Kamis, 27 Mei 2021

Why? Ekspekdiksi Kutub

 



Lokasi paling ujung di Bumi yang dicapai oleh manusia biasanya disebut wilayah Kutub, bukan hanya Kutub Utara dan Selatan, Gunung Everst yang merupakan tempat tertinggi di Bumi dianggap sebagai Kutub ketiga, dari ketiga wilayah kutub itu, yang paling banyak memiliki gletser adalah Antartika (Kutub Selatan). Gletser paling bahaya da di Antartika. Energi matahari dapat terkumpul di Everst


Istilah yang berhubungan dengan pendakian gunung:


A. Hacking: memiliki makna naik gunung dengan tujuan untuk olahraga, bermain, atau eksplorasi. Hiking dilakukan untuk menjaga kesehatan sambil bersenang – senang


B. Rock Climbing: memiliki makna panjang tebing atau naik dengan merangkak untuk mencapai gunung yang berbahaya atau tempat yang tinggi. Rock climbing dilakukan menggunakan peralatan khusus


C. Climbing: memiliki makna naik hingga mencapai puncak gunung, mendaki hingga ke puncak gunung, baik gunung yang rendah maupun yang sangat tinggi


D. Tracking: menyusuri jalan setapak di gunung namun tidak bertujuan mencapai puncak gunung. Tracking dilakukan sambil menikmati pemandangan di pegunungan


E. Sport Climbing: jenis olahraga pengisi waktuluang yang dilakukan dengan menyusuri dinding batu buatan yang dibuat dengan melubangi dinding bangunan atau ditempel pegangan


Pendaki gunung harus membawa barang yang beratnya bisa mencapai 20 – 30 kg


Barang: tali, sarung tangan, tas gunung, botol air, kacamata hitam, kaus kaki, panci kecil, head lamp, kompor yang mudah dibawa, pakaian cuaca dingin, sleeping bag, selimut, kompas, senter


Cara menyusun tas gunung: tinggi tas gunung harus disesuaikan dengan jadwal dan waktu pendakian, serta bentuk tubuh pendaki selain itu beban tas gunung keseluruhan harus disebar dengan perkiraan 70% beban pada panggul dan pinggang, lalu 30% beban pada pundak


Jalur pendakian yang rata: letakaan barang yang ringan di bagian bawah dan barang yang berat di bagian atas sehingga titik beban terletak di atas. Dengan begini, beban dari tas gunung akan langsung terkirim ke kaki dan telapak kaki sehingga tidak berkumpul di pinggang. Barang yang sering dipakai – barang yang berat – barang yang ringan. Barang yang sering dipakai: kamera, handuk, dll


Gunung yang terjal dan berbahaya: sulit untuk menjaga postur kaki dan telapak kaki saat mendaki gunung yang terjal dan berbahaya karena itu akan sangat nyaman, jika titik beban diletakkan di bagian tengah tas gunung. Barang yang sering dipakai – barang berat- barang ringan – kantong tidur. Barang yang berat: persediaan makanan, botol air, dll


Saat menuruni gunung: jika barang yang berat diletakkan di bagian atas, tas akan mudah goyang karena posisinya menjadi tidak seimbang, karena itu akan lebih baik jika barang berat diletakkan di bagian bawah tas gunung. Barang yang sering dipakai – barang ringan – barang berat. Barang yanr ringan: baju, kaos, kaki, jas hujan, dll


Saat memakai tas gunung, eratkan dan pasang tali tas di atas pinggul lalu atur tali penguat bahu agar tas menempel dengan nyaman dibahu dan punggung. Agar berat tas dapat terbagi, pasangkan tali pengikat dada. Tali penguat bahu harus diatur dengan baik, kalau tali di bahu kepanjangan berat tas akan terpusat ke arah bawah itu bisa membebani bahu dan pinggang, kalau talinya kependekan, sirkulasi darah di lengan malah jadi tidak lancar


Tas gunung di desain sesuai tubuh sehingga beban dapat terbagi dengna baik di punggung, baju, dan pinggang. Jika tas gunung terpasang dengna tepat, berat tas akan menyebar sama rata ke seluruh tubuh sehingga staminan tubuh tidak akan mudah terkuras selama pendakian, jika terjatuh tas gunung bisa menjadi pelindung yang menyerap guncangan, stamina dan kesabaran sangat penting dalam pendakian gunung, mendaki butuh tenaga


Jumlah kalori yang digunakan pada jenis olahraga:


- Berjalan: 240 cal

- Golf: 300 cal

- Mendaki: 780 cal

- Berenang: 720 cal

- Bersepeda: 450 cal

- Tenis: 420 cal


Jumlah kalori per jam pada masing olahraga berbeda tergantung cara dan berat badan yang melakukannya


Saat mendaki, membutuhkan oksigen 10 – 20 kali lebih banyak dari biasanya. Dalam kondisi normal, orang dewasa rata bernapas sebanyak 12 – 20 kali per menit. Namun saat mendaki, rata pernapan akan menjadi 30 – 60 kali per menit. Detak jantung yang biasanya 60 – 70 kali per mebit menjadi 120 – 200 kali per menit


Mendaki adalah olahraga yang bagus karena sangat berpengaruh pada tubuh dan bisa menguatkan otot kaki  


Saat mendaki gunung  setidaknya harus menguasai 3 teknik. Pertama, keahlian, mendaki dengan berjalan, kedua, keahlian mendaki tebing batu, dan ketiga, keahlian mendaki tebing es


Karena mendaki gunung dilakukan di tempat yang tinggi dan curam, dibutuhkan latihan yang cukup dan efisien


Perlengkapan pendakian tebing batu:


A. Sepatu panjat: bagian bawahnya lentur karena terbuat dari bahan karet sehingga gaya geseknya sangat bagus saat digunakan di permukaan bebatuan


B. Helm: melindungi kepala dari batu atau es yang jatuh atau jika terjatuh ke tanah. Helm harus selalu digunakan hingga pendakian berakhir


C. Tali: memiliki ketebalan dan panjang yang berbeda sehingga pendaki harus menggunakan tali yang disesuaikan dengan tinggi tebing dan tujuan pendakian


D. Descender: alat untuk membantu pendaki menuruni tali, namun bisa juga digunakan saat membuat jalur


E. Quickdraw: alat yang dapat mempermudah pergerakan tali sehingga penggunaannya dapat mengurangi waktu untuk memasang palang saat membuat jalur pendakian


F. Harness: alat yang dapat menyebarkan berat tubuh sehingga dibutuhkan saat menuruni tebing atau membuat jalur pendakian


Proses mendaki tebing:


A. seorang pendaki mengikatkan tali di badan dan mendaki lebih dulu, di sepanjang pendakian ia menancapkan piton ( paku besi yang ditancapkan di tebing batu dan es) dan menghubungkan tali


B. Pendaki yang naik lebih dulu menancapkan piton di tempat yang aman dan measang tali dengan kuat. Kemudian ia berdiri sambil memegang tali agar rekan pendaki dapat naik ini untuk mengecek keamanan


C. Setelah keamanan tali dicek pendaki yang lain mengikatkan tali ke badan dan naik perlahan


Pendaki harus tahu jalur mana yang aman dan ringkas, jika tali terpasang dengan benar, tidak akan terjadi bencana besar, antara kedua tangan dan kaki, setidaknya posisikan 3 diantaranya pada batu, dengan begitu bisa bergerak lagi


Ada lebih banyak tebing es di Everst 


Peralatan pendakian tebing es:


A. Eisen: di pasang seperti sandal di bawah sepatu dengan besi tajam yang mencuat. Digunakan agar tidak licin saat berjalan di atas es


B. Pickel (ice axe): tongkat pendakian yang digunakan di atas salju atau es. Digunakan untuk membuat pijakan atau menjaga keseimbangan


C. Sepatu: berbahan palstik yang bagian bawahnya tidak melengkung, ringan, dan tidak mudah lembap, sangat baik untuk pendakian tebing es


D. Spots (gaiter): dipakai di atas sepatu untuk menghalangi salju masuk ke dalam celana dan sepatu


Pola pendakian gunung tinggi digunakan eisen yang memiliki 12 paku tajam


Proses pemasangan tali sama dengan pendakian tebing batu hanya saja pukulkan pickle ke tebing es setelah membuat penyokong naik dengan menariknya, pada tebign es yang tebal dan besar, pickel harus dipukulkan beberapa kali. Penting untuk memukul dengan tepat agar dapat menghemat tenaga lengan, lalu front pointing, teknik mendaki dengan menancapkan ujung depan sepatu pada tebing es caranya mundurkan bokong sedikit, lalu cari bagian es yang akan di tendang, di bandingkan menancapkan ke ujung depan sepatu dengan dalam, lebih baik menendangkannya dengan tepat dan aman


Postur pendakian tebing es:


A. X- body: postur dengan mengaitkan pickel kedua tangan pada tinggi yang sama dan eisen kedua kaki ditancapkan, jangkauan pickle sempit dan kecepatan menjadi lamban sehingga sangat menguras tenaga


