Minggu, 28 Agustus 2022

Aku Mendengarmu

 



"Di dengarkan dan dipahami adalah keinginan terbesar manusia dari lubuk hati terdalam. Mereka yang belajar untuk mendengarkan adalah yang paling di cintai dan dihargai," (Richard Carlson)


Jangan hanya mendengarkan tapi katakan sesuatu

Seseorang yang tertarik dengan pembicaraan orang lain dan terlihat antusias akan menunjukkan betapa tertarik dengan pembicaraan tersebut

Manfaat melakukan validasi:
1. Menenangkan atau menyingkirkan kekhawatiran, ketakutan, dan keraguan orang lain

2. Meningkatkan kebahagiaan dan kegembiraan orang lain

3. Memberikan dukungan dan meyakinkan orang lain sekalipun tidak mengetahui cara menyelesaikan masalah

4. Lebih mudah menunjukkan rasa cinta, pemahaman dan belas kasih dalam hubungan yang lebih intim

5. Membantu orang lain merasa aman dan nyaman untuk mempercayai

6. Menghindari atau memecahkan argumen dengan cepat

7. Memberikan saran yang sesuai

8. Menjadi seseorang yang lebih disukai

Semua orang membutuhkan lebih dari seorang pendengar
Pendengar yang baik akan melakukan validasi

Validasi bisa membuat perubahan hebat dalam pernikahan atau hubungan romantis

Validasi sangat  berguna dan berharga

Validasi yang berjalan dengan baik dapat menenangkan rasa takut atau frustasi, menambah kebahagiaan orang lain, membuat orang lain mendengarkan sudut pandang cerita, hubungan lebih mendalam, kecepatan dalam menyelesaikan masalah, membantu menjadi orang yang lebih disenangi

"Di balik kebutuhan untuk membicarakan ada kebutuhan untuk berbagi. Dibalik kebutuhan untuk berbagi ada kebutuhan untuk dimengerti," (Leo Rosten)

Validasi dalam keterampilan interpersonal adalah tindakan menyadari dan mengakui betapa pentingnya emosi orang lain

Validasi yang efektif memiliki 2 komponen:

1. Mengindentifikasikan emosi yang spesifik
2. Menawarkan pembenaran atas perasaan terhadap emosi tersebut


Contoh validasi:

1. Wah itu pasti membingungkan
2. Ia benar mengatakan hal itu? Dia pasti marah juga
3. Ah sungguh menyedihkan
4. Saya benar mengerti apa yang anda rasakan, saya pernah berada dalam situasi serupa dan itu sulit
5. Anda tentu berhak untuk bangga. Itu pencapaian yang besar
6. Saya ikut berbahagia, anda telah bekerja dengan amat keras, pasti sungguh menyenangkan rasanya

"Tidak ada yang baik atau buruk," (William Shakespeare)

80 - 90% percakapan setidaknya memiliki satu kesempatan untuk sebuah validasi sementara 10 - 20% percakapan akan bersifat apa adanya tanpa keterlibatan emosi


"Saling terhubung merupakan energi yang diciptakan orang - orang saat mereka dilihat, di dengar dan di hargai", (Brene Brown)

Kesalahpahaman validasi:
1. Validasi hanya untuk emosi negatif

Kemampuan seseorang untuk memvalidasi pengalaman positif orang lain dapat secara drastis meningkatkan ikatan dan kepuasan dalam sebuah hubungan

2. Sulit memvalidasi jika tidak setuju

3. Validasi hanya sederhana mengulang apa yang orang lain katakan

Validasi yang efektif membutuhkan empati dan pemahaman emosional dapat menyampaikan daripada mendengarkan secara reflektif

Adakah sebuah keajaiban besar yang membuat kita dapat melihat dari sudut pandang orang lain dengan cepat (Henry David Toreau)

Empat merupakan kemampuan untuk memahami dan ikut merasakan yang orang lain rasakan

simpati adalah perasaan peduli pada kekhawatiran orang lain, seringkali diiringi dengan harapan melihat mereka lebih baik dan bahagia

Simpati membuat berdiri diri luar situasi dan melihat ke dalam

Empati membuat masuk ke dalam situasi dan merasakan situasi

Simpati ikut merasakan perasaan orang lain sedangkan empati untuk merasakan bersama

