi dan memberi perhatian ketika memberi alasan agar tidak mempelajari hal baru, memblokir fokus dan energi sendiri, kemana perhatian terpusat, ke sana energi mengalir

 

Alasan digunakan orang untuk mengingkari kemampuan mereka sendiri :

1. Tdak berdaya. Tidak cukup cerdas, bukan bakat, tidak punya waktu mempraktikkan informasi, tidak diwarisi baakr untuk memiliki memori bagus, semakin tua memori sudah tidak bisa diutak atik lagi

 

2. Menyalahkan orang lain. orangtua selalu mengatakan bodoh, butuh dukungan untuk mengembangkan berbagai keterampilan ini, mustahil punya emosi negatif tanpa menyalahkan seseorang atau sesuatu, bebaskan pikiran sellau punya dua pilihan terkait kehidupan dan pengalaman dapat mengambil hikmah darinya atau menyalahkan pilihan ada ditangan

 

3. Terlalu membuat stres. Terlalu banyak yang harus dipelajari, mengubah pemikiran, buku menuntut terlalu banyak hal

 

Bersikukuh tentang keterbatasan, maka keterbatasan akan melekat dalam diri sendiri. Jika mempercayai keterbatasan kehidupan akan sangat terbatas. Meningkatkan kinerja memori dan konsentrasi tidak hanya tentang apa yang perlu dilakukan leboh banyak, ini juga terkait dengan apa yang perlu di kurangi untuk dilakukan, jika secara konsisten mengubah pendekatan dan meningkatkan keinginan untuk mempelajari informasi ini akan menguasainya

 

Lakukan sekarang:

1. Jika terus – menerus mempertahankan berbagai alasan akan seperti apa kehidupan 5 tahun ke depan

 

2. Akan menjadi seperti apa tanpa alasan, jalani semua pembelajaran dengan pola pikir baru ini

 

3. Semua keterbatasan hanya alasan. Itu bukan kenyataan

 

4. Mana yang lebih penting mencari alasan untuk tidak merasakan potensi atau menjadi diri yang terbaik

 

5.  Mengapa Penting untuk belajar memberdayakan memori, pikirkan dan tuliskan sebanyak mungkin alasan untuk menjawab mengapa, kita membutuhkan why power, kekuatan alasan mengapa menginginkan sesuatu, bukan hanya willpower,tekad

 

Pikiran adalah batasannya. Selama pikiran bisa membayangkan fakta bahwa dapat melakukan sesuatu dapat melakukannya, selama meyakininya 100%

 

Keyakinan tentang apa yang mampu dilakukan oleh konsentrasi dan memori bisa menjadi versi terbatasan sendiri tentang kenyataan, banyak orang tidak pernah merasakan potensi mereka yang sebenarnya karena mereka memutuskan untuk menerima hanya pandangan terbatas tentang apa yang bisa mereka lakukan

 

Keyakinan bukan kenyataan keyakinan adalah selalu memercayai. Keyakinan adalah panduan bagi perilaku. Jika ingin meningkatkan kinerja memori dan konsentrasi, harus menciptakan sistem keyakinan yang mampu mendukungnya

 

Kita punya kebebasan untuk memilih apa yang ingin difokuskan dan pada akhirnya, fokus ini akan menentukan keyakinan yang melekat dalam diri

 

Keyakinan adalah sebuah rasa kepastian dan apa yang diyakini akan mewujud nyata. Keyakinan dan pikiran menghalangi konsentrasi dan daya ingat. Kondisi negatif yang dialami tidak akan bisa di dobrak dan diubah kecuali jika memutuskan untuk memikul tanggung jawab dan mengubah pikiran yang terus – menerus masuk ke benak kita. Setiap pikiran bersifat kreatif, pikiran berkekuatan untuk membangun dan menghancurkan

 

Ketika menggunakan ungkapan ragu sedang menetapka standar, standar menjadi ekspektasi dan pada akhirnya menjadi ramalan terwujud sendiri, keyakinan terbatas mengekang, pikiran terus menjerat dan menghalangi belajar sesuatu yang baru, keyakinan bisa menggerakan atau menghentikan, setiap pikiran dna setiap kata membuat berhasil atau menjadi musuh dan setiap pikiran yang dipastikan sebagai kebenaran dan terus berlipat ganda menjadi keyakinan. Ketika mengubah keyakinan berarti mengubah bangunan mental dan karenanya kehidupan dengan kata lain meyakini apa yang diajarkan kepada kita untuk dipercayai, tidak mempertanyakan keyakinan karena tidak ingin meragukan sumber. Menanyai diri sendiri siapa yang diragukan dengan mengubah keyakinan tentang pikiran, konsentrasi, dan memori lalu mengapa berpikir ini benar? Orang cenderung menganggap keyakinan mereka mutlak benar tapi keyakinan hanya berlaku untuk mereka. Hanya karena tidak dapat melakukan sesuatu dengan baik, tidak berarti hal itu mustahul. Kenali keyakinan yang membatasi diri dan bertanya bagaimana jika hal itu tidak benar sama sekali dan ingat batas dalam sistem keyakinan akan selalu menghalangi untuk melihat alternatif lain yang seharusnya jelas terlihat. Jika memilih mengubah keyakinan inilah cara dapat melakukannya

 

Pertama 80% dari mengubah apapun adalah tentang mengapa ingin berubah dan hanya 20% yang terkait dengan bagaimana melakukannya harus bertanggung jawab caranya harus ada alasan mengapa ingin berubah dan ambil keputusan bahwa memang ingin mengubah keyakinan. Kedua, pertanyakan keyakinan, beberapa hal yang sebelumnya diyakini sepenuh hati kini tidak mempercayai lagi, karena meragukan. Ketiga, ciptakan keyakinan baru dan pikirkan pengalaman riset dan pikiran untuk memperkuatnya, ketika mengubah keyakinan, membiarkan diri merasakan lebih jauh potensi dan menciptakan peluang baru. Keempat, seringlah gunakan keyakinan baru itu dan jadikan keyakinan baru bagian dari identitas

 

Keyakinan hanya serangkaian cerita yang telah dianggap benar tentang diri sendiri putuskan saja untuk mengubah cerita

 

5 keyakinan pokok yang dapat dipakai :

 

1. Terlahir dengan konsentrasi dan memori luar biasa. Jangan mendiamkan sejenak pemikiran terhambat meraih suatu pencapaian karena tidak memiliki bakat atau kemampuan melekat sejak lahir, membutuhkan kesediaan untuk belajar, metode dan disiplin diri

 

2. Peningkatan memori itu penting. Orang sukses meyakini mereka lakukan itu penting dan layak untuk dilakukan, dengan keyakinan ini orang bergerak dari rasa tertarik menuju komitmen, semua yang dilakukan, katakan, dan pahami terkait dengan memori. Memori adalah fungsi mental yang penting jika meningkatkan memori kehidupan menjadi lebih baik

 

3. Punya kemampuan yang luar biasa, memori tak terbatas. Pikirkan betapa banyak data yang telah disimpan dalam memori (angka,cerita, lelucon, kata, nama, tempat) pikirkan betapa hebatnya ingatan yang dibutuhkan hanya untuk bercakap. Harus mendengarkan memaknai apa yang baru saja di dengar, dan mencari data dalam ingatan untuk merespons

 

4. Tak ada kegagalan hanya ada umpan balik. Perhatikan memori ketika melakukan hal yang benar, salah satu cara terbaik untuk memperkuat keyakinan adalah dengan menanyai diri sendiri, orang hanya fokus pada masa ketika memori menjadi tidak beres, memori jadi melemah, fokus pada kekuatan dan ubah pendkeatan ketika umpan balik atau hasilnya tidak sesuai keinginan

 

5. Tidak tahu sama sekali. Menganggap mengetahui segala hal yang ada untuk memahami sesuatu sesungguhnya bukan hal benar, sebab sikap ini menghambat untuk belajar suatu hal baru, dengarkan dan curahkan perhatian pada sudut pandang lain dan terimalah perubahan serta hal baru, biarkan informasi mendatangi buka semua sumber untuk menerima informasi

 

Lakukan sekarang

1. Kenali keyakinan yang membatasi diri

 

2. Pertanyakan keyakinan dan tanya drii snediri apa pembatasan berarti tidak dapat meningkatkan konsentrasi dan memori berarti tidak mau menyisihkan waktu untuk meningkatkan konsentrasi dan memori

 

3. Hal lain apa yang diyakini mengenai pikiran dan potensi

 

4. Jika tidak suka bagaimana keadaannya, ubah saja

 

Konsentrasikan pikiran pada tugas yang sedang ditangani saat ini, sinar matahari hanya bisa membakar ketika dipusatkan ke satu fokus

 

Otot bisep adalah sesuatu yang dimiliki sejak lahir. Konsentrasi terdiri atas banyak pilihan yang secara konsisten dilatih. Riset tentang otak sehari – hari memberi tau hal baru, orang yang membatasi perhatian mereka masih menggunakan model otak tidak bisa dirubah. Kita mencemaskan dan memfokuskan perhatian pada sejuta hal yang sebenarnya dapat ditunda sampai tiba waktu yang tepat

 

Kita hidup dalam ilusi aktivitas dan menganggap kesibukan sama dengan usaha yang bagus, kesibukan kadang hanya penundaan samar, kesibukan membuat merasa senang dan mengira lebih produktif, kita melatih pikiran untuk terus – menerus memberi perhatian yang terpecah, dan perhatian jadi terbagi

 

Melatih konsentrasi tidak sesulit itu. Perlu belajar menjadi lebih tenang dan menemukan saat yang tepat, harus belajar untuk memfokuskan pikiran di tempat saat ini. Belajar untuk diam, biarkan pikiran yang tenang mendengarkan dan memahami. Kita memenuhi pikiran dengan berbagai macam konflik dan ini membuat tidak fokus pada situasi di hadapan kita

 

Konflik mengalihkan pikiran hingga bercabang, ketika memenuhi pikiran dengan konflik, pikiran akan terpecah konflik adalah lawan dari konsentrasi. Ketenangan dan konsentrasi adalah hal yang sama. Fokus pada 4 hal untuk mengurangi konflik dan menciptakan lebih banyak ketenangan:

 

Kendalikan suara batin. Suara batin berpengaruh terhadap konsentrasi dan kehidupan mulailah mendapati diri melakukan lebih banyak hal dengan benar. Suara batin mampu memberikan perintah, pusat fokus kendali yang membantu menjelaskan dan memahami dunia. Jangan menyetujui suara batin yang salah, semua rasa benci pada diri sendiri dan konflik hanya sebuah pikiran atau suara batin maka ubah pikiran. Pikiran tidak bersifat permanen

 

1. Berhenti melakukan multitasking. Multitasking diketahui memperlambat 50% kinerja orang dan menambah kesalahan 50% lebih banyak, mulitasking membuat otak mabuk, kurang produktif, kurang kreatif, dan keputusan buruk. Semua penderitaan manusia berasal dari ketidakmmpuan duduk sendirian dengan tenang di dalam ruangan. Ketidakmampuan memusatkan perhatian merupakan gangguan. Ketika perhatian terpusat, kekuatan otak dan sumberdaya juga akan tercurahkan sepenuhnya