B. N-Body: postur dengan satu tangan dan satu kaki menyilang secara bergantian, pickle dipukulkan dan eisen ditancapkan dengan teratur. Bisa istirahat beberapa saat dan tidak terlalu menguras tenaga


Titanium 2 kali lebih kuat dari besi dan 6 kali lebih kuat dari aluminium dan titanium mahal, perbekalan menjadi diubah menggunakan bahan ringan dan kuat


Goro Tex: diciptakan oleh ahli bernama Gore di 1976 digunakan pada pakaian khusus seperti seragam militer dan pakaian mendaki. Bahan ini cocok dijadikan pakaian dingin untuk ekspedisi kutub karena anti angin dan air. Dapat menyerap lembap serta mengeluarkan keringat dengan sangat baik. Tapi, saat keringat mengalir deras, baju, harus dibuka untuk mengeluarkan lembap. Jika tidak, di dalam baju akan sangat lembap sehingga dapat membahayakan 


Struktur: uap air dari ketingat, lapisan luar, lapisan dalam, hujan atau salju, membran gore tex


Gore Tex memiliki lubang yang lebih besar dari partikel uap, namun lebih kecil dari partikel tetesan hujan. Karenanya, bahan ini dapat melepaskan uap (keringat) dan menghalangi air hujan dengan baik


Basecamp di Everst terletak 5400 km dari titik awal pendakian, di sini pendaki dapat menjaga persediaan dan sangat mendukung pendakian


Nama Everst karena di abad 19, wilayah ini dikuasai Inggris saat itu diberi nama Everst karena untuk mengenang pencapaian penyelidik Inggris bernama George Everst, tapi penduduk lokal punya sebutan sendiri, Sagar Martha (Dewi langit atau Puncak Dunia, Nepal). Jomo Langma (gunung sangat tinggi yang bahkan tidak bila dilewati burung, Tibet)


Jalur yang paling dikenal luas adalah melalui Kathmandu, ibukota Nepal, lalu di bandara Lukia yang terletak di sebuah lembah di Selatan Gunung Everst, selain itu bisa juga masuk melalui Tibet


14 puncak pegunungan Himalaya:


A. Everst: 8848 m


B. K2: 8611 m


C. Kangchejunga: 8586 m


D. Lhotse: 8516 m


E. Makalu: 8463 m


F. Cho Oyu: 8201 m


G. Dhaulagiri: 8167 m


H. Manaslu: 8163 m


I. Nanga Parbat: 8125 m


J. Annapurna: 8091 m


K. Gasherburn I: 8068 m


L. Board Peak: 8047 m


M. Gasherburm II: 8035 m


N. Shishapangma: 8027 m


Saat itu ada 30 orang yang berhasil mendaki 14 puncak pegunungan Himalaya. Di antaranya terdapat orang Korsel, Park Yeong Seok, Um Hong gil, Han Wang Yong, Kim Jae Soo, dan Kim Chang ho. Park Yeong Seok bahkan berhasil mendaki puncak tertinggi di 7 benua disebut juga 7 puncak hingga Kutub Utara dan Kutub Selatan. Pendaki Heo Yeong Ho asal Korsel, menjadi orang pertama yang mencapai 7 puncak dunia, Kutub Utara dan Kutub Selatan


7 puncak dunia:


A. MicKinley (Amerika Utara) 6194 m


B. Elbrus (Eropa) 5642 m


C. Everst (Asia) 8848 m


D. Carstenz (Oseania) 4884 m


E. Kilimanjaro (Afrika) 5895 m


F. Vinson Massif (Antartika) 5140 m


G. Aconcagua (Amerika Selatan) 6959 m



Sherpa: nama salah satu suku bangsa Tibet yang hidup di lereng pegunungan himalaya dalam bahasa Tibet. Sherpa berarti orang di wilayah Timur, mereka menjadi pemandu ekspekdisi dan membantu pendakian Himalaya. Penyusunan rute dan waktu pendakian dilakukan bersama mereka


Inggris adalah negara pertama yang mencoba  ke puncak Everst, sejak 1921, Inggris 8 kali mengirim kelompok ekspekdisi, namun semuanya mengalami kegagalan, lalu di tahun 1953, kelompok ekspekdisi yang dipimpin Kapten John Hunt berhasil mendaki hingga ke markas ke 9. Saat itu orang yang mendaki hingga ke markas 9 saat itu orang yang mendaki hingga ke puncak adalah Edmund Hillary dan orang Sherpa bernama Tenzing Norgay, Ratu Elizabeth dari Inggris bahkan menganugerahi gelar Knight pada Hillary dan Hunt, sedangkan Tenzing dianugerahi George Medal


Orang Sherpa mencatat rekor, taun 2012 Sherpa bernama Apa masuk Guiness Book karena telah mendaki Everst sebanyak 21 kali, orang Korsel pertama yang mencapai puncak Ko Sang Don, tahun 1977


Dibandingkan rute timur dan timur laut, rute tenggara memang berbahaya namun jarak pendakian lebih pendek dan kemungkinan keberhasilannya paling tinggi


Karena lereng gletsernya mirip air terjun disebut juga air terjun gletser


Crevasse, celah dalam yang ada di permukaan gletser muncul karena adanya perbedaan kecepatan saat gletser (es) mengalir ke tempat rendah sehingga terjadi retaknya permukaan es), retakan cukup besar dan dalam


Harus bolak balik ke base camp untuk beradaptasi


Kick step: cara berjalan dengan menendangkan ujung atau pangkal kaki saat mendaki lereng yang tertutup salju agar tidak terpeleset


Kebutaan karena salju, cahaya matahari akan memantul jika mengenai objek, tanah dan rumoput biasanya memantulkan 10% cahaya matahari. Namun salju dan es memantulkan 90% cahaya matahari, jiak sinar ultraviolet matahari yang dipantulkan di permukaan salju dan es mengenai mata manusia, maka dapat menyebabkan peradangan, pandangan ini yang biasa disebut snow blindness atau kebutaan karena salju. Snow blindness menyebabkan mata menjadi panas. Jika gejalanya ringan, snow blindness dapat segera disembuhkan. Namun jika sudah sangat parah, penderita bisa mengalami kebutaan, mencegah snow blindness pendaki harus selalu menggunakan googles atau kacamata hitam


Jumlah oksigen 1/3 dari jumlah di dataran rendah


Mabuk ketinggian, jumlah oksigen di udara pada gunung dengan ketinggian lebih dari 3000 m lebih sedikit dibandingkan di daratan rendah, menyebabkan kadar oksigen dalam darah menurun sehingga suplai oksigen tidak dapat dihantarkan dengan baik ke seluruh tubuh. Akibatnya timbul beberapa gejala pada tubuh yang disebut mabuk ketinggian atau mabuk gunung. Gejala yang timbul antara lain sakit kepala, pusing, muntah, kaki membengkak, dll, obat jarang digunakan karena ada efek samping


Cara mencegah mabuk ketinggian:


A. Saat mendaki gunung tinggi, rencanakan ketinggian yang akan di daki dalam 1 hari (maksimum 300 – 500 m)


B. Adaptasikan tubuh pada ketinggian yang saam dalam sehari dua hari


C. Minum air secukupnya agar sirkulasi darah dan suplai oksigen berjalan dengan baik


D. Bernapaslah dengan cepat untuk menambah oksigen dalam tubuh yang sedikit


Reinhold Messner (1944) : pendaki asal Italia yang merupakan orang pertama yang mendaki 14 puncak tertinggi Himalaya yang mendaki 14 puncak tertinggi Himalaya., tahun 1978, ia mendaki Everst sendirian tanpa oksigen pendukung. Hal ini tidak mungkin dilakukan tanpa kondisi fisik prima


Nasi intan: setelah beras menjadi nasi, pada suhu 80 derajat Celcius – 130 derajat celcius tekanannya diatur dan dikeringkan dengan cepat hingga hanya menyisaakn 5% air bentuknya akan kembali menjadi nasi hanya dengan merendamnya di air panas


Dibutuhkan waktu 8 – 10 jam untuk ke camps dari camp 4 butuh waktu 10 – 12 jam untuk ke puncak gunung


Angin gunung dan angin lembah. Angin yang berhembus di sekitar kawasan gunung dan lembah. Angin lembah berhembus di siang dari lembah menuju gunung, sedangkan angin gunung berhembus di malam hari dari gunung ke lembah


Jalan setapak Hiillary karena orang pertama yang mencapai Everst


Arktik lebih dingin dari Everst. Suhu -30 derajat Celcius sampai -45 derajat celcius . suhu yang dirasakan manusia bisa mencapai -70 derajat


Orang di Kutub Utara pada zaman dulu memakai baju yang dibuat dari kulit hewan. Namun, baju sangat berat. Saat ini digunakanlah pakaian khusus yang lebih efektif. Cukup menyiapakan baju yang akan dipakai sebagai dalam outwear, baju tipis lebih hangat daripada selembar dua lembar baju tebal