Validasi yang efektif bisa muncul setelah merasa terhubung dengan orang lain dan memahami, ikut merasakan yang mereka rasakan

Tips menumbuhkan rasa empati:
1. Tumbuhkan rasa penasaran
2. Perhatikan mereka
3. Bayangkan mereka seperti anak kecil
4. Belajar mengenali emosi sendiri

Mempelajari emosi sendiri dapat meningkatkan kemampuan berempati dengan orang lain dengan dua cara: (1) lebih sensitif terhadap respon yang sebenarnya bukan emosi ketika mendengarnya dari orang lain, (2) Membantu memiliki referensi yang lebih luas terhadap pengalaman emosional

5. Berhenti menghakimi emosi sendiri

Metode 4 langkah validasi
1. Mendengarkan dengan empati

" Salah satu bentuk penghargaan yang paling tulus adalah benar mendengarkan apa yang dikatakan orang lain," (Bryhant H McGrill)

Mendengarkan dengan empati membutuhkan kita untuk menemani orang tersebut dalam kesedihan, penderitaan, pencarian jati diri, tantangan, atau kebahagiaan

A.   Berikan perhatian penuh

"Suatu sikap bisa di artikan sebagai keterpaksaan yang membawa konsekuensi emosional yang lebih buruk, saat dianggap tidak ikhlas, hampir mustahil mendapat kepercayaan, hubungan baik dan loyalitas," (Olivia Fox cabane)

B. Ajak mereka untuk bersifat terbuka

C. Jadilah pemerhati

Para ahli komunikasi mengatakan jika sebanyak 70% dari komunikasi yang dilamukan adalah non verbal (bahasa tubuh, nada bicara, dll)

D. Selaraskan dengan energi mereka

Menyamakan energi dengan orang lain akan terlihat ada untuk orang lain dan memahami apa yang orang lain rasakan dan katakan

E. Berikan validasi mikro

Validasi mikro merupakan komentar atau tanggapan singkat yang mengafirmasi kebenaran emosi dan opini orang lain

Pertanyaan validasi mikro:
1. Benarkah
2. Huh ya saya pasti akan marah juga
3. Wow itu sungguh membuat stres
4.  Itu masuk akal
5. Sangat menyenangkan
6. Tidak mungkin
7. Saya paham
8. Wow itu sungguh menyakitkan
9. Saya paham hal semacam bisa jadi membingungkan
10. Selamat rasanya pasti sungguh menyenangkan

Tujuan menjaga komentar singkat sehingga pencerita tidak merasa di interupsi

Validasi mikro memberitahu orang lain bahwa kita memperhatikan dan mempersilakan mereka untuk terus melanjutkan cerita,hal ini dapat menumbuhkan rasa aman dan percaya dari pencerita

F. Jangan berusaha memberikan solusi

Pertanyaan seperti ini harusnya dihindari
1. Itu tidak benar, kau hebat
2. Sebenarnya yang kau butuhkan adalah
3. Tak perlu mengkhawatirkan apa yang mereka pikirkan
4. Hei tenang saja, hal itu tidak sepantasnya merusak harimu
5. Pada akhirnya semua akan baik - baik saja
6. Hal itu bisa saja lebih buruk
7. Jangan khawatir, kau akan menemukan orang yang tepat suatu saat nanti

Memberikan saran atau solusi tanpa diminta terutama saat memvalidasi emosi orang lain akan terasa menyepelekan. Hal itu menunjukkan bahwa :tidak merasa mereka seharusnya merasakan hal itu, mengetahui bagaimana harus mengatasi dengan cara yang lebih baik dari mereka

2. Memvalidasi Emosi

"Hal terpenting dalam sebuah komunikasi adalah mendengar yang tak terucap,"(Peter Drucker)

Cara memvalidasi emosi orang lain:
A. Mengenali emosi tertentu
B. Memberikan penilaian terhadap perasaan dari emosi tersebut

Prinsip utama memvalidasi emosi:
A. Tetap berusaha untuk tidak memberikan solusi
B. Tidak harus setuju untuk memvalidasi
C. Bertanya perasaan orang lain
D. Jika memahami,beritahu mereka