 

2. Kenali apa yang diinginkan. Ketika orang mencari informasi mereka tidak pernah benar tau apa yang mereka inginkan dari informasi, mereka tidak mengarahkan pikiran, memahami dengan PIC. Purpose (tujuan) belajar dengan tujuan akan meningkatkan perhatian, pemahaman, ingatan, dan mengatur pikiran, semakin spesifik tujuan semakin banyak informasi yang diperoleh,  fokuskan untuk mendapatkan informasi yang bisa digunakan lalu terapkan informasi, jika tidak yakin mengapa melakukan sesuatu, takkan pernah bisa melakukannya dengan hasil yang memuaskan. Interest (keyakinan) tingkat ketertarikan akan menentukan arah perhatian, dan tingkat fokus jika tidak tertarik hampir mustahil mengingat apa yang dibaca, apapun yang diminat pikiran siap siaga, disiplin, dan fokus. Sebaiknya apapun yang tidak diminati disana ragu dan menunda. Mampu mengingat setumpuk informasi bilamana tertarik pada subjek. Rasa ketertarikan bersifat otomatis dan konsentrasi berada di titik puncak, kurangnya perhatian biasanya karena kurangnya ketertarikan. Pikiran tidak pernah mengembara pikiran hanya bergerak ke arah hal yang lebih menarik dan luar biasa. Ketertarikan meningkatkan konsentrasi. Langkah pertama mengetahui ketertarikan lalu menemukan mata rantai atau hubungan antara ketertarikan dengan informasi baru yang dipelajari, tidak ada hal yang tidak menarik yang ada hanya orang yang tidak tertarik, maka jadika diri tertarik. Curiosity (ingin tau). Pertanyaan adalah jawaban untuk rasa ingin tahu yang meningkat sebelum mulai membaca atau mempelajari apapun, tanyai diri sendiri pertanyaan yang tidak menggerakan diri mereka untuk bertindak, munculkan rasa ingin tau tentang pikiran dan bagaimana pikiran bekerja, jika ingin mengobati rasa bosan, kembangkan rasa ingin tau, jika punya rasa ingin tau tak ada tugas yang membosankan, tugas itu dilakukan secara otomatis, ingin belajar tanamkan rasa ingin tau dan hidup menjadi sebuah pembelajaran menyenangkan yang tiada akhir

 

3. Hilangkan kekhawatiran. Ciptakan prosedur untuk berbagai skenario berbeda dan berdamailah dengan pemikiran. Belajar mempraktikkan ketenangan karena jika tidak punya perhatian tidak punya ingatan. Sebagian besar orang berpindah dari perasaan ekstrem ke ekstrem lainnya. Konsentrasi adalah belajar bagaimana fokus, ketika memusatkan kekuatan dapat mencapai apapun, hilangkan berbagai alasan, jernihkan keyakinan, dan fokus pada situasi saat ini

 

Ketika melatih kreativitas secara otomatis melatih memori ketika melatih memori secara otomatis melatih kemampuan berpikir kreatif

 

Pikiran adalah pusat hiburan rumah terhebat yang pernah tercipta

 

Ingatan fotografis adalah kemampuan untuk menerima gambar mental yang cepat dari suatu informasi,  dan menggambarkannya secara detail dari memori

 

Memori adalah proses kreatif dan bukan proses fotografis

 

Ketika orang mulai mempelajari materi buku teks, mereka membuat foto mental atau merekam halaman buku tapi mereka tidak menyertakan kemampuan kreatif mereka dalam proses belajar, orang yang belajar dengan cepat atau memiliki apa yang biasa disebut ingatan fotografis menerapkan kreativitas mereka pada apapun yang mereka pelajari, mereka telah mempelajari cara melakukan ini di masa lalu atau mereka secara alami dan tanpa sadar sudah menggunakan prinsip tersebut. Suara bersifat rentetan, jika ingin mengingat sesuatu dengan suara harus memulai dari awal dan membaca informasi dari awal hingga akhir, namun ketika melihat informasi sebagai gambar dalam benak, bisa melompat membaca informasi sehingga meningkatkan pemahaman. Otak setiap hari menciptakan keajaiban dengan mengubah informasi membosankan menjadi gambar yang dibentuk dengan huruf karena kata hanya simbol dari gambar 3 dimensi

 

Semakin banyak mengubah informasi menjadi gambar atau film dalam benak, semakin banyak yang akan diingat dan pahami. Meningkatkan sistem imajinasi dalam memori dengan cara menjadikan film dalam benak mengasyikkan dan sentimental. Cara melakukan ini dengan menggunakan prinsip Panca indra, Berlebihan energik (PBE)

 

Prinip PBE:

 

Gunakan Pancaindra hanya ada 5 cara memasukan apa saja ke otak yakni melalui penglihatan, pendengaran, penciuman, peraba dan perasa.  Pancaindra membantu mencipta ulang dunia secara mental. Jika melatih panca indra berarti memanfaatkan otak lebih banyak dan jika melibatkan sebanyak mungkin pancaindra, maka otomatis akan meningkatkan memori

 

Berlebihan. Buat gambar dalam pikiran lebih besar atau kecil dari kenyataan bersifat tidak logis, ciptakan berbagai memori pembelajaran yang berlebihan dan positif

 

Energik. Buat gambar bergerak, buat informasi jadi hidup, penuh warna dan bukannya membosankan, tidak bersuara, hanya hitam putih. Gunakan aksi cara ini menghidupkan memori, buat gambar beraksi dengan cara tidak logis, bisa menjalinnya, membenturkannya, melekatkannya atau membungkusnya jadi satu. Proses imajinasi adalah sebuah pesan kreatif yang menyenangkan, semakin banyak kegembiraan bisa muncu, semakin baik. Ketika membaca atau mendengar sesuatu, fokus pada prinsip PBE dan bayangkan itu sebagai sebuah film

 

Ketika imajinasi dan kemauan bertentangan imajinasi selalu menang, jika bertekad untuk membuat diri mengingat dan imajinasi tidak melakukan tugas, takkan mampu mengingat kembali, imajinasi tempat dari semua kekuatan memori

 

Semakin terampil dalam menggunakan imajinasi, semakin dapat mengetahui, memahami, dan menciptakan

 

Kita mengingat benda dan kata sifat dengan mudah karena kedua kata mempunyai makna dan dapat membuat gambar di pikiran, sebagian besar kata abstrak dapat dibuat agar berarti sesuatu, gunakan apa saja pikiran atau kata yang bermakna untuk menggambarkan kata yang tak bermakna, cari kata atau frasa yang berbunyi sama atau mirip dengan kata abstrak, dapat memisahkan sebuah kata menjadi bunyinya masing – masing

Dapat mengubah semua informasi yang kompleks menjadi sesuatu yang bermakna dan mudah diingat dengan mengubahnya menjadi gambar, pada awalnya memerlukan sedikit upaya dari kita, mencurahkan perhatian lalu akan menjadi kebiasaan, untuk latihan baca kata, pecah kata

 

Tigre dalam bahasa Inggris Tigre dalam bahasa Spanyol bunyinya frasa tea grey. Sun dalam bahasa Inggris berarti sole dalam bahasa Spanyol

 

Beberapa kosa kata Italia

Chicken dalam bahasa Inggris berarti pola dalam bahasa Italia

 

Cat dalam bahasa Inggris. Tidak bisa berbacara

 

Book : yang berarti Livre dalam bahasa Perancis

 

Hund : Main dalam bahasa Peracis

 

Chair dalam bahasa Perancis

 

Beberapa kata Zulu :

Dog : dalam bahasa Inggris berarti inja (eenjta) dalam bahasa Zuku membayangkan anjing dan pegalaman yang tidak enak

 

Floor: dalam bahasa Inggris berarti phansi (ponsee)

 

Snake: Inyaka seenyio;kaa

 

Bhahasa Jepang: ch

Chest dalam bahasa Inggris seperti Mune (Moneh) dalam bahasa Jepang

 

Door dalam bahasa Inggris To (Toe) dalam bahasa Jepang

 

Corpet dalam bahasa Inggris berarti jutaan (Jootan) dalam bahasa Jepang

 

Rahasia terbesar dari memori yang kuat adalah menghidupkan informasi dengan imajinasi tanpa batas. Menggunakan metode memori meningkatkan kreativitas manusia, memperbesar memori, dan rasa hurmor

 

Membuat hal sederhana menjadi rumit adalah hal yang biasa, membuat hal rumit menjadi sederhana luar biasa sederhana itulah kreativitas

 

Metode mobil akan menggunakan banyak kata dalam latihan karena kata benda mudah dibayangkan, sehingga lebih mudah dikendalikan dan disimpan. Memori jangka panjang hal yang ada di memori selamanya untuk membungkus informas jangka pendek, ketika melakukan hal itu membuat memori jangka menengah yang kuat. LTM (Long Term Memory) memberikan tempat untuk menyimpan informasi. Lokasi di dalam mobil menjadi wadah penyimpnanan untuk memori jangka pendek (short term memories/STM) semua metode memori bekerja dengan formula LTM + STM = MTM, metode ini mengatur informasi, sehingga membuatnya lebih mudah untuk ditemukan. Semakin teratur membuat subjek semakin mudah subjek itu diingat. Rahasia pembelajaran akselerasi adalah pengaturan yang unggul

 

Jadilah proaktif. Mulailah dari akhir dalam pikiran. Dahulukan yang utama. Berpikir menang – menang, berusaha mengerti orang lain dulu baru kemudian dimengerti, sinergi, asahlah gergaji

 

Kebiasaan dapat dipelajari dan ditinggalkan. Kebiasaan bukan solusi mudah, kebiasaan membutuhkan proses dan komitmen yang luar biasa

 

Musik kehidupan jauh lebih baik dimainkan dengan menggunakan 10 jenis kecerdasan ganda yang dimiliki sehingga menampilkan keajaiban dalam kehidupan

 

Metode tubuh. Tubuh wada penyimpanan jangka panjang, mendiami tubuh setiap hari dan mengenalnya dengan baik, informasinya lebih abstrak akan menuntut untuk berpikir lebih kreatif, tempat pertama yang digunakan untuk menyimpan informasi adalah kaki, kecerdasan pertama adalah kecerdasan kreatif. Di tempat kedua, lutut akan menyimpan kecerdasan personal. Kecerdasan personal terkiat dengan kemampuan memikul tanggung jawab. Wadah penyimpanan berikutnya paha, menyimpan kecerdasan sosial. Tempat berikutnya pinggang atau pinggul, dan akan memyimpan kecerdasan spiritual. Perkataannya kreatif, bersosialisasi, dan spiritual. Kecerdasan fisik dan akan menyimpan di atas perut. Di tangan kiri ada kecerdasan sensual, di tangan kanan ditempatkan kecerdasan seksual dapat membuat gambaran sendiri. Mulut, kecerdasan numerik menggunakan angka. Pada hidung gunakan prinsip PBE. Dahi, kecerdasan spasial. Puncak kepala, kecerdasan verbal

 