Arktik adalah hamparan es yang ada di atas laut,


Arktik dengan kutub Utara sebagai pusatnya merupakan wilayah dilingkaran arktik (66 derajat 33 U) selain itu sebagian besar Samudra Arktik termasuk bagian dari Eropa, Asia, dan Amerika Utara. Area samudra Arktik luasnya 14090.000 km2, atau sekitar 3% lautan di dunia. Rata kedalamannya 1200 m dan lokasi tertingginya berada di ketinggian lebih dari 5000 m. Samudra Arktik tidak hanya kaya akan sumber daya bawah tanah, namun juga lahan emas perikanan yang diincar banyak negara. Antartika ditutupi oleh es, itu adalah sebuah benua


Bentuk gunung es dan ukurannya berbeda, gunung es yang terlihat di atas laut hanya 1/10 dari ukuran sebenarnya. Bagian yang tenggelam didalam air bergerak perlahan mengikuti arus samudra. Gunung es yang tebal menyerap warna merah cahaya matahari dan memantulkan warna biru sehingga gunung es terlihat berwarna kebiruan


Paru bisa terluka ketika menghirup udara dingin secara tiba


Kutub aslinya dingin, penyebab dinginnya wilayah kutub karena meridian amtahari. Meridian matahari adalah sudut yang terbentuk dengan garis horizon matahari. Semakin tinggi meridian matahari, semakin banyak wilayah menerima panas matahari, karena itu semakin tinggi garis lintang, semakin rendah meridian matahari, sehingga panas matahari yang diterima juga hanya sedikit. Inilah yang menyebabkan dinginnya wilaya Arktik dan Antartika


Berat bawaan ada yang mencapai 100kg


50 km adalah jarak dalam garis lurus ke arah Kutub Utara tapi sebenarnya sudah berjalan lebih dari itu


GPS adalah sistem yang dapat mengetahui dengan cepat lokasi penggunanya dimana ia berada didunia, dengan cara menerima sinyal satelit dari 24 satelit yang mengelilingi Bumi. Alat gps akan menganalisis gelombang yang dikeluarkan dari 4 satelit dan memberi tahu lokasi saat ini. GPS yang mengobservasi lebih dari 6 satelit. GPS umumnya digunakan pada pesawat, kapal, atau mobil sebagai alat penunjuk jalan. Selain itu, juga digunakan pada berbagai bidang seperti pengukur akurat pada teknik sipil hingga untuk sistem keamanan mobil. Sementara itu Uni Eropa, China, dan beberapa negara lain juga mendorong pengembangan sistem satelit navigasi masing. GPS dikembangkan oleh Amerika Serikat setelah dapat diakses dengan gratis, kini banyak negara yang dapat menggunakannya


Eskimo : suku asli  yang hidup di utara Alaska, Greenland, Kanada, dan timur Siberia. Masing wilayah memiliki sebutan khusus seperti Inuit (Kanada), Inupiat (Amerika Utara), Yupik (Batat Daya Alaska), dll. Kata Eskimo berarti orang yang memakan daging mentah, yang mulanya merupakan sebutan orang Barat untuk orang Indian di Kanada yang memakan daging mentah. Dari survei di tahun 1980, diketahui ada sekitar 110000 orang Eskim. Mereka biasanya berburu dan memancing di tepi laut. Dan tidak pindah hingga ke tempat jauh. Arktik sangat berbahaya 


Daging anjing laut berkalori tinggi sehingga dapat menjaga panas tubuh saat ditempat dingin dan dimakan mentah karena supaya vitamin C yang ada dalam daging dapat dicerna. Disini hampir tidak ada sayur dan buah, jadi vitamin didapat dengan cara ini


Masyarakat Inuit telah banyak mengalami perubahan yang disebabkan oleh peradaban modern. Mereka kini hidup menetap dengna membangun desa dan anak mendapat pendidikan modern. Mereka menggunakan snowmobile sebagai pengganti kereta salju, dan mengendarai kapal bermotor sebagai pengganti kayak yang terbuat dari kulit. Rumah Igloo hanya didirkan saat berburu atau saat melewati musim dingin. Butiran salju pada dinding es menahan udara sehingga panas tidak mudah keluar. Makanya disini lebih hangat dibandingkan tenda 


Cara mendirikan Igloo:

A. Bedakan ukuran tumpukan salju, lalu potong menggunakan pisau salju untuk membuat batu salju


B. Susun dan tumpuk batu salju membentuk dinding lingkaran


C. Susun  batu salju untuk bagian langit, lalu bentuk pintu masuk seperti terowongan


Untuk membentuknya nyalakan api di dalam igloo lalu lelehkan batu salju. Gunakan lelehan air untuk mengisi celah dinding. Pintu masuk juga bisa dibuat dengan melelehkan dinding salju, lalu dinginkan airnya. Proses ini dilakukan beberapa kali sampai tidak ada lagi celah pada dinding dan mengeras sehingga udara di dalam Igloo tidak dapat keluar


Panas yang lepas saat air membeku membuat bagian dalam igloo jadi hangat. Panas disebut panas pembekuan


Semua benda akan menyerap atau melepas energi saat berubah wujud, saat air membeku menjadi es, energi panas yang ada pada air akan lepas ke udara. Hal ini disebut dengan panas pembekuan atau heat of solidification, sebaliknya energi panas yang diserap selama es mencair disebut panas peleburan atau heat of fusion


Menyerap panas – mencair – membeku – melepas panas


Keberadaan anjing Arktik bisa sebagai alat transportasi dan bahkan ikut berburu bersama saat malam hari, mereka juga melindungi dari serigala atau beruang kutub


Jenis:


A. Siberian Husky:  berasal dari Siberia dan bersuara parau. Anjing ini berperan sebagai penjaga rusa kutub, penarik kereta salju, bahkan menjadi penjaga herta dan pelindung manusia, berbeda dengan tatapan mata tajam dan tubuhnya besar, anjing ini memiliki sifat lembut dan tangkas. Selain itu sangat setia pada pemiliknya, anjing ini juga kuat dan memiliki kemampuan beradaptasi pada alam yang tinggi


B. Alaskan Malamute: diambil dari nama Suku Malamute di Amerika Utara yang memelihara mereka. Meski terlihat seperti Siberian Husky namun stamina lebih kuat dan ekornya melengkung ke atas. Ia kurang cocok menjadi anjing penjaga karena larinya sedikit lambat dan tidak sering menggonggong namun memiliki kesabaran dan ketahanan tubuh yang baik


C. Samoyed: diambil dari nama Suku Samoyed yang hidup nomades di Siberia dan dibesarkan untuk menjaga rusa kutub. Anjing ini ikut dalam penjelajahan asal Norwegia bernama Amundsen memiliki julukan senyum malaikat karena senyumnya yang cantik


Penjelajah Kutub Utara awalnya menggunakan anjing penarik kereta salju


Di awal 1800, semakin banyak orang yang tertarik pada wilayah Arktik itu terjadi karena pedagang Eropa ingin mencari jalur pelayaran terpendek untuk menuju Samudra Pasifik dan Asia agar barang yang diperdagangkan dapat dikirm dengan cepat. Tak sedikit penjelajah tewas dalam ekspekdisi Arktik. Salah satunya John Franklin (Inggris) yang tewas


John Franklin (1786 – 1847), penjelajah dan perwira angkatan laut Inggris, ia memimpin 138 orang dalam pelayaran untuk mencari jalur barat laut (rute pelayaran dari Eropa menuju Samudra Pasifik dan Asia yang melewati Lautan Atlantik Utara dan Arktik di Utara Amerika) namun kapal mereka terdampar di gunung es dan tak biusa bergerak sehingga ia dan krunya meninggal dunia


Robert Peary (1856 – 1920), tentara dan penjelajah asal Amerika. Di April 1909, ia menjadi manusia pertama yang mencapai Kutub Utara. Peary berhasil berkat strategi Metode Kutub yang dibuatnya, strategi untuk mencapai Kutub Utara dengan membagi menjadi 6 tim


Pertama tim I merintis jalan selama 5 hari, setelah mendirikan tenda, mereka kembali dan tim 2 mengikuti jalur yang dibuat tim 1 sehingga dapat bergerak lebih cepat dan kemudian mendirikan tenda kedua. Cara ini dilanjutkan oleh tim3, tim4, tim5 sehingga mereka semakin dekat ke Kutub Utara dan berkat jalur dan tenda yang dibuat tim sebelumnya, akhirnya tim 6 dapat mencapai Kutub Utara 


Di tahun 1920, ada metode baru untuk mencapai Kutub Utara dengan menaiki Zeppelin


Tahun 1926, Umberto Nobile bersama Amundsen dan Ellsworth melintasi Lautan Kutub Utara dengan menaiki Zeppelin yang dinamai Norge dan melewati atas Kutub Utara


Tahun 1958 kapal selam angkatan laut Amerika yang dinamai Naulitus melintasi Kutub Utara setelah menyusuri bawah lautan es Arktik, setelah itu banyak kapal selam yang menyelam di sekitar Kutub Utara. Kapal selam Naulitus tiba di Kutub Utara pada 3 Agustus 1958