Hindari kata saya sangat paham persis apa yang anda rasakan diganti dengan saya pernah mengalami hal serupa atau saya paham dengan apa yang anda rasakan

Ceritakan pengalaman pribadi secara singkat dan fokus emosi yang berhubungan dengan  pencerita

E. Jika tidak bisa memahami beritahu mereka

Akui emosi yang diungkapkan orang lain dan pikirkan apa yang mungkin dirasakan pada situasi yang sama

F.  Beritahu kenyataan

3. Tawarkan saran/ dukungan jika memungkinkan

"Kapanpun mengetahui kebenaran, sampaikan dengan cinta atau pesan dan si pembawa pesan akan mengalami penolakan,"(Mahatma Gandhi)

A. Hindari memberi saran tanpa diminta

Memberi saran tanpa diminta bisa membuat orang menutup diri, terluka dan defensif

Metode untuk mengetahui orang tersebut terbuka dengan saran:
1. Tanyakan apa yang mereka inginkan
2. Minta izin untuk menyampaikan pemikiran

Ada sebuah pengecualian: saat mengajari anak, saat komplain atau kemarahan langsung tertuju pada kita

Prinsip utama memberikan tanggapan:
A. Mulai dengan pertanyaan memvalidasi
B. Berhati dengan tetapi

Kata tetapi akan mematahkan keseluruhan kalimat pertama yang diucapkan, ketika memberikan validasi kata tetapi ini akan menghancurkan seluruh kerja keras

C. Awali dengan saya bukan kamu

D. Hindari kemutlakan

Kemutlakan atau sesuatu yang absolut ditandai dengan istilah seperti selalu, tidak pernah, pasti, dan yang lainnya

E. Akui saat salah

4. Validasi kembali

" Bermurah hatilah memberikan dukungan, hal itu merupakan kata yang mencerahkan, menghangatkan hati, tidak berbayar, dan memperkaya hidup," (Nicky Gumbel)

A. Validasi ulang emosi

Percakapan akan menjadi cara menyelesaikan masalah atau antusiasme mengenai hal baik dan mulai menurun dengan sendirinya menuju akhir cerita

Menutup percakapan akan melibatkan pengulangan sederhana dari validasi yang telah diucapkan di awal

B.  Validasi kelemahan

Kelemahan berpengaruh dengan hubungan yang kuat dan sehat karena hal ini memungkinkan kita untuk melihat secara langsung dan merasa terhubung dengan tulus dan personal

"Belajar mengikuti aturan adalah perjalanan panjang, tapi belajar dengan contoh adalah perjalanan singkat dan efektif," (Seneca)

Catatan untuk metode 4 tahap dalam situasi dunia yang sesungguhnya

M= mendengarkan
Mv = mikro validasi
V = validasi
M1 = meminta izin untuk memberikan tanggapan
Mt= memberikan tanggapan
Vk = validasikan kembali
Vs = validasi kesedihan

A. Minta validasi saat membutuhkan

Setelah memvalidasi dan jeda sejenak seseorang akan merespons
1. Membenarkan validasi dan melanjutkan cerita
2. Menerima validasi yang diberikan dan terdiam

"Jika anda ingin membawa perubahan terhadap hidup orang lain, anda tak harus menjadi memukau, terkenal, luar biasa atau sempurna, anda hanya perlu peduli," (Karen Salmanshon)

Saat membutuhkan validasi mintalah secara spesifik. Cara terbaik berbicara dengan seseorang yang mengetahui dengan pasti cara memvalidasi,kalau orang yang diajak bicara tidak tau cara validasi maka bisa memberikan arahan

B. Belajar untuk memvalidasi diri sendiri

Selain mencari validasi dari orang lain maka harus validasi diri sendiri

C.Berhatilah dengan ekspektasi

Selasa, 21 Juni 2022

Buku Show Your Work

 





Bagi seseorang seniman, masalah terbesar yang harus diatasi adalah bagaimana caranya menarik perhatian

 

Kreativitas bukan bakat melainkan kerja

 

Berkaryalah sebagus mungkin supaya tidak diabaikan maka orang akan datang untuk melihat karya kita (Steve Martin)

 

1.    Tidak Perlu Menjadi Genius

 