Kecerdasan kreatif dan emosional : disimpan di kaki dan tungkai kaki

1. Kecerdasan kreatif

2. Kecerdasan personal (pengetahuan diri, pemuasan diri dan pemahaman diri)

3. Kecerdasan sosial

4. Kcerdasan spiritual

 

Kecerdasan jasmaniah : semuanya disimpan di bagian terbesar tubuh di batang tubuh

5. Kecerdasan fisik

6.Kecerdasan sensual

7. Kecerdasan seksual

 

Kecerdasan  IQ tradisional (kecerdasan yang tampak di bagian kepala)

8. Kecerdasan numerik

9. Kecerdasan spasial

10. Kecerdasan verbal

 

Sebagian besar diajarkan berpikir bahwa kita cerdas atau tidak cerdas namun definisi kecerdasan yang dipelajari di sekolah dibangun di seputar jenis kecerdasan tertentu yang sangat dihargai di sekolah, kecerdasan verbal dari kecerdasan numerik

 

Ketika membaca head first daftar tubuh akan bertindak sebagai matriks memori yang kuat yang akan menarik lebih banyak informasi serta meningkatkan pemahaman dan pengenalan akan konten. Metode tubuh awalnya diciptakan oleh bangsa Yunani kuno, dapat menggunakan metode ini untuk mengingat informasi ujian, pekerjaan, daftar belanja atau daftar informasi apapun, bahkan dapat menggunakan untuk mengingat berbagai hal

 

Keberadaan lupa tak pernah terbukti, kita hanya tau bahwa sesuatu tidak terpikirkan ketika menginginkan

 

Metode pengait bersama dan metode pengait bentuk, rahasia ini dipaparkan oleh John Scambrook ran Heny Headerson pada akhir 1700

 

Metode ini sederhana dan efektif. Ini akan memberi metode yang dapat membantu mengingat 40 buah atau lebih infromasi  dalam waktu singkat, mengingat informasi secara acak dan dengan angka.  Metode pertama, pengait berirama, pengait membuat informasi tetap menggelayut di pikiran, pengait itu sendiri harus menjadi bagian dari memori jangka panjang agar bisa berfungsi, selalu membutuhkan memori jangka panjang untuk membantu memori jangka pendek dengan metode ini menghubungkan informasi baru ke pengait memori jangka panjang dalam benak, pengait jug berfungsi sebagai wadah atau file untuk pikiran baru metodenya sederhana: metode ini membuat memori mengait lewat kata berirama dan akan menggunakan kata berirama sebagai file mental

 

One bersama kata Bun (roti manis)

Two – shoe

Theree – tree

Four – door

Five – hive

Six – sticks

Seven – heaven

Eight – gate

Nine – vine

Ten – hen

 

Setiap pengait dapat menjadi wadah untuk menyimpan informasi baru, menghubungkan pengait dengan memakai prinsip PBE, pancaindra berlebihan energik, pada kata yang ingin diingat

 

Pikirkan emosi setiap hari karena pengembangan diri terjadi ketika dapat mengingat tindakan apa yang perlu dilakukan

 

10 emosi kuat:

1. Cinta dan kehangatan

2. Apresiasi dan rasa syukur

3. Rasa ingin tau

4. Gairah dan minat

5. Kebulatan tekad

6. Fleksibilitas

7. Kepercayaan diri

8. Kegembiraan

9. Vitalitas

10. Kontribusi

 

Lihat informasi dalam PBE selama beberapa detik, lakukan dengan perlahan dan buat keterkaitan yang kuat, bisa membentuk gambar untuk membantu lebih merasakan informasi

 

One bun (roti manis) cinta dan kehangatan

 

Two shoe (dua sepatu) apresiasi dan rasa syukur

 

Three tree (tiga pohon) rasa ingin tau

 

Four door (empat pintu) kegembiraan dan minat (passion)

 

Five hive (lima sarang lebah) kebulatan tekad

 

Six sticks (enam tongkat) fleksibilitas

 

Seven heaven (tujuh surga) percaya diri

 

Eight gate (delapan gerbang) kegembiraan

 

Nine vine (sembilan anggur) vitalitas meningkat

 

Ten hen (sepuluh ayam) kontribusi

 

Kita sumber dari semua emosi, menciptakan, tanamkan emosi ini setiap hari dan perhatikan seluruh hidup tumbuh dengan penuh vitalitas yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya

 

Metode berirama dapat diperluas dengan menemukan lebih banyak kata yang berirama sama dengan angka, dengan metode ini dapat mudah menciptakan sistem pengait yang bisa digunakan untuk menyimpan sampai dengan 30 buah informasi baru. Mengaitkan juga tidak terbatas, dapat menciptakan daftar lain

 

Sistem bentuk mengubah angka menjadi bentuk konkret, sistem ini bekerja dengan cara yang sama dengan daftar irama hanya saja kali ini pengaitnya berbentuk seperti angka, mengingat 10 informasi baru, bermain dengan sistem ini dan bersenang sedikit, metode bentuk hanya memberi pilihan lain untuk digunakan

 

Daftar pengait ini menciptakan banyak kemungkinan baru, dapat membuat semua jenis daftar pengait, dapat menggunakan daftar apa saja yang sudah ada dalam memori jangka panjang yang dimiliki, membuat kata untuk setiap huruf dengan abjad, gunakan daftar yang telah diketahui

 

Apapun yang dipikirkan, itulah yang diingat,  memori adalah residu pikiran

 

1. Siapkan sebuah lokasi yang teratur

2. Buat penanda atau tempat di lokasi ini sam seperti yang dilakukan daftar tubuh

3. Buat gambar yang jelas (dengan memakai prinsip PBE) dan informasi yang ingin diingat

4. Tempatkan setiap hal yang ingin di coba ingat di setiap lokasi yang ditandai

 

Formulanya : memori jangka panjang + memori jangka pendek + memori jangka menengah

 

Metode perjalanan. Matriks membantu penggunaan dan penyimpanan jangka panjang ketika menyimpannya dalam kepala, matriks jauh lebih mudah untuk digunakan, sebab gunanya mempelajari informasi jika tidak dapat mengingatnya kembali apa yang diketahui

 

12 hal yang fokuskan setiap hari agar menjadi lebih sukses dan puas dalam kehidupan. Takkan pernah mengubah hidup sampai mengubah sesuatu yang dilakukan sehari :

 

1. Perilaku

2. Prioritas

3. Kesehatan

4. Keluarga

5. Pemikiran

6. Komitmen

7. Keuangan

8. Keyakinan

9. Hubungan

10. Kedermawanan

11. Nilai

12. Pertumbuhan

 

Sebagian orang akan mengulang terus daftar informasi dan berusaha mengingat. Belajar dengan cara menghafal dan pengulangan yang konstan menimbulkan ketidaksukaan belajar dan hal itu membuat frustasi. Semakin dapat menyandikan informasi ke dalam memori, semakin efektif pembelajaran

 

Fun (kesenangan) dalam kondisi FrUstatioN (frustasi), memfokuskan perhatian dan menghubungkan setiap pikiran pada satu tepat

 

Membersihkan perilaku buruk dengan PBE, menuliskan prioritas, kesehatan, keluarga, pemikiran, komitmen, keuangan cermin dari produktivitas, keyakinan, memori adalah hubungan, kedermawanan, nilai pertumbuhan

 

Setiap orang yang berdaya ingat hebat menggunakan metode perjalanan, metode efektif karena menggunakan ribuan tempat penyimpanan, meningkatkan kemampuan untuk menempatkannya pada perjalanan mental yang familier, imajinasi dapat menciptakan informasi apa saja di perjalanan yang familier, mengingat berbagai jenis informasi, semakin banyak berlatih semakin baik hasil yang diperoleh

 

Tak ada memori yang sendiri, memori adalah ujung serangkaian jejak memori satu lusin jejak yang masing – masing memiliki hubungan sendiri

 

Tak ada memori sendiri, memori adalah ujung serangkaian jejak memori, satu lusin jejak yang masing memiliki hubungan sendiri

 

Belajar adalah menghubungkan informasi baru ke informasi lama, hal ini tidak terjadi sebaliknya. Hal ini menciptakan hubungan antara hal yang diketahui dan tidak diketahui semakin tau semakin mudah menghubungkan lebih banyak informasi dan mengetahui lebih banyak

 

Setiap kata mengingatkan pada kata berikutnya, membuat tautan sendiri dan hanya mengingat dua hal pada satu waktu, mengingat praragraf informasi, memadatkan segala sesuatu ke dalam sebuah daftar kata kunci dan mengubah daftar menjadi cerita penghubung yang bermakna

 

Nama seseorang bagi orang yang bersangkutan adalah bunyi yang paling manis dan penting dalam bahasa apapun

 

Buang keyakinan membatasi tentang daya ingat terhadap nama dan mulai fokus pada pencarian strategi yang bisa membantu, jadilah termotivasi dan tertarik pada nama dan bagaimana mencap orang sesuai nama

 

1. Concreate (konsentrasi). Kendalikan perkenal agar mampu mendengar nama yang harus memperlambat jalannya perkenalan

 

Orang harus mendapatkan sesuatu sebelum mereka dapat melupakannya, perlu sungguh mendengar nama terlebih dulu, jika tidak mendengar takkan mengingatnya, pertama harus mendengarnya terlebih dulu untuk kemudian mengubahnya menjadi memori, jika mendengar nama dan mengulangnya agar di dengar si pemilik nama, cara ini akan meningkatkan ingatan. Jika tidak mendengar namanya, minta orang untuk mengulanginya, dan jika namanya sulit diucapkan minta orang untuk mengeja namanya juga. Dengar dan jadilah tertarik tulus pada nama orang lain, kita biasanya memikirkan untuk menjadi menarik sehingga lupa bersikap tertarik, ketika menjadi tertarik akan ingin emndengar nama disebut, belajar mendengarkan orang dari sudut pandang mereka bukan dari sudut pandang sendiri, hal ini tidak meningkatkan memori dalam hal mengingat nama, tapi juga meningkatkan kecerdasan sosial

 

2. Creative (mencipta). Menciptakan gambar untuk nama agar mampu mencipta ulang gambar nantinya

 

Kita mengingat wajah karena wajah membentuk gambar dalam benak kita, nama biasanya tidak melekat karena mencoba mengingatnya dengan memori pendengaran atau suara yang lemah, memori pendengaran tidak sekuat memori visual. Untuk mempertahankan memori harus membuat gambar dari nama, jika memberi makna pada nama, dapat mengingatnya. Ketika menyimpan nama dan tidak menyertainya dengan apapun, nama akan menghilang dan takkan mampu menemukannya lagi, ini terjadi karena memori yang bekerja tidak menyimpan informasi, jadi untuk menyimpannya perlu bantuan dari memori jangka panjang dan jangka pendek, harus benar memikirkan nama agar dapat mengingatnya karena hanya mengingat apa yang dipikirkan

 

Ketika diperkenalkan kepada seseorang, hanya punya 20 detik untuk memikirkan nama dan membuat satu keterkaitan, jika tidak melakukan apapun sehubungan dengan nama dalam waktu 20 detik maka nama akan menghilang, semakin banyak keterkaitan dan makna yang dapat diberikan pada nama, nama akan lebih teringat. Beberapa nama secara alami akan menciptakan gambar