Tim ekspekdisi Aurora, pada 5 Mei 1991, tim ekspekdisi Aurora yang dipimpin oleh Heo Yeong Ho menjadi tim Korsel pertama yang mencapai Kutub Utara tanpa menggunakan kereta salju/snow mobile, mereka berhasil mancapai Kutub Utara hanya dengan berjalan


Daerah es: daerah es yang muncul karena bongkahan es yang meleleh di musim panas terdorong oleh arus lautan dan membeku di sekitar pantai

Kereta salju akan mudah ditarik kalau esnya sedikit diratakan


Sebenarnya butuh waktu lebih lama untuk melintasi daerah es. Dari ekspekdisi Kutub Utara yang pernah dilakukan hingga saat ini, biasanya dibutuhkan waktu 25 – 80 hari untuk melintasi daerah es


Leades, bongkahan es bergerak karena lapisan Bumi, angin, dan juga arus laut. Itu menyebabkan munculnya celah antara es dan air laut naik melalui celah itu. Jika air laut tertutup es tipis, bahaya tenggelam bisa terjadi jika tanpa sengaja menginjaknya dan menyebab radang dingin, jika menjumpai leads yang luas, harus menunggu cuaca jadi lebih dingin supaya es membeku lebih tebal dan keras\


Kemiringan Bumi 23,5 derajat, hal itu menyebabkan matahari di Lingkar Arktik tetap berada di atas garis horizon selama musim panas. Itulah yang disebut fenomena Matahari Tengah Malam


Di Arktik, pada April hingga September terjadi fenomena yang mana Matahari tidak turun ke bawah garis horizon sheingga tidak terbenam walaupun hari sudah malam, ini disebut Matahari Tengah Malam. Lalu di 6 bulan berikutnya malam akan terus berlangsung fenomena juga terjadi di Antartika Kutub Selatan namun dengan waktu yang berlawanan (Malam Kutub), malam hari tidak seterang siang hari. Musim di Arktik dan Antartika berlawanan jika di matahari tengah malam di Artik, malam kutub terjadi di Antartika, tidak terlalu gelap karena salju memantulkan cahaya bulan hanya suhu semakin turun karena matahari tidak muncul


Wilayah es Arktik mengapung di atas lautan jadi bisa saja berpindah


Jarum kompas tidak sesuai dengan Kutub Utara



3 Kutub Utara


A. Kutub Utara Geografis (LU 90 derajat): titik pertemuan poros rotasi Bumi dengan daratan belahan Bumi Utara


B. Kutub Utara Magnetik: batang magnet imajiner terdapat pada bagian dalam Bumi, dan sumbu magnetnya adalah sumbu rotasi Bumi, Kutub Magnetik adalah titik pertemuan sumbu magnet ini dengan daratan


C. Kutub Utara Geogmagnetik: titik yang ditunjuk oleh jarum kompas, letak Kutub Utara geomagnetik tidak tetap, melainkan bergerak secara elips bersama 24 jam. Kutub Utara Goemagnetik 50 tahun dan Kutub Utara Geomagnetik saat ini


Tidak ada penerbangan langsung dari Korea ke Antartika. Harus melalui Amerika, Afrika, atau Selandia Baru kemudian transit di Chili


Ekspekdiksi Antartika paling bagus saat November hingga Januari


Lingkar Antartika terletak di wilayah LS 66 derajat 33`


Benua Antartika, pulau serta lautan merupakan wilayah penelitian dan melarang aktivitas militer


Benua Antartika terletak di wilayah selatan Bumi. Dengan luas sekitar 14 juta km2, benua Amerika menjadi wilayah terluas ke 5 di dunia. Kutub Selatan tepat berada di tengah benua Antartika. Laut Weddell – Ronne Ice Shelf, Ells Worth Land, Marie Byrd Land, Ross Ice Shelf, Pegunungan Queen Maud, Wilkes Land, Laut Ross, Samudra Antartika, Queen Maud Land


Benua Antartika mengandung hampir 90% es di seluruh dunia. Hamparan esnya memiliki tebal 2000 m di atas daratan


Hamparan es di Arktik berbentuk lembah curam yang langsung mengarah ke laut. Itulah mengapa bentuknya tajam dan tak teratur. Sebaliknya, hamparan es di Antartika berbentuk meja datar karena hamparan es terbentuk di benua


Di Antartika banyak gunung es kecil


Beting: bongkahan es berukuran besar yang terbentuk oleh gletser yang mengalir ke garis pantai namun putus atau pecah


Gletser: salju yang menumpuk dalam waktu lama di daerah tinggi perlahan menjadi es yang semakin berat dan keras, kemudian mengalir ke daerah rendah akibat gravitasi


Es yang hanyut: bongkahan es berukuran kecil yang terbentuk karena membekunya air laut. Bongkahan ini mengapung di atas laut karena air laut maupun angin


Gunung es: bongkahan es yang terlepas dari gleter atau beting es di garis pantai


Benua Antartika mengandung hampir 90% es di seluruh dunia, kalau semuanya meleleh, permukaan laut diseluruh dunia akan lebih tinggi 60 – 70 meter


Rost Ice Shelf: beting es besar yang terdapat di barat daya Antartika dan merupakan beting terbesar di Antartika. Beting es ini ditemukan oleh penjelajah Inggris bernama Ross letaknya yang paling dekat dengan Kutub Selatan membuat banyak penjelajah Kutub Selatan memulai perjalanan melalui beting es ini


Antartika lebih dingin dari Arktik karena lapisan di Arktik. Mengapung di atas laut. Di Antartika lapisan es menumpuk di atas daratan


Di Arktik, lautan di sekitarnya menyerap panas matahari dan menghantarkan energi panas sampai ke bawah lapisan es. Sebaliknya, di Antartika bongkahan es di atas daratan memantulkan sebagian besar energi matahari


Antartika adalah tempat paling dingin di Bumi. Bahkan suhunya pernah mencapai -89,2 derajat Celcius


Dari Antartika ke Kutub Selatan jaraknya 1000 km


Stasiun Jang Bogo: stasiun penelitian kedua Korsel di Antartika dengan 16 bangunan untuk penelitian

Pegunungan Queen Maud terbentuk dari pegunungan es curam. Bahkan ada beberapa gunung dengan ketinggian 4000 m dari permukaan laut


Pegunungan Queen Maud dilalui Amundsen saat melakukan ekspekdisi Kutub Selatan


Roald Amudsen (1872 – 1928): penjelajah asal Norwegia, manusia pertama yang mencapai kedua Kutub Selatan dan Utara


Robert Scott (1868 – 1912): penjelajah yang juga merupakan tentara Inggris


Bulan Oktober 1911, Amundsen dan Scott masing memulai perjalanan menuju Kutub Selatan, Amundsen memililih kereta salju yang ditarik oleh anjing yang kemampuannya sebagai alat transportasi di Antartika


Sebaliknya Scott yang mendapatkan sponsor dari Kerajaan Inggris dan para bangsawan berangkat menggunakan mobil salju dengan roda berantai kuda, dan lainnya


Amundsen yang menggunakan kereta salju dapat bergerak dengan mudah, namun berbeda dengan Scott. Mobil salju miliknya rusak setelah 5 hari karena cuaca dingin, kuda yang mengangkut barang mati tak lama setelah mereka tiba di Kutub Selatan. Akhirnya Scott dan timnya harus berjalan dengan perjalanan pulang


Setelah perjalanan panjang, pada 14 Desember 1911 Amundsen berhasil menjadi yang pertama mencapai Kutub Selatan. Scott juga berhasil mencapai Kutub Selatan pada 17 Januari 1911, namun Ia dan timnya tewas dalam perjalanan pulang karena adanya badai salju


Tahun 1914, Shackleton bersama 27 anggota timnya berlayar menuju benua Antartika menggunakan kapal Endurance, namun kapal Endurance karam karena lautan Antartika yang membeku hingga akhirnya tim ekspekdisi Shackleton terdampar di benua Antartika. Di situasi itu Shackleton menunjukkan kepemimpinan yang hebat sehingga mereka dapat bertahan dengan persediaan makanan yang terbatas selama 634 hari dengan begitu, tak ada seorang pun korban sehinga ia dan seluruh 27 orang timnya kembali dengan selamat. 