A.  Temukan satu scenius

 

Berikan yang kamu punya, bisa jadi bagi seseorang itu berguna melebihi dugaanmu (Henry Wadsworth Longfellow)

 

Ada jalan untuk memandang kreativitas disebut scenius oleh musisi Brian Eno: dengan cara ini gagasan besar seringkali dilahirkan sekelompok orang kreatif, seniman, kurator, pemikir, perumus teori dan trendsetter lainnya yang membangun zona orang berbakat.Scenius tidak mengambil apapun dari pencapaian orang jebat tapi menyadari bahwa karya bagus tidak muncul begitu saja dan kreativitas selalu berkolaborasi hasil pemikiran terkait dengan pemikiran lainnya

 

Hal yang menarik dari konsep scenius karena adanya pemberian ruang dalam kreativitas terutama untuk orang yang tidak menganggap dirinya jenius. Menjadi scenius berarti menunjukkan kontribusi, gsgasan, kualitas hubungan dengan orang lain, dan percakapan

 

Saat melupakan masalah genius dan lebih memikirkan cara mengembangkan dan berkontribusi pada scenius, kita dapat menyesuaikan harapan dengan menerima. Kita akan mempertanyakan dan mulai mempertanyakan apa yang bisa disumbangkan.

 

Internet merupakan scenius yang saling terhubung, tanpa mengindahkan lokasi fisik.

 

B.  Jadilah Amatir

 

Begitulah kita semua: amatir umur kita terlalu pendek untuk menjadi yang lain (Charlie Chaplin)

 

Amatir atau Ameteur (Prancis) berarti pencinta. Orang yang biaanya suka melakukan sesuatu atas dasar kesenangan, memperjuangkan karya dengan semangat tanpa menghiraukan kesuksesan, uang atau karier yang biasanya di dapatkan oleh para profesional. Para amatir bersedia membagikan hasil, mencoba apapun, berani bereksperimen, dan mengikuti naluri, kadang dalam proses mengerjakan sesuatu secara tidak profesional akan menemukan hal baru

 

Dalama benak pemula ada banyak kemungkinan (Rahib Zen Shunryu Suzuki) kemungkinan itu hanya sedikit di benak para pakar

 

Amatir bahkan tidak takut salah atau tampak memalukan di depan umu, mereka tidak ragu melakukan pekerjaan dianggap orang konyol atau bodoh.

 

Hal yang paling menggelikan dalam tindakan kreatif tergolong tindakan kreatif (Clay Shirky)

 

 Orang amatir mereka hanya orang biasa yang terobsesi pada sesuatu dan menghabiskan waktu untuk memikirkannya

 

Penulis David Foster Wallace menyatakan pendapatannya mengenai buku nonfiksi yang merupakan kesempatan untuk mengamati seseorang yang cukup cerdas dan berpikir mendalam mengenai berbagai hal daripada yang sempat dilakukan dalam keseharian

 

Terkadang amatir mampu mengajarkan lebih banyak daripada seorang pakar

 

Sering terjadi dua pelajar dapat mengatasi kesulitan saat berkarya melebihi ahlinya sendiri (C.S. Lewis)

 

Cara terbaik untuk mulai membagi karya adalah memikirkan hal yang ingin dipelajari dan berkomitmen mempelajarinya melebihi apapun. Temukan satu scenius, perhatikan yang orang lain bagi, catat yang tidak mereka bagi, cermati kekosongan yang dapat diisi dengan usaha sendiri, walau sulit memulainya, jangan cemaskan uang atau karir dari sesuatu yang ingin dicapai, lupakan keinginna menjadi pakar atau profesional, dan hayati keamatiran.