 

3. Connect (menghubungkan) menciptakan hubungan antara yang diketahui dan tidak diketahui, metode untuk membuat hubungan semua metode

 

Comparison connection (perbandingan hubungan) dengan metode ini menghubungkan orang ke nama yang sudah diketahui. Dengan membandingkan satu ciri akan menjadi lebih perhatian daripada sebelumnya sehingga membuat hubungan lebih kuat. Bandingkan sebanyak mungkin ciri yang berbeda dan akan memfokuskan perhatian lalu menciptakan kesan jangka panjang agar dapat mengingat dengan sempurna. Caranya bandingkan kedua wajah maka akan mengingat mereka, pengaruh memori dengan membayangkan orang itu berkepala dua, kepalanya sendiri dan kepala orang yang dikenal dengan nama sama, metode ini hanya butuh beberapa detik untuk membantu mengingat nama orang itu selamanya, kita menggunakan prinsip memori megambil nama dari ingatan jangka panjang dan memanfaatkan untuk mengingat nama baru dari ingatan jangka pendek

 

Face connection (menghubungkan wajah) dengan metode ini membuat tautan antara nama dan ciri menonjol di wajah seseorang. Jika menggunakan metode ini jangan beritahu siapapun apa yang dilakukan di dalam pikiran, bersifat personal dan beberapa orang mungkin tersinggung. Jika menciptakan nama mereka akan mengingat nama semudah mengingat wajah

 

Meeting location connection (hubungan lokasi pertemuan) dengan metode ini menghubungkan bertemu orang, menggunakan pengait perjalanan untuk mengingat nama

 

Continious use (penggunaan terus – menerus). Jika berkonsentrasi dan menangkap nama yang disebutkan buatlah nama itu bermakna dan hubungkan dengan orang maka ini akan memungkinkan untuk mengingatnya selama jangka pendek, agar nama teringat dalam memori selamanya harus terus menggunakan metode ini. Bicarakan nama, jika nama itu merupakan nama asing, tanyai orang yang bersangkutan apa arti namanya. Gunakan nama dalam percakapan. Semakin sering bicara tentang nama, semakin sedikit mengandalkan memori yang bekerja dan akan mulai menyimpannya. Tinjau ulang nama, buat folder nama orang yang ingin diingat dalam buku harian, komputer atau ponsel, meninjau ulang nama untuk menyimpan memori dalam jangka panjang. Semua metode dirancang untuk meningkatkan fokus perhatian karena mengingat orang lain mereka memastikan untuk mengingat juga

 

Kelompokkan daftar huruf sehingga mendapatkan satu kata yang mewakili sesuatu, sebuah gamba, emosi, orang. Lempar beberapa angka sekaligus dan akan mendapatkan angka lain

 

Ketika mengingat berbagai fakta dan angka berarti hal itu membangun rasa percaya diri dalam memori, membangun kekuatan mental, dan seperti latihan kebugaran untuk otak

 

Jika menyebutkan angka beberapa digit, rata orang hanya mengingat sekitar 7 digit ke depan dan hanya empat sampai lima digit ke belakang, apabila memiliki memori yang terlatih, tidak ada batasannya. Siapa saja memberikan hasil yang sama jika mereka mengetahui strateginya, jika mempraktikkan metode ini dan merasa bangga akan upaya meningkatkan daya ingat, dapat mengembangkan kekuatan manusia super. Jika mengulang kebiasaan buruk maka akan semakin buruk

 

Metode bentuk angka untuk mengingat angka yang lebih kecil, tapi metode yang akan ditunjukkan mempunyai banyak kemungkinan dan penerapan

 

Frasa mempunyai makna dan menciptakan gambar visual dan angka tidak memiliki makna, dan tidak terlalu mudah diingat, jadi untuk mengingat angka eprlu membuatnya lebib bermakna. Sistem yang digunakan orang berdaya ingat hebat itu bervariasi, tapi sebagian besar dari mereka menggunakan sistem yang mengubah angka menjadi kata lalu menjadi gambar, mengambil angka dan mengubahnya menjadi bentuk sehingga angka membnetuk huruf, lalu mengubah huruf jadi kata, sistem ini kelihatannya perlu banyak upaya tapi menguasai kode maka proses mengingat angka menjadi hal yang sangat mudah, kode hampir mengingat dengan sendirinya, terus gunakan dan buka pikiran terhadap bahasa yang sama sekali baru cara ini melatih kecerdasan verbal dan numerik di saat yang bersamaan

 

4 adalah bunyi R

5 adalah bunyi L

6 adalah bunyi J, Sh, Ch, lemah atau G lemah

7 adalah bunyi K,C

8 adalah bunyi F atau V

9 adalah bunyi B atau P, bagaikan cermin dan gambar yang terbalik dari angka 9

 

Kita mengingat informasi konkret dengan mudah, supaya tidak mengingat lebih banyak, hanya membuatnya lebih mudah diingat. Cara ini butuh waktu untuk bisa dikuasai tapi menguasainya selamanya

 

1. Sauce

2. Soda

3. Sun

4. Swim

5. Sir

6. Seal

7. Sash

8. Sock

9. Safe

10. Soap

1. Tie

2. Noah

3. Ma

4, Ray

5. Law

6. Jaw

7. Key

8. Foe, Ufo

9. Bee

10. Toes

11. Dad

12. Tan

13. Dam

14. Deer

15. Tail

16. Dish

17. Duck

18. Drove

19. Tape

20. Nose

21. Net

22, Nun

23. Gnome (huruf G lemah)

24. Nero

25. Nai

26. Noah

27. Neck

28. Navy

29. Nap

30. Mouse

31. Mat

32. Moon

33. Memo

34. Mower

35. Mail

36. Mash

37. Mike

38. Mafia

39. Map

40. Rose

41. Rat

42. Rain

43. Ram

44. Rower

45. Reef

46. Rash

47. Rock

48. Roof

49. Robe

50. Lassie (satu bunyi S)

51. Lady

52. Lion

53. Limo

54. Lorry (satu bunyi R)

55. Lily

56. Leach

57. Lock (ck jadi satu bunyi K)

58. Leaf

59. Lip

60. Chess (satu bunyi S)

61. Jet

62. Chain

63. Jam

64. Chair

65. Jail

66. Cha Cha

67. Shake

68. Chief

69. Jeep

70. Case

71. Cat

72. Can

73. Comb (B lemah)

74. Car

75. Coal

76. Cash

77. coke

78. Cave

79. Cab

80. Face

81. Fat

82. Fan

83. Foam

84. Fire

85. Foil

86. Fish

87. Fake

88. Woof Woof

89. FBI

90. Bus

91. Bat

92. Bun

93. Bum

94. Bear

95. Ball (satu bunyi L)

96. Beach

97. Back

98. Beef

99. Baby

100. Daisies

 

Metode ini juga bisa digunakan sebagai sistem memori pengait raksasa yang efektif. Daftar pengait teringat dengan sendiri. Hafalkan 10 kata sehari. Manfaat metode memori informasi dengan mudah secara berurut, begitu memiliki nilai mampu mengingat angka berapapun dan tanpa batas, ketika siap angka mewakili gambar, bisa  dapat mengingat angka dalam benak dan menyimpannya dalam sistem untuk mengingat sebanyak mungkin angka yang dipilih, metode ini bisa menghubungkan ke kejadian lain,

 

Tahun 1926 televisi pertama kali tayang

Tahun 1969 manusia mendarat di bulan

Tahun 1901 hadiah nobel pertama kali diberikan. Penghargaan pertama dibuat dari Pasta (1901)

Tahun 1942 pertama kali komputer dikembangkan

Tahun 1801 kapal selama pertama dibuat

Tahun 1784 surat kabar pertama diterbitkan. Caviar (784) memenuhi seluruh surat kabar

 

Metode angka ini dikembangkan tahun 1700 oleh Stanislaus Mink Von Wennshein yang menyadari adanya pengetahuan, metode ini dilatih harus benar melatih metode agar metode berhasil untuk kita, maka memori untuk mengingat angka akan menjadi tak terbatas dan membuat lebih berpengetahuan luas

 

Tingkat ketertarikan diukur dengan seberapa banyak mengingat

 

Ketika menggunakan kreativitas lebih banyak berarti akan menggunakan memori lebih banyak. Metode ini menerima informasi dan mengubah menjadi bentuk seni, informasi diingat selamanya, cara ini merebut perhatian dan pikiran takkan melepasnya

 

Setiap kata adalah gambar yang dibentuk dari huruf setiap kata dapat membentuk gambar yang dapat digambar, dan gambar tersimpan dengan sangat cepat dalam otak, jika gambar dapat ditampilkan dalam 3 dimensi, hal ini menambah dampak visual sebab cara benda tampil dalam dunia nyata, dapat melakukan ini dengan gambar Google dengan meminta seorang ilustrator membuat gambar

 

Seluruh proses berkaitan dengan mengingat secara kreatif dan menjadi lebih terhubung dan terlibat secara pribadi dengan informasi. Gunakan kekuatan gambar Google untuk menciptakan berbagai diagram memori, tampilkan semua gambar dalam bentuk file dokumen Word atau PowerPoint. Semakin mendalam memikirkan suatu informasi, akan semakin mengingatnya

 

Dengan melihat, menghubungkan, dan menguncinya dalam gambar akan membuat hubungan memori yang lebih kuat dan lebih mudah untuk diingat kembali, menggunakan diagram memori untuk membantu mengingat ejaan

 

Informasi apapun bisa dilambangkan sebagai gambar, lukisan, foto, atau patung, upayakan untuk mengubah informasi penting yang diperlukan dalam hidup menjadi gambar sehingga akan mampu melihatnya dengan mudah, gunakan seni untuk mengingat. Cara untuk membuat otak kreatif bekerja untuk merencanakan dan mengingat yaitu Pemetaan pikiran (Mind Mapping – diperkenalkan oleh Tony Buzan) sistem memori berjalan begitu cepat dan tanpa kesulitan sehingga jarang menyadari sistem itu bekerja

 

Salah satu cara terbaik untuk memperhatikan pikiran dan memori bekerja adalah melalui Pemetaan Pikiran ketika menggunakan metode ini dalam kehidupan. Metode akan mengubah cara berpikir metode ini sangat manjur untuk mengatur informasi, menuliskan apa yang ada dalam pikiran, dan mengungkapkan isi pikiran. Tony Buzan adalah pencipta Mind Map atau Pemetaan Pikiran. Dia menciptakan alat pikir pada awal tahun 1970 dan metodenya telah berkembang menjadi salah satu alat pembelajaran dan alat berpikir yang paling efektif di dunia. Tony mejuluki Mind Mapping atau Pemetaan Pikiran sebagai Pisau Lipat Swiss bagi otak, ini bukan hanya metode untuk mengembangkan memori tapi ada satu cara untuk meningkatkan keterampilan berpikir. Pemetaan pikiran dapat digunakan untuk mengingat belajar, melakukan presentasi, berkomunikasi, mengorganisasi, merencanakan, melaksanakan rapat, bernegoisasi dan semua jenis pemikiran

 