J Ernest Henry Shackleton (1874 – 1922) penjelajah dan perwira Inggris kelahiran Irlandia. Shackleton bersama 27 anggota lainnya


Fenomena Parhelion: di wilayah kutub, banyak sekali butiran es yang beterbangan. Butiran es ini memantulkan cahaya matahari yang kemudian dibelokkan sehingga terlihat cahaya yang mirip cahaya matahari di kedua sisi matahari, hal ini bisa dilihat dimanapun dengan suhu rendah dan iklim tepat, dan juga terjadi pada bulan 


Whiteout, saat berawan, cahaya yang melewati lapisan akan memantu; berulang kali di antara salju dan awan. Jika cahaya ini memantul ke mata, mata akan sulit melihat apa yang ada di sekitar, peristiwa ini disebut dengan whiteout, jika fenomena ini terjadi, jarak pandang hanya sekitar 2 – 3 m dan menyebabkan perjalanan melambat, bahkan sangat sulit untuk menentukan arah


Kutub yang tertutup salju akan menyulitkan untuk membedakan bayangan dan objek jelas, bahkan bisa kehilangan kemampuan untuk menentukan arah, lebih baik ditempat hingga cuaca membaik, jika bergerak bisa jatuh ke dalam crevasse


Sinar UV dan angin yang kuat membuat wajah terbakar


Badai salju: angin dingin disertai salju yang bertiup kencang. Istilah hizzard mulanya merujuk pada angin kencang disertai salju yang bertiup kencang pada musim dingin di wilayah Virginia, Amerika Serikat. Namun isitilah ini digunakan di wilayah manapun, angin dengan kecepatan mencapai 40m/detik dapat menerbangkan manusia, badai salju di wilayah Antartika pernah tercatat bertiup dengan kecepatan 83 m/detik


Badai salju di Antartika sangat kencang dan merusak, suhu akan turun drastis, badai salju terjadi selama 3 jam


Kutub Selatan terletak di posisi paling selatan Bumi. Namun karena tiap tahun es bergerak perlahan, tiang penanda posisi lintang selatan 90 derajat dan harus diubah setiap tahunnya, selain tiang penanda, bendera Amerika Serikat dan papan penanda Kutub Selatan juga ikut di ubah posisinya. Tiang petunjuk Kutub Selatan terletak di depan Stasiun Amundsen – Scott di samping terdapat papan petunjuk dan bendera Amerika Serikat


Why? Drone



 Sebuah perusahaan IT mempresentasikan rencana mereka melakukan pengiriman dalam waktu 30 menit menggunakan drone, dan perusahaan lainnya mendeklarasikan penggunaan drone untuk membuat area internet di hutan belantara yang tidak ada sinyal. Ada orang yang membuat drone transportasi. Jangkauan pengunaan drone tidak terbatas, tergantung pada komponen dan alat yang ditambahkan, drone dengan keahlian khusus pada pengiriman yang mampu menemukan tempat tujuan dan menghindari rintangan secara otomatis. Di dalam drone khusus telah dimasukkan data meteorologi dan dapat menghindari bahaya dan bencana


RC: kependekan dari Radio Control, mainan yang dikendalikan dengan metode pada jangkauan tertentu menggunakan sinyal radio atau inframerah


Multikopter memiliki banyak baling


Drone: kendaraan udara tanpa awak yang dioperasikan secara nirkabel, keistimewaan drone adalah bisa terbang secara otonom itulah bedanya dengan mobil RC, pesawat awak kapal tanpa awak, kapal selam tanpa awak dll. Semuanya termasuk didalamnya di awal abad ke 20 drone hanya dikembangkan untuk kepentingan militer, namun saat ini banyak digunakan untuk komersial dan media massa, serta untuk hobi pribadi, nama drone berasal dari suara wing wing mesin pesawat yang mirip suara sayap lalat. Sekarang nama drone digunakan untuk menyebut alat terbang tanpa awak


Alat elektronik yang menggunakan komputer dapat bergerak sendiri hanya dengan perintah sederhana dan menyalakan powernya


Drone memiliki berbagai kemampuan yang memungkinkan untuk terbang sendiri setelah diprogram


Perbedaan drone dengan mainan yang dikendalikan secara nirkabel, saat ini sebagain orang mengira drone sama dengan pesawat mainan yang dikendalikan dengan radio (nirkabel) yang benar, drone jauh lebih banyak menggunakan teknologi, sains, contohnya perintah sederhana terbang pada drone akan dilaksanakan oleh drone dengan mengatur tenaga setiap motor agar badan drone horizontal, bergerak lurus, terbang diam, dll. Walaupun diterpa angin semua itu membutuhkan proses elektronis yang rumit. Untuk itu drone dipasang software yang rumit yang mendapat masukan dari berbagai macam sensor. Drone dapat digunakan dan diterapkan di berbagai bidang. Singkatnya, keunggulan drone dibanding pesawat mainan nirbakel adalah pada jarak terbang dan fungsinya yang tidak terbatas. Flight controller dipasang berbagai sensor adalah komputer pengatur semua gerakan drone. Drone dipasang peralatan komputer dan masing sensor sehingga dapat terbang secara otonom


Drone racing adalah lomba kecepatan dan kemampuan mengoperasikan drone pada jalur terbang yang ditentukan menggunakan drone yang dibuat untuk balapan. Bidang olahraga yang baru dibuat ini menggabungkan drone dengan teknologi grafis dan teknologi komunikasi


Drone transportasi: adanya drone yang ditumpangi memunculkan kontradiksi terhadap makna drone. Tapi para ahli menggolongkan kendaraan yang bisa ditumpangi ini sebagai drone. Salah satunya drone transportasi Ehang 184. Alasannya karena definisi tanpa awak merujuk pada yang mengendalikan bukan yang menaiki. Penumpangnya hanya duduk dan mobil bergerak sendiri ke tujuan dan durasi terbangnya 20 – 30 menit


Kettering bug,drone leluhur seperti pesawat tempur, terbang jauh, lalu meledakkan diri sebagai bom di tempat sasaran          


Pesawat tanpa awak modern yang mengangkut bom, pada 1913, Lawrence Sperry ahli teknik pesawat dari Amerika sukses mengembangkan perangkat terbang pilot otomatis, kemudian alat ini menjadi cikal bakal pengembangan pesawat tanpa awak. Pada 1916, seorang ilmuwan dari Inggris bernama Archibald membuat pesawat tanpa awak yang disebut Aerial Target, 2 tahun kemudian di Amerika juga dibuat pesawat yang dinamakan Sperry Automatic Airplane, Kettering bug, dll. Pesawat tanpa awak ini berisikan bom dan melakukan tugas bom bunuh diri. Saat itu, pesawat ini merupakan pesawat tanpa awak yang bentuknya sederhana


Selain itu, ada sesuatu yang umum yang berkembang selama Perang Dunia I, meski sampai perang berakhir belum menunjukkan prestasi yang memuaskan dan hanya tercatat dalam sejarah, tapi tidak bisa dipungkiri bahwa pesawat ini menjadi cikal bakal perkembangan pesawat tanpa awak


Drone pertama kali dikembangkan untuk militer dan sekarang masih tetap digunakan dalam militer karena bisa menyerang musih tanpa ada korban 


Giroskrop: perangkat yang dibuat untuk mempertahankan orientasi dengan prinsip ketetapan momentum sudut. Banyak digunakan pada bidang yang memerlukan pengukuran tingkat rotasi


Sejarah drone”


Tahun 1898 : Nicola Tesla penemu dari Amerika mengoperasikan kapal balon dengan remote dan menjadi pencetus terciptanya kendaraan tanpa awak


Tahun 1913: Lawrence Sperry dari Amerika membuat alat terbang yang dikendalikan otomatis

Tahun 1916: Archibald dari Inggris membuat pesawat pembom tanpa awak yang bernama Aerial Target


Tahun 1918: pesawat tanpa awak pertama yang diberi nama Kettering Bug


Tahun 1950: Amerika mengembangkan Firebee yang digunakan untuk mencari posisi musuh


Tahun 1943: pesawat FX -1400 sebagai pesawat yang dikendalikan dengan remote control yang pertama kali digunakan secara resmi untuk operasi militer


Tahun 1994: pesawat pengintai tanpa awak milik Amerika RQ -1 Predator pertama kali diterbangkan


Tahun 2000: pesawat canggih tanpa awak milik Amerika dioperasikan 


Tahun 2001: MQ-1 adalah pesawat pengebom tanpa awak RQ-1 Predator yang dipasang rudal


Tahun 2004: pertama kali Amerika menggunakan drone pengebom di Pakistan


Sekarang: pasar drone yang digunakan oleh warga sipil meningkat tajam

                                                                                       


Model miniature drone khusus untuk mengambil gambar dan hiburan, memiliki banyak baling (multirotor)


Drone biasanya disebut multikopter/multirotor. Kata kopter berasal dari  helikopter dan rotor berasal dari bagian sayap yang berputar pada helikopter, pada akhirnya multikopter dan multirotor adalah alat terbang yang sama menggunakan beberapa sayap berputar untuk terbang. Multikopter dibagi berdasarkan jumlah baling yaitu trikopter (3 baling), kuadporter (4 baling), heksakopter (6 baling), oktatopter ( 8 baling)


Tahun 2013 perusahaan IT Amazon dari Amerika mempresentasikan penggunaan drone untuk jasa pengiriman. Facebook melakukan uji coba membuat sinyal internet menggunakan drone tenaga surya. Google juga pernah mengirimkan bantuan ke daerah terkena bencana menggunakan drone, dan drone multikopter cepat tersebar