 

C.  Tidak akan menemukan suara jika tidak menggunakannya

 

Temukan suara, teriakkan dari atap dan lakukan terus sampai orang yang mencari menemukan (Dan Harmon)

 

Hampir segala hal ekspektasi dari luar, harga diri, takut malu atau gagal berguguran di hadapan maut yang tersisa hanya hal terpenting, mengingat mati adalah cara terbaik untuk menghindari jebakan akan adanya kerugian (Steve Jobs)

 

2.      Pikirkan proses bukan hasil

 

Kebanyakan orang Cuma melihat pencapaiannya saja. Mereka tidak pernah peduli pada tahap yang dilalui untuk mencapai hasil (Michael Jackson)

 

Bagi semua orang yang melihat karya yang terpenting adalah produknya, karya seni yang sudah jadi (David Bayles and Ted Orland dalam buku Art and Fear)

 

Detail dalam berkarya sungguh tidak menarik bagi khalayak (Bayles and Orland) karena semua itu hampir tak tampak atau diketahui ketika mengamati karya yang sudah jadi

 

Kebanyakan penulis terutama penyair lebih suka dianggap berkarya oleh sekelompok penggemar fanatik dan takut jika masyarakat luas mengintip ke balik layar (Edgar Allan Poe)

 

Untuk terhubung dengan banyak orang, kita harus terlihat benar – benar terlihat (Brene Brown)

 

Cara menunjukkan karya jika tidak ada yang diperlihatkan:mengambil potongan dan sisa proses bentuk menjadi media menarik yang dapat dipublikasikan, arsipkan sesuatu yang dikerjakan serta miliki jurnal kerja, tuliskan pemikiran di buku catatan atau simpan dalam bentuk rekaman, beli scrapbook, sering memotret karya di berbagai tahap proses, rekam diri saat bekerja, dokumentasikan untuk catatan bukan untuk menjadi karya, manfaatkan semua peranti yang murah dan mudah digunakan seperti studio multimedia yang bisa dioperasikan di Hp

 

 

3.        Berbagilah hal kecil setiap hari

       Publikasikan diri dan karya setiap hari maka akan bertemu orang hebat (Boby 

       Solomon)

 

A.    Sebarkan kabar harian

Jika sedang mengerjakan proyek, tulis metode atau sebarkan karya yang setengah jadi. Jika proyek sudah selesai maka tunjukkan hasil akhirnya yang telah dipelajari, bila banyak proyek yang dipublikasikan maka bisa melaporkan perkembangan, bercerita tentang interaksi masyarakat dengan karya

 

Kabar harian menunjukkan sesuatu yang sedang dikerjakan

 

90% dari segala hal sebenarnya jelek (Theodore Stutrgeon)

 

Kadang kamu tidak tau potensi sendiri, sekali pernah tau padangan orang tentang karya agar potensi muncul (Wayne White)

 

Satu hal saja setiap hari kedengarannya sederhana, memang sederhana, tapi tidak mudah, butuh dukungan dan rencana cermat (Russell Brand)

 

B.  Test So What

 

Tidak perlu ungkapkan semua kata pilih dan tentukan setiap kata (Dani Shapiro)

 

C.     Ubah arus menjadi stok

 

Bila mengerjakan sesuatu sedikit demi sedikit tiap hari akhirnya hasilnya banyak (Kenneth Goldsmith)

 

Stok adalah konten yang dihasilkan dan dibagikan 2 bulan lagi atau bahkan 2 tahun

 

Stok bisa dihasilkan dengan mengumpulkan, menata dan memperluas arus. Ketika berbagi rutinitas harian maka harus memperhatikan tema dan tren yang muncul dari sesuatu yang dibagi dan akan melihat pola dalam arus tersebut ketika mendeteksi pola maka harus mengumpulkan potongan lalu mengubahnya menjadi sesuatu yang lebih penting dan mengubah arus menjadi stok

 

D.    Bangun nama (domain) yang bagus

 

Gali ruang untuk diri di internet dan menjadi investasi dimana bisa berekspresi dan berbagi karya (Andy Baio)

Jangan anggap web sebagaii mesin promosi tapi sebagai mesin penemuan diri. Isilah web dengan karya dan ide juga hal yang dianggap penting

 

Bangun nama baik, usahakan tetap bersih, jangan berkompromi dan memikirkan uang, kesuksesan, utamakan berkaya yang bagus dan jika bisa membangun nama baik, uang akan menyusul (William Burroughs)

 

4.    Bukalah Koleksi

 

Bila suka menimbun akan terperangkap, jadi orang membosankan, memberikan semua yang dipunya, akhirnya terpaksa mencari waspada, mengisi lagi, semakin banyak memberi semakin banyak yang kembali (Paul Arden)

 