Peta pikiran adalah sebuah cara memindahkan pikiran ke kerta dengan melibatkan pancaindra. Cara ini mudah dan sederhana untuk digunakan. Peta pikiran adalah cara menakjubkan dalam menyusun informasi, sehingga bisa melihat gambaran besar dan detailnya. Dengan catatan linear berupa daftar dan garis, takkan pernah mempunyai fleksibilitas yang dirasakan dengan peta pikiran, membutuhkan : otak, kertas kosong ubah orientasi menjadi landscape, banyak pena dan pensil yang berwarna warni

 

Cara terbaik untuk menjelaskan peta pikiran adalah dengan memetakan sesuatu, memulai dengan gambar pokok di bagian tengah, gambar pokok adalah inti dari seluruh peta pikiran, gambar mudah diingat dan merangsang kreativitas lebih, begitu mempunyai gambar pokok menghubungkan cabang  ke gambar pokok ini dan mulai membagi menjadi banyak cabang ke berbagai arah subjek pembahasan, setelah memiliki cabang utama dapat menghubungkan cabang tingkat kedua dan ketiga untuk memberikan lebih banyak detail ke setiap cabang utama, dapat menambah lebih banyak cabang ke cabang yang sudah ada untuk membantu menjelaskan berbagai ide atau memberi lebih banyak detail, menggunakan hanya satu kata setiap cabang, membantu pikiran yang saling terhubung untuk berkembang secara bebas, dan menambahkan banyak gambar setiap cabang utama juga punya satu warna, ini secara visual membantu membedakan antara cabang atau konten yang berbeda, peta pikiran tidak pernah bisa berakhir karena pikiran yang saling terhubung selalu bisa menemukan satu memori lagi

 

Peta pikiran bersifat menghibur, peta pikiran menyenangkan dan memanfaatkan otak kreatif, apabila memilih untuk menggunakan peta pikiran akan membawa pikiran ke tingkat baru, meningkatkan kreativitas, kemampuan merencanakan, mengembangkan lebih otak serta meningkatkan kekuatan memori dan pengamatan, menggunakan peta pikiran untuk seluruh jenis bidang pembelajaran, peta pikiran dapat digunakan secara efektif untuk meringkas sejumlah besar informasi dan menangkap inti dari apa yang disampaikan, bisa menggunakan software iMindMap

 

Sukses tidak bersifat magis atau misterius, sukses adalah konsekuensi wajar dari penerapan pokok mendasar secara konsisten

 

1. Mengingat informasi tertulis kata per kata

 

Memori adalah catatan harian yang selalu dibawa kemanapun pergi. Metode ini memudahkan untuk mengingat informasi tertulis dengan mudah, menggunakan untuk mengingat kutipan, puisi, definisi, atau ayat dari teks keagamaan. Mengingat informasi kata demi kata dapat membantu dalam melakukan presentasi, negoisasi, atau berbagai rapat, menyimpan informasi supaya dapat memanfaatkan ketikak butuh sedikit inspirasi. Metode ini berguna dalam ujian untuk mengingat definisi penting dari konsep penting. Mengingat dan mendeklemasikan puisi merupakan cara untuk melatih pikiran dan meningkatkan kemampuan presentasi

 

Unsur pertama dari metode memori adalah menemukan kata penting yang akan membantu mengingat seluruh teks

 

Sukses. Sering tertawa, menerima rasa hormat dari orang cerdas dan kasih sayang anak, mendapatkan penghargaan berupa kritik tulus dan mampu menghadapi pengkhianatan teman palsu, menghargai keindahan, menemukan sisi terbaik dalam diri orang lain, mewariskan dunia yang sedikit lebih baik atau kondisi sosial yang lebih baik, begitu menemukan kata kunci, langkah berikutnya menciptakan gambar dari kata kunci dan menempatkannya pada salah satu sistem. Bagian imajinasi adalah penanya dan sistem adalah kertasnya

 

2. Melakukan presentasi berdasarkan ingatan

 

Otak manusia adalah organ yang menakjubkan, otak mulai bekerja segera setelah lahir dan tidak berhenti sampai menyampaikan pidato

 

Tujuan dari presentasi membuat pendengar memahami, memercayai, dan melaksanakan apa yang dikatakan, ketika mengingat informasi hal itu membangun rasa percaya diri dan akan terlihat sepertinya mengetahui apa yang sedang dibicarakan. Kekuatan presentasi adalah kekuatan memori

 

Merancang presentasi dengan memakai prinsip FLOOR:

F - first thing (hal pertama)

L – Last things (hal terakhir)

O – Outstanding Information (informasi luar biasa)

O – Own links (tautan sendiri)

R – Repeated information (informasi yang diulang)

 

Jika menggunakan prinsip ini membuat pendengar mengingat lebih banyak membuat presentasi lebih menyenangkan, jika memilih struktur yang jelas dlaam kepala akan mudah menggerakan hati pendnegar, akan terlihat percaya diri dan efektif

 

3. Lupa. Kebiasaan menyebabkan kelupaan, semua kegiatan rutin terkadang menciptakan semacam kondisi otomatis dan sering tidak memperhatikan apa yang dilakukan. Jika tetap fokus pada momen ketika lupa akan menciptakan lagi kondisi pada momen, ketika lupa akan meciptakan lagi kondisi serupa, mulailah mengingat ketika melakukan hal yang benar maka akan mulai terlihat ada peningkatan. Manusia menyiakan waktu 40 hari tahun untuk mencoba mengingat hal yang mereka lupakan

 

Kita hidup dalam sebuah ilusi aktivitas dan terus memenuhi pikiran dengan kesibukan

 

Fokuskan pikiran ditempat saat ini

 

Kekacauan adalah alasan paling menarik yang  muncul karena rasa malas. Menciptakan berbagai sistem dan menggunakan berbagai tempat yang bisa dipakai untuk menyimpamn harang akan menghembat bannyak waktu. Bantulah diri sendiri dan berhentu berusaha memperhatikan kondisi lupa

 

4. Mengingat permainan kartu

 

Tanpa sebuah metode rata – rata orang akan mampu mengingat sekitar setengah tumpukan kartu dalam waktu 30 menit, jika mereka beruntung. Rata orang tidak mempunyai cara untuk memerangkap pikiran jadi mereka tidak pernah benar yakin tentang apa yang mereka ketahui, digunakan untuk melatih memori, menjadi demonstrasi yang sangat baik dari kekuatan memori. Menghidupkan kartu dengan pertama membuat gambar untuk setiap kartu, supaya dapat membedakan dari kartu lain dan lalu menempatkannya dalam sistem atau memori jangka panjang, dapat mengaitkan setiap kartu dengan orang yang dikenal atau menamakannya, sistem kartu hanya seperti angka, huruf pertama setiap deretan akan dimulai dengan nama setiap kartu, angka 3 kartu wajik dinamai D dari kata Diamond, untuk wajik  dan 3 = M, tambahkan vokal dan mendapatkan DaM, semua kartu wajik dinamai dengan huruf D, semua kartu hati diawali dengan H dengan kata Heart, kemudian hanya akan menambah lagi yang telah dikonveri di akhir kartu

 

Wajik (Diamond)

A - Date (Kartu As adalah 1)

2 - Dan (2 adalah bunyi N)

3 - Dam (3 adalah bunyi M)

4 - Door (4 adalah bunyi R)

5 - Deal (5 adalah bunyi L)

6 - Dish ( 6 adalah bunyi Sh, Ch lemah atau G lemah)

7 - Duck (7 adalah bunyi K, C)

8 -  Dove (8 adalah bunyi F atau V)

9 -  Deep (9 adalah bunyi B atau P, seperti cermin dan gambar terbalik dari 9)

10 -  Dice (10 adalah nol, bunyi S)

J – Diamond (kartu Jacks akan selalu menjadi gambar dari deretan kartu)

K – Ding (dengan kata King, gunakan sebuah kata dengan huruf ing di dalamnya)

Q – Dean (dengan kata queen, gunakan kata berirama)

 

Hati (Heart)

A – Hat

2 -  Hen

3 – Ham

4 – Hair

5 – Hail

6 – Hash (Hash brown)

7 – Hack

8 – Hoof

9 – Hoop

10 – House

J – Heart (kartu Jack selalu menjadi gmabar dari deretan kartu)

K – Hinge (dengan kata King, gunakan kata dengan huruf ing di dalamnya)

Q – Ratu hati (Putri Diana)

 

Sekop (Spades)

A – Sit

2 – Sun

3 – Sam (Uncle Sam)

4 – Sir

5 – Seal

6 – Sash

7 – Sack

8 – Safe

9 – Soap

10 – Seas

J – Spade

K – Sing

Q – Steam

 

Keriting (Clubs)

A – Cat

2 – Can

3 – Camo (Camouflage – Kamuflase)

4 -  Car

5 – Coal

6 – Cash

7 – Cake

 8 – Café

9 – Cap

10 – Case

J – Club

K – King

Q – Cream

 

Untuk mengingat seluruh kartu yang dikocok maka menciptakan sebuah perjalanan dari 52 tempat dan menyimpan setiap karakter di perjalanan atau bisa mengaitkan kartu menjadi satu. Metode ini bukan trik hanya menggunakan sifat dasar memori dan karenanya lebih memaksimalkan potensi memori. Senam memori : semakin berusaha melatihnya memori keseluruhan aka semakin meningkat, cara untuk melatih keterampilan memori

 

5. Mempelajari apa saja

 

Mempelajari informasi baru tidak berguna kecuali informasi bsia diingat nantinya, sesuatu yang meningkatkan kemampuan memori seseorang berarti meningkatkan akses ke segala sesuatu yang dipelajari

 

Semakin tinggi kemampuan memori, semakin baik kemampuan untuk belajar, semakin cepat mencerna teori, semakin banyak waktu untuk menggunakan informasi. Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan untuk meningkatkan kinerja dalam bidang studi. Pertama, jangan pernah belajar hanya untuk lulus ujian. Pastikan mempunyai PIC (Purpose, Interest, and Curiousty – Tujuan – Ketertarikan – dan Rasa ingin tau) yang kuat dalam pikiran. Visi menentukan berapa banyak energi yang akan dicurahkan untuk pembelajaran dan seberapa keras akan mau berupaya

 

Otak dapat tetap fokus hanya selama waktu terbatas sebelum menjadi tidak produktif dan tegang. Buat gambaran ikhrisarnya dan telaah bahan yang harus dikuasai. Tandai semua area yang harus diingat. Dalam pelajaran apapun konsep yang sama terus muncul jadi buatlah gambar untuk konsep penting dan ciptakan gambar kosa kata. Ciptakan sistem memori yang akan berfungsi untuk setiap bagian dan menyimpan informasi. Rekam sistem dan telusuri beberapa kali untuk memastikan semua konten sudah tersimpan dalam kepala,  metode ini tak terbatas, satunya pembatas hanya alasan dan pertimbangan yang terbentuk karena berbagai keluhan dalam benak kita. Jika memilih untuk memercayai batasan, akan menjalani hidup yang terbatas

 

Kebiasaan bermula dari komentar, dan gambar yang keluar begitu saja tanpa persiapan lalu berbagai kebiasaan tumbuh sedikit melalui latihan, dari sarang laba menjadi serangkaian kabel yang membelenggu atau memperkuat kehidupan kita