Drone sayap tetap, bentuk sayap yang pada umumnya tahu adalah sayap tetap, susah untuk diterbangkan, sayap tetap terbang menghasilkan perbedaan tekanan udara antara sisi atas dan bawah, yaitu gaya dorong ke atas, dan harus maju dengan kecepatan tinggi untuk menghasilkan daya angkat. Aliran udara cepat – tekanan relatif rendah. Aliran udara lambat – tekanan relatif tinggi


Badan drone sayap tetap tidak bisa melayang di tempat, dan sulit untuk mengubah arah dengan cepat. Untuk menghasil daya angkat, drone sayap tetap harus melaju dengan cepat dilandasan panjang tapi kelebihan sayap tetap juga banyak, sayap tetap tanpa awak lebih banyak digunakan pada militer dan komersial. Badan pesawat sayap tetap dapat terbang dengan aman dan durasi terbangnya lama karena konsumsi bahan bakarnya hemat. Pesawat pengintai ScanEagle yang mampu terbang hingga lebih dari 20 jam , drone sayap putar penggunaannya lebih banyak, persamaan helikopter dan multikopter prinsip terbang menggunakan baling, di luar sangat berbeda. Sayap putar menggunakan gaya angkat seperti sayap tetap. Perbedaanya adalah menghasilkan gaya dorong gengan memutarkan sayap, jika sayapnya diputar maka aliran darah di sekitar menjadi cepat dan menghasilkan gaya dorong ke bawah yang berbalik menjadi gaya angkat. Pesawat helikopter dengan satu baling mengubah arah gaya dorong dengan memiringkan rotor. Disisi lain untuk mengubah arah multikopter kecepatan putaran masing rotor dikontrol. Badan pesawat akan berputar menuju sisi yang gaya dorongnya lemah. Jika prinsip multikopter lebih mudah dioperasikan dibandingkan dengan sayap tetap atau helikopter. Banyak baling menggunakan besarnya energi yang digunakan sehingga waktu terbangnya sebentar dan suaranya berisik. Kecepatannya lebih rendah dibanding sayap tetap. Rotornya harus berjumlah genap karena keseimbangan masing sisi memerlukan tenaga yang sama


Trikopter mengubah arah menggunakan satu rotor yang ada di bagian belakang tapi sebagian rotor genap karena jauh lebih aman 


Bentuk multikopter berdasarkan posisi rofor: baling multikopter dipasang melingkar dengan badannya berada ditengah, tapi dapat dibagi berdasarkan bentuk posisi menjadi bentuk X+Y dan H, selain itu dua rotor bisa dipasang bersusun atas dan bawah yang arah putarannya berlawanan , X4 menggunakan rotor 4 rotor dan dipasang membentuk huruf X, semakin banyak rotor, luas bilahnya akan semakin kecil. Bilah juga bisa saling berdesakan 


Jika menggunakan kamera, transmitter, dan kacamata video bisa melihat sudut pandang drone disebut sistem FPV


Sistem FPV adalah singkatan dari First Person View yang dikonfigurasi dengan kamera video, penerima (receiver) dan pengirim (transmitter) video, antena, monitor atau kacamata video. Prinsipnya adalah drone yang telah dipasangi kamera mengambil gambar, kemudian pada saat yang bersamaan dikirim menggunakan transmitter video dan diterima dengan receiver video. Receiver video langusng menampilkan pada layar monitor. Gambar FPV bukan rekaman sehingga dapat melihat sudut pandang drone saat terbang. Selain itu FPV juga banyak digunakan untuk balapan drone karena sensasi yang dihasilkan seperti menaiki drone sungguhan


Menggunakan drone yang dipasang FPV untuk merekam siaran langsung olahraga atau film mmebuat dapat menikmati gambar dinamis yang belum pernah dilihat, gunung berapi atau tempat yang tidak bisa dijangkau orang, gambar tidak akan goyang karena dipasang gimbal yang merekam goyangan kamera pada drone, gimbal menjaga agar posisi kamera tetap berada di arah yang ditentukan meski drone miring atau bergoyang


Gimbal adalah alat yang menjaga agar tetap dalam posisi horizontal tanpa terpengaruh oleh kemiringan atau getaran, multikopter dapat terbang di tempat sehingga cocok untuk mengambil gambar, tapi di sisi lain ada kelemahannya yaitu gambar dapat bergetar akibat dari getaran rotor itu sendiri, gimbal berfungsi untuk mengatasi masalah. Gimbal hanya digunakan untuk mengambil gambar karena berat


Drone dipasang GNSS (penentu posisi oleh satelit) di Amerika disebut GPS, di Rusia disebut GLONAS (menemukan posisi satelit untuk Rusia dengan GPS milik Amerika). Navigasi mobil menggunakan sistem penentu posisi yang mengandalkan satelit. Dikembangkan tahun 1970, saat itu digunakan hanya untuk militer, kemudian memasuki tahun 2000 masyarakat sipil menggunakannya untuk menentukan posisi dan mengukur kecepatan, navigasi, survei, pemetaan, dll. Pada kapal, pesawat terbang dan mobil, saat ini banyak permintaan fungsi GNSS untuk pesawat tanpa awak dan juga semakin luas digunakan dari komersial hingga penggunaan untuk hobi. Menentukan posisi dengan latar belakang waktu penerimaan sinyal radio yang dikirim oleh 3 satelit dan informasi posisi didapat dengan menghitung selisih antara jam satelit dan jam penerima


Drone GNSS bisa digunakan di berbagai kondisi. Rute terbang ditentukan terlebih dahulu supaya bisa terbang otonom. Drone bisa kembali dengan aman meski sinyal remote dan drone terputus. Dapat memberi tahu informasi posisi drone dan benda yang direkam secara tepat. Garis lintang 37 derajat, garis bujur 127 derajat, ketinggian 18,24 meter di atas permukaan laut


Rintangan drone: tebing tinggi, konstruksi tinggi seperti gedung atau menara, diserang atau dijatuhkan oleh burung, tabrakan dengan drone lain


Drone dilengkapi lebih banyak sensor


Jenis sensor:

A. Sensor kecepatan: sensor yang mengukur perubahan percepatan gravitasi dan mempertahankan posisi horizontal drone


B. sensor tekanan udara: sensor pengukur ketinggian terbang saat ini dan mengatur untuk terbang di ketinggian tertentu


C. Vision positioning: gabungan antara sensor gelombang ultrasonik dan kamera di bawah drone yang terus menyala agar bisa hovering (keadaan melayang di udara, terbang di tempat) di dalam ruangan


D. Sensor GPS: sensor menggunakan sistem navigasi satelit yang dibutuhkan saat terbang otonom


E. Sensor magnetik (kompas): sensor penentu arah drone yang berpatokan pada medan magnet Bumi


F. Sensor penghindari rintangan: menggunakan beberapa sensor secara bersamaan yaitu sensor jarak 3D, sensor ultrasonik, dan kamera stereo


G. Sensor Gyro: mengukur serta mempertahankan orientasi yang berpegang pada prinsip ketetapan terhadap momentum


Biaya drone untuk latihan militer harganya rasional, drone digunakan untuk sasaran latihan, melaksanakan tugas mengintai, menyerang, komunikasi, dll


Menentukan daerah tertentu dan mengumpulkan informasi (PD 100 Black Homet), melaksanakan tugas pengeboman darat (MQ-Predator), pendeteksi adanya serangan kimia dan radio aktif (RQ 16 T Hawk) 


Seiring perkembangan drone berkembang anti drone. Drone defender menghasilkan gelombang radio untuk menembak jatuh drone, drone digunakan untuk menyelamatkan nyawa atau mengurangi tentara terluka tapi mengalami kerusakan drone. Hasilnya berbeda tergantung siapa dan bagaimana menggunakannya


Drone digunakan untuk mencegah terjadinya kecelakaan, drone bisa digunakan 24 jam non stop untuk memantau kebakaran hutan atau mencari orang hilang, dan bisa digunakan untuk memadamkan kebakaran tapi hanya mengubah helikopter pemadam yang ada sekarang menjadi lebih fleksibel dalam terbang tanpa awak, drone juga berperan besar dalam menolong pendaki gunung yang mengalami kesulitan, selangkah lebih cepat dibanding tim penyelamat dalam mengirimkan obat, makanan, dan barang penolong lainnya, ada tempat yang sulit dijangkau oleh tim penyelamat dan kalau korban ditemukan tidak bisa diselamatkan, drone digunakan untuk mengirim peralatan P3K dan memberikan pertolongan pertama , drone dapat digunakan untuk kepentingan publik terjadi kecelakaan lalu lintas, kriminalitas, memerikjsa posisi orang hilang, menyelamatkan nyawa, memberikan peringatan dini bencana alam, saat ini ada drone ambulans, rancangan imajinatif drone ambulans yang digambar dengan komputer grafis