Kualitas setara dengan koleksi rekaman (DJ Spooky)

 

A. Tidak ada kesenangan yang salah

 

Lakukan yang terbaik dan biarkan diri terhubung dengan orang lain (Jeff Jarvis)

 

5.   Ceritakan yang baik – baik saja

 

A.    Karya tidak bicara sendiri

 

Cerita mampu mendorong nilai emosional hingga efek dari nilai subjektif apapun dapat diukur secara objektif (Joshua Glenn dan Rob Walker dalam buku Significant Objects)

 

Gambar mampu menyatakan apapun yang diinginkan

 

B.     Struktur itu nomor Saturday

 

Alur cerita milik dan harmoni: tokoh di zona nyaman, mereka menginginkan sesuatu, menghadapi sesuatu tak biasa, beradaptasi, mendapat yang diinginkan, kehilangan sangat besar, kembali ke situasi lazim, berubah

 

Bagian terpenting dari cerita adalah strukturnya rapi, kuat dan logis, cara kerjanya mulai terlihat, bisa mulai mencuri struktur cerita, lalu mengisinya dengan karakter, situasi, dan latar kehidupan sendiri. Banyak struktur cerita dapat diambil dari mitos dan dongeng

 

Pelajari kisah bagus dan temukan kisah sendiri, cerita akan membaik semakin sering menyampaikannya

 

C.     Bicarakan diri di pesta

Sampaikan yang sebenarnya, ceritakan dengan wibawa dan penghargaan lepada diri sendiri. Berempati kepada pendengar

 

Apapun yang dibicarakan selalu membahas diri sendiri (Alison Bechdel)

 

6.   Ajarkan yang kamu tau

 

Apapun yang tidak diberikan akan hilang, saat buka simpanan yang ada hanya abu (Annie Dillard)

 

Jadikan orang lebih baik di bidang yang mereka inginkan (Kathy Sierra)

 

Sisi bagus mempublikasikan buku adalah menghasilkan interaksi dengan orang yang bisa dimintai pendapat sebelum menulis (Christopher Hitchens)

 

7.   Jangan jadi manusia penyampah

 

Ketika seseorang merasa di dengarkan akan memberi tau berbagai hal (Richard Ford)

 

A.Diam dan mendengarkan

Bila ingin diperhatikan maka harus memperhatikan. Diam dan dengarkan sekali – kali, cermatlah, berhati – hatilah, jangan menjadi manusia penyampah, jadilah simpul terbuka

 

Kamu ingin mengikuti dan diikuti orang yang memedulikan hal sama, sesuatu yang diciptakan bersama, sesuatu yang menyangkut hati dan pikiran, bukan penglihatan (Jeffrey Zeldman)

 

B.  Kamu ingin hati bukan mata

 

Berhenti memikirkan berapa banyak yang menjadi follower tapi pikirkan kualitas

 

Menarik adalah membuat penasaran dan memberi perhatian, juga menerapkan pancaran minat yang berkelanjutan, kalau ingin menarik maka harus tertarik (Lawrence Weschler)

 

Buat sesuatu yang disukai lalu akan menarik orang yang menyukai hal semacam itu

 

C.  Test Vampir

 

Apapun yang menyemangati lakukan, apapun yang menguras energi, hentikan (Derek Sivers)

 

Test vampir, cara mudah untuk mengetahui siapa yang dibolehkan keluar masuk dalam hidup kit, jika setelah bersama seseorang merasa lelah dan lunglai maka orang itu vampir. Test Vampir bisa diterapkan di banyak hal dalam hidup bukan hanya orang berlaku dalam pekerjaan, hobi, tempat, dan lain – lain jika bertemu dengan vampir maka lupakan

 

Bagian dari proses kreatif adalah menemukan bidang dimanapun tapi jangan cari di tempat yang salah (Henry Miller)

 

Yang tepenting adalah menyimak, perhatian itu visual, perhatian menghubungkan dengan orang lain (Susah Sontag)

 

D.  Bertemulah di dunia nyata

 

8.    Belajarlah menerima pukulan

 

A.    Biarkan mereka berkomentar terus

 

Semakin banyak orang yang menemukan karya kita semakin banyak kritik yang dihadapi, cara menghadapinya:

-          Santai dan bernapas

-          Tegakkan kepala. Sebarkan banyak karya.