 

Kita semua  suka mendapat kemenangan tetapi berapa banyak orang suka berlatih

 

Disiplin diri bukan keterlantaran diri. Disiplin diri adalah peningkatan standar dan melangkah lebih maju serta meningkatkan kualitas diri

 

Ada 4 hal penting untuk menciptakan disiplin diri yang lebih tinggi dalam hidup dan hal pertama :

1. Menciptakan visi. Visi batin dan energi terkait erat. Kemana perhatian tertuju, kesana energi mengalir

 

Disiplin adalah mengingat apa yang diinginkan, semakin banyak alasan yang dimiliki untuk melakukan sesuatu, semakin baik film yang dibayangkan dalam batin, sehingga semakin banyak energi yang akan dimunculkan untuk melakukannya, apabila dalih rendah dan alasan rendah, takkan punya disiplin untuk memulai. Jika alasan besar dan dalih rendah, akan mempunyai banyak niat, dan niat dalam tindakan menciptakan motivasi. Jika menginginkannya akan menciptakan visi kuat dan mempunyai disiplin diri untuk melakukannya

 

2. Membuat sebuah keputusan. Semua perubahan terjadi hanya bila membuat keputusan yang sungguh untuk berubah, ketika membuat keputusan yang sungguh, takkan membiarkan munculnya kemungkinan lain, buatlah komitmen terhadap diri sendiri bahwa inilah cara akan menjalani kehidupan. Untuk apapun yang terjadi dalam hidup, harus menjadwalkannya putuskan untuk menjadikan bagian dari rutinitas

 

3. Berhenti mengikuti perasaan. Disiplin diri adalah kemampuan membuat diri melakukan apa yang seharusnya dilakukan, di saat harus melakukannya entah suka atau tidak, ketika orang ingin memulai suatu tugas yang harus diselesaikan dan berkata akan mengerjakan besok, proses pertimbangna berakhir dalam pikiran mereka dan mereka senang melanjutkan kegiatan tanpa menyelesaikan tugas karena mereka akan mengerjakan besok, ketika esok tiba proses pertimbangna yang sama terulang dengan sendirinya, proses pertimbangan berakhir karena menipu diri sendiri dengan menganggap akan mengerjakan saat suka. Gambaran dan suara yang dikendalikan, menciptakan perasaan jika ingin penguasaan emosi, belajarlah mengendalikan gambaran, fil,, dan suara yang berkecamuk. Namun jika disiplin, perasaan hanya menghalangi. Semakin banyak berdebat, semakin menimbang dan menunda, semakin kecil kemungkinan akan bertindak, suka tidak suka harus membuat jadwal dalam sehari untuk melatih memori dan menerapkannya

 

4. Tindakan sehari – hari. Jika ingin menerapkan kebiaaaan, satunya cara meraih hal ini adalah dengan melakukannya setiap hari, harus meninjau lagi keterampilan baru untuk memperbaruinya hanya dengan melatih disiplin secara konsisten, dapat mengubah kebiasaan menjadi keterampilan, dibutuhkan 21 hari untuk menerapkan suatu kebiasaan baru, disiplin diri menuntut untuk membuat satu keputusan setiap hari, displin diri menuntut untuk memulai baru setiap hari, setiap hari adalah hal baru, tidak perlu melatih keterampilan seumur hidup. Satunya cara untuk menguasai sesuatu adalah melalui disiplin diri,  kehidupan hanya menghargai tindakan

 

Diperkirakan 2 tahun setelah lulus sekolah, rata orang hanya mengingat pelajaran selama 3 minggu. Rata orang yang mempelajari materi buku pelajaran tanpa metode memori hanya mengingat :

 

Setelah 1 hari: 54%

Setelah 7 hari : 35%

Setelah 14 hari : 21%

Setelah 21 hari : 19%

Setelah 28 hari: 18%

 

Rata mahasiswa hanya mengingat 18% dari pekerjaan mereka setelah menjalani 28 hari libur, dosen atau pelatih hanya memiliki 18% pengetahuan untuk menambahkan pengetahuan baru, rata perusahaan atau mahasiswa kehilangan 82% informasi atau 82 sen dari setiap dolar yang digunakan untuk pelatihan setelah 28 hari. Setiap pelatihan hanya buang waktu, jika tidak ada proses kaji ulang

 

Berbagai metode membantu menyimpan memori dengan cepat selama jangka waktu menengah, tapi untuk memastikan bahwa informasi masih tersimpan harus mengkaji ulang dan mengulanginya dengan nyaring. Alasan untuk mengkaji ulang adalah membuat informasi teringat kuat, satunya cara dapat mengembangkan memori dengan mengingat memori bagaikan bank semakin banyak menyimpan di memori semakin berkembang memori tersebut. Mengkaji ulang juga membantu menciptakan lebih banyak memori jangka panjang

 

Jika mengkaji ulang informasi dalam kerangka waktu tertentu, meningkatkan ingatan, apabila mengulangnya setelah 10 menit mempelajarinya maka informasi akan menetap dalam memori setidaknya selama 1 jam, kaji ulang pertama seharusnya selalu dilakukan dari belakang ke depan, mengkaji ulang gambar secara terbalik membantu mengingatnya secara lebih efektif. Jika belajar berbagai konsep secara terbalik, menciptakan kesan baru di benak dan membuat informasi lebih menonjol, membuat memori jadi jauh lebih kuat. Mengkaji ulang dengan jarak waktu yang semakin lama semakin panjang. Kaji ulang setelah 1 jam lalu, 1 hari, 3 hari, 7 hari, 14 hari, 21 hari, 28 hari, 2 bulan, 3 bulan maka informasi itu pasti tersimpan dalam memori selamanya. Selama waktu 72 jam pertama, pengetahuan berpindah ke dalam memori yang jauh lebih kuat, jika ingin memiliki informasi yang ingin disimpan selamanya, lebih baik menetapkan rute atau sistem tersendiri untuk informasi dan sering meninjaunya kembali. Mengkaji ulang butuh kedisiplinan, tapi cara ini membuat informasi tetap teringat dalam otak, cara ini membuat informasi tetap hidup, cara ini menjadikan informasi selalu terjaga sehingga dapat menghubungkan lebih banyak informasi pada informasi yang telah ada. Semakin sering terhubung dengan informasi semakin kuat informasi tersimpan dalam benak. Pikiran adalah satunya komputer di dunia dengan sifat ini : semakin banyak memasukkan informasi ke dalamnya, semakin banyak yang akan disimpan. Cara sempurna untuk belajar adalah membuat banyak hal pertama dan terakhir dengan banyak beristirahat, membuat informasi jadi menonjol, membuat tautan sendiri dengan menggunakan metode memori lalu mengkaji ulang tautan agar tetap siap dalam pembelajaran baru

 

Ketika mengkaji ulang cara ini membantu untuk lebih memikirkan tentang apa yang sedang diingat dengan memikirkan mulai memahami. Jika sering memakai informasi maka informasi berfungsi sebagai tinjauan. Entah menggunakan atau kehilangan informasi itu dari ingatan. Harus selalu menggunakan kekuatan kaji ulang sebagai penutup proses belajar untuk mencegah hasil belajar menjadi sia – sia. Satunya cara agar berkembang dengan mengenyahkan apapun yang menghalangi berkembang, singkirkan hambatan yang memblokir pikiran seperti banyak dalih, keyakinan yang membatasi lalu belajar untuk mempelajari satu tugas dalam satu waktu, dan menjadi lebih bersedia untuk belajar lebih banyaj, kemudian berkembang melalui prinsip PBE imajinasi

 

Jika berharap untuk memanen kehidupan yang dipenuhi perbuatan hebat, pertama harus menanam benih yang jebat

 

Pelatihan memori akan memungkinkan menciptakan lebih banyak kepastian dengan menggunakan informasi, kepastian mengembangkan kepercayaan diri dan memberi pandangan sekilas tentang kemampuan

 

Kemungkinan pelatihan pikiran tak terbatas, konsekuensinya bersifat terus – menerus tetapi hanya segelintir yang berusaha sangat keras untuk mengarahkan pemikiran mereka ke saluran yang akan  bermanfaat bagi mereka dan malah mengarahkan semangat pada nasib

Buku Stop Membaca Cerita

 




Jangan biarkan pusat perhatian ditentukan oleh media berita. Jalani hidup 30 hari tanpa berita karena gelombang pertama ketenangan dan kedamaian batin. Walaupun berpantang berita, tidak akan melewatkan informasi relevan apapun dna tidak akan melewatkan apapun pada masa yang akan datang. Jika sesuatu penting terjadi akan mengetahui segera dari siaran khusus dari teman, keluarga, atau orang lain

 

Baca surat kabar atau majalah mingguan versi cetak, tentukan batas waktu 60 menit untuk keseluruhan koran. Menentukan jumlah artikel per edisi. Dengan membaca edisi lebih lama, akan meminimlakan bahaya tertarik kembali ke dalam pusaran berita ketika mempertahankan perasaan nyaman saat tidak ketinggalan apapun. Selektif terhadap bacaan, konsumsi artikel yang penting dan abaikan saja lainnya. Peramban internet muncul peertama pada 11 November 1993 penemuan yang paling signifikan pada abad ke 20 setelah bom atom dan penemuan antibiotik

 

Semakin besar keriuhan di dalam berita, semakin kecil relevansi kejadian

 

Surat kaabr menerbitkan banyak hal berlebihan dan dibesarkan dengan satunya tujuan untuk menarik perhatian dan merendahkan satu sama lain. relevansi isu yang personal

 

Jika ingin membuat klaim bahwa sebagian besar berita yang dikonsumsi rleevan, harus mengonsumsi  4 kali lebih banyak berita yang relevan, menginvestasikan 6 jam per hari mengonsumsi berita. Ketika berada dalam keadaan memaksa, akan siap membatasi diri hanya untuk seperempat berita yang kelihatannya penting

 

Arti konkret relevansi ada dua definisi, dalam pengertian sempit dan logis, sesuatu dikatakan relevan jika mampu mengambil keputusan yang lebih baik. Secara lebih luas, semua hal mampu memahami dunia dengan lebih baik berarti relevan

 

Warren Buffett menggunakan istilah lingkaran kompetensi, segala sesuatu berada di dalam lingkaran adalah bidang yang menjadi keahlian. Setiap hal yang berada di luar sesuatu yang tidak dipahami atau tidak benar dipahami. Kenali lingkran kompetisi dan fokus disana. Ukuran lingkaran tidak penting tapi penting untuk mengetahui batasannya

 

Semakin besar pengetahuan dan semakin tinggi kemampuan di bidang, semakin besar sukses berhubungan dengan efek pemenang mendapatkan semuanya. Dengan lingkaran kompetensi yang ditentukan secara tegas, akan lebih mudah untuk menentukan informasi mana yang perlu masuk ke otak. Cara menerima informasi akan berbeda dari satu tmepat ke tempat lain tapi sudah pasti tidak akan menemukannya di situs web umum. Lingkaran kompetensi semua orang mencakup beberapa sumber media khusus yang pastinya perlu dibaca

 

Sistem saraf sentral beraksi sangat kuat kepada rangsangan yang kelihat jelas, menghebohkan, sensasional. Mengejutkan, bersifat pribadi, keras, mencolok, mengakibatkan polarisasi, cepat berubah dan berwarna dan sangat lemah terhadap potongan informasi yang abstrak, tak jelas, dan tidak saling berhubungan yang membutuhkan penafsiran di tingkat tertentu. Produsen berita secara sistematis mengeksploitasi ketidakseimbangan sudut pandang. Berbagai media baik besar maupun kecil, terobsesi dengan segala sesuatu yang sifatnya segera. Segala sesuatu yang samar, kompleks dan abstrak segala sesuatu yang berkembang perlahan, dan sulit dipahami akan dihentikan secara sistematis oleh media dan oleh diri sendiri, walaupun isinya sebenarnya lebih penting untuk kehidupan dna benar memajukan pemahaman tentang dunia

 

Sebagai pecandu berita, hidup dengan pemahaman risiko yang salah

 

Mengonsumsi berita setiap hari mengalihkan pemahaman dari hal penting. Berita memberikan penjekasan yang jauh dari realistis yang menghasilkan perilaku yang tidak pantas dnan secara matematis salah. Risiko yang dibaca melalui pers bukan risiko yang harus dikhawatirkan

 

Berita berbiaya sangat besar karena hanya membuang waktu, pertama ada waktu yang benar digunakan untuk mengonsumsi berita, membaca mendengarkan, menonton, menggulirkan layar telepon atau laptop. Kedua, diperlukan waktu untuk mengembalikan fokus perhatian, yang dikenal sebagai biaya peralihan. Ketiga, berita menganggu fokus bahkan lama setelah mengonsumsi, berbagai cerita dan gambar menghantui berjam – jam setelahnya, terus – menerus mengganggu jalan pikiran

 

Harapan hidup global rata – rata adalah 66 tahun, dalam istilah ekonomi, konsumsi berita membuang kehidupan dua ribu manusia, lebih daripada 10 kali lipat daripada kematian yang diakibatkan ledakan

 

Berita tidak mampu menjelaskan segala hal. Semua fakta biasanya hanya konsekuensi dan efek samping masalah mendasar yang lebih dalam. Proses yang membentuk kejadian budaya, intelektual, ekonomi, militer, politik dan lingkungan tidak kelihatan, semuanya kompleks, non linear, dan sulit dicerna otak. Berita menunjukkan banyak kejadian tanpa konteks. Fakta menghmabar pemikiran, jika mengonsumsi berita, akan berada dalam ilusi bahwa memahami dunia. Ilusi dapat mengakibatkan kepercayaan diri berlebihan. Banyaknya informasi mengenai masing kuda (semua hal yang jelas terlihat) tidak memberikan efek pada akurasi pada kepercayaan diri mereka, kehatian, keraguan dan kerendahan hati yang dibutuhkan, semuanya hanyut dibawa arus informasi. Prediksi yang hati – hati bermutasi menjadi keyakinan pasti

 

Berita buruk dianggap relevan dibandingkan kabar bak. Informasi negatif memiliki dampak dua kali lebih besar dibandingkan informasi positif didalam psikollogi hal ini disebut bias negatif (negativity bias) ke lebih peka terhadap rangsangan negatif daripada rangsangan positif

Bias negatif adalah sifat bawaan. Media berita tidak menanamkan kelemahan terhadap informasi negatif di dalam diri kita, mereka hanya piawai mengeksploitasi kelemahan, mengirimkan aliran cerita mengejutkan yang dirancang khusus untuk menyentuh otak yang selalu cemas. Berita terus – menerus merangsang sistem saraf simpatetik, bagian sistem saraf otonom. Stres psikologis mengakibatkan hipotalamus memicu produksi adrenalin, mengakibatkan kortisol. Setiap cerita mencolok dapat mengakibatkan produksi hormon stres. Kortisol membanjiri aliran darah, melemahkan sistem imunitas dan menghambat produksi, hormon pertumbuhan dengan mengonsumsi berita, membuat tubuh stres. Stres kronis mengakibatkan kegelisahan dan masalah pencernaan dan pertumbuhan dan membuat rentan terhadap infeksi. Efek samping lain yang mungkin terjadi akibat konsumsi berita termasuk serangan panik, agresi, tunnel vision (penyempitan rentang pandang) dan hilangnya kepekaan emosional, mengonsumsi berita membuat kesehatan psikologis dan fisik terancam

 

Menurut penelitian American Psychological Associations, setengah dari semua orang dewasa menderita berbagai gejala stres yang diakibatkan konsumsi berita. Kita mengonsumsi lebih banyak berita dibandingkan sebelumnya

 

Perubahan seringkali merusak kesehatan mental umum. Mengonsumsi berita menurunkan kualitas hidup, menjadi lebih stress, semakin terdesak semakin mudah terangsang penyakit dan akan lebih cepat mati

 

Kita rentan terhadap 120 kesalahan kognitif sistematis, secara rutin menyimpang dari prinsip rasionalitas, pikiran dan tindakan yang masuk akal. Semua kesalahan mengurangi kualitas pengambilan keputusan di dalam kehidupan pribadi dan profesional, dan berita bukannya memberikan pencerahan, semakin meneguhkan kesalahan

 

Semakin banyak berita yang dikonsumsi, semakin sering akan menemukan informasi yang mengonfirmasi, bahkan ketika pendapat salah. Berita tidak lagi berfungsi sebagai ujian kebenaran, menemukan kesalahan di pendapat tidak akurat melainkan malah memperkuat berbagai pendapat. Bias konfirmasi berbahaya dibandingkan dengan yang lain ketika berhubungan dengan ideologi, ideologi adalah satu hal paling bodoh yang pernah dihasilkan otak. Ideologi adalah penjara mental yang dibangun sendiri, ideologi adalah opini berpangkat 10, menggabungkan berbagai pendapat, apa adanya dan menjadikannya pandangan dunia. Efek ideologi kepada otak seperti sengat listrik tegangan tinggi mengakibatkan berbagai tindakan impulsif dan memancing kemarahan. Hindari ideologi dan dogma, bagaimanapun caranya. Ideologi mempersempit sudut padang dan membuat mengambil berbagai keputusan buruk. Berita menjadi kaki tangan ideologi dalam memperkuat bias konfirmasi, dapat dengan jelas melihatnya terjadi di wacana politik jika  mengembuskan berita ke tengah masyarakat, akan terpolarisasi. Jika terlalu dekat dengan dogma, giatlah mencari argumen bantahan

 

Semua krisis dapat dipahami (kias balik). Semakin pendek semakin berbahaya berita itu. Berita harus dibuat pendek bahkan ketika menyampaikan suatu kisah, dilakukan melalui proses penyederhanaan yang brutal. Tidak ada yang dikatakan mengenai lusinan penyebab lainnya interaksi di antara semua faktor atau efek retroaktif yang terjadi diantara berbagai kejadian dan penyebabnya (meningkat atau meredam efek) konsumen diberi ilusi bahwa dunia lebih sederhana dan lebih mudah dijelaskan daripada yang sebenarnya sehingga kualita pengambilan keputusan mereka terganggu

 

Bias ketersediaan, memikirkan apa yang ada di depan mata atau apa yang sudah ada di dalam kepala kita. Apa yang sudah ada memiliki pengaruh yang sangat kuat dalam pengambilan keputusan, setiap keputusan didasarkan kepada sesuatu, dan sesuatu terdiri atas informasi. Demi kenyamanan, selalu memanfaatkan apa yang tersedia dari kumpulan informasi yang ada daripada memanfaatkan hal yang mungkin lebih penting tapi membutuhkan penelitian lebih dulu. Jika menggunakan berita menghadapi risiko menggunakan berita sebagai dasar pengambilan keputusan, bahkan ketika beritanya jelas tidak ada hubungannya dengan masalah yang dihadapi, itu dapat terjadi tanpa disadari. Semaki besar emosional gambar, video, dan berita termutakhir, semakin besar ruang yang diisinya, berita menempatkan diri di bagian atas ruang penyimpanan mental dan oleh karena itu menjadi lebih mudah didapatkan daripada informasi lainnya, statistik perbandingan sejarah, argumen yang kompleks, dan argumen balasan yang mungkin menjadi dasar yang lebih baik untuk mengambil keputusan.  Mereka yang menyusun agenda memiliki kuasa atas diskusi

 

Jangan berikan kendali kepala sekelompok penulis tak berkualitas yang stres karena membuat rancu antara tidak tersedia dan tidak ada karena mereka tidak memiliki anggaran atau uang untuk mencari informasi yang paling berharga, dan kesalahan secara otomatis diteruskan kepada para konsumen. Wartawan berita juga bekerja di bawah kesalahpahaman terbesar kedua : mereka keliru antara dicegah dan tidak ada. Jurnalis rentan terhadap kesalahpahaman. Mereka mencampuradukkan antara ketiadaan dengan tidak penting, kadang sebenarnya tidak ada belum terjadi adalah yang relevan. Wartawan buta akan ketiadaan tentang apa yang sedang terjadi

 

Pertama contoh mengenai sesuatu yang tidak benar menarik perhatian. Kedua satu contoh tentang sesuatu yang sama sekali tak dapat diketahui. Ketiga contoh pertanyaan yang terlalu kompleks untuk otak

 

Di Swiss ada lembah tepencil disana ada desa Moutathal, beebrapa penduduk menyebut diri mereka Peramal Cuaca Moutathal menganggap misi mereka adalah meramal cuaca menggunakan benda seperti semut dan buah pohon cemara

 

Afek adalah perasaan satu dimensi yang instan. Perasaan ini dangkal dan muncul hanya dalam rasa positif atau negatif. Afek punya peran tapi tidak ketika berhadapan dengan pertanyaan sulit, ketika menjadi rancu dengan jawaban yang sebenarnya.  Berita dirancang untuk menimbulkan berbagai afek yang tak diperlukan. 99% opini tak berguna

 

Berita akan memberikan dampak buruk kepada memori. Ada dua tipe memori, memori jangka panjang memiliki kapasitas penyimpnaan tinggi, sementara memori kerja hanya dapat menyumpan informasi terbatas. Jalur dari memori jangka panjang melewati jalan sempit di otak, segala sesuatu yang ingin dilalui lorong sempit dan untuk informasi abstrak dibutuhkan konsentasi, berita menganggu konsentrasi menerus melemahkan kemampuan untuk memahami berbagai macam hal

 

Otak membutuhkan waktu untuk memahami informasi baru. Memberi waktu 10 menit kepada diri sendiri. Jika waktunya kurang daripada ini maka otak akan menyimpan semuanya. Tanyakan apa 10 hal paling penting di beritakan bulan lalu

 

Pemahaman seseorang menurun karena ada tautan. Tautan adalah gangguan yang terus – menerus seperti seseorang terus – menerus menggedor pintu atau menghubungi telepon setiap beberapa detik. Informasi menuntut perhatian penerimanya, kekayaan informasi menciptakan kemiskinan perhatian

 

Setelah olahraga berat ATP (adenosin trisofat) molekul yang memberikan energi di otot menipis dna harus diisi ulang begitu juga dengan tekad

 

Otak terdiri dari kira – kira 86 miliar sel saraf yang saling berhubungan dengan lebih daripada 100 triliun sinapsis. Para saintis mengasumsikan otak telah sepenuhnya terbentuk pada waktu mencapai usai dewasa. Otak terus dibentuk ulang dengan sel saraf yang secara rutin memutuskan koneksi lama dan menciptakan  yang baru, kepekaan reseptor di sinapsis berubah, jika membiarkan diri dibanjiri fenomena budaya baru seperti aliran berita, otak membentuk kembali perangkat mental

 

Ketika masuk ke internet,  kita masuk dalam lingkungan yang membiasakan cara membaca sepintas, pemikiran yang terburu – butu dan terbagi – bagi dan pembelanjaran yang dangkal. Internet mengubah menjadi pemikir dangkal, benar mengubah struktur di otak. Perkembangan di satu wilayah otak hanya dapat terjadi dengan penurunan di tempat lain. perubahan yang mirip di struktur otak juga telah diamati pemusik, pesulap, dan orang yang tumbuh dengan multi bahasa

 

Semakin seseorang mengonsumsi media berbeda pada waktu yang sama, semakin sedikit sel otak yang ada di korteks singulat anterior bagian otak yang bertanggung jawab di antaranya untuk perhatian, pertimbangan moral, dan kendali rangsangan. Jika memperhatikan pecandu berita, akan melihat yang berikut: rentang konsentrasi menyusut dan kesulitan mengendalikan emosi. Semakin berita dikonsumsi, semakin mendorong terbentuknya sirkuit neuron yang disesuaikan dengan aliran informasi dan multitugas. Pada waktu sama, sirkuit yang dibutuhkan untuk menyerap bacaan dan pemikiran mendalam akan mengalami atrofi atau penyusutan

 

Kita melatih otak untuk memperhatikan omong kosong . otak membutuhkan waktu 1 tahun absen dari berita sebelum mampu untuk membaca tulisan panjang tanpa kelelahan, semakin cepat mulai, semakin cepat mendapatkan kembali fokus. Jangan menyerah walau sulit pada awalnya, sesuatu berharga

 

Masyarakat yang berfungsi baik membutuhkan kerja sama. Reputasi seseorang adalah sinyal : memberi tau sesuatu tentang potensi dia sebagai mitra untuk berkolaborasi. Pada masa lalu evolusioner, reputasi seseorang berhubungan langsung dengan pencapaian atau kekuasaan

 

Donald Henderson, dia memimpin tim World Health organization, Organisasi Kesehatan Dunia yang melenyapkan penyakit cacar. Selama beribu tahun cacar dianggap sebagai salah satu penyakit berbahaya di dunia baik karena sangat menular dan juga sangat mungkin berakibat fatal. Program imunisasi sistematis Henderson untuk melawan penyakit itu akhirnya mencapai sesuatu yang dianggap tidak mungkin cacar dikalahkan, inilah satunya waktu ketika suatu kuman mematikan benar dimusnahkan salah satu kemenangan terbesar dalam sejarah kedokteran. Dia dianugerahi Penghargaan National Medal of Science, dan pada 2002 mendapatkan Presidential Medal of Freedom penghargaan tertinggi di USA, Henderson juga tidak menghindari media, setelah cacar dimusnahkan dia menjadi dekan di John Hopkins University salah satu Universitas kedokteran terpenting di dunia dan seorang penasihat senior untuk pemerintah USA

 

Setiap orang yang bekerja pasti beroperasi di dalam suatu hierarki

 

Karena perempuan mendapatkan setengah gen dari ayah, dorongan untuk mencapai status juga mengakar di dalam diri, perempuan memiliki piramida status

 

Orang yang berada di status rendah lebih cepat sakit, lebih sering menderita depresi, dan lebih cepat meninggal, status memiliki konsekuensi fisik sangat penting

 

Berita membuat hierarki alamiah yang sudah cukup brutal menjadi jauh lebih brutal dengan melaporkan secara tidak seimbang

 

Mengonsumsi berita memperluas jumlah pesaing potensial sampai mencakup seluruh dunia, membandingkan diri dengan orang yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan kita. Merasa lebih kecil daripada yang sebenarnya. Konsekuensi emosional, nyata, mengakibatkan terjadinya perubahan fisik dan hormonal. Tingkat stres meningkat. Tingkat serotonin jatuh, berhenti mengonsumsi media berita yang tidak jelas dan menghindari persaingan yang mustahil untuk mendapatkan status

 

Ketika otak tidak bisa berhadapan dengan informasi yang tidak bisa kita tindaklanjuti, pelan mengambil peran sebagai korban, dorongan untuk bertindak menghilang, menjadi pasif, istilah sains adalah ketidakberdayaan yang di pelajari atau learned helplessness

 

Ketidakberdayaan mengalir ke setiap wilayah kehidupan. Ketika memperhatikan semua berita, kita terus – menerus dihadapkan dengan masalah yang tidak dapat diselesaikan

 

Penulis cerdas tidak memiliki waktu untuk melakukan pekerjaan investigasi atau meneliti dengan mendalam. Mereka tidak memiliki waktu untuk berpikir maupun ruang atau kesempatan untuk menjelaskan gagasan yang rumit

 

Pada zaman pertenhahan hampir semua pesan disampaikan secara lisan

 

Advertorial (iklan bergaya jurnalistik) dan iklan native (native advertising) ptongan pendek yang dibayar, disamarkan sebagai berita. Ketika sudah dilewati inversi yang berarti lebih daripada 50% isi, pengguna, dan klik di internet adalah palsu

 

Efek menghambat kreativitas di berita akan mempengaruhi konsentrasi. Jika terus terganggu berita tidak dapat membangun gagasan baru

 

Pecandu berita kadang membenarkan perilaku mereka dengan menyatakan bahwa berita memberikan mereka pandangan yang baru, jika memandang aliran berita secara objektif, kita dapat melihat hal yang sama saja

 

Kutu buka kata lain untuk ahli. Nilai sebenarnya untuk diri kita dan untuk masyarakat, hanya dihasilkan dari lingkaran kompetensi. Seseorang yang terbaik di bidangnya berart telah mencapai keahlian

 

Tidak relevan berarti mengonsumsi berita tidak akan membantu mengambil keputusan yang lebih baik entah di kehidupan pribadi maupun profesional. Dampaknya kebalikannya

 

Setiap orang harus memiliki detektor sampah otomatis di dalam dirinya. Hukum Sturgeon berlaku bukan hanya untuk isi melainkan juga cara berita disajikan, gabungan fakta, klaim, penempatan produk dan opini adalah campuran yang tidak menggugah selera yang sebaiknya dibuang ke tempat sampah bahkan ketika berita memang menyampaikan sesuatu yang serius

Media berita bias terhadap bencana yang diliputnya, media melaporkan bencana yang baru, secara visual mengejutkan dan dapat diceritakan melalui lensa berbagai kisah pribadi manusia

 

Teroris adalah ahli pengendalian pikiran. Tujuan utama mengusahakan perubahan politik, mereka mendukung gerakan separatis mereka berusaha untuk mendiskreditkan pihak penguasa, dan mereka ingin orang lain memperhatikan tuntutan mereka perhatian yang mereka terima dalam bentuk berita dan reaksi yang terjadi sesudahnya

 

Kedamaian batin dianggap sebagai komponen kunci untuk kehidupan yang suksesm walaupun di masa lalu konsep ini sering kali diekspresikan dengan istilah ketenangan, keseimbangan batin, benteng batin, ketentraman atu kedamaian pikiran. Kedamaian pikiran timbul sebagian melalui ketiadaan emosi yang beracun, semakin cepat menghilangkan emosi beracun seperti iri hati, kemarahan, dan mengasihani diri sendiri dari perbendaharaan emosional lebih baik

 

Landasan filosofi hidup yang bijaksana adalah: hal yang dapat dikendalikan dan ada hal yang tidak dapat dikendalikan, aliran filsafat praktis di Yunani dan Romawi kuno menggambarkan sistem kepercayaan mereka dengan gambar pemanah 99,9 % semua kejadian di dunia berada di luar kendali

 

Kita menjadi apa yang diperhatikan jika sendiri tidak memilih pikiran dna gambaran apa yang diekspos kepada diri, orang lain akan melakukannya

 

Untuk mencapai kebijaksanaan harus memilih beberapa ahli pikir dna mencerna karya mereka

 

Kebebasan untuk memilih hal yang relevan dengan diri adalah dasar bagi kehidupan yang menyenangkan. Bahkan lebih mendasar dibandingkan kebebasan untuk mengekspresikan pendapat, manusia memiliki hal untuk tidak dibuat gila oleh hal dengan mencolok berpura – pura menjadi sesuatu yang baru dan penting. Kita harus membebaskan, menetralkan, membebaskannya dari sampah dan bukan terus – menerus mengisinya, mengurangi jauh lebih menguntungkan daripada menambah, sedikit adalah banyak yang baru

 

Untuk masalah referendum jalan keluarnya lebih mudah langkah pertama : pertimbangkan pilihan yang diajukan dan pikirkan sendiri. Langkah kedua : diskusikan isunya dengan dua atau tiga teman untuk berusaha mendapatkan pengertian yang jelas tentang pendapat yang menentang

 

Demokrasi berhasil jika didampingi oleh pers bebas yang mengungkap kebenaran dan menjelaskan berbagai situasi di dalam kompleksitasnya. Dua jenis jurnalisme. Pertama membutuhkan jurnalisme investigasi yang mengungkap fakta dan kesalahan, kedua, membutuhkan jurnalisme yang menjelaskan gambaran yang lebih besar, menyediakan informasi latar belakang dan penjelasan ini dikenal sebagai laporan penjelasan, keduanya sulit dan mahal, keduanya membutuhkan keterampilan produsen dan konsentrasi konsumen, keduanya tidak terlayani dengan baik oleh format berita masa kini. Jurnalisme jenis kedua yang dibutuhkan adalah laporan penjelasan. Laporan mencakup penjelasan latar belakang, pemicu, faktor penggerak dan jejaring koneksi di balik kejadian penting, dan menawarkan solusi

 

Tren nomor satu : aliran berita bertambah besar dengan sangat cepat. Jumlah interaksi mungkin antara orang dan oleh karena itu jumlah berita yang potensial, meningkat berkali lipat. Biaya menghasilkan dan menerbitkan berita jatuh ke arah nol. Hasil akhirnya adalah peningkatan keluaran berita secara tajam dan bukan linear

 

Tren nomor dua : berita ada di sekitar kita, selalu

 

Tren nomor tiga : algoritma makin lama makin memahami kita. Algoritma tau cara memikat secara emosional, sistem ini mengetahui tombol emosi lebih baiksehingga memikat dengan artikel, gambar, video yang paling bisa diterima. Algoritma menggunakan potongan berita dengan cara yang jauh lebih fokus

 

Tren nomor empat : berita bergerak makin jauh dari kebenaran. Algoritma semakin kreatif. Berbagai program kini mampu menggunakan kecerdasan buatan untuk menciptakan teks, gambar dan video tanpa bantuan manusia