Drone pertanian diterbangkan beberapa hari dalam sehari di atas ladang sambil memeriksa kondisi tanah dan air kemudian informasi dikumpulkan oleh drone dianalisis melalui komputer, peta dibuat dari data yang dikumpulkan langsung drone, ladang yang dilihat bukan dengan mata manusia tapi dengan mata drone dalam sehari diterbangkan beberapa kali di atas lahan dan datanya dikumpulkan, pertanian dengan lahan yang luas terus dipantau hal itu memerlukan banyak tenaga, untuk menggunakan kondisi tanah digunakan drone lain, bisa terbang sendiri karena sudah diatur. Drone lain telah menganalisis informasi sehingga bagian mana yang harus ditangani, berbagai macam robot pertanian sudah lebih dulu dikembangkan dan juga dalam proses pengembangan, drone juga digunakan pada peternakan digunakan untuk mencegah ada hewan terpisah dari kelompok, pendeteksi hewan asing, sensor perubahan biometri


Drone bisa digunakan untuk senjata tindakan kejahatan


Drone bisa untuk mengirimkan barang


Alur: konsumen melakukan pembelian – barang dikemas di pusat distribusi = drone mengantar barang ke tempat tujuan yang telah ditentukan – pengiriman sampai – selesai


Drone yang digunakan untuk pengiriman adalah drone yang dikebangkan sendiri oleh Amazon, dan terus dikembangkan menjadi bentuk yang optimal untuk pengiriman. Daya angkat maksimal 2,2 kg/ jarak pengiriman sekitar 16 k. Daya angkat maksimal 2,5 kg/jarak pengiriman sekitar 24 km


Kelebihan: bisa mengirim barang tanpa alamat, proses pengiriman cepat sehingga risiko kerusakan menjadi kecil, drone harus tepat dan aman


Teknik: 


A. Teknik komunikasi: kondisi gas dan misi dibagikan pada waktu tepat dengan pusat kendali


B. Teknik menghindari rintangan: otomatis mengenali rintangan lalu menyesuaikan kembali rute terbang


C. Teknik kontrol terbang akurat: menjaga keamanan saat terbang meski cuaca memburuk dll


D. Teknik mengenali posisi yang akurat: mengenali secara tepat tempat tujuan pengiriman meskipun di daerah yang padat


Action cam, kamera video mini yang dibuat untuk merekam kegiatan yang intensif seperti olahraga santai, desain dan cara pengoperasiannya sangat sederhana dan intuitif, di dukung dengan kemampuan anti air dan anti debu bisa dipasang di tubuh seperti helm dan kaki atau di berbagai alat dengan sudut pandang seseorang, kamera sulit dipasang dan tidak dinamis untuk merekam gerakan yang cepat


Drone juga berperan penting dalam hiburan. Drone yang dipasangi gimbal sudah lebih dulu digunakan untuk kegiatan film dan program TV. Drone sendiri menjadi atraksi dalam pertunjukan (properti), pencahayaan dilakukan drone


Perusahaan semi konduktor intel melakukan pertunjukan meriah cahaya di udara dengan menerbangkan 100 drone yang dipasang lampu bersama lagu spektakuler. Warna cahaya lampu berubah dan membuat bentuk mengikuti data yang telah dimasukkan pada masing drone


Ada pertandingan drone, jika lampunya menyala menang, menyentuh net atau tanah duluan yang kalah


Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang menggabungkan gambar virtual dengan gambar nyata dilihat dengan mata. Contohnya ketika membidik mobil yang diparkir dipinggir jalan dengan smartphone maka informasi mengenai mobil seperti model, kinerja, harga, lokasi showroo terdekat, dll akan ditampilkan di layar smartphone. Teknologi Augmented Reality yang digunakan bersama drone menjadikannya mudah dalam pengoperasian dan juga dapat digunakan untuk bermain game


Game drone: survival drone game, game pertarungan drone 1:1, game drone Augmented Reality


Drone pembersih :


A. Drone pembersih sampah lautan: mengambil sampah dilautan dengan jangkauan yang sudah ditentukan menghasilkan gelombang suara tertentu yang membuat organisme laut tidak terperangkap


B. Drone pembersih kaca jendela: membersihkan kaca di gedung tinggi. Mencari kaca yang perlu dibersihkan berdasarkan data lokasi yang sudah di input sebelumnya


C. Drone pembersih udara: dibadannya dipasang filter pembersih udara dan selalu terbang di udara untuk membersihkan udara


Smartband yang digunakan bisa untuk mengumpulkan informasi kondisi tubuh kemudian menghubungkan dengan drone


Drone pelatih olahraga, saat ini sedang dikembangkan trainee drone atau pace maker (orang yang bertugas memandu kecepatan seorang pelari agar dapat mencapai target waktu yang diinginkan) yang terbang otomatis yang bisa digunakan untuk kegiatan olahraga. Drone Joggobot mengenali pengguna melalui gambar khusus yang dicetak di baju dan dibuat terbang di rute yang ditentukan, selain itu kemampuan drone juga akan ditambah seperti dikendalikan dengan tangan dan dapat mengukur detak jantung pengguna

Remote control jenisnya ada banyak tapi pada dasarnya prinsip dan cara pengoperasiaannya sama


Mode pengoperasian: jenis mode remote control berdasarkan cara mengoperasikan ada mode 1 sampai mode 4, tapi yang paling banyak digunakan adalah mode 1 dan mode 2


A. Saluran buntu


B. Trim: menjaga dan menyeimbangkan gerakan drone


C. Tuas kendali kiri: menjalankan untuk maju, mundur dan putar kanan- kiri atau naik – turun dan putar kanan – kiri


D. Antena: ada yang di pasang di dalam dan diluar


E. Saluran buntu: menambahkan kemampuan drone selain gerakan dasar


F. Tombol pengaturan


G. Tuas kendali kanan: menjalankan naik turun dan bergerak ke kiri kanan atau maju mundur dan bergerak kiri kanan


H. Layar LCD: memastikan kondisi remote dan pengaturan fungsi


Gerakan drone ada 4: naik turun, maju mundur, berputar kiri kanan, bergerak kiri kanan, jadi remote control harus bisa melakukan ke 4 perintah tersebut. Dengan kata lain untuk mengendalikan drone diperlukan remote control yang memiliki 4 saluran yang bisa mengirimkan sinyal perintah masing gerakan. Jika ingin gerakan tertentu seperti mengubah mode terbang menggunakan remote  dengan mudah atau mengubah sudut gimbal saat sedangt terbang,maka diperlukan lebih banyak channel


Cara mengoperasikian: kanan kiri disebut yaw, gerak angguk disebut pitch, miring kanan kiri disebut roll, naik turun disebut throttle


Throttle digunakan untuk mengatur besar kecil tenaga yang dihasilkan mesin, sehingga drone terbang semakin tinggi atau rendah. Jadi besa dengan konsep perputaran pitch, roll, yaw


Jika di badan drone dipasang baterai kemudian listriknya terhubung maka drone akan langsung dalam kondisi standby. Di tahap itu jika ingin menggerakan tunggu dalam selang waktu yang ditentukan atau ubah menjadi keadaan startup setelah mengarahkan tuas remote ke arah tertentu. Ini disebut arming alat yang diperlukan untuk mencegah kecelakaan yang dapat terjadi karena baterai terpasang (listrik terhubung) dan saat itu drone terbang atau baling bergerak cepat


3 tahap dasar gerakan terbang drone: naik turun tempat, menerbangkan sampai ketinggian tertentu dan bergerak ke depan, mendaratkan drone di tempat yang ditentukan



Fungsi otomatis: fungsi drone untuk terbang sendiri tapi tidak terpasang di semua drone karena memerlukan keterampilan teknis dan menjadi faktor harga drone


Tipe otomatis drone:


A. Course lock: kemampuan drone menentukan rute dengan posisi pengguna sebagai acuannya (mengunci orientasi) membuat bagian muka tetap berada di depan untuk melaju ke depan. (bagian depan drone saat ini – bagian depan drone semula – bagian belakang drone saat ini – bagian kanan drone semula)


B. Home lock: kemampuan drone untuk mendekat atau menjauh dengan home point sebagai acuan. Jika menjauh, bagian depan akan mengarah ke home point


C. Follow me: fungsi terbang mengikuti sebuah objek yang ditentukan prinsipnya adalah drone akan mengikuti sinyal dari remote control, jadi objek harus membawa remote control


D. Point of interest: kemampuan drone untuk mengelilingi subjek tertentu pada jalur dan ketinggian yang ditentukan. Tanpa kemampuan mengendalikan drone yang mumpuni orang bisa melakukan gerakan terbang melingkar


E. Way point: kemampuan terbang menuju tempat yang telah ditandai di peta



Sebagian besar drone racing sebagian besar desain tubuhnya dibuat sendiri oleh penggunanya


Pertama harus membuat kerangka (frame) badan drone menggunakan material karbon khusus. Karbon adalah material yang dibuat dan beberapa saat karobon direkatkan dengan perekat kuat yang disebut epoxy meski lebih ringan daripada logam tapi kuatnya sama dengan logam


Tentukan dulu ukuran drone yang dibuat. Besarnya multikopter didasarkan pada jarak antara motor yang terletak diagonal. Drone yang gerakannya lincah yang diperlukan untuk racing besarnya 200mm, drone yang digunakan untuk merekam gambar minimal ukuran frame 400 mm

Kayu balsa: kayu stelcullacae yang ringan dan kuat yang diproduksi di daerah tropis seperti Indonesia dan Amerika Selatan


Jika frame sudah selesai, hubungkan masing komponen kemudian pasang di frame


A. Motor CCW: berlawanan arah jarum jam (Counter Clock Wise)


B. Motor CW: searah jam (Clock Wise)


C. Pengontrol kecepatan (ESC): mengontrol kecepatan motor sesuai perintah FC


D. ESC: mesin kendali kecepatan (Electronic Speed Controller)


E. Alat pengendali terbang (FC):  alat  kendali terbang (Flight Controller). Pusat pengendali seluruh gerakan drone


F. Papan penyalur energi listrik: penghubung masing komponen dan penyalur energi listrik


G. Kamera FPV: sudut pandang orang pertama (First Person View)


H. Penerima frekuensi 2.4 GHZ: menerima perintah dan transmitter kemudian menghubungkan ke FC


I. Vision transmitter: gambar yang diambil kamnera FPV dikirim secara real time ke penerima gambar di darat


J. Baterai: menggunakan baterai lithium ion atau lithium polymer berkekuatan tinggi



Jika balingnya besar dan bilahnya banyak, berputar pelan bisa memberikan gaya dorong yang besar, resistensi besar dan beratnya akan bertambah dengan baling dan sayap seimbang


Jumlah bilah, berbeda dengan sayap tetap yang terbang menggunakan gaya angkat, sayap putar atau baling membuat udara terdorong ke belakang lalu badan drone terbang. Gaya angkatnya muncul ketika baling berputar cepat. Sifat baling dipengaruhi oleh jumlah bilahnya. Awalnya bilah baling hanya sepasang. Ada yang 3 bahkan ada juga pesawat yang balingnya 6 bilah. Jika jumlah bilah banyak, berputar sedikit saja dapat memberikan gaya dorong yang kuat. Nilai tambahnya adalah semakin sedikit jumlah putaran maka semakin sedikit suara dan getaran yang dihasilkan. Tapi kelemahannya adalah semakin banyak maka akan semakin banyak energi dibutuhkan


Drone untuk hobi beratnya sekitar 1 kg sehingga jika jatuh dari tempat tinggi akan berbahaya. Drone yang jatuh dan menimpa orang dapat menimbulkan kecelakaan besar yang menyebabkan luka parah atau kematian


Kondisi yang harus diperhatikan:


A. Cuaca: periksa salju, hujan, arah, dan kecepatang angin yang akan berdampak langsung pada drone saat terbang periksa kondisi cuaca secara berkala


B. Kondisi fisik drone dan peralatan: pisahakan setiap rangkaian komponen terpasang dengan baik, periksa apakah sensor sudah bekerja normal. Periksa juga peralatan darat seperti remote control


C. Baterai: daya baterai setelah digunakan terbang. Periksa apakah baterai sudah terisi dan voltasenya aman. Siapkan juga baterai cadangan


D. Area terbang: pastikan dulu bahwa area tersebut aman untuk terbang dan pastikan juga di daerah itu tidak ada benda yang akan menghalangi sinyal transmitter remote dan gambar


E. Keamanan sekitar pengendali: pastikan untuk aman terlebih dulu karena pengguna yang memakai kacamata FPV tidak akan menyadari kondisi yang tiba terjadi atau bahaya yang akan datang


Berilah jarak 5 meter lebih ketika lepas landas 


6 tahap menerbangkan drone:


A.  Persiapan terbang: agar drone tidak berpengaruh oleh remote atau frekuensi lain, nyalakan dulu remote kemudian hubungkan sumber daya listriknya ke badan drone


B. Memastikan kondisi terhubung: memastikan drone dan remote telah terhubung dengan menerbangkannya di sekitar tempat kita berdiri selama sekitar 20 – 30 detik


C.Memastikan performa drive: terbangkan dalam jarak jangkauan, pastikan semua sensor dan terbang otonomnya beroperasi normal


D. Terbang: hindari terbang agresif dan berbahaya yang dapat menimbulkan kecelakaan saat terbang selalu periksa baterai dan kondisi drone


E. Pendaratan: titik pendaratan harus sangat diperhatikan apakah ada hambatan, bahaya, dan orang jika sudah dipastikan aman, mendarat dengan pelan


F. Selesai terbang: setelah membuat drone dalam kondisi standby, matikan tombol powernya dan yang terakhir mematikan remote


Pastikan mematikan tombol power remote atau membuat drone dalam mode arming, jika tiba balingnya berpurar akan menyebabkan luka yang fatal, jika alarm peringatan baterai berbunyi saat sedang terbang itu berarti baterainya harus diganti  dan berada di bawah batas yang telah ditentukan, jika mengabaikan alarm, drone akan jatuh baterainya juga akan rusak parah


Mode terbang drone


Mode otomatis: drone dapat bergerak otomatis secara horizontal meski tanpa remote. Mudah dioperasikan dan badan drone yang tidak miring melebihi sudut tertentu sehingga aman, oleh karena itu sering digunakan untuk permainan hingga merekam gambar


Mode manual: kondisi matinya, fungsi bertahan secara horizontalbadan drone akan miring mengikuti pengoperasian tuas pada remota dan sebaliknya jika tidak dioperasikan maka akan terus berada di posisi itu dapat melakukan manufer dan akrobatik secara cepat sehingga banyak digunakan di balapan drone


Simulator adalah alat yang dibuat agar bisa mengoperasikan drone imajinasi, remote yang sebenarnya dihubungkan dengan PC. Dapat menguasai teknik terbang tanpa perlu khawatir tentang kerusakan drone waktu dan tempat


Ada fasilitas penting yang memiliki batas larangan terbang seperti tempat pengembangan nuklir atau daerah sekitar bandara dimana pesawat mendarat dan lepas landas


Daerah larangan terbang adalah di seluruh daerah pemukiman penduduk, tempat pengembangan nuklir, dan bandars


Alasan pelarang terbang : 

- Karena alasan pertahanan keamanan

- Menjaga keamanan daerah pemukiman penduduk

- Menjaga zona kendali udara sekitar bandara


Ada kemungkinan bahaya menabrak benda bersejarah


Peraturan mengenai berbagai kendarana terbang yang diatur dalam departemen penerbangan:


- Mengembangkan drone sembarangan

- Terbang di daerah yang di larang

- Menjatuhkan atau melempar barang

- Mengirim dan menerima sinyal atau gambar diluar hukum

- Menerbangkan sambil mabuk

- Menerbangkan malam hari


Hukum penerbangan berbeda di setiap negara dan daerah, tapi sebagian besar drone yang beratnya di bawah standar tidak memerlukan izin


Kebijakan pengunaan drone di Korsel:

- Dibawah 12 kg: perlu mendaftar dan melapor ke departemen penerbangan


- Di bawah 150 kg: kategori aalt terbang tanpa awak/ ultralight dapat terbang hanya dengan melapor dan tanpa terdaftar, tapi perlu lisensi untuk mengoperasikannya

- Di atas 150 kg: kategori pesawat tanpa awak, harus terdaftar di departemen penerbangan dan sebelum diterbangkan harus izin terlebih dahulu, perlu lisensi untuk mengoperasikannya


Kebijaksanaan yang mengatur drone di masing negara:


A. Amerika: jika beratnya di bawah 25 kg tidak perlu melapor. Tidka boleh menggunakan drone untuk kepentingan bisnis. Radius 8 km dari bandara adalah area dilarang menerbangkan drone


B. Kanada: penggunaan drone untuk bisnis maupun pribadi diatur hukum secara ketat. Khusus untuk penggunaan pribadi drone yang boleh terbang yang beratnya di bawah 2 kg. Di daerah perkotaan sama sekali dilarang menerbangkan drone


C. Inggris; jika beratnya di bawah 20 kg tidak perlu melapor jaraknya dengan orang harus lebih dari 150 m, jarak dengan kendaraan atau bangunan harus lebih dari 50 m, drone tidak boleh lepas dari jangkaun pandang


D. Australia: maksimal tinggi terbang 120 meter dari permukaan tanah, jaraknya dengan manusia harus 30m lebih. Dilarang menerbangkan di dalam radius 5,5 km dari bandara dan di daerah pemukiman padat penduduk, di larang menerbangkan setelah matahari terbenam


Kalau drone untuk komersial yang besar dan berat tiba mogok bisa terjadi kecelakana besar, sehingga kemampuan mengoperasikan sangat penting, setelah melewati proses verifikasi yang ditentukan maka lisensi akan diberikan


Jika ingin memotret dengan stabil maka matikan drone manual. Ketika memotret menggunakan drone biasanya satu tim terdiri dari 2 orang. Yang satu mengoperasikan drone dan yang lain bertanggung jawab pada kamera karena dapat fokus pada peran masing menjadi lebih aman, dan daapt menghasilkan gambar maksimal


Drone pernah digunakan untuk pengeboman