-          Mengelak. Kita tidak bisa mengendalikan jenis kritik yang diterimaa tapi bisa mengontrol reaksi

-          Lindungi bagian rapuh. Jika ada karya yang terlalu sensitif atau berarti untuk dihadapkan pada kritik, sembunyikan

 

Memasakan diri menyembunyikan rasa malu termasuk bunuh diir, jika seumur hidup menghindari risiko maka tidak akan pernah dikenal orang (Colin Marshall)

-          Jaga keseimbangan. Abaikan anggapan semua orang tentang kita dan hanya pendulikan pendapat orang yang tepat (Brian Michael Bendis)

 

B.     Jangan ladeni provokator

Langkah pertama dalam evaluasi umpan adalah menulai sumbernya

 

Provokator adalah orang yang tidak berminat memperbaiki mutu karya kita da hanya mengucapkan sarat kebencian, menyerang atau mengesalkan. Provokator bisa muncul dari tempat manapun

 

9.      Juallah

 

A.    Bahkan renaisans butuh dana

 

Seniman dituntut menghasilkan uang tapi dibenci ketika itu terjadi

 

B.     Pungut bayaran

 

Jangan ragu menetapka harga tentukan nilai yang sepadan

 

C.     Simpan mailing list

 

D.    Berkarya lebih banyak untuk diri sendiri

 

      Ada satu titik dalam hidup seseorang ketika peduli soal laris dan tidak (Dave

      Eggers)

 

     Risiko terbesar justru ada di dalam keadaan yang tidak berubah (John Coltrane)

 

    Ambisius, tetap sibuk, berpikir lebih besar, perluas audiensi, jangan terbelenggu hanya demi lebih pasti atau takut atau tidak laku, coba hal hal baru, bila kesempatan datang dan membuat berbuat lebih di bidang yang diinginkan, terima tapi jika kesmepatan yang datang berarti lebih banyak uang tapi jenis pekerjaan tidak disukai maka tolak saja

 

Tak ada kesengsaraan dalam seni, semua seni berarti mengiyakan dan semua seni menyangkut pembuatannya sendiri

 

E.     Teruskan kebaikan

 

Masalah terbesar kesuksesan adalah dunia berkonspirasi menghentikan melakukan hal yang dikerjakan karena kita telah berhasil (Neil Gaiman)

 

Kita harus bersikap dermawan tapi juga perlu egois agar pekerjaan selesai

 

Yang terpenting, sadarilah bila kesuksesan menghasilkan keberuntungan dan seiring dengan itu timbul kewajiban, berutang dan bukan hanya kepada Tuhan, berutang kepada yang kurang beruntung (Michael Lewis)

 

10.    Bertahanlah

 

A.  Jangan pernah berhenti berkarya

 

Kita tidak bisa merencanakan apapun, hanya menyelesaikan kerja

 

Setiap hari tanpa harapan atau putus asa (Isak Dinesen)

 

Kerja tak pernah selesai, hanya ditelantarkan (Paul Valery)

 

B.       Tancap gas

 

Jadikan akhir satu proyek sebagai amunisi baru, kerjakan yang didepan mata, lalu tanyakan yang terlewat, perbaiki atau hal yang belum tercapai langsung mulai proyek baru

 

Kita bekerja karena ini saling berkaitan, setiap titik menuju yang selanjutnya (Charles Eames)

 

C.       Pergilah supaya bisa kembali

 

Saat berhenti menginginkan sesuatu, kamu mendapatkannya (Andy Warhol)

 

Menurut Stefan Sagmeister seseorang mengabdikan 25 tahun pertama hidup untuk belajar, 40 berikutnya untuk bekerja, dan 15 terakhir untuk pensiun

 

3 titik penting untuk menenangkan pikiran dan istirahat dari hidup:

-  Pergi – pulang kerja. Situasi ini terjadi 2 kali sehari dan memisahkan kehidupan kerja dengan rumah

-  Olahraga

-  Alam

 

Jika tidak pernah mulai kerja maka tak pernah selesai kerja

 

D.       Mulai lagi

 

Ketika membuang karya laam maka memberi ruang untuk karya